Syukuran Otak-atik Angka Bersama Mas Jier

Salam sahabat semua,

Alhamdulillah, tak terasa Ramadhan telah sampai pada hari yang ke-15. Tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Namun dari semua ini, sudah sepantasnya kita bersyukur atas apa yang ada hingga sampai saat ini. Alhamdulillah juga, saya dan juga tentunya para sahabat masih bisa melaksanakan ibadah puasa dan tentunya amalan-amalan lainnya di bulan suci Ramadhan ini. Sebagai wujud rasa syukur tentu saja mudah-mudah kita bisa lebih giat lagi ke depannya.

Berbicara mengenai syukur, memang syukur itu adalah suatu kata yang simple, mudah diucapkan namun pada pelaksanaannya bagi orang-orang biasa, itu butuh suatu perjuangan yang sangat luar biasa. Syukur itu sebenarnya adalah kunci untuk meraih hidup bahagia. Bagaimanapun hidup yang dijalani, asalkan di hati ada rasa syukur, pasti akan terasa nikmat hidup ini.

Dalam kultum saat sebelum shalat tarawih semalam (14/8/2011), Pak Ustadz mengemukakan bahwa ada suatu kisah, ketika dimana malaikat Jibril diutus oleh Allah untuk menanyakan kesyukuran kepada makhluk-Nya. Yang pertama malaikat Jibril diperintahkan untuk menanyakan kepada seekor Kerbau. Kemudian Jibril bertanya kepada Kerbau, “hai Kerbau, apakah kamu bersyukur diciptakan menjadi seorang kerbau?” Kerbau pun menjawab, “ya, aku bersyukur diciptakan menjadi seorang kerbau, daripada harus diciptakan menjadi seekor kelelawar yang mandi dengan air seni-nya sendiri.” Kemudian Jibril menemui Kelelawar, lalu menanyakan hal yang sama. “Hai kelelawar, apakah kamu bersyukur diciptakan menjadi seekor kelelawar meskipun harus mandi dengan air seni-nya sendiri?” Kelelawar pun menjawab, “Ya, aku bersyukur diciptakan seperti ini (menjadi seekor kelelawar), daripada harus diciptakan menjadi seekor cacing yang hidup di tempat yang lembab dan sangat kotor.” Kemudian Jibril menemui cacing, lalu menanyakan hal yang sama. Lalu cacing pun menjawab, “Ya,  aku (cacing) bersyukur diciptakan menjadi seperti ini, daripada harus menjadi seorang Manusia, namun di hatinya tidak punya iman dan rasa syukur.”

Ceritanya hanya sampai di situ. Dari kisah di atas dapat diambil hikmah bahwa, sehina apapun kita di hadapan manusia, seberat apapun hidup yang kita jalani, asalkan di hati ini masih punya iman dan rasa syukur, maka kita adalah makhluk yang paling mulia di sisi Allah SWT.

Namun, kadang kita hanya sering terbelenggu pada yang namanya syukur itu harus berupa barang/banda. Padahal semua nikmat yang ada pada kita ini adalah karunia dari Allah dan wajib untuk kita syukuri. Setiap helaan nafas, organ tubuh yg sempurna, berjalan, makan, minum, istirahat, tidur, itu adalah semua nikmat dari Allah. Jadi, semua yang ada pada diri kita sekarang ini wajib untuk kita syukuri. Allah akan melimpahkan nikmatNya kepada hamba-hambaNya yang mau bersyukur.

Seperti yang dilakukan oleh Mas Jier, dalam rangka perpindahan ke blog baru di wordpress ini dan juga dalam rangka perkenalan blog baru berjudul Sport & Relaxation sebuah blog berbayar – self hosted pemberian  Pakde Cholik (Komandan Blogcamp), maka Mas Jier mengadakan acara tasyakuran berupa giveaway. Saya pun turut bersyukur dan berperan serta untuk memeriahkan acara tasyarakuran tersebut. Mudah-mudahan dengan apa yang ada sekarang, dapat memberi keberkahan untuk Mas Jier dan tentunya untuk semuanya. Aamiin.

Dalam acara Giveaway tersebut, kita dihadapkan banyak kategori yang salah satu pilihannya adalah tentang kotak ajaib atau utak atik angka. Keterangan lebih lanjut silakan ke TKP.

Jujur saja, saya baru pertama memainkan permainan otak atik angka ini. Begitu tahu ada pengumuman acara ini, yaitu kemarin pagi, saya jadi terpacu untuk bisa memecahkan teka-teki tersebut. Dari pagi hingga sore, pikiran ini terfokus pada kotak-kota tersebut. Hingga setelah shalat Ashar, akhirnya menemui titik terang pemecahan teka-teki tersebut. Alhamdulillah, kotak ajaib itupun bisa saya isi dengan angka-angka yang jika dijumlahkan menghasilkan nilai 175. Ini dia kotak ajaibnya.

Itu dia penampakannya. Alhamdulillah, cari jalannya bisa mpe otak panas. Hehe… Tapi bila sudah ketemu jalannya, seperti pada komen mba Amela pada postingan acara itu, mau kolom yang ukuran 99*99 pun dengan mudah bisa diselesaikan. Dengan langkah tadi, saya juga telah membuktikan pada kolom 9*9.  Yang masih bikin penasaran adalah bila kolomnya itu jumlahnya genap, misalnya 4*4, 6*6, dst. Itu saya tidak tahu.. hehehe

Bagi yang ingin ikut berpartisipasi dalam acaar tasyakurannya Mas Jier, silakan datang langsung ke TKP.

***

Postingan ini diikutsertakan dalam acara Tasyakuran & Giveaway Mas Jier

NB: Tulisan “syukur” di atas tentu saja terutama tertuju untuk menasehati diri saya sendiri, agar lebih memahami makna syukur kepada Allah SWT.

74 comments

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dan langsung saya catat
    Salam persahabatan dari Bandung

    1. makasih mas,,
      salam dari Sirampog

  2. Wah, nama saya disebut-sebut nih di sini…

    1. hihihih,,, pangapuntene ya mba… :D

      1. ga papa mas, saya malah seneng, kan berarti mas brur promosiin saya secara tidak langsung. heheh

  3. waaah mas brur duluan aja nih, hadoooooh pusing liat angka2 begitu.. tapi dhe juga bersyukur kok mas sekarang, bersyukur karena masih puasa dan sudah alhamdulillah sehat. semoga mas brur juga selalu sehat :)

    1. alhamdulillaah,,, bersukur harus setiap waktu..
      aamiin, begitupun dhenok.. :D

      ayu utak atik angkanya

  4. samapai ashar mikir utak ayiknya?
    jadi pengen nyoba ….

    1. hehhe, iya bun, maklum otak udah pas2an… hihih

      kalau bunda sih pasti cepet.. :D

  5. [...] yang pernah menghadiahkan award kepada saya dan belum saya paparkan di ruangan ilmu ini iaitu MABRURI (21 Mac 2011), BIDADARI KECILKU (29 Mac 2011), JUMIALELY (11 April 2011), LEGI MASYHURY (29 April [...]

  6. Aduhh….
    Pagi-pagi kesini langsung pusing lihat angka-angka…
    Bisa berasap kayaknya nih…..hehee…

    1. heheh,,,
      lumayan bu buat refreshing otak.. :D

  7. smoga berhasil, yee..ntar aku dapet cipratannya, hehe

    1. aamiin,,
      cipretan air mas? :D

  8. saya membaca dengan seksama isi postingan ini,,ternyata Mas Mabruri ikut memeriahkan tasyakkurannya Mas Jier tah,,,semoga sukses ya Mas…

    1. heheh,, iya kang….
      ikutan juga kang.. :D

  9. SUkses dengan kontesnya…

    1. aamiin,,
      sukses juga

  10. sukses mas semoga menang, dan selalu bersyukur tentunya… :D

    1. aamiin,,,
      bener bu, utama harus tetep bersyukur… :D

  11. Moga sukses, Mas. Saya lagi banyak kegiatan offline, jadi jarang silaturahim dan juga nda sempat mengikuti berbagai kontes yang banyak di gelar di bulan penuh berkah ini.

    Selamat berpuasa, semoga puasa kita, ibadah kita diterima Allah, SWT. Amin.

    1. aamiiin…
      yg utama dikerjakan dulu bi, sama saja nanti hasilnya…
      yg penting selalu sehat dan berkah.

      slamat puasa juga,,, aamiin

  12. Alhamdulillah…, saya juga ikut bersyukur atas anugerah yang diterima Mas Jier. Saya juga bersyukur karena masih diberi kesempatan Allah Swt. bisa berkunjung ke blog Mas Mabruri. Saya juga bersyukur karena masih mendapatkan anugerah kesempatan bisa berpuasa di bulan Ramadhan ini. Alhamdulillah…. Alhamdulillah….

    1. Alhamdulillah,,
      saya juga bersukur masih bisa bersapa ria dengan pak ustadz,,
      segalanya memang harus kita syukuri ya pak..

  13. Kata org bijaksana, kebahagian itu datangnya dari rasa syukur mas. Wah…ada giveaway otak atik angka lagi nih. Langsung ke TKP deh :-)

    1. betul sekali bun,,
      tiap2 jiwa yg bersukur hidupnya akan tenang…

      silakan meluncur bun.. :D

  14. alhamdulillah.. masih bingung… hmmmmmm

    1. hihihi,, jangan dibuat bingung.. :D

  15. wah analisis sampean manteb Kang bisa menghasilkan rumus seperti itu. Moga menang Ya.
    berbagi syukur, berbagi kebahagiaan di bulan penuh barokah

    1. mpe panas pak mikirnya.. heheh

      aamiin,, semoga bulan penuh barokah ini bisa dimanfaatkan denga sebaik-baiknya

  16. semoga menang ya?

    1. aamiin,,,
      makasih mba.. :D

  17. Duh…jadi malu sm si cacing. Mudah2an kita masih memiliki iman dan syukur itu ya Mab, Aamiin…

    Giveawaynya mas Jier blm bs mikirnya, semoga besok bs ikutan. Gudlak yaa ;)

    1. aamiin,, mudah2an bun kita termasuk orang2 yang selalu bersukur kepadaNya…

      ayo ikutan lagi..

  18. Semoga sukses mas :)

  19. muhee kalah ya ama cacing :O semoga menang ya om :D

    1. hehe,, jangan sampai lah ya.. :D

  20. hanya dengan rasa syukur , hati kita akan damai
    dan, makin banyak bersyukur , maka Allah swt makin menamba2h nikmat NYA pada kita , gitu kan ya Ruri :)

    Semoga sukses diacaranya Masjier ini
    salam

    1. benar sekali bunda, dan seperti yang ada pada judul blog bunda, saya suka sekali,,
      ada damai pada hati2 yg bersyukur…

      aamiin, makasih bunda.
      salaam

  21. nampaknya butuh mikir lama

    1. kalau sudah ktemu jalan jadi enak mas ngerjainnya

  22. ceritanya dalam banget tuh buatku mas,,,karena kadang saya lupa bersyukur…

    Soal angka no komen

    1. ya sama mas, itu juga aslinya menunjuk pada diri sendiri yg ternyata masih kurang bersukur kpd Allah SWT..

  23. Wah sudah jd? Saya masih mikir hikz

    1. ayo mba’ buruan mikirnya… :D

  24. coba otak otaknya dulu mas biar bisa keluar angka 175
    baru nanti atik-atiknya
    BTW udah ada akun amazone di blog barunya nih

    1. silakan pak, bisa buat ngabuburit tuh.. hihihi

  25. Unik ya acaranya…
    Ikutan ngecek ke tekape aahh…
    Btw, semoga beruntung ya :)

    1. silakan kak,,,
      ikut otak atik angkanya juga boleh.. :D

  26. Ok banget otak-atiknya,Pak…!

    1. lumayan buat refrshing otak pak.. :D

  27. pagi-pagi mumet mas,lihat banyak angka :)
    semoga menang ya

    1. hhehe,,,, kalau mumet diliatin aja bu jangan dikerjain.. :D
      aamiin,, makasih bu

  28. uda nyoba, tapi kok malah pusing..
    agak gak mudeng sama caranya mas

    1. hihihihi,,,
      ayo bu dicoba lagi.. :D

    1. hahaha,, langsung nyerah mbah??

  29. Perlu kalkulator canggih nih.. *tepuk jidat*

    1. hahaha,, ga perlu pake kalkulator mas.. :D

  30. Saya kurang cakap mengerjakan hal yang berbau hitungan. Tapi saya salut jika ada oang yang mampu memecahkan teka-teki angka tsb

    1. ya itulah teka-teki mas,,
      bila satu jalan sudah kena, maka bila dihadapkan pada soal lain yg sejenis pasti jadi gampang..

  31. keajaiban matematika!!! klu mbah jiwo ajja mumet.. gmn saiia yg cuma anak kecit kang ?!??!

    1. kalau berusaha pasti bisa mas.. :D

  32. aku langsung angkat bendera putih wis Kang kalau maslah hitung-hitungan

    jadi penonton aja deh, sapa tahu nanti Masjier bikin hadiah lagi untuk kategori tukang keplok-keplok hehe

    Sukses yo Kang

    1. hahaha,, ga nyoba dulu kang, lumayan buat manasin otak.. :D

      hehehe,,, mudah2an ada..
      aamiin, sukses juga buat kang lozz

  33. pengen ikut jadinya hehehe..

    1. ayo mas,,,
      buat nglatih nulis lagi.. :D

  34. kalau kolomnya genap akan lebih bagus lagi mas hasilnya. karena kita bisa nentuin sendiri berapa jumlah setiap sisinya.

    1. hehehe, saya blum nyoba yg genap

  35. lovetiffa · · Reply

    hebat, sy nyerah giveaway ini, sdh pusing duluan. Sy suka bgt tuch ceramah ustad-nya

    1. hehehe,,
      banyak kategori yg bisa dipilih itu mba.. :D
      ceramahnya saya juga suka banget

  36. waduh waduh waduh..
    Gak tau kenapa nih mas,
    One suka puyeng kalo berurusan dgn angka..
    Huahuahuah

    1. hehhe,,
      angka memang bikin runyam pikiran ya one. :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 342 other followers

%d bloggers like this: