Safari lebaran ke Taman Wisata Air Panas Guci

Safari Lebaran, Guci

Objek Wisata Air Panas Guci

Safari lebaran ke Taman Wisata Air Panas Guci ini, saya lakukan bersama para sahabat seperjuangan SMA pada saat idul fitri tahun lalu (1431 H). Kami memilih objek Wisata Air Panas Guci, Tegal sebagai tempat untuk berkumpul melepas rindu dan berbagi cerita setelah kurang lebih satu tahun tidak bertemu. Kali ini saya akan menceritakan laporan perjalanan Safari Lebaran ke Objek Wisata Air Panas tersebut.

Objek Wisata Air Panas Guci, merupakan objek wisata alam yang berada di wilayah kabupaten Tegal, tetangga kabupatan Brebes. Menurut beberapa sumber, Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Tegal. Menurut mitos yang beredar selama ratusan tahun,air panas Guci berasal dari air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci), dan berkhasiat mendatangkan berkah, masyarakat kemudian menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci.

Safari lebaran ke Taman Wisata Air Panas Guci

Air Terjun di Guci

Oleh karena air pemberian wali itu sangat terbatas, pada malam Jumat Kliwon, salah seorang sunan menancapkan tongkat saktinya ke tanah. Atas izin Tuhan, mengalirlah air panas tanpa belerang yang penuh rahmat ini. Nah, Sampai saat ini, setiap malam Jumat Kliwon, banyak pengunjung datang dan mandi di tempat pemandian air panas ini untuk mendapat berkah. Wisata Pemandian Guci berupa air terjun hangat yang mengalir deras dari atas bukit.

Objek wisata ini termasuk dekat dari rumah saya (Sirampog). Kira-kira bisa ditempuh tak kurang dari 2 jam dengan kendaraan bermotor. Waktu itu saja dari Bumiayu hanya butuh waktu 2 jam untuk sampai ke objek wisata Guci. Kami berangkat dari Bumiayu pukul 09.30 WIB. Molor 2 jam dari rencana yang telah ditetapkan. Biasalah, jam karet masih berlaku,, hehehe.

Safari lebaran ke Taman Wisata Air Panas Guci

Kebun Strowbery di Guci

Sampai di TKP kurang lebih hampir menjelang dzuhur. Dan sangat tidak mendukung sekali cuacanya. Kebetulan lagi musim hujan, jadi sampai di Guci langsung disambut dengan guyuran hujan deras. Ya sudahlah, akhirnya kami tidak bisa jalan-jalan menikmati keindahan objek wisata tersebut. Hanya kumpul saja di salah satu warung mendoan sampai mau pulang ketika sudah sore. Yang penting kami bisa berkumpul, tertawa bersama, melepas rindu dengan berbagai cerita suka dan duka. Saking dukanya, sampai-sampai ada salah satu sahabat yang tak kuat karena hawa dinginnya, sehingga dia menggigil kedinginan seperti orang kesurupan apalah gitu. Tentu saja itu membuat kami tegang. Tapi alhamdulillah semuanya bisa diatasi.

Dari sini perlu diperhatikan, kalau saja ada para sahabat yang ingin berwisata ke Objek Wisata Air Panas Guci, jangan lupa bawa jaket. Karena tempatnya dingin meskipun itu ada air panas.

Untuk tiket masuk kalau tidak lupa, waktu itu berhubung sedang lebaran, per orang dikenai administrasi Rp 7.000 (tujuh ribu rupiah). Tapi kalau hari biasa, cuman sekitar Rp 3.000 – Rp 3.500 saja. Murah banget kan??๐Ÿ˜€

Dan inilah kehebohan kami saat itu:

Safari Lebaran

Persiapan Sebelum Berangkat

Safari Lebaran

Perjalanan ke Guci

Safari Lebaran

Diguyur Hujan

Safari Lebaran

Berteduh di warung saat mau sholat

Safari Lebaran

Mejeng setelah sholat dzuhur

Safari Lebaran

Karena hujan, ahirnya cuma nongkrong di warung

Safari Lebaran

Nunggu pesenan tersaji

Safari Lebaran Guci

Di bawah rinai hujan

Safari Lebaran, Guci

Indahnya kebersamaan

Safari Lebaran, Guci

Mendoan sampai tak tersisa

Safari Lebaran, Guci

Seneng seneng meskipun hujan

Safari Lebaran, Guci

Inilah salah satu sahabat yg bikin panik.. hahah

Safari Lebaran, Guci

Setelah reda, keluar deh dari warung

Safari Lebaran, Guci

Mejeng juga lah

Safari Lebaran, Guci

Masih di bawah rintik hujan

Safari Lebaran, Guci

Di jembatan

Safari Lebaran, Guci

Papan selamat datang

Safari Lebaran, Guci

Perjalanan Pulang

Begitulah rangkaian perjalan safari lebaran ke Taman Wisata Air Panas Guci ini. Meskipun tak bisa menikmati air panasnya, tak bisa menikmati keindahan air terjunnya, tak bisa menikmati kebun strowberinya, tapi semua terbayar lunas dengan senyum kegembiraan karena bisa berkumpul bersama dalam bahagia. Untuk lebaran tahun ini, masih dalam tahap pembahasan, mudah-mudahan bisa terlaksana lagi. ย  Bagaimana dengan para sahabat?๐Ÿ˜€

Referensi: dari sini

gambar air terjun & kebun strowbery dari sini

80 comments

  1. tertarik untuk kesini.. moga-moga ada kesempatan๐Ÿ™‚

    1. aamiin,, mimpi dulu aja ya bu, biar nanti kesampean… hehehe

  2. wah senengnya Ruri, berlebaran dengan teman2 sewaktu masih sekolah,
    dan, tentunya gak perlu reuni lagi ya,
    krn tiap tahun , ketika lebaran, khan dah ketemuan , jalan2 bareng๐Ÿ™‚
    salam

    1. heheh,, iya bun,, itu aja bisa jadi ajang reunian..
      tpi tetep saja belum pernah ngrasain reuni yang secara formal, rencananya lebaran besok..

  3. Ooowh,, kirain karena banyak gucinya di sana, makanya dinamain pemandian air panas #guci
    wah,, asik ya, walau udah pada kepisah-pisah masih pada kompak nih

    1. hehehe,,, gucinya skarang malah ga tau yang di sebelah mananya mba..๐Ÿ˜€

      iya begitulah enaknya jadi anak kampung, meskipun telah merantau kemana-mana, tapi begitu mudik pengennya ya ngumpul2.๐Ÿ˜€

  4. Saya suka banget sama yang hangat2 apalagi ditengah suasana yang dingin2.

    1. hihiihih,,,
      saya juga bang..๐Ÿ˜€

  5. wah air panas tanpa belerang ?, mitosnya unik sekali ya Kang.
    sayangnya hujan, mungkin lebaran depan pas musim kemarau jadi bisa lebih leluasa

    1. iya pak, di daerah kawasan kaki gunung slamet memang banyak sumber mata air panas…

      hehe,, untuk tahun ini sih rencananya ga ke Guci lagi pak, pindah2 tempat gitulah.

  6. wah jadinya jalan2 beneran untuk foto2 ya๐Ÿ˜€ tapi mau gimanapun sama temen mah tetep seru ya๐Ÿ™‚

    1. iya, cuma untuk poto2 tok,,
      tpi tetep seru, karena bisa tertawa bersama teman-teman

  7. waduh ada kebun stroberi nya juga.. glek… jd ng*ler… hihihi…
    terlepas dari mitos tsb, keindahan alamnya luar biasa… subhanallah…

    1. iya, semoga saja akan terjaga kelestarian alamnya bu…

      saya juga senengnya sama kebun strowberynya..๐Ÿ˜€

  8. mantap kang, lebaran ini insa Allah aku juga mau reuni akbar moga menjadi obat kangen dan bisa bernostalgia ria.

    Mendoan pengin uey…..

    1. semoga lancar mas ga ada halangan….

      iya, mendoan selalu dikangenin..๐Ÿ˜€

  9. asyik ya pasti sejuk udaranya

    1. bukan sejuk lagi bu, tpi duinnggiinnn..๐Ÿ˜€

  10. ampunnnn..itu panoramanya wowww…klepek klepek mas sya..asli..huuhh..hehee..
    Di bokmark dlu..jaringn disini bikin emotion pisan..

    1. hahaha,,, oke oke,,
      pokoknya maknyus tenan itu lho..๐Ÿ˜€

  11. Sy belum pernah ke sana, Pak. Anak istri yang pernah. Kapan2 pasti sampai di Guci, pengen juga mandi air panas.

    1. hehe,, santai aja pak,,
      ntar serombonga sekeluarga aja biar seruu..๐Ÿ˜€

  12. seneng banget mas
    semoga bisa terlaksana lagi
    cuman pesen dikit
    jaga jarak tuh ……. karena listriknya masih 40.000 watt heeeee ……๐Ÿ˜‰

    1. aamiin,,,
      yg penting silaturahmi karena ngumpul2nya itu pak..
      hehe,, pasti jaga jarak pak guru..๐Ÿ˜€

  13. sudah lama tidak ke GUCI๐Ÿ˜€
    kalau acaranya bareng teman-teman asik juga pergi ke GUCI, apalagi bisa nyewa penginapan disana, acaranya bisa tambah meriah๐Ÿ˜€

    1. iyaa,, tapi sayangnya ga boleh pada nginep sama ortu..๐Ÿ˜€

  14. Kalau saya masih sibuk dengan ibadah di bulan Ramadhan, jalan2 dan senang2nya nanti aja usai lebaran๐Ÿ˜€

    1. hehe,, ya sama pak,,
      itu kan acara waktu lebaran..๐Ÿ˜€

  15. Waduh pamer kebersamaan terus

    1. hehe… mumpung mbak…๐Ÿ˜€

  16. Air terjunnya perfecto, Mas..
    Foto-foto narsisnya juga ekspresso, hheee

    1. hehhee,,,
      ya bgitulah mas, masa kita2nya ga boleh narsisun juga…๐Ÿ˜€

  17. aku cita-cita reunian dari dulu belum tercapai…. hhmm…. termasuk lebaran ini

    1. semoga terlaksana mas tahun ini…๐Ÿ˜€

  18. yeee cerita kumpulยฒ nih,,jadi pingin hehehe…tempatnya asyik juga ya Mas,,semoga lebaran tahun ini bisa berkumpul sama orngยฒ tercinta dan kerabat ….

    1. aamiin,, semoga kang sofyan juga ya..๐Ÿ˜€

  19. kalo disini ada juga lho mas wisata air panas, Danau Ranau..๐Ÿ˜€

    1. banyak yah ternyata air panas bumi ini..๐Ÿ˜€

  20. Kebersamaan itu lah yg paling membahagiakan ya Mab, semoga tahun ini jg terlaksana ngumpul2nya๐Ÿ˜‰

    1. bener bun,, apapun kalau bisa bersama-sama pasti menyenangnakn..๐Ÿ˜€
      aamiin, ini masih dalam pembahasan bun

  21. Ah….jadi inget masa muda dulu mas hehehe, sering banget wisata bareng2 temen. Seru!!

    1. sekarang sudah kerasan tuwanya ya bun,, hihihi…
      mudah2an taun ini juga mash bisa..๐Ÿ˜€

  22. Agung Rangga · · Reply

    dulu pernah sekali ke Guci, dan memang, air terjunnya indah banget~๐Ÿ˜ณ

    1. woww, kapan Gung? tuh sudah sampe tegal, geser dikit lagi brebes dong.๐Ÿ˜€

  23. klo di det jakarta adanya cipanas. Tp klo.liburan, ramenya bukan mainnnn….

    1. hehe, ya namanya juga liburan mba, pasti banyak yang ingin berlibur

  24. wih di sana ternyata ada kebun strowbery juga yach,,,๐Ÿ™‚

    1. ada, tempatnya kan dingin, jadinya cocok

  25. wih bagus air terjunnya, jarang-jarang ada air terjun hangat bang, jadi kepengen nih๐Ÿ˜€

  26. Jadi pengen berwisata lebaran mas
    Tapi sayang sekali tahun ini saya jaga lebaran di peternakan.
    oh ya tahun ini rencana mau ber-wisata lebaran kemana nih?hehe

  27. irfan handi · · Reply

    Asyik ya mas jalan-jalannya.
    Mo konfirmasi neh mas, kalo ada waktu luang link saya yang di side bar diarahkan ke sini aja ya mas. http://irfanhandi.wordpress.com/
    Terimakasihi telah berbagi.

  28. Haha.. meski berhujan2 dan gagal menikmati air terjun, tetep pada semangat bernarsis ria ya…๐Ÿ˜€

  29. hm, bola bali ke Guci tapi blom pernah sampe ke air terjunnya itu๐Ÿ˜ฆ
    oya, lebaran ke3 nanti mo ke brebes nih, moga2 bisa mampir ke salah 1 tempat wisata yg pernah ditulis disini๐Ÿ™‚

  30. Cukup lama sudah saya mendengar lokasi wisata yang satu ini, dari teman kerja saya waktu masih di Pulo Gadung, tahun 1997 lalu. Katanya memang asyik banget, tapi sayang belum kesampaian sampai sekarang. Pernah main ke rumah teman itu ( kalau nda salah dari pasar Bumiayu ke selatan, lupa nama desanya ) tapi nda sempat main ke sini, waktu itu hanya beberapa jam di sana, pulang lagi ke Kebumen.

  31. ah mas Mabrur…
    saya yg dah pernah tinggal di tegal aja malah ga pernah kesampaian kesana,..SMA angkatan berapa tho?? jangan2 sama dengan saya ehehe

  32. seru banget ya..
    lebaran tar ta juga rencana jalan-jalan ke pemandian air paans, di Tabanan tapinya๐Ÿ˜€

  33. waaaaaaaaaahh, ada liuptan guci disiniii! aq asli tegal juga kak, hehe… tegal kotanya, di desa panggung, hehe๐Ÿ˜€ kalo ke guci pas musim liburan ato pas bawa pasukan tour kantor. musti ruameee… ^^

  34. Waah…… postingan ini momennya pas banget dengan jadwal kunjungan saya ke rumah camer menjelang lebaran ini…
    kebetulan rumah calon keluarga baru saya ini hanya lima menit dari wisata guci.
    setiap berkunjung kesana, kostum saya menjadi baju training dibalut jaket. Dinginnya…. brrrr…. tapi saya suka sama suasana pegunungannya.
    Mudah2an suatu kali nanti bisa berkunjung ke Sirampog… mengunjungi Bang Ruri sambil menghirup kopi hangat…
    hmmm…..

  35. hari raya lebaran selalu dijadikan moment untuk kumpul bersama teman dan sahabat yang sudah lama tidak berjumpa yach mas, alhamdulilah saya pun begitu, setahun sekali setiap lebaran kita pasti berkumpul untuk bersilaturahmi bersama teman yang sudah lama terpisah…๐Ÿ™‚

  36. lebaran tahun ini sepertinya ke pantai lagi nih hahahaha….

  37. kebersamaan, kekompakan, kebahagiaan… justru guyuran hujan itu semakin menguatkan kenangan, hmmm…. ikut senang dengan persaudaraan ini; hmmm…. betapa indahnya Guci

  38. wah kebersamaannya luar biasa ya..tidak hanya buka sahur bersama tapi sampai lebaran pun tetap mengadakan acara bersama.
    smg kebersamaannya tetap terjaga :)…

  39. selama ini saya cuma dengar dan baca air panas Guci ini dari teman2, jadi pengen

  40. wah indah banget, apalagi air terjunnya hmm, seger lihatnya๐Ÿ™‚

  41. wah boleh tuh berwisata yang adem….๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  42. lihat tulisan wisata air panas guci kerasa seperti di hollywood dulu lah, walaupun gak kesana mewakili dari sini๐Ÿ™‚

  43. Keren.. asyik banget sih jalan-jalanya…
    Suasana pegunungan bikin seger terus..๐Ÿ˜€

  44. mudah2an bisa kenasa juga…

  45. jarwadi · · Reply

    oh, di tegal ada juga ya mas, kirain yang ada air panas nya, di jawa tengah itu di Dieng saja๐Ÿ™‚

  46. senangnya bisa jalan2 rame2 sama teman2 yaa

  47. tetanggaku tahun lalu juga jalan2 kesana…soale kampungnya di tegal…..katanya enak yach main2 kesana…ahhh jd kangen sm temen2…ingat waktu msh bujangan hihihih

  48. Wah ternyata bukan tiket KA atau pesawat aja yg naik saat menjelang lebaran ya. HTM tempat wisata juga ikutan naik 100%. Ckckckck. Kira-kira fasilitas WC umum naik juga ga ya?๐Ÿ˜†

  49. wah peserta yang ikut rame juga ya, seru donk. air terjun nya bagus ya. enak ya air nya hangat, kalau di tambah sedikit belerang bisa banyak yang mandi untuk berobat kulit ya๐Ÿ˜€

  50. Emang enak kalau pas jalan2 rame2… senengnya minta ampun…

  51. Entar saya juga mau keliling2 kampung halaman pas mudik…tentu bareng temen-temen…

  52. Wah fotone mantap. Daerahnya bagus tenan mas, pengen aku kesana.
    Salam

  53. Di Malang juga ada lho….eh, tapi nggak air terjun sih….bukan panas pula tapi anget๐Ÿ˜€

  54. wah asiknya๐Ÿ˜€

  55. wuaaahh,
    Air trjun nya ajib bgt..
    Btw, mas mabruri narsis jg ya..
    Foto2nya banyak..
    Hahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: