Saya Kembali dengan Membawa Beberapa Berita

Apa kabar sahabat? Semoga selalu dalam keadaan tampan/cantik wal ‘afiat ya?๐Ÿ˜€ Lama rasanya saya tak menyentuh blog ini. Sekitar 2 minggu lebih sedikit ini saya tak melakukan aktifitas di dunia blog. Maaf karena ga bisa BW, dan juga untuk komentar-komentar yang belum saya tanggapi๐Ÿ˜€ Tercatat, terakhir postingan di blog ini adalah tertanggal 16 Maret 2012, yang melaporkan kondisi jalan nasional di Ciregol. Dan perkembangan Ciregol sekarang, ternyata masih seperti itu saja, belum bisa diatasi dengan baik sampai sekarang. Padahal sudah sampai memakan korban jiwa.

Kemana saja Brur??? Ah, gak kemana-mana kok. Masih di sini saja. heehe

Memang banyak juga kegiatan yang harus dilakukan, sehingga membuat saya sampai tak menyentuh blog ini. Terutama adalah tentang rencana pengembangan program Indahnya Berbagi. Berikut kegiatan-kegiatannya:

1. Laporan Indahnya Berbagi Periode Maret 2012

Pemasukan dana Indahnya Berbagi Periode Maret 2012 adalah sebesar Rp 2.426.400,-

Dana tersebut, seluruhnya disalurkan untuk meringankan biaya pendidikan anak-anak yatim dan juga untuk membantu para kaum dhu’afa di wilaya Bumiayu.

2. Pin Indahnya Berbagi

Atas usul dari beberapa sahabat, Indahnya Berbagi ingin melakukan inovasi baru untuk bisa lebih bervariatif dalam penggalangan dananya. Maka diusulkanlah untuk membuat Pin Indahnya Berbagi, yang mana nantinya pin tersebut dijual, dan hasilnya keseluruhan disalurkan untuk kegiatan berbagi. Dan Alhamdulillah, responnya sangat baik. Bahkan ada donatur yang bersedia membiaya keseluruhan proses pembuatan Pin tersebut, sehingga dari Tim Indahnya Berbagi tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk produksi pembuatan Pin. Tim IB tinggal memasarkannya saja, dan alhamdulillah dua hari pemasaran, Pin IB langsung habis diserbu peminat. Teman-teman yang di luar kota yang sudah memesan pun akhirnya tidak kebagian, dan rencananya nanti akan memproduksi lagi. Alhamdulillah, hanya itu yang bisa kami ucapkan.

3. Kegiatan Penyaluran Indahnya Berbagi

Mengingat banyak kegiatan dari para pengurus IB, dan cuaca yang kurang kondusif, maka penyaluran IB Periode Maret 2012, bari dilaksanakan menjelang akhir bulan Maret dan awal April 2012. Dari dana IB yang masuk di Periode Maret 2012, keseluruhan disalurkan untuk wilayah Bumiayu.

Taufik Hidayat, siswa kelas 5 SDN 1 Adisana, Bumiayu, selain sebagai pelajar, dia juga membebani dirinya dengan melakukan pekerjaan yang sebenarnya belum pantas dilakukan oleh anak-anak pada seusianya. Namun karena himpitan ekonomi keluarga, akhirnya mau tidak mau, Taufik harus melakukannya, demi membiayai kehidupan sehari-harinya. Bersama sang kakak, Imam Mustofa (3 SMP), sepulang sekolah, dia bekerja dengan mengumpulkan barang-barang bekas untuk dijual. Atau kalau tidak, dia mengumpulkan batu, kemudian memecahkan batu itu menjadi kecil-kecil untuk dijual juga. Pekerjaan itu dilakukan karena Bapaknya yang katanya bekerja sebagai nelayan (ikut kapal orang), sudah setahun lebih tidak ada kabar beritanya. Sedangkan ibunya bekerja serabutan juga. Taufik juga memiliki seorang adik yang baru duduk di kelas 2 SD. Menurut guru-guru di sekolahnya, ketiga anak tersebut tergolong anak-anak yang cerdas.

Senin (2/4/12), kami meninjau langsung ke sekolah dan juga rumahnya. Harapan kami untuk mereka, semoga mereka tetap semangat, pantang menyerah, dan terus berusaha, karena Allah akan selalu ada untuk mereka.

Taufik bersama Kepsek SDN 1 Adisana

Taufik bersama Kepsek SDN 1 Adisana

Taufik bersama adik & ibunya

Untuk laporan penyaluran lainnya, belum dikirim laporannya. Kita tunggu saja.

4. Rumah Baca

Rumah Baca, inilah salah satu program Indahnya Berbagi yang sedang diusahakan untuk direalisasikan di wilayah Bumiayu. Berawal dari rasa keprihatinan terhadap kurang minatnya pada kegiatan membaca di wilayah kami, dan salah satu penyebabnya adalah kurangnya sarana prasarana yang dapat mendukung untuk meningkatkan minat baca, maka kami mencoba untuk berusaha mewujudkan berdirinya sebuah rumah baca. Tidak terlalu muluk-muluk, yang penting pertama adalah bisa berjalan dulu. Terhitung mulai awal April ini, pendirian Rumah Baca sudah kami seriusi untuk bisa direalisasikan. Untuk lokasi alhamdulillah sudah ada, proposal-proposal sudah siap, dan pengumpulan buku-buku yang masih layak baca dari masyarakat manapunย  sudah dimulai.

Lokasi Rumah Baca beralamat di Jl. Pasar Hewan (Belakang Radio Kasihku), RT 02 RW 09 No. 5, Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, 52273.

Lokasi yang akan dijadikan Rumah Baca

Atau bagi sahabat blogger yang mungkin mau turut serta menyumbangkan buku-bukunya, bisa dialamat ke sekretariat Indahnya Berbagi:

Jl. K.H. Nawawi (Belakang BRI Bumiayu)

No. 10 RT 04 RW 05

Bumiayu 52273

Sumbangan buku dari komandan

Mudah-mudahan Rumah Baca ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar, dan bila berjalan dengan lancar, semoga nanti bisa berkembang dan berdiri rumah baca-rumah baca lainnya di wilayah Sirampog, Tonjong & Paguyangan. Aamiin.

Demikian laporan dari saya selama vakum 2 minggu dari kegiatan blogging. Hehehe, mudah2an tidak menyurutkan semangat saya untuk terus menulis di blog ini.๐Ÿ˜€

51 comments

  1. pertamaxx…. horeee

    1. sudah berapa sekarang harga pertamax??๐Ÿ˜€

  2. meng-aminkan tulisan di paragraf terakhir ..๐Ÿ™‚

    1. hehhe,, iya buu, aamiin, mudah2an ga sampai ngilangin semangat ngeblog..๐Ÿ˜€

  3. buku yg bisa disumbangkan jenis buku apa ya?

    1. targetnya sih untuk anak2 sekolah bu, SD – SMA.
      Ya bisa buku2 pelajaran, sains, pengetahuan umum, cerita anak2, dsb..๐Ÿ˜€

      1. buku-buku saya jaman sekolah dulu sudah gak laku mungkin ya? hehe..

  4. Subhanallah ya.. semangat Taufik *jempoll* #terharu..

    Aamiin.. moga rumah bacanya bisa bermanfaat buat semua๐Ÿ™‚ aye juga pengen banget bangun rumah baca didaerah sekitar, kapan yeeee ^_^

    1. harus tetap semangat buat taufik..๐Ÿ˜€

      aamiin,, ayo mulai dirintis, pelan2 asal pasti, insya Allah terealisasi๐Ÿ˜€

  5. Pengen jg ngirimin buku2ku yg udah selesai dibaca Mab, tapi ini buat anak2 ya? hiks…ga cocok kalo buat mereka mah.

    1. hehe,, kirim aja bun,, heheh
      kalau skedar novel2 biasa sih mungkin bisa, kali aja nanti ada anak2 SMA yang ikutan baca, biasanya kan di SMA juga ada tugas disuruh bikin resensi sebuah novel๐Ÿ˜€

  6. Semoga semua kegiatannya selalu dalam keberkahan dan kelancaran amiiin!

    1. aamiin,,
      trimakasih pak,,๐Ÿ˜€

  7. niauly · · Reply

    oh ternyata kegiatan itu yg bikin mabruri absen ngeblog heheh…mudah2an rumah bacanya bisa cepat direalisasikan…mudah2an taufik dan keluarganya diberikan kemudahan sampai mrk menyelesaikan sekolahnya yachh….

    1. hehehe,, itu juga bu,,
      aamiin, smoga bisa terealisasi seingga bisa memberikan manfaat buat masyarakat

  8. Assalamu’alaikum Mab..

    ah, bisa nyumbang buku jg kesana ya… insya Allah Mab… kucatat alamatnya ya.. thanks..๐Ÿ˜€

    1. ‘alaikumussalam wr wb bu..
      hehe,, iya bu, bisa nyumbang buku juga, silakan aja..
      terimakasih sebelumnya..๐Ÿ˜€

  9. menarik ceritanya…

    1. terimakasiiihhh๐Ÿ˜€

  10. mechtadeera · · Reply

    alhamdulillah…muncul lagi membawa kabar baik… semoga Indahnya Berbagi semakin membawa keindahan hidup masyarakaat sekitar yg membutuhkan ya…

    1. alhamdulillah mba, berkah doa mba mechta pula, saya bsa menyapa kembali.. heheh

      aamiin, mudah2an mba, akan lebih bisa memberikan yg terbaik lagi untuk masyarakat

  11. Siiiiippppp saya terharu sekali…luar biasa, ngak bisa berkata apa, salut kang Mab…rumah bacanya kerennnn

    1. hehehe,,,
      biasa aja bli,, mumpung lagi semangat untuk memberikan yg terbaik buat masyarakat…๐Ÿ˜€

  12. Ejawantah's Blog · · Reply

    Senang melihat perjuangan tanpa mengenal rasa putus asa. Tetap semangat ya Sob.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. aamiin,, makasih pak doa suportnya.
      smoga makin bisa mmberikan yg terbaik untuk masyarakat

  13. Aamiin, semoga semua rencana dimudahkan dan makin banyak warga yang terbantu.

    1. aamiin ya Rabb..
      makasih bun doa & suportnya..
      insya Allah bila dilakukan dengan smangat, ihlas, maka akan dipermudah jalannya

  14. lokasinya untuk rumah baca mantap, pak..
    semangat teruss!๐Ÿ˜€

    1. iya mba, alhamdulillah ada yang merelakan rumahnya buat dijadikan rumah baca.๐Ÿ˜€

  15. alhamdulillaah. ..
    datang lagi ya mas, membawa kabar baik pula.

    kegiatan selama 2 minggu ini membawa hal yang positif pastinya ya mas. . .
    semua yang sudah mas mabruri kerjakan pasti sangat bermanfaat untuk mereka.๐Ÿ˜‰

    1. iya alhamdulillah,
      kegiatan terjun ke lapangannya mudah2an bisa memberikan manfaat tuk masyarakat.

  16. Tina Latief · · Reply

    mudah-mudahan buku yang disumbangkan adalah buku yang akan dibaca semuanya..
    welcome back mas, lama engga nongol..๐Ÿ˜€

    1. iyaaa, pastinya itu, jangan cuma dikumpulin aja,,๐Ÿ˜€
      heheh,, makasih mba..๐Ÿ˜€

  17. Tetap semangat, makin dikuatkanNya menjadi sumber dan saluran berkah bagi sesama. Salam

    1. aamiin yaa Rabb,, makasih buu suportnya๐Ÿ˜€

  18. wah ternyata sibuk yaaa …
    sukses ya mas dengan semua programnya๐Ÿ˜€

    1. heheh,,
      insya Allah mas..๐Ÿ˜€

  19. Hai halo mas apa kabar?๐Ÿ™‚
    Semoga makin banyak donasi untuk indahnya berbagi dan makin banyak juga yang bisa dibagikan ya…

    1. alhamdulillah mbaa,,๐Ÿ˜€

      aamiin, insya Allah..
      makasih mba.๐Ÿ˜€

  20. Inilah yang dinamakan memberikan kemanfaatan untuk orang-orang di sekitarnya. Semoga semakin banyak diantara kita yang bisa melakukan hal semacam ini

    1. aamiin,,
      ya sebisa mungkin, kita hidup di dunia ini, harus bisa memberikan manfaat untuk orang lain juga.๐Ÿ˜€

  21. amin..

    semoga makin eksis di jagat blgging ya mas๐Ÿ™‚

    1. hehehe,,
      aduuhh , ko rasanya makin jarang update skarang yah??๐Ÿ˜ฆ

  22. MasyaAllah๐Ÿ™‚
    barakallahu fiik

    1. aamiin ya Rabb..
      makasiih bu๐Ÿ˜€

  23. tidak ngeblog sebentar, tapi melakukan kegiatan yang sangat bermanfaat….; salut, Bro! semoga senantiasa dalam rahmat-Nya….

    1. hee,,
      alhamdulillah pak ustadz…
      sampai saat ini juga masih ngurusin rumah baca, rencananya Mei biar bisa sudah dibuka

  24. sama Mab… baru posting juga…
    buku-buku ya… banyak banget disini…. moga2 bisa dikirim

    1. hehehe,, kemana aja bu??๐Ÿ˜€

      asiikkk, muga2 bisa ya bu, aku tunggu..๐Ÿ˜€

  25. Duh, orang lain sudah beramal sana sini,… saya masih sedikit. pengennya membangun wadah sosial, tapi membentuknya itu lho,…. susah kayaknya๐Ÿ˜›

    1. pelan-pelan pak,, minimal dari diri sendiri dulu,,,๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: