Idul Adha 2010

Pertama, aku mau ngucapin selamat menunaikan ibadah Haji kepada seluruh umat muslim yang sedang menjalankan ibadah Haji di tanah Suci Mekkah, semoga ibadahnya lancar dan semoga menjadi haji yang Mabrur. Aamiin…..

‘Idul Adha 1431 H kali ini, sangat bemakna bagi bangsa kita. Mengingat bumi pertiwi ini masih sedang dalam keadaan berduka akibat bencana yang melanda beberapa pekan yang lalu, yaitu Tsunami di Mentawai dan meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta. Dengan datangnya Idul Adha ini, semoga kita bisa mengambil hikmah dari segala catatan yang ada di dalamnya, dimana kita diperintahkan untuk berkurban. Berkurban dengan ihlas, saling memberi dan membagi kepada sesama terutama hanya semata-mata mengharap ridho dari Allah SWT.

Oke, dan perayaan Idul Adha kali ini juga, hususnya di Indonesia, pelaksanaannya tidak sama. Penetapan jatuhnya 10 Dzulhijjah berbeda. Yang jadi sorotan utama tentunya adalah dua ormas Islam terbesar di Indonesia yang NU dan Muhammadiyah. Dalam penentuan kapan tepatnya 10 Dzulhijjah, kedua ormas tersebut menggunakan cara dan prinsip yang berbeda. Muhammadiyah lebih awal menetapkan jatuhnya 10 Dzulhijjah yaitu bertepatan dengan tanggal 16 November 2010, sedangkan NU menjatuhkan 10 Dzulhijjah 1431 H bertepatan dengan 17 November 2010.

Jadi, hari ini ni, Rabu 16 November 2010, pas penulis ngepost, warga Muhammadiyah sedang merayakan Hari Raya Idul Adha 1431 H. Sedangkan warga NU, besok pagi baru melaksanakan Shalat Idul Adha, sama dengan keputusan pemerintah RI yang menetapkan Idul Adha pada tanggal 17 November 2010.

Ya, apapun itu, semuanya adalah kekayaan yang kita miliki. Perbedaan yang ada bukanlah sebagai jurang pemisah. Kalau aku sendiri, ga mau ambil pusing tentang perbedaan ini, yang mau lebaran dulu ya silakan, yang mau besok lebarannya ya monggo, yang penting masing2 itu punya dasarnya sendiri-sendiri. Aku maknai perbedaan ini justru sebagai nikmat dari Allah SWT, bahwa dengan diberi suatu perbedaan, maka kita dilatih untuk bisa saling bersatu, bisa hidup rukun berdampingan di atas perbedaan itu. Ora usah gontok2an mergo bedo, wis ra jamane mbedak2na, kabeh iku podo ing ngarsane gusti Allah.

Bagi yang sudah merayakan Idul Adha, aku ucapkan selamat Idul Adha, selamat berkurban, semoga bisa mengambil hikmah dalam idul Adha ini. Bagi yang belum, ya sabar aja, brarti masih ada kesempatan buat ngejalanin puasa Arafah. Ya aku ucapin selamat menjalankan ibadah puasa, semoga puasanya diterima oleh Allah SWT.

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1431 H,  SELAMAT BERKURBAN………. SEMOGA ALLAH MERIDHOI…AAMIIN….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: