Kisah-kasih Di Sekolah Dasar

Kisah-kasih di Sekolah Dasar ini, adalah rangkain pekerjaan rumah yang saya dapat dari Ibu Dewi Fatma. Jauh-jauh dari Tanjung Pinang sana, ingin belajar bersama mengerjakan PR dari Bapak/Ibu guru dengan saya yang berada di Brebes.πŸ˜€

Sebelum melanjutkan cerita waktu SD, saya ingin mengucapkan Selamat Idul Adha 1432 H, semoga momen berqurban di Idul Adha ini, bisa terus membakar semangat kita semua dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa lebih peduli lagi terhadap sesama, dan tentunya semoga Allah selalu memberkahi setiap amal perbuatan kita. Aamiin.

Mengenang masa-masa indah saat berseragam Merah Putih, tentunya banyak hal yang sudah terlupakan oleh saya. Tapi saya rasa, masih banyak pula yang bisa saya ingat dari masa-masa kejayaan masa silam itu. Kenapa dibilang masa kejayaan? Ya, karena masa-masa SD itulah, dimana saya bisa meraih prestasi terbaik selama duduk manis di bangku SD selama 6 tahun.

Setiap sore numpang ikut main takraw di halaman SD

SD Negeri Kaligiri 1, Kec. Sirampog, adalah tempat pertama kali saya mengenyam dunia pendidikan, tempat dimana pertama kali, kami kebanyakan anak-anak pada umumnya yang tinggal di desa, diperkenalkan dengan keluarga “BUDI”. Dari kakeknya Budi, bapaknya, ibunya, adiknya dan sebagainya yang berhubungan dengan keluarga Budi. Peristiwa itu telah berlalu kurang lebih puluhan tahun yang lalu, dan sekarang entahlah, saya sudah tak pernah berkomunikasi lagi dengan keluarganya Budi, semoga saja selalu dalam keadaan sehat wal afiat. *apaan sih ini….πŸ˜€

Tahun 1992, saya masuk Sekolah Dasar Negeri 1 Kaligiri. Sekolah yang berada di lingkungan tempat tinggal saya. Letaknya masih dekat dengan rumah, jadi sampai sekarang pun masih bisa melihat bangunannya setiap hari sehingga dengan mudah bisa mengenang memori-memori masa-masa SD itu.

penampakah SD Kaligiri 1, Sirampog

Baiklah, itu hanya sekedar kilas balik masa-masa SD, dan sekarang langsung pada soal-soal yang harus dikerjakan dengan baik, agar bisa mendapat nilai yang bagus, biar jadi juara kelas lagi…πŸ˜€πŸ˜€

1. Guru Favorit

Untuk Guru-guru waktu SD, saya masih inget semuanya. Kelas 1 diajar sama Ibu Rohimah, kelas 2 Ibu Maryatun, kelas 3 Bpk. Sucipto, kelas 4 Ibu Suparti, kelas 5 Bpk Saryono, kelas 6 sama Pak Sucipto lagi, Guru Agama Bpk Fanani & Bpk Muslikh, guru Olahraga Bpk Sutoto.Β  Dan yang menjadi Favorit saya adalah Ibu Maryatun. Ibu guru yang berasal dari Kota Magelang ini, baik banget orangnya, tidak pernah marah kalau ngajar, sabar sekali menangani kebandelan anak-anak, dan tentunya sering ngasih hadiah kalau ada yang bisa menjawab pertanyaan darinya. Saya sering banget dapat hadiah dari Beliau. Sayangnya Bu Maryatun ga bertahan lama di situ, karena harus pindah ikut suami yang kerjanya sebagai anggota TNI. Sedih sekali saat Beliau berpamitan mau pindah. Hiks…hiks.. Hanya doa yang bisa saya sampaikan buat Ibu maryatun, semoga Allah selalu memberkahi.

2. Guru Killer

Ehmmm,, menurut saya sih, tidak ada guru yang killer. Tapi kata kebanyakan teman-teman sih, katanya Bu Rohimah, guru kelas 1 itu galak banget kalau ngajar. Tapi berhubung waktu itu, saya sudah mengenal huruf-huruf sebelum masuk SD, jadi malah sering dipuji sama Bu Rohimah. Yang masih saya ingat, misal dibarisan tempat duduk saya dirusuh baca suatu kalimat, maka Bu Rohimah selalu bilang, “Mabruri ga usah ikut baca”, Heheheh…. Maafkan ya Bu, tapi itu penilaian teman-teman lho bu, bukan saya.

3. Teman Bolos

Bolos? Sepertinya masa-masa SD belum kenal dengan istilah Bolos sekolah. Jadi ga pernah bolos sekolah. Tidak masuk sekolah karena malas saja, rasanya tidak pernah, apalagi untuk kabur dari sekolah.πŸ˜€

4. Teman Berantem

Waduuhh,,, saya anak baik sodara-sodara. Apalagi dari kelas 1 sampai kelas 6 selalu jadi ketua kelas. Jadi seringnya malah yang nengahin ataupun ngadu ke Bapak/Ibu guru bila ada anak-anak yang pada berantem.πŸ˜€

5. Jajanan Favorit

Untuk jajanan favorit pada masa itu adalah Cilok. Tahu cilok kan? Itu lho bakso yang situsuk. Cilok = Aci dicolok. Setiap hari jajannya pasti itu, cilok dicemplungin ke saos ataupun kecap. Cilok yang kecil waktu itu harganya Rp 50,- sedangkan yang gede dan di dalamnya ada telornya cuma Rp 100,-. Sampai sekarang pun masih sering juga kok makan cilok.πŸ˜€

6. Jajanan Mainan Favorit

Mainan favorit apa ya? Karena tinggal di desa, jadi kebanyakan mainannya ya yang tradisional-tradisional saja. Seperti Sodor, Bentengan, dam-daman, panggalan, dsb.

7. Sepatu Favorit

Sepatu favorit, sebenarnya ga ada yang jadi favorit. Yang penting bagus dan nyaman aja dipake. Sepertinya waktu SD seringnya pake yang merk ATT itu lho, Aktual Tajam Terpercaya. Tahukan ya sepatu ATT. Saya sering dibeliin sepatu itu sama ibuΒ  waktu SD.

8. Tas Favorit

Tas Favorit? Waduh, apa yah. Pokoknya yang saya ingat, waktu masih kelas 1-3, tasnya yang bermotif gambar superhero gitu deh. Sedangkan waktu sudah kelas 4, sudah berganti, pokoknya yang hitam dan polos tanpa gambar apapun. Hehhe, Lupa kalau mereknya mah..πŸ˜€

Itulah sekilas tentang kisah kasih saya selama duduk manis berseragam merah putih. Dan biar lebih afdhol, saya pun ingin tahu bagaimana kisah kasih sahabat lainnya sewaktu masih SD. Berikut adalah sahabat blogger yang beruntung untuk menceritakan masa-masa indah di bangku Sekolah Dasar:

  1. Mba Tiara
  2. Mba Dhilla
  3. Mas Riez
  4. Ibu Chocho

90 comments

  1. Waaa, sepatunya sama kayak punya saya. Cuma punya saya depannya pake Hamdan gitu dehπŸ˜†

    1. huwahahaha,,,
      dungdatan dong bu..πŸ˜€

  2. wah ngerjain PR-nya mbak dewi tho mas..hehehe..
    cerita sekolah dasar yang berkesan yah..:)
    seneng membacanya, jadi ingat PR saya dari bunda monda, insyallah hari ini mau posting…semoga bisa…

  3. eh lupa Happy Ied Mubarak yah..selamat idul Adha semoga semangat dan hikmah hari raya qurban selalu ada dihati kita ..dan semoga allah memberikan kita kesehatan dan umur panjang sehingga bisa bertemu dengan hari raya idul qurban tahun depan *amien..insyallah..

    1. iya mam, dapat kiriman PR dari ujung sana,
      Masa SD tetep mengena, apalagi sekolahnya sampai sekarang masih ada dan bisa melihat sesering mungkin.

      Selamat idul adha juga mam, aamiin.. semoga Allah selalu memberkahi kita sehingga kita dipermudah untuk selalu berjalan di jalanNya.. aamiin

  4. selamat idul adha ya omπŸ™‚
    kayaknya nih cilok bisa disebut sebagai makanan tradisionan dari Indonesia ya hhohho
    yah om aku gimana mau ngerjain peernya😦 aku kan belum lulus SDπŸ˜›

    1. selamat idul adha tiara…
      heheh,, iya, merata dimana saja ada.
      hihihi, ya minta tolong sama ibu, tapi jangan ibu yang ngerjain semuanya..πŸ˜€

  5. mampir nich sob πŸ˜€
    masih tajam ingatannya dengan sd masa silam….
    salam kenal dan salam persahabatan !

    1. alhamdulillah ms,,
      masih beberapa tahun kemarin…πŸ˜€

  6. kalo saya malah seringnya dikasih sepatu warrior belang2.
    jajanan favoritenya saya ya mas. Kalo ditempat saya disebut Soting (bakSO biTING). Selamat mengerjakan PR bagi teman-teman yang terpilih

    1. bakso biting?? lucu2 ya mas namanya… tapi mpe sekarang masih jadi jajanan favorit..πŸ˜€

  7. masih agak fresh dong masuk SD thn 92, aku udah mau lulus SMP tuhπŸ™‚

    1. heheh,, alhamdulillah bu, apalagi SDnya masih sering dilewati dan juga temen SD sih kebanyakan emang teman satu kampung.πŸ˜€

  8. aahh aku dapet juga akhirnya… hehe.. oke deh mas, insya Allah aku kerjain ya di waktu luang..πŸ˜‰

    1. heheeheh,, kerjakan mba..πŸ˜€

  9. masih imut-imut yah…

    1. alhamdulillah bu,, unyu-unyu..πŸ˜€

  10. Irfan Handi · · Reply

    Wadduh, saya lupa munculin Jajanan Mainan Favorit ny kang, apa yang empunya gak protes ya?πŸ˜€

    1. hehhe,, ayuuhh revisi mas..πŸ˜€

  11. Yang masih membekas sampai sekarang saat SD, ketika bolos sekolah dan ketahuan. Waktu itu pertama kali bolos, dan mungkin hanya sekali itu saja di SD, dan esoknya orang tua dipanggil kesekolahπŸ˜€

    1. jiahahaha,, hebat bener pak, masih SD sudah berani bolos..πŸ˜€
      pasti orangtua marah besar nih..πŸ˜€πŸ˜€

  12. wehehe jadi nostalgia ke masa SD dulu

    1. iya mas.. bernostalgia pada zaman merah putih

  13. Wuih, cilok… makanan yang bener2 bertahan lama ya…πŸ™‚

    1. tak lekang oleh waktulah mas..πŸ˜€

  14. uhuy …………Ruri dapet juga rupanya tugas ngerjain pe er …πŸ™‚
    ketika SD jarang memang, malah hampir gak ada yg bolos membolos gituh ya , mungkin krn memang blm terlalu ngerti ilmu bolos , beda sewaktu SMA ya Ruri …πŸ˜€πŸ˜€
    salam

    1. heheh,, iya bun
      lumayanlah buat bernostalgia.. hehehe
      mungkin juga bun, emang ga kkenal istilah mbolos ataupun kabur dari sekolah,, lagian skolahnya juga deket sama rumahπŸ˜€

  15. wah ternyata si Mab ini selalu jadi anak teladan… ^_^
    selalu jd ketua kelas, berarti insya Allah juga pribadi yang amanah ya Mab… amin..πŸ™‚

    1. hehehhhe,,
      aamiin,, itu dulu bu waktu masih anak2… heehe
      skarang sih banyak bandelnya.πŸ˜€

  16. Sayyidah 'Ali · · Reply

    guru killer ibu Rohimah? sikap itu mungkin karena kasih sayangnya..lihat namanya aja Rohimah, ( orang yang pengasih)

    1. hehehe,, harusnya seperti itu bu,, tapi emang galaknya buuu,,, mukul ya mukul beneran, mbentak2 mulu kalau ngajarπŸ˜€

  17. dimana mana ada PR…
    bags..bagus..

    btw, bentengan saya suka permainan itu dulu

    1. iya nih lagi musim PR,, mana susaha lagi sudah lama ga belajar…πŸ˜€
      bentengan emang mainan masyarakat kita jaman dulu

  18. […] PR dari Mas Brur, nih! Mula-mula agak bingung juga mesti mulai darimana, tapi langsung semangat. Maklumlah, masa SD […]

  19. wahh keren euy jadi ketua kelas terus…berarti bakat jadi pemimpin nech hehehe….

    1. alhamdulillah bu,,,
      semoga saja melalui media menjadi ketua kelas bisa melatih untuk menjadi orang yang amanah..πŸ˜€

  20. Iya ya, kyknya zaman SD blm punya ‘selera’, apa yg dibeliin ortu ya itulah yg dipake, ga pengen yg macem2 he he

    1. iya bun,, bener bener,,,,
      butuhnya sekolah pake sepatu dan bawa tas, belum tau anak gaul juga sih bun mungkin.. hehehe

  21. Kayaknya banyak yang doyan cilok ya?πŸ™‚

    Makasih Mab, udah ngerjain PR nya. Bu guru Dewi yang baik hati kasih nilai 10003!!! Plok..plok..plok…
    juara umum tingkat KabupatenπŸ˜€ Hebat kan?

    Selamat hari raya Idul Adha buat Mabruri dan teman-teman yang mampir ke sini ya…

    1. alhamdulillah dapat sepuluh ribu lebih…

      slamat idul adha juga bu..πŸ˜€

  22. […] Well, gue kebagian PR ini juga. hehe. Kualat sama si amel nih. Gara-gara pernah komen disana yang intinya menyatakan betapa beruntungnya diri ini tidak kebagian tugas ngerjain PR yg menceritakan tentang kenangan masa SD (lihat komen saya disini), eh akhirnya dapet dari mas mabruri. […]

  23. kita selisih 3 tahun mas, heheh, duluan mas nya..

    1. hiks..hiks..
      ketahuan deh saya tuanya..πŸ˜€

  24. banyak banget yang kebagian PR ini, rata-rata yang sudah saya baca keren-keren ya kisah masa SD nya dulu.

    1. iya lagi mewabah nih PR, sebentar lagi akan ada masa2 SMP.πŸ˜€

  25. Haha… cilok ya…
    masih sering ikutan beli tuh kalo ada yang mampir ke SD di samping tempat kerjakuπŸ˜€

    1. sama kak, skarang juga masih sering beli dan melahapnya.πŸ˜€

  26. Ternyata saya lbh gede huehehe

    1. ihihihihihi,,,,,,,,,, beti paling mbak..πŸ˜€

  27. nostalgia sma..lho malah nyanyi..hehee..
    Nostalgia sd ..manis, wah trnyata ada cilok jg dsana..hehe piss..aduh jadi kangen maen damdaman nih..hmm…asikk..

    1. cilok makanan nusantara mas..πŸ˜€
      hayu kita dam2an bareng..πŸ˜€

  28. Hahahahha…
    Waktu SD juga saya sering banget dikenalin sama keluarganya Budi. Tapi kalo giliran gurunya bosen ngenalin sama Budi, diganti sama keluarganya Mila deh. Hahahha…

    1. wkwkwk,,
      skarang gimana keadaaan mereka yah??πŸ˜€

  29. irfan handi · · Reply

    Masih mengenang kisah kasih di sekolahnya Mas?πŸ˜‰

    1. iya nih mas, belum sempet mosting yang baru..πŸ˜€

  30. Cilok ternyata menusantara yo kangπŸ™‚

    1. hu uh kang, membudaya di seluruh negeri ini..πŸ˜€

  31. Kisah kasih di SD yang tetap terkenang manis ya MabπŸ™‚

    1. iya bu,, apalagi sekolahnya masih sering dilewati..πŸ˜€

  32. Wah hebat nih dari kelas 1 s/d 6 jadi ketua kelas terus..πŸ™‚
    tapi kalo saya cuma pas kelas 6 saja.. :p

    saya juga udah ngerjain PR ini lho.. *gak ada yg nanya*

    1. iya,,, sampai bosen sebenarnya jadi ketua kelas mulu..πŸ˜€

      ntar tek cek deh..πŸ˜€

  33. wah, pengalaman saat SD-nya seru juga ya…. belum kenal bolos, jajanan cilok, tas hero, ahai….

    1. heheh,, iya pak ustadz,,
      lumayan untuk bernostalgia..πŸ˜€

  34. kok belum ada olahraga dan pelajaran favorit ya..? takut kepanjangan yaπŸ™‚

    1. hehhe,, ga tau itu pak,, dikasi soalnya cuman itu doang..πŸ˜€

  35. lovetiffa · · Reply

    masa sekolah sy tidk terlalu menyenangkan, jalani sja yg skrg

    1. hihihi,, kenapa emangnya mba,,,
      iya sih, yang lalu biarlah berlalu, yang ada ya sekarang ini..πŸ˜€

  36. Selain guru favorit mas ruri yg pindah,apa guru2 yg lain masih aktif mengajar sekarang ini? Kalo ya,senang dong tiap hari msh bisa ketemu sama beliau2πŸ™‚

    1. Alhamdulillah masih pak,,,
      soalnya yang lain masih satu kelurahan,,, heheh
      Guru kelas 4 tidak lain dulu istrinya Bapak Lurah, trs guru kelas 6, teman sekolah bapakku..πŸ˜€

  37. Woo ternyata mainan dam daman juga toh, kalau begitu main sama saya aja … kapan?

    1. hayuuuk pak,,,, gelar tikar..πŸ˜€

  38. 92 saya baru umur setahun mas brur. hihi

    1. jiaahhaha,, aahh,,
      ternyata saya tuwa banget jadinya..πŸ˜€

  39. maaf mas belum bisa ngerjain PRnya

  40. pertama kali baca judulnya: kirain ttg cinta monyetnya Mab jaman SD😦 Ternyata PR toh? *penontonkecewa..

    1. jiahahaha,,,,
      ya itu banyak kisah kasihnya..πŸ˜€

  41. cilok itu justru bunda kenal setelah dewasa lho Mab

    1. waahh,, waktu bunda di mana itu? brarti belum terkenal sampai situ ya bun?πŸ˜€

  42. Oooo IDnya sirampog karena asalnya dari situ ta? Huehehe…

    1. iyaaa,,, Sirampog nama daerah tempat tinggal saya..πŸ˜€

  43. cilok … meski beda jaman, ternyata sama ya jajanan favorit kita…

  44. […] saja saya melupakan PR yang diberikan teman blogger saya mas mabruri dan ipoer . PRnya adalah kita disuruh meningat hal-hal tentang masa dimana kita masih mengenakan […]

  45. Sama, Gan. Saya juga mainannya Bentengan.πŸ˜€

  46. kalau menurut gw yang paling seru dari sd mah kalau udah berantem. Diinget-inget lagi, kita berantemnya kayak kucing mau kawin. Peluk-pelukan, bantin-bantingan. Hhehe

  47. Alhamdulillah sudah saya kerjakan Mas PR-nya ini dia link-nya
    http://www.masjier.com/2011/11/kenangan-waktu-smp.html
    Silahkan dinilai ya kalo nilainya kurang, nggak apa-apa kalo harus remidi heheheπŸ™‚

  48. peernya udah daku kerjain ya omπŸ˜€

  49. komentarnya banyak amirrrrrrrr….
    salam kenal neh, saya baru saja di blognya djangan pakiesssss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: