Sayangi bumi kita…

Sahabat semua, gimana keadaan bumi anda sekarang??? Panaskah, pengap, atau sejuk, adem, atau yang lain? Bicara mengenai bumi, maka setiap tanggal 22 April, katanya bumi kita selalu mengadakan hajatan agung dengan diperingatinya Hari Bumi.

Nah, di sini saya tidak akan bercerita tentang apa sih Hari Bumi, sejarahnya dan sebagainya tentang hari bumi. Tapi saya akan memberikan sesuatu yang Ijo-ijo buat sahabat semua, sekalian buat cuci mata biyar adem mantengin layar monitor/lappy. Ijo-ijo ini mudah-mudahan bisa menjadi motivasi buat kita agar lebih sayang sama bumi yang kita tempati ini.

Kita mulai dari sini, bahwasannya dalam penciptaan bumi, langit dan seisinya itu merupakan bukti bahwa Allah itu ada. Masihkah kita menyangkalnya??

Ketika fajar menyingsing, bumi perlahan beranjak terang, kicauan burung-burung menyambut hadirnya sang mentari. Dedaunan melambai-lambai menyapa fajar tiba, manusia pun beranjak memulai aktifitas untuk menjemput rizkiNya.

“Pergilah diwaktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya”. (Al-Qalam: 22)

Bumi yang telah Allah ciptakan terhampar luas, di dalamnya ditumbuhi berbagai macam tumbuhan supaya kita mau berfikir.

Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu pelbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik? (Ash-Shu’araa: 7)

Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur. (Al-A’raaf: 10)

Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. (Al-Israa: 37)

Bukankah Kami menjadikan bumi (tempat) berkumpul, (Al-Mursalaat: 25)

Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, (An-Nahl: 15)


Allah berfirman: “Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan. (Al-A’raaf: 25)

Begitu indah ciptaanNya, namun rasa syukur yang ada sangatlah kurang, sehingga bumi inipun mejadi rusak oleh kita sendiri.

Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan di muka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? (Muhammad: 22)

Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan; (Ash-Shu’araa: 183)

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Al-Qasas: 77)

Jika Siang berakhir, dan malampun menanti.

Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebahagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan agar kamu bersyukur kepada-Nya. (Al-Qasas: 73)

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (Aal-i-Imraan: 190)

Bumi, langit beserta isinya adalah bukti kekuasaanNya, sekaligus nikmat dariNya untuk selalu kita syukuri. Menjaga bumi dari kerusakan merupakan bentuk rasa syukur kepadaNya, dan dengan memperbanyak rasa syukur, Allah akan selalu melimpahkan nikmatnya kepada kita semua.

Everyday is Earth Day

Wallahu a’lam

Foto: koleksi jepretan pribadi

117 comments

  1. ya, setuju. Everyday is Earth Day not only this day.:mrgreen:

    1. setujuuuuuuu ..🙂

  2. Mari memanfaatkan sumber daya yang ada sesuai dengan batas kebutuhan, bukan keinginan..

    1. betul masbro,, jangan mengeksploitasi sumber daya yang ada..

  3. Fotonya bagus bagus semua..

    1. mudah2an bisa dijaga kelestariannya mas..🙂

  4. wih banyaknya fotonya…

    1. hehehe,,,, ga jadi beratkan tpi loadingnya mbah…🙂

  5. Benar sekali, kita jangan hanya memperingati saja, tp harus dengan tindakan yg nyata..

    Salam,,

    1. betul,,,
      sekecil apapun tindakan kita untuk kebaikan bumi ini, sangat berarti untuk kelangsungan di masa mendatang
      salam…

  6. keren banget mas di kampungnya bukan? bagus tuh buat acara petualangan si bolang hehehe..

    1. nah itu juga ceritanya lagi mbolang kang,,,
      dari kampung ke kampung….🙂

  7. sisihkan waktu sejenak untuk bersyukur

    1. wajib bersyukur untuk segala yang ada di sekitar kita…🙂

  8. Agung Rangga · · Reply

    Selamat pagi… 8)
    Selamat hari bumi sedunia…😀

    Hoho…
    Foto-fotonya adem-adem… Betah banget lama-lama di blog ini…😳
    Saya ijin download ya, buat wallpaper desktop…😉

    1. pagi-pagi….
      save our eart…
      heheh,,, silakan dipundut,,,,
      sejuk dipandang koh pokoknya klo liat yg ijo2…😀

  9. Aku suka alam hijau
    Kampungku hijau
    rindu rasanta
    maka di cover novel Sahaja Cinta pun ada unsur hijaunya🙂

    1. siipp mas,,,
      saya suka desain sampulnya….

  10. Subhanallah….😥

    1. walhamdulillah….🙂

  11. Dony A. · · Reply

    jadi di hari bumi ini enaknya ngapain ya?😀

    1. dilarang merokok….😀

  12. berasa sejuk ngeliatin photo-photonya…🙂
    kegiatan save the earth seharusnya dilakukan setiap saat, bukan hanya 1 hari… moga-moga bumi kita membaik ya… walau banyak orang gak peduli tapi yang peduli kan banyak juga ya🙂 moga2 bumi juga melihat usaha kerja keras orang2 yang sayang sama bumi…🙂

    1. betul mba, kalau bukan kita siapa lagi,,,
      kegiatan save the eart harus dimulai dari diri kita sendiri…🙂

  13. tanam pohon dan hemat air dulu aja.. mulai dari yg kecil-kecil
    semoga banyak yg melaksanakan..

    1. yups,, segalanya harus dimulai dari yg kecil2,,,
      buang sampah pada tempatnya juga…🙂

  14. Mantap fotonya, bisa disebutkan tidak lokasinya dimana?

    1. di wilayah Brebes mas,, Jawa Tengah,,,🙂

  15. setuju dengan…everyday is earthday nya….
    foto-foto yang sejuk…terutama jika aku lagi teringat dengan kondisi kampungku yang porak poranda karena timah….hiks!

    1. hmmm…..
      akibat ekspliotasi yang kurang ramah terhadap lingkungan ya bun…

  16. subhanalllah…
    everyday, every where, every time, selalu earth day..

    1. setuju mas,,,,,,
      setiap waktu harus menjaga bumi dari serangan para alien.. *lhoo….😀

  17. Jadi mari kita selamatkan bumi, sebelum bumi habis di makan sama si Selamet😆 (tidak ada sangkut pautnya).

    1. heheheh,,, betul2..
      mulai dari diri sendiri dari yang terkecil sekalipun..🙂

  18. Assalamualaikum
    Wajib di syukuri segala nikmat yang Allah berikan. Bukan hanya itu ..semoga kita semua bisa menjaganya, dengan melestarikan dan tidak mencemari bumi ini.

    1. ‘Alaikumussalam wr wb..
      betul de’…. kalau bukan kita siapa lagi,, mulai dari diri sendiri dan dari hal sekecil apapun…🙂

  19. assalamu ‘alaikum,,
    wa laa tamsi fil ardi maraakha
    dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan sombong…

    1. insya Allah pak, yang berhak sombong hanya Allah..🙂

  20. Foto-fot yang menyejukkan, kecuali yang di deretan bawah tentu saja…
    Selamat Hari Bumi

    1. yg bawah yg skarang tuh karena tangan2 manusia yg tak bertanggung jawab…..
      mari selamatkan bumi…🙂

  21. artikelnya keren Mab! suka dengan cuplikan ayatnya!😳

    1. iya bun, itung2 skalian ngaji..🙂

  22. Usup Supriyadi · · Reply

    Wah, bagus pemandangannya. Subhanallaah. Semoga kita bisa lestarikan ya…

    1. iya, mudah2an bisa terjaga kelestariannya..🙂

  23. Mass foto ini sendiri yach, pemandangannya baguzz..

    1. iya jeprat-jepret sendiri…
      pemandangannya aja yang bagus, jadi hasilnya y bagus….😀

  24. cuaca makin gak menentu, bentar panas, bentar hujan, bikin kesehatan juga mmenurun:(

    di hari bumi ini mari selamatkan bumi kita ;D

    1. selamatkan bumi dari diri kita sendiri, dan dari hal sekecil apapun..🙂

  25. yaph….mari kita jaga bumi kita untuk kehidupan anak-anak kita nanti

    1. siaapp…
      kasian anak cucu nanti kalau hanya kebagian imbas dari kerusakan yang dilakukan oleh kita…😦

  26. hilal alifi · · Reply

    hmm….

    mantap juga.

    sepakat dah…

    1. Tooosss….
      save our earth….

  27. mantap… akur dech.. btw aniwei tema postingan kali ini hampir sama hehehe:)

    1. ya skarangkan bumi lagi hajatan, pastinya banyak yg nulis tentang Bumi…🙂

  28. Salam Takzim
    Malam ini ada peringatan Earth Hour bang di Monas datang yuuuks
    Salam Takzim Batavusqu

    1. salam pak….
      huwaaa,,,, baru taunya skarang ni pak,,,,,
      lain kali lagi deh….😀

  29. Semua orang pasti merindukan suasana hijau seperti itu tapi sering lupa untuk menjaganya.
    Terima kasih sudah mengingatkan

    1. betul pak,,,, hanya bisanya mengeksploitasi tanpa mau mereboisasinya…
      saling mengingatkan pak demi keutuhan bumi ini

  30. subhanallah, begitu indah cipta’an Allah SWT
    sungguh maha karya yang sempurna, wajib kita syukuri, jaga & lestarikan

    1. aamiin,,
      wajib itu, hijaukan bumi mulai dari diri kita dan dari hal sekecil apapun…

  31. gambar2nya keren…*jd pengen liburan … bosen ama jakarta

    1. seandainya jakarta ada yg semacam itu yah…😀

  32. Fikriyansyah · · Reply

    wah saya setuju mas, bagaimana pun juga kita harus menjaga bumi kita, meski nantinya akan hancur juga tapi setidaknya bisa sedikit menghambat kehancuran bumi. mana sekarang panasnya luar biasa lagi.

    1. iya mas, kalau bukan kita siapa lagi…
      mulai dari diri kita, dan dari hal sekecil apapun utk menjaga bumi ini

  33. INSAN CITA COMPUTER · · Reply

    Warna hijau memanglh terasa sangat sejuk, warna hijau akan nampak tambah indah lagi jika dipadukan dengan warna hitam.🙂

    1. saya juga suka sama warna gelap mas….🙂

  34. Mari kita menjaga bumi yang kita huni ini agar senantiasa nyaman dan asri🙂

    Saya suka dengan artikel-artikel seperti ini, yang mmbuat kita ingat betapa penting menjaga bumi agar tetap hijau.

    Salam Semangat pagi!

    1. semangat pagi jugaa….
      betul betul, bumi hijau jadi sejuk, pastinya kita juga yang menikmatinya..🙂

  35. subhanallah…betapa agung karunia Allah untuk kita, manusia. semoga yang ijo ijo akan tetap ijo sepanjang masa ^_^

    1. aamiin,,
      semoga manusianya sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam…🙂

  36. Benar banget. Bumi adalah surga yang indah yang diciptkan Allah SWT di dunia ini. Kita sebagai penghuninya haruslah memiliki kesadaran yang tinggi untuk melestarikannya hingga ke akhir hayat agar dapat dinikmati generasi berikutnya

    1. siaapp….
      mari hijaukan bumi, dari diri kita sendiri dan dari hal sekecil apapun

  37. jarwadi · · Reply

    bumi dimana saya memijak sekarang terasa kalah indah dibanding yg saya rasa 20 tahun yang lalu, meski 20 tahun yg lalu belum ada internet, komputer dan ponsel, hanya rri dan tvri stasiun yogyakarta😀

    salam

    1. heheh,, ya samalah mas,,,
      sehrusnya perkembangan globalisasi tidak harus mengorbankan bumi….
      salam…

  38. waaaaah….. photo panorama alamnya sejuk banget mas.
    Subhanaallah….
    Salam kenal.

    1. Indonesia kaya akan panorama alam yang indah ya pak, kaya yang di blog bapak juga, sejuk liatnya..😀
      salam kenal juga…

  39. Anugrha13 · · Reply

    mas kui gunung opo je kok lucu bentuke ono pentule😀

    mari selamatkan bumi kita dari “kerusakan” parah

    1. nah kui mas, bertahun2 aku bolak balik lewat ke situ, baru nyadar2 pas waktu ke poto, ko ada penampakan kaya gitu yah…😀, trs tanya2 kata orang2 sih dinamainnya gunung mangkuk..:D
      masi hijaukan bumi lagi..😀

  40. sungguh yang ada di bumi ini termasuk alam dan segala isinya wajib kita jaga dan lestarikan, jika tak ingin kehancuran menimpa kita.

    **komentnya kok kayak Orasi nih..,😆

    1. siaaappppp….
      kaya lagi kampanye mas..😀

  41. Berbagai cara harus diupayakan dari dalam diri sendiri, mulai saat ini agar bumi pertiwi tempat kita huni, akan tetap hijau asri lestari.
    SALAM hangat dari Kendari. 8)

    1. siap mas,, mulai dari diri sendiri dan dari hal sekecil apapun…
      (buanglah sampah pada tempatnya.. :D)
      salam dari saya..

  42. Melihat Hamparan bukit Nan hijau… hati trasa begitu damai.. Aku jadi ingin pulang kampung nih…🙂 sayang di beberapa bagian ada yang agak gundul ya.. Semoga bisa dihijaukan kembali.. agar menjadi lebih asri dan sejuk.

    1. ya seperti itulah pak,,
      manusia hanya memanfaatkan seenaknya aja tanpa peduli efek yg ditimbulkan..
      semoga bisa jadi hijau lagi bumi ini…

  43. subhanallah… tanpa harus dijelaskan panjang lebar, langsung dengan kenyataan dalam bentuk gambar…. semoga kita selalu menyadari hal ini ya pak

    1. insya Allah….
      smoga bumi ini bisa terjaga kelestariannya meskipun nanti juga tetep akan hancur…

  44. foto2nya indah dan menyejukkan, kecuali utk yg bawah, dimana alam sudah mulai rusak akibat ulah tangan manusia😦
    semoga dgn hari bumi ini, kita semua mulai bisa berbuat sesuatu utk kembali menghijaukan bumi, agar bumi sehat, alam sehat dan anak cucupun bisa ikut sehat ,amin
    salam

    1. aamiin..
      bener bunda, itu akibat ulah tangan2 manusia yang tak bertanggung jawab, main ambil manfaatnya aja tanpa mau peduli efek yang diakibatkan…
      mudah2an bumi ini akan hijau lagi bun,, untuk anak cucu kelak nanti…
      salam silaturahim dari saya bunda…

  45. Jika mau hidup dengan nyaman, sayangilah Bumi kita

    1. siap pak,,
      hijaukan bumi dengan tindakan dari diri kita sendiri dan dari hal sekecil apapun

  46. setuju pak.. sayangi bumi kita!🙂

    1. siiaaappp….. mari hijaukan bumi ini lagi…

  47. fotonya bagus2 … bumi adalah investasi untuk anak cucu kita kelak …

    1. betul, jadi mari kita jaga bumi biar anak cucu bisa merasakannya nanti…🙂

  48. gunakan sumber daya alam secara bijaksana… BTW Kang tuh foto daerah mana sih, kok indah banget yo

    1. siap kang, buang sampah pada tempatnya juga..😀
      itu di daerah Brebes, Jawa Tengah kang… sok atuh berkunjung langsung..😀

  49. segernya lihat yg hijau2 begini…. yuuk terus berusaha sayangi bumi ini🙂 mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, mulai dari kini….

    1. siiippp mba,,,
      jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya…😀

  50. Selamat Hari Bumi…

    oh iya mas…ada award di sini mas…diambil ya🙂

    1. selamat hari bumi, mari hijaukan bumi kita ini.
      wah, award?? makasih mas, segera tek jemput ke TKP………. (*terbang….

  51. Hijau, benar2 hijau, keren fotonya mas🙂
    Masalah hijau sering membuat mata saya coklat, ditempat saya sekarang sulit menemukan lahan hijau. yang ada coklat, tumpukan kayu dan tanah coklat tandus!

    1. iya itu karena ulah tangan2 yg tak bertanggung jawab,,
      mudah2an masyarakatnya sekarng mulai sadar akan arti pentingnya penghijauan kembali..

  52. Subhanallah…. luar biasa indahnya ciptaan Allah…. Sungguh sangat disayangkan sekali tangan tangan jahil yang tega merusak semua itu. Padahal sesungguhnya Allah menciptakan semua itu agar manusia sadar akan kekuasaan Allah. namun sayangnya banyak manusia yang lupa akan itu semua.
    Saleum hangat untukmu sahabat

    1. salam dari brebes mas…
      ya bgitulah manusia mas, tau akibatnya nanti kalau sudah ada bencana yang timbul dari akibat merusak alam ini….

  53. setuju friend….. setiap hari adalah hari bumi….
    Makasih udh mampir di blog ku…..

    1. siipp,,, mari hijaukan bumi ini dari diri kita sendiri dan dari hal sekecil apapun…
      makasih kedatangannya pak

  54. foto2nya keren
    bikin saya semakin ngebet belajar bikin foto sebagus ituh
    lokasi di mana tuh? kok ga ada inpoh nya
    ato saya yang kelilipan mbacanya?😀

    1. oya lupa,,,,, ketinggalan lokasi2nya dimana,,
      itu semua ada di daerah Brebes, Jawa Tengah ko mba…
      ayo jeprat – jepret…. itu mah emang karena objeknya yang bagus mba,,,😀

  55. aku memaknainya gini bro..
    bumi diciptakan sebagai amanat kepada manusia untuk dipelihara dg aturan2 yang telah diturunkan atas perintah-Nya…

    jdi, mari kita tunduk dan patuhi setiap perintah-Nya baik yg susah maupun ringan, sekuat kita…. 🙂

    1. betul itu mas…..
      baik buruknya itu tergantung manusianya,, mau rusak juga karena ulah tangan2 manusia sendiri, sehingga kalau terjadi hal2 yang tidak diinginkan, jangan salahkan alam or Tuhan, karena kita sendirilah yang telah melanggar aturanNya….🙂

  56. Subhanallah😀
    Indah sekali negeri yang Allah titipkan ini, sudah sepantasnya kita menjaganya😀

    1. Alhamdulillah, bersukur kita diberi alam seindah itu, dan memang wajib hukumnya untuk menjaganya…🙂

  57. indonesia ijo royo-royo, toto tentrem titi raharjo, gemah ripah loh jinawi mas🙂 hehehe

    1. heheeh…. betul itu…
      ijo2 ngademke moto……😀

  58. […] semua, setelah kemaren2 saya menampilkan gambar2 tentang keindahan bumi ini, nah sekarang giliran pasangannya yaitu LANGIT. Saya akan menampilkan gambar2 tentang keindahan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: