Sirampog

Kecamatan Sirampog
Peta lokasi Kecamatan Sirampog
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Brebes
Camat
Luas – km²
Jumlah penduduk
– Kepadatan – jiwa/km²
Desa/kelurahan

Sirampog adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Sirampog terletak di ujung tenggara wilayah Kabupaten Brebes, dan berbatasam langsung dengan Kabupaten Tegal. Bagian barat wilayah kecamatan ini merupakan dataran rendah (seperti Desa Benda, Kaliloka dan Manggis). Di bagian timur merupakan dataran tinggi dan pegunungan, seperti Desa Mendala, Sridadi, Kaligiri, Dawuhan, Batursari, Igir klanceng dan Sawangan.

Sirampog merupakan produsen sayuran untuk daerah Bumiayu, Tonjong, dan Ajibarang. Penghasil sayuran utama berada di daerah dataran tinggi. Sirampog juga terdapat mata air Kaligiri yang menyuplai air ke Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal. Penduduk Sirampog kebanyakan adalah petani sayuran di dataran tinggi, serta petani padi di dataran rendah.

Desa/kelurahan

Penduduk
Penduduk Sirampog sampai tahun 2009 berjumlah ………….. jiwa (maaf, ga ada data). Warga Sirampog bukan hanya asli dari Sirampog saja, tetapi juga ada yang merupakan pendatang dari daerah lain.
Bahasa yang digunakan sehari-hari oleh warga Sirampog adalah bahasa Jawa (ngoko, krama), dan kaya akan dialeknya.
Dengan keadaan wilayah yang sebagian besar berupa dataran tinggi, mata pencaharian utama warga Sirampog adalah bercocok tanam. Untuk wilayah yang berada pada dataran tinggi biasanya dengan bercocok taman sayuran. Banyak produk sayuran dari Sirampog yang dipasarkan ke berbagai wilayah di sekitarnya.
Produk-produk sayuran yang ditanam banyak sekali ragamnya, ada kentang, tomat, wortel, Kobis, dll, dan hal itu sangat didukung oleh kondisi tanah di Sirampog yang sangat subur untuk ditanami berbagai macam sayur-sayuran.
Pendidikan
Sirampog merupakan suatu wilayah dengan geografis yang cukup sulit untuk menjangkau daerah-daerah secara keseluruhan. Namun demikian, pendidikan tetap faktor utama bagi penduduk Sirampog. Terbukti dengan adanya lembaga pendidikan baik dari tingkat pra sekolah dasar (TK), sampai perguruan tinggi, ada di wilayah Sirampog.
Untuk pendidikan menengah pertama, di Sirampog hanya ada 2 SMP yang berstatus negeri, yaitu SMP Negeri 1 Sirampog yang berlokasi di daerah Gunung Kembang dan SMP Negeri 2 Sirampog yang berlokasi di daerah Kaligiri. Sedangkan yang berstatus swasta lebih banyak.
Pendidikan Menengah Atas, baru-baru ini di Kecamatan Sirampog telah berdiri Sekolah Menengah Atas Negeri yang berlokasi tidak jauh dari Kantor Kecamatan Sirampog. Selain itu juga sebelumnya sudah ada sekolah kejuruan dan sekolah tehnik. Benda, salah satu kelurahan di Sirampog, bisa dibilang pusat dari pendidikan. Di situ semua tingkat pendidikan ada. Bahkan sampai Pondok pesantren pun ada, dan sudah tidak asing oleh masyarakat luar.
Wisata
Untuk objek wisata, sepertinya belum ada yang dikelola secara maksimal. Ini bukan berarti di Sirampog tidak memiliki objek wisata.  Sebenarnya sepanjang kita menyusuri wilayah Sirampog, itulah objek wisata Sirampog, dengan pemandangan alam yang masih asri.

Curug Putri, mata air kaligiri, mungkin itu yang sering terdengar oleh masyarakat luar. Tapi itu hanya sebagian dari keindahan alam yang ada di Sirampog.

Lain-lain

Banyak hal yang belum aku tau dari Sirampog. Untuk itu alangkah baiknya jika ingin lebih tau banyak tetang Sirampog, langsung saja datang ke Sirampog.

Sumber:
dari berbagai sumber…

69 comments

  1. ao. aku cah brebes jg loh. Lam kenal😀

    1. yups, makasih, lam kenal juga……
      Klo bleh tau, brebes-nya mana yah….dan aktifitas skrang dimana?

  2. ya bner daerahnya masih asri bgt Plus sejuk… baru az pulang dari sana…cuma main az…

    1. saya mau kkn disana …
      kira-kira masalah pertaniaan disana apa yah…
      maksi buat infonya

      1. trim’s….
        masalahnya paling ya contohya tidak berimbangnya biaya produksi dengan hasil yang dipanen, biasanya biaya produksi lebih besar dari haril panennya, yang lain kurangnya pengetahuan masyarakat tentang bertani secara modern, masih tradisional pertaniannya…. banyak deh,,, langsung aja ke TKP…hehehe

  3. Salam kenal, jadi kangen sama Bumiayu. Maklum sudah lama nggak pulang kampung.

  4. nyong wong batursari mang sampean wong ndi..?

  5. brbes ko bnyk korupsiny & kurang pndidikan

  6. yups sedulur kabeh….
    salam kenal mawon sdoyo…..matur nuwun pada mampir…..

    nek kulone piyambek tiyang kaligiri….

    wah pak jatmo, nek urusan ngono, aku bukan ahlinya, tpi emang nyatane ngono ya pak,,, apane sing salah jane???

  7. korupsi 2 ga da d brebes,gw jga prnh tnggl d brebes ri kcl smpai smp….skrng gw d crbn tdiNy d bdng

  8. korupsi ning brebes kwi wis biasa, lah wong pejabate ne sing jujur kwi di tendang, ne arep belajar korupsi kwi karo mabrurisirampog,pasti cepet pinter. aku wong kaligiri

  9. maaf beke OL..
    mz ryan & mz ahmad… nek masalah korupsi2, aku ra melu2 lho..he22… tpi mang nyatane ngono deyan yah,,,,,

    maaf bgt, mz ahmad sinten yah? kaligirine ndi?, he22..

    1. sory mabruri tembe tak balas ya karena ko wis adoh dean dadi madan ra kenal?takon bae lurah wurung ya kenal kabeh?

      1. hehehehe,,,,, ya pangapurane,, nekketemu tah deyan ya kenal….:)

  10. asslamualaikum salam kenal sesama warga sirampog.. ini blogger dari graul

    1. ‘alaikumussalam wr wb…
      yups salam kenal juga,,,, graul pundi njih??

  11. tyas agus prabowo · · Reply

    alhamdulillaaah masih ada yang mengingatkan aku tentang kenangan indah dan susah senangnya hidup di sirampog yang dingin dan sejuk itu terimakasih boss….aku suka banget informasi dan gam2 nya.. lanjutkaaan..

    1. alhamdulillah mas,,, makasih,, salam kenal mawon,,, njenengan sirampog-e pundi njih???

      ya itu sekedar ngisi waktu senggang aja mas,, tu ja dh lama ga ngepost lagi, maklum waktunya ga sempet…heehehe

  12. salam kenal mas

    1. salam kenal ugi…..
      moggo mas,, sinten nggih???

  13. Salam kenal mas…
    Salut buat mas…terimakasih mudah2an sirampog makin mendunia

    1. salam kenal jg…
      trimakasih atas partisipasinya,,,,
      klo boleh tau,,, nama aslinya sapa yah???
      Kali aja kenal sesama orang sirampog,,
      matur nuhun…

  14. muharfin · · Reply

    mas mabruri…
    sebuah karya yang luar biasa…keep update, bro..
    bagi kami yang diluar indonesia,
    foto2 sirampog adalah penawar rindu dan pengingat masa lalu.. kampung halaman..tempat main disawah.,,mancing dikali keruh..sekolah madrasah dikali giri…pertandingan bola di graul..kemah 17an diplang..tuk kali giri..gak terasa 20 tahun lebih itu telah berlalu..
    moga anak cucuku akan tetep menganggap sirampog tempat moyangnya dulu dibesarkan..
    insay4il suatu hari nanti anak cucuku akan kubawa menelusuri masa kecilku disirampog…
    all the best

    wong sirampog..dibenua lain

    salam kenal

    1. salam kenal juga mas muharfin,,,
      waah,,, subhanallah,,, bisa olih sdulur maning nang kene,, njenengan nang ndi saiki?? asline sirampoge pundi??
      ya Insya Allah tek update trs perkembangan sirampog hususe daerah nang gununge…..
      paling kendala ya mungkin karena akune dewek ya lagi mranto, nang jakarta sih…
      njih maturnuwun sanget nggih mas,, salam kangge keluargi sdoyo,,,,,,

  15. Salam Kenal dari Ponorogo, Jawa Timur😀

    1. heheh,,, makasih, lam kenal juga…
      dari Sirampog, Brebes, Jawa tengah.🙂

  16. mabruri anger bisa kirimi poto2 sing akeh?yen balik perkembangane kaligiri, masalahe aku ya wis adoh ning gororntalo? salam kabeh karo kelauarga ning lagaran?

    1. oowwhhh ning gorontalo toh…. insya Allah ngko nek aku mudik tek gawa poto2ne… salam ngko tek sampekna,, salam juga nggo keluarga nang gorontalo..

  17. Salam Kenal Mas Mabruri,

    Saya lahir di Kr. Pucung, desa kecil yang masuk kelurahan Mlayang. Walaupun saya besar di Jakarta (SD-SMP-SMA-KULIAH-kerja sekarang),dan cuma setahun sekali berkesempatan mudik..tetapi hati saya selalu rindu untuk mudik kesana lagi.
    Benar Mas, bicara tentang objek wisata di Sirampog..memang sepanjang jalan dari Kaligadung menuju (puncak) Sirampog nya saja sebenarnya sudah menjadi objek wisata alam yang sangat indah..sawah terasering yang terlihat di sepanjang jalan yang berliku tajam menjadi daya tarik tersendiri di saat rasa seram yg dtg bersamaan saat kita melewatinya menggunakan angkutan umum di sana (mobil kol ya), tapi sekarang sdh byk ojek ya mas (klo naik ini lebih serem lagi, takut merosot ,hehehe)
    Saya cinta desa saya, semoga Sirampog selalu jadi kawasan yang asri, sejuk, dan masyarakatnya hidup makin maju dan sejahtera!!
    Semoga saja blog ini terus berkembang dan mudah2an bisa mengangkat pariwisata di Bumiayu, khususnya di Sirampog.

    1. aamiin mas,, salam kenal aja,,,, nambah sedulur iki….
      sirampog siki dalane alhamdulillah apiklah…. sing kaligadung meng pengasinan lancar.

  18. baru denger aku Kecamatan Sirampog,,, kalo di daerah saya sirampog itu yang suka masuk kerumah orang malam2 tak diundang…he he he

    1. heheheh,,, itu mah si rampok bu namanya.. hehehe
      tp ga pa2, biar gampang diinget…. main bu ke sirampog
      hehe….

  19. sirampog terkenal pesantrennya ya..

    1. Pangapurane beke bisa bales….
      Yups, ponpes Alhikmah sing terkenal…..
      monggo dolan2 meng sirampog kang…

  20. […] Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Daftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← Bukan saya […]

  21. sirampog itu kaya marga di sumatra utara sana.. kaya simatupang, siapiapi😀 mas ruri juga pas banget tu jadi punya marga namanya jadi mabruri sirampog aja😀

  22. sirampog mantap

    1. aamiin,,,, makasih mas…

  23. Brebes juga terkenal dengan telur asinnya, bukan?

  24. Irfan Handi · · Reply

    konfirm bro. coment nte gak nongol code youtube yg dimaksud. jd penasaran.

  25. Irfan Handi · · Reply

    Permisi . . .

  26. […] Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Daftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← […]

  27. […] Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Daftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← Sugeng Tanggap […]

  28. saya dulu ndak ngerti kenapa nama sampean kok sirampog Kang hhh, yang ada di otak saya adalah rampok yang negatif itu, eh ternyata nama daerah.

    1. hehehe,,, ga pa2 pak ies,,
      bukan hanya pak ies aja kok yg seperti itu, hampir semuanya berfikiran ke arah sono.. perampok,, heheh

      makanya melalui media ini saya berusaha untuk mengenalkan Sirampog yg sebenarnya..😀

  29. […] HomeAkuBuku Tamu…Cinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← Agustus 8 tahun […]

  30. […] HomeAkuBuku Tamu…Cinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← Safari lebaran ke Taman Wisata Air […]

  31. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Cinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxINDAHNYA BERBAGIRak Award’sSirampogVIDEO ← Saya dan Si Kecil […]

  32. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Cinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxINDAHNYA BERBAGIRak Award’sSirampogVIDEO ← Goa Jepang […]

  33. wah ternyata Sirampog bagus ya…saya belum pernah tau dan belum pernah juga kesitu…hehe

  34. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Cinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxINDAHNYA BERBAGIRak Award’sSirampogVIDEO ← Book Review: Nikah Sekarang? Siapa Takut! […]

  35. ohhh kampungku,,,,,,,,

  36. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBlog SahabatBuku Tamu…Cinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxINDAHNYA BERBAGIRak Award’sSirampogVIDEO ← Indahnya Berbagi: Laporan Pemasukan Periode November 2011 […]

  37. Tina Latief · · Reply

    sirampog ya bukan si RAMPOK hehehehe, btw mana tulisan yg barunya mas?

  38. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBlog SahabatBuku Tamu…BukukuCinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxINDAHNYA BERBAGIRak Award’sSirampogVIDEO ← Ketika Cinta Tak Sejalan dengan Takdir-Nya […]

  39. aq wong cilacap.aq salutlah karo wong sirampog. uripe keras tapi mampu.sing jelas amanlah sekang tsunami.aq due kanca jenengane jatmo kerjane nang bogor.hebat bocaeh manager di pt.maju mundur🙂
    salut lah

    http://www.chamy.xtgem.com
    http://chamy.blogspot.com

  40. Ya Allah…jadi inget waktu ke mlayang…dari siroyom jalan kaki… ~_~

  41. Ya Allah…jadi inget waktu ke mlayang…dari siroyom jalan kaki… ~_~

    1. siroyom itu mana ya??? malahan baru denger kata Siroyom ?😀

  42. masa gak tau c?benda ke atas ough,,,
    mungkin lebih kedengaran ciroyom kali yah,,,

  43. iman budiono (yono) · · Reply

    Assalamualaikum … Salam kenal semua. Kasih info terbaru juga ya tentang potensi peternakan (kambing &sapi) di sirampog … Sudah ada belum perternakan yg udah jadi …

  44. Assalamu’alaikum. salam kenal masbro, kunjungn prtama nih. smoga bisa mnjalin silaturhmi di dunia blogging.😀
    kalo blh, ijin tukrn link ma sling follow. hehe:mrgreen:

  45. supardan · · Reply

    Assalamu’alaikum ww, aku duwe kanca piyantun Sirampog, tapi desane klalen. SITI AMINAH, sekolah SMA N 2 Yogya 1975, asal Sirampog, sekarang dimana aku ga tahu.

  46. Ass, salam kenal dr tangerang🙂

  47. Nasi Goreng Brebes terkenal di tempatku Pekanbaru semua pada sukses lho,,,, SD saya di Kab. Brebes,,,, Salam kenal bro,,,

  48. Indra Purnamasari · · Reply

    Salam kenal. Saya Indra asli Kebumen. Saya thn 2011 jg KKN di Sirampog, tepatnya tinggal di dukuh pengasinan desa Sridadi, tp sasaran KKN nya di dukuh Surusunda, amazing jalannya amazing jg pemandangannya😀 . Pengalaman mengesankan di Sirampog.😀

    1. waahh,,,, tempat tinggal saya di kaligiri mas,, tetanggaan sma pengasinan,,,
      hehe,, luar biasa itu mas jalan ke surusudan mah..
      salam kenal juga mas

  49. Siip…
    Mkasieh infonya..
    Lam kenal ..
    Mhon info mas bro..sya ahsan dri solo..kalau mau ke mlayang enaknya lewat mana ya?
    Mohon info rute terbaik..
    Terima kasih sebelumnya…

    Ahsan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: