AADC (Ada Apa Dengan Ciregol?)

Jalur nasional pantura yang membentang dari Tegal – Purwokerto, tepatnya di jalur tanjakan/turunan Ciregol, Kecamatan Tonjong, mengalami kerusakan sangat berat karena badan jalan amblas.  Akibat dari kejadian itu, arus lalu lintas dari dua arah menjadi terhambat, bahkan mengalami kemacetan panjang.

Amblasnya jalan di tanjakan/turunan Ciregol ini pada awal Maret ini, merupakan pengulangan peristiwa yang sama terjadi pada Maret 2011 yang lalu. Tepat satu tahun peristiwa amblasnya badan jalan ini, kembali terulang di Maret 2012. Perbaikan yang telah dilakukan, ternyata tak mampu bertahan lama, bahkan hanya bertahan kurang dari satu tahun. Apakah ada yang salah dengan penanganan jalan tersebut? Entahlah, yang jelas peristiwa ini sangat menghambat sekali bagi pengguna jalan raya itu.

Masih teringat jelas, ketika peristiwa amblasnya Ciregol ini pertama kali terjadi di Maret 2011 lalu. Ketika itu saya sedang menuju perjalanan pulang ke Sirampog dari Semarang. Setelah sampai di Tegal, untuk melanjutkan perjalanan ke Bumiayu, saya menggunakan bis. Saya menunggu bis sampai hampir 2 jam, tapi ga muncul-muncul juga itu bis jurusan Tegal-Purwokerto. Akhirnya saya cari informasi, dan ternyata dapat kabar katanya jalan Ciregol amblas, sehingga kendaraan terjebak kemacetan di sana. Akhirnya saya pun melanjutkan perjalanan dengan naik mikro, sepotong demi sepotong, dan sampai akhirnya kendaraan pun tak bisa melanjutkan perjalanan karena sudah ikut terjebak macet juga.

Macet karena Ciregol

Macet lagi macet lagi

Hikmahnya, tentu saja banyak para ojek dadakan. Tetap saja lah, dari setiap kejadian selalu ada hikmahnya. Heheheh. Untuk kendaraan kecil, arus lalu lintas dialihkan ke jalur alternatif jalan desa, masuk ke Desa Kutamendala, Karangjongkeng, kemudian tembusnya di Linggapura.  Namanya jalan desa, sudah pasti karena dijadikan jalur alternatif, jalan itu pun jadi rusak berat.

Butuh waktu lama untuk memperbaiki badan jalan yang amblas itu. Sepertinya lebih dari dua bulanan untuk memperbaiki jalan tersebut. Dan memang, setelah menunggu lama, akhirnya terselesaikan juga perbaikan jalur Ciregol ini.

Namun, entah kenapa, jalur ini kembali amblas tepat di bulan Maret 2012 ini. Benar-benar satu tahunlah dari awal amblasnya jalan ini. Bahkan sekarang kondisinya lebih parah. Penanggulangan darurat masih terus dilakukan, sembari benar-benar mencari solusi yang tepat agar peristiwa ini tidak terulang lagi. Karena ini adalah satu-satunya jalur nasional dari Tegal – Purwokerto.

Bis melewati tanjakan Ciregol

Itu yang di Ciregol, Kecamatan Tonjong. Tak jauh dari situ, masuk ke Bumiayu, ternyata mengalami nasib yang sama. Yaitu jembatan kalikeruh di jalan lingkar Bumiayu, arah menuju terminal Bumiayu, juga mengalami longsor, sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda empat. Arus lalu lintas kemudian dialihkan kembali masuk ke dalam wilaya Bumiayu. Tentu saja ini menambah semrawut lalu lintas di dalam kota Kecamatan Bumiayu.

Video kondisi terakhir Ciregol, Maret 2012

Foto-foto AADC (Ada Apa Dengan Ciregol)

This slideshow requires JavaScript.

Semoga semuanya segera teratasi dengan baik, sehingga dapat memperlancar segalanya.

39 comments

  1. kirain macetnya gara2 si komo lewat mas.. hihihi
    semoga cepat diperbaiki ya mas.. biar lancar dan jangan sampe timbul korban jiwa

  2. Tina Latief · · Reply

    jalannya benar-benar mengikuti kontur sesungguhnya, maunya dibawah sampe anjlok begitu..

  3. Wah bahaya lho jalan seperti itu. Kalau konturnya menurun atau rusak, bisa berbahaya bagi pengguna jalan.

  4. tanjakan ciregol ngeri juga ya pak. . .
    kalau sering dilewati bis ya pasti tambah parah itu jalan pak?

    1. Aldy stiwan · · Reply

      Smga jpt bgus y jaln y

  5. jarwadi · · Reply

    tipikal sarana umum Indonesia, tulisan ini sebenarnya membawa berita sekaligus kritik, tapi penyampaianya sangat adem dan damai

    saya tidak menyadari ini kritik sampai saya menulis komen ini, pasti mas mabrur seorang yang sabar🙂

  6. dan aku adalah salahsatu saksinya Mab….hiiiks
    ampe pegel badan..
    hikmahnya aku bisa menikmati pemandangan desa-desa yang bagus.. kapan lagi soalnya?

  7. Di jalur pantura dekat tempat saya kemarin juga ada sebuah jembatan kecil yang baru sebulan selesai dibangun sudah ambrol lagi.
    Tanyakan kenapa?.

  8. semoga ada solusi terbaik buat jalan itu ya Kang

    1. Amin. Insya Allah.

  9. Semoga proyeknya lancar untuk perbaikan nanti,

  10. Yunda Hamasah · · Reply

    AADC kayak judul flm ya… Cilegon ternyata:-)

    1. koreksi, Bunda. bukan Cilegon tapi Ciregol.🙂

  11. judulnya keren…
    hahahaha….
    jalan amblas mah emang ngerepotin, bukan hanya membahayakan, tapi juga memacetkan…
    semoga cepat dibenerin, amin

  12. Indonesia banget ya mas. Padahal truk2 muatan berat seharusnya tak lolos dari timbangan. Muatan layak sebenarnya tak lebih dari 20 ton, kalau truk gede bisa sampe 30-40 ton lho, tergantung muatannya. akibatnya,… ya begini. tapu tak apa, negara kita kaya. buktinya rela bolak-balik pembenahan jalan😛

  13. Semoga cepat diperbaiki biar kokoh semennya pakai Tiga Rod*

  14. waduuuhhh… bener2 parah ya Mas…
    ikut prihatin…

  15. Nampaknya struktur tanah di site tersebut kurang mantap ya, semoga segera mendapat solusi yang lebih permanen. Mari teman2 PU kita respon tantangan tsb secara apik. Tetap semangat.

  16. waduh…ntu truknya klo kebalik gimana😦

  17. keseriusan dalam pembangunan masih jauh dari yang diharapkan mas, semua masih mengharapkan cepat kaya dari kesusahan orang lain, semoga mereka semua diinsyafkan.

  18. tanjakannya ngeri banget Om…
    apa bus nya gak takut jatuh ya???

  19. semoga cepat teratasi dan tak terulang lagi,
    jalan bagus ekonomi ikut terangkat.

  20. semoga kerusakannya cepet dibenerin nich sob biar ga macet lg kayak gt………….

  21. iya mas, semoga dapat segera diatasi sehingga tidak merugikan khalayak lebih banyak lagi….

  22. ngga dimana, jalanan rusak pastinya bikin macet ya Mab, semoga segera diperbaiki..

  23. Kasihan juga kalo macet total kek gitu
    Semoga bisa cepat ditangani ya…

  24. wah kok bisa sama ya di bulan maret mas?

  25. jalannya serem juga tuh mas, apalagi kalo pas musim hujan gitu jadi becek parah gitu.. dimana-mana mah, selalu aja ada alasan untuk bikin jalan jadi macet yaa mas.. hehe

  26. selain emang frekuensi jalur mobil yang padat menyebabkan kondisi jalan cepet rusak apalagi kalau sering dilalui oleh mobil besar.. dan biasanya perbaikan jalan kurang bagus dan padat sehingga jalan pun amblas lagi.. semoga cepet diselesaikan deh kan gak nyaman yang gunain jalan..

  27. mas brur sekarang jarang update, kenapa yaa??

    ada hadiah untuk mas brur, semoga bisa bikin semangat ngeblognya balik lagi.. diterima yaa, http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/🙂

  28. mechtadeera · · Reply

    Mab….apa kabar??? Semoga sehat – sehat saja ya…

  29. … [Trackback]…

    […] Read More Infos here: mabrurisirampog.wordpress.com/2012/03/16/aadc-ada-apa-dengan-ciregol/ […]…

  30. masjazz · · Reply

    Waduh……… apa skrg dah bisa dilewati? Aku ketinggalan berita nih….

  31. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBlog SahabatBuku Tamu…BukukuCinta RasulDaftar IsiFoto-fotoGnatyxINDAHNYA BERBAGIRak Award’sSirampogVIDEO ← AADC (Ada Apa Dengan Ciregol?) […]

  32. Ya ampuuun, memprihatinkan dan membahayakan banget ya😦
    Masa iya jalan dah dibenerin kok cuma bertahan setahun😦
    Semoga pemerintah serius menanganinya yaa.

  33. teguh bp · · Reply

    aku rencana mau mudik minggu ini mudah mudahan lancar kalo macet ya wajar aja itu ciri indonesia hehehe

  34. wah,.
    moga aja selanjutnya ga ada manipulasi dana proyek lagi untuk perbaikan untuk ciregol supaya bisa menghasilkan jalan yang berkualitas bagus untuk beberapa tahun kedepan,.
    cayooo bumiayu,….

  35. Riandi Zaini · · Reply

    Update informasi terus untuk membantu para pemudik. Saya termasuk yang ingin tau perkembangannya karena saya mudik dari Jogja ke Brebes.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: