Janganlah bersedih….

Ketika sakit terasa begitu perih,
Beban hidup serasa berat menindih,
Tiada guna untuk bersedih,
Karena ada Tuhan yang Maha Pengasih….

Tak perlu disesali yang telah terjadi,
Tak perlu ditangisi yang telah pergi,
Kuatkan hati dan tabahkan diri,
Percayalah, ini kehendak Illahi….

Tak perlulah kawan bermuram durja,
Sebab hanya akan menambah sesak di dada,
Marilah kawan semua bergembira,
Karena Tuhan ada bersama kita…..

Tak usah bersedih untuk masalah yang dihadapi,
Tak usah bersedih untuk kehilangan sesuatu yang disayangi,
Tak usah bersedih untuk kegagalan yang dialami,
Tak usah bersedih untuk cinta yang belum kita miliki,
Tak usah bersedih untuk hidup yang kita jalani…..

Kuatkan tekad semangati hati,
Yakin kesedihan pasti akan pergi,
Diganti dengan kabahagiaan sejati,
Itu pasti jika selalu percaya pada Illahi….

Tersenyumlah Ibu, karena senyuman menyejukkan kalbu,
Tersenyumlah Ayah, karena hidup akan selalu menjadi cerah,
Tersenyumlah kawan, karena akan membuatmu menjadi rupawan,
Tersenyumlah, karena senyum itu Ibadah…..

“Dan janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah sebenarnya orang yang paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang-orang yang beriman”

(QS. Aali Imran: 139)

103 comments

  1. nggih, Mas… matursuwun sampun diingatkan…
    *motivasi pagi ini*😀

    1. sami2 mba,,,,
      eling pangelingan iku kang utama…😀

  2. Mantap.. makin semangat tiap hari…

    1. harus itu,,
      samangaatt,,, maju perut pantat mundur.. Lhooo…😀

  3. keep spirit!
    Ganbatte kudasai ne!

    1. nda tau artinya,
      intinya tetep semangat ya mas…🙂

  4. Saleum,
    Wahhh.. mantap bang, sambil ngopi saya baca untaian kata – kata tersebut, Semangat ini langsung 100 watt, hehehe…
    saleum

    1. salaam..
      wah, kopinya saya tidak mau…. tapi semangat harus setiap waktu…
      salaam..

      1. Saya sudah tau abang ga suka kopi, makanya tak saya ajak,😀
        entar ada demo besar2an lagi….
        semangat.. semangat….!!!!
        Saleum

      2. hehhe,, si abang bisa aja..
        silakan nikmati kopi anda agar hari2nya selalu bersemangat..
        salaam..

  5. Laa tahzan, innallaha ma’ana

    suntikan semangat nih Mab!

    1. siaaaaappp graaak bunda…
      pokoknya ga boleh sediih..😀

  6. Rangkaian puisi yang sangat menginspirasi..semoga kita semua selalu bersemangat menjalani apapun yang akan terjadi.
    SALAM hangat dari Kendari. 8)

    1. siaapp,, mas,…
      saling mengingatkan untuk terus semangat…
      salam hangat dari saya mas…🙂

  7. Anugrha13 · · Reply

    sambil baca sambil denger lagunya ST 12 :jangan Menyerah: tau2 menetes air mata ini hehehe

    1. huwahha,,lebaay.com..
      sayangnya saya ga suka ST 12 mas,,,, ni malah tek backingin lagunya Padi…😀
      yang penting tetep semangaaattt..😀

  8. “Tersenyumlah kawan, karena akan membuatmu menjadi rupawan,”…betul banget! dengan senyuman, orang yg ‘biasa-biasa’ terlihat lebih menarik! Bahkan orang yg cantik /cakep pun kalo mukanya cemberut.maka jadi terlihat jelek!

    1. betulll,, dengan senyum akan terpancar cahaya di wajahnya..🙂
      salaam

  9. Agung Rangga · · Reply

    Selamat pagi… 8)

    Yap…
    Senyum merupakan ‘obat’ yang paling mujarab, pas kita sedang sakit pikiran, hati, dan jiwa…😀

    1. betulll…..
      senyum adalah penawar segala obat dari Tuhan..😀
      tetep semangaaat..

  10. Tapi saya kemarin sore habis nangis2an ama Bunda pas di telpon…..karena saya teman curhat Bunda:mrgreen:

    1. hehe,, tangisannya yg penting tangisan bisa saling mensuport ya nda pa2…😀

  11. endingnya mengingatkan nasyid raihan
    senyumlah… senyumlah..
    senyum menjadi obat, penawar hati dan sedekah.
    tetap semangaaaat..

    sedj

    1. siaaappp pak,,,
      dengan senyum akan terpancar wajah bercahaya.
      salaam

  12. Top Markotop….^^

    1. opone sing top yu???

  13. Kutipan ayatnya menenangkan hati…
    Makasih mas🙂

    1. sama2 bun..
      semua ayat-ayatNya pasti menenangkan jiwa…🙂

  14. Siap….. buat keep the spirit….

    1. siaaapp,,
      tetep semangaaatt…

  15. Sandingkan dengan “Jika Engkau Bersedih”-nya Padi kang…hehe

    1. waah,,, sepemikiran sebenarnya tadi…
      tpi baru sempet tek pasang setelah baca komennya…
      jadi sudah tek pasang itu, smoga makin nambah semangaaat…😀
      makasih…

  16. tidak perlu bersedih karena Allah selalu bersama kita….Laa Tahzan Innallaha Ma’ana…….

    1. siaaap mas…
      itu slogan yang sangat bermakna dalam hidup…
      tetep semangaattt…🙂

  17. Allah sudah membagi semuanya sesuai kebutuhan kita. Susah senang, hidup mati, miskin kaya. Tinggal gimana caranya mensyukuri yang ada agar menjadi berkah… .

    1. Betul skali bun,,,,, perbedaan itu kehendak Allah, bersyukur itu kunci utamanya…🙂

  18. Tersenyumlah Ibu, karena senyuman menyejukkan kalbu <<< nah…yang ini sungguh menyejukan…🙂

    1. 🙂🙂🙂🙂🙂
      sama menentramkan….😀

  19. makasi suda di ingetin mas ruri😀

    1. sama-sama,, sudah menjadi kewajiban sesama muslim untuk saling mengingatkan…🙂

  20. bintang · · Reply

    sesungguhnya selalu ada cerita dibalik cerita 🙂

    1. heheh,,,, bukan ada rahasia di balik rahasia yaaa…😀

  21. Insya Allah bisa menghadapi dengan senyuman, semua langkah di dunia yang hanya sementara ini. Pastinya akan kembali kepada-NYA

    1. betul de’.. kepadaNya nanti semua akan bermuara…
      suka duka adalah bumbu2 kehidupan yang harus kita jalani..🙂

  22. ini buatan siapa?🙂

    1. buatan siapa yaaahh??😀😀😀

  23. loh, pinter jg toh rupax mabruri buat puisi, puisix bagus n indah, dan bisa mengobati sy yg lg sedih krn kangen ama kampung..syukron ya mabruri..

    1. waahh,, saya malah ga tau kalau itu puisi bun…😀
      msih harus banyak belajar dari bunda dong kalau mau bikin puisi yg bagus..🙂
      sama2 bun, sudah kewajiban untuk saling mengingatkan..

  24. dadi kelingan buku laa tahzan bersampul kuning
    apakah peminjamnya masih ingat pada pemilik buku itu😀

    1. hihihi,,, bukan aku lho bu yg minjem…😀
      Laa tahzan, buku favorit saya bu.

  25. waw saya baru pertama ke blog ini .. dan sepertinya ini blog seleb yang commentnya selalu lebih dari 100 ya mas😀 salam kenal..

    1. waduuuhhh,,,,, artis dari mananya???😀
      salam kenaljuga,, moga silaturahim kita trs berlanjut ke depannya…
      salaam..

  26. kalao lebih ditegaskan lagi…
    DIHARAMKAN bagi seorang manusia beriman untuk bersikap LEMAH dan DIHARAMKAN PULA (mudah) bersedih hati, padahal (JIKA KAMU BERIMAN) MAKA sebenarnya KAMULAH orang yang paling tinggi (derajatnya) jika kamu orang-orang yang beriman.
    😀

    *ekstrem ya Wan?😀

    1. hehehe,,, ekstrem tapi bagus tuh nanti pengaruhnya….😀

      1. hehehehe
        klo sy membacanya seperti itu Wan….😀
        diajarin guru dulu gitu dan smpai sekarang msh terngiang.

  27. dan aku tersenyum pas baca ini🙂
    makasih mas🙂
    *senyum lagi🙂
    *sekali lagi yaaa🙂
    hehehehehehhee

    1. tersenyumlah sebanyak2nya mba🙂 ,,, nda bakalan habis ini senyumnya… asal jangan kebablasan…. hohohoho

  28. Wah, jadi pengen berbahagia selalu..

    1. kudu ituu,, harus selalu bahagia….🙂

  29. Terima kasih telah mengingatkan kita semua. Senyum itu sederhana dan murah tapi membawa efek yang super dasyat.

    1. betul pak,,, sesuatu yg efeknya sangat dahsyat itu biasanya memang susah untuk dilakukan meskpun sepele sebenarnya…
      tetep tersenyum pada semua..🙂

  30. Usup Supriyadi · · Reply

    selain dari segi isinya yang mantap. tapi tipografinya juga bagus🙂

    1. trimakasih,, yg penting isinya…🙂

  31. bhiberceloteh · · Reply

    Passs banget kayanya buat saya kata2nya, hehehehe…
    Terima kasih ya kemarin itu udah mengingatkan saya untuk tetap berdoa🙂
    Sekarang, saya udah ga sedih lagiii, hehehhe!

    Cheers!
    Si Bhi

    1. siipp mba,,
      kewajiban kita untuk saling ingat mengingatkan….🙂
      trus smangat dalam menjalani hari2 kita….
      salaam..

  32. kalau kita slalu iingat, maka akan slalu semangat.

    Nice post:)

    1. yups,, karena ada sang penunjuk jalan buat kita yaitu Tuhan…
      sama2…🙂

  33. Salam Takzim
    maap baru bisa singgah
    puisi-puisi ini kalau dibuat e-book saya minta dikirim juga ya
    Terima kasih atas kunjungannya diblog saya demikian pula dengan warna yang diberikan
    salam Takzim Batavusqu

    1. Salam dari saya bang…
      santai aja bang,, pintu ini selalu terbuka inih..😀
      wah,, aamiin,,
      mudah2an aja, ada yang segan membuatkan ebook dari catatan saya kaya punyanya bang Isro…😀
      Salaaam…

  34. la tahzan innallaha ma’ana..
    slm kenal.

    1. la tahzan walaa takhof…
      salam kenal juga,,
      trimakasih singgah dimari…🙂

  35. Menyejukan banget puisinya,,

    1. Alhamdulillah,,, mudah2an bisa menjadi motivasi buat kita semua..

  36. setiap jalan pasti ada ujung…tinggal kita berusaha untuk menjalaninya yach mas…karena kesedihan itu sebagian dari cerita kehidupan lainnya

    1. siaap bli…
      suka duka hanya bumbu2 kehidupan yang harus kita makan….😀

  37. Ayo kita tersenyum bersama sama.. satu.. dua.. ti..ga… hehe;

    1. 🙂🙂🙂🙂😀😀😀

  38. sebuah renungan yg bagus..
    salam

    1. mudah2an bisa menjalaninya mas…
      salaam

  39. walau terkdang begitu sulit melupakan yang telah terjadi, sepahit apapun harus tetap diterima dan Tawakal pada TUHAN, keep spirit jalani hari-hari mAs😀

    1. siaaappp…
      suka duka, canda tawa bahagia, semuanya adalah bumbu kehidupan dan harus kita jalani agar hidup ini menjadi indah…
      semangaat…🙂

  40. bener tuh, makasih banget diingatkan hehe.. itu surat Ali Imrannya saya apalin deh biar inget terus😀

    1. monggo mba,,,,, diapalin trs dipake itu yang lebih baik.. halah, sok ngajari aku…😀
      tetep semangat mba..

  41. puisi yang menggugah jiwa untuk selalu bersemangat..
    keren mab..

    1. saya malah ga tau kalau itu puisi bu… hehehe
      siaapp,, tetep semangat dan tersenyum..🙂

  42. Siang ini kembali tersenyum, berkat baca postingan pa ruri🙂

    1. lhhooo,,, tersenyum harus setiap waktu pak,, biar jadi sehat…😀
      semangat paak…

  43. Janganlah kau bersedih, karena kesedihan tidak merubah apapun.

    1. betullll…. siiiplah, ,lanjutkaan….

  44. Lam kenal
    ijin Singgah ya OM

    Lagi Blogwalking ni

    1. salam kenal juga…
      silakan,, mampir2 dulu aja, nikmati yang ada dulu…🙂
      salaam

  45. INI buku favorit saya. berapa kali pun dibaca, seolah saya baru membacanya pertama kali. sangat berkesan.🙂

    1. samaa mas… saya juga berkali2 baca buku laa tahzan..🙂

  46. subhanallah…
    kata-katanya sangat menyentuh sekali mas.

    1. mudah2an bisa menjadi motivasi buat kita untuk selalu semangat dalam menjalani hidup…🙂

  47. sedih asal biasa aja tidak masalah…. he he he

    jangan terlalu

    1. yups,, tetep ada batasannya… ga boleh larut dalam kesedihan…🙂

    1. walaa takhof..🙂

    1. maturnuwuun….🙂

  48. jangan bersedih, Allah bersama kita…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: