Kita Semua Bersaudara

Kita semua bersaudara. Itulah salah satu tulisan yang dibuat oleh bunda Monda di blognya pada tanggal 24 Februari 2012. Dalam kisah Bunda ini, diceritakan tentang kegigihan seorang bapak dengan seorang anaknya yang dengan keterbatasannya, tapi tetap memiliki semangat juang tinggi dalam  melanjutkan hidupnya.

Dari kisah ini pula, saya pun tak selamanya berpikiran sama dengan kebanyakan kata orang, yang katanya Ibukota itu kejam, Ibukota itu tidak ada orang baik. Contohnya dari kisah itu, masih banyak juga orang-orang yang peduli kepada mereka, termasuk juga bapak-bapak polisi yang sedang mengatur lalu lintas.

Kisah ini sungguh sangat menginspirasi sekali, bukan hanya untuk diri saya pribadi, namun juga untuk siapa saja yang membaca ataupun menyaksikan langsung.

Allah menciptakan seluruh yang ada di alam ini, di jagad raya ini dengan penuh keseimbangan. Semuanya diciptakan berpasang-pasangan, dan tentunya juga berbeda-beda. Ada siang dan malam, panas dan hujan, laki-laki dan perempuan, dan sebagainya.

Begitupun dengan kehidupan ini. Ada yang lebih, ada juga yang kurang, ada yang kuat, ada juga yang lemah. Semua itu adalah sunatullah. Sudah menjadi ketetapan Allah. Tak bisa kita bayangkan bila semuanya diciptakan sama. Tentunya kehidupan dunia ini tidak akan berimbang. Misalnya, Allah ciptakan semuanya dalam keadaan lebih, lalu kita mau zakat, infaq, shodako itu untuk siapa? Itulah sebabnya Alla menciptakan kehidupan ini dalam keadaan yang berbeda.

Hanya tinggal bagaimana kita menyikapi dan menjalaninya saja. Kalau kita menyadari bahwa kehidupan ini bisa berjalan dengan baik, karena adanya perbedaan itu, tentu saja perbedaan-perbedaan yang telah Allah ciptakan itu tidak menjadikan kita sebagai jurang pemisah. Justru sebaliknya, perbedaan itu juga menjadi kebutuhan hidup kita.

Yang merasa dirinya lebih, tentu saja membutuhkan yang kurang untuk bisa sekedar berbagi. Untuk bisa mengamalkan akan makna bersyukur atas kelebihan yang dimilikinya itu. Bila sudah merasa mampu, tentu ungkapan rasa syukur sudah tidak hanya sebatas pada kata-kata saja. Tapi  sudah saatnya diwujudkan dengan amal perbuatan.

Kita semua adalah bersaudara. Oleh karena itu, layaknya seorang saudara, kita juga harus mau merangkul mereka. Bukan hanya kepada yang sama atau lebih dengan kita, tapi juga kepada mereka yang kurang. Meskipun tidak bisa sepenuhnya, tapi setidaknya bisa sedikit mengisi kekurangan mereka.

Mata hati kita harus benar-benar terbuka untuk bisa lebih peka lagi terhadap lingkungan. Karena tak bisa dipungkiri lagi,  terkadang kita bangga dengan kelebihan yang dimiliki, namun tanpa disadari ada tetangga kita yang sedang kelaparan dan luput dari pandangan kita.

Kita perlu juga turun ke lapangan secara langsung untuk melihat keadaan masyarakat yang sebenarnya. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan hal semacam itu. Silaturahmi dengan para tetangga, silaturahmi dengan warga di tetangga desa, berjalan ke luar dan melihat keadaan sekitar untuk bisa membuka mata hati kita ini. Saat kita melihat ternyata di luar sana ada yang lebih kurang dari kita, baru kita sadar, betapa kita harus bisa lebih bersyukur lagi atas apa yang telah kita miliki.

Dan sekali lagi, kita semua adalah saudara. Kita semua sama di hadapan Tuhan, hanya keimanan dan ketakwaan yang membedakan. Kelebihan dan kekurangan sesungguhnya adalah titipan dari Allah. Layaknya sebuah titipan, harus kita jaga dan pergunakan dengan sebaik-baiknya agar titipan itu bisa menjadi berkah ketika nanti diambil dan diminta pertanggung jawabannya. Yang merasa lebih, bagaimana menggunakan kelebihannya itu agar bisa menjadi berkah, dan bagi yang merasa kurang juga seperti itu, bagaimana menggunakan kekurangannya itu agar tidak menjadi lebih jauh dari Tuhannya.

Kelebihan dan kekurangan adalah ujian untuk kita semua. Terkadang Allah memberikan suatu nikmat melalui suatu masalah, namun terkadang juga Allah memberikan suatu masalah melalui suatu kenikmatan. Jadi, tiada yang perlu untuk dibangga-banggakan. Yang perlu dibanggakan adalah bila kita hidup bersama dalam masyarakat, berdampingan, saling merangkul, mengingatkan dan menguatkan, karena kita merasa bahwa semuanya adalah saudara.

Rasulullah SAW bersabda,
“Seorang muslim bersaudara kepada sesama orang muslim, tidak boleh menganiayanya dan tidak boleh dibiarkan dianiaya oleh orang lain. Dan siapa menyampaikan hajat saudaranya, niscaya Allah menyampaikan hajatnya. Dan siapa membebaskan kesukaran seorang muslim di dunia, niscaya Allah membebaskan kesukarannya di hari kiamat. Dan siapa yang menutup aurat kejelekan seorang muslim niscaya Allah akan menutupi kejelekannya di hari kiamat.” (HR. Bukhari Muslim).

“Tulisan ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersamaKakakin

43 comments

  1. Yups kita semua bersaudara,

    Gudlak ya ngontesnya…

    1. saudara seagama, sebangsa dan setana air ya bu.. ?😀
      aamiin, makasih bu

  2. terima kasih banyak ya Mab
    dicatat pastinya

    1. sama-sama bun..
      terimakasiih, smoga sukses tuk kita semua

  3. aseeeeeeeeeeekkkk…
    sukses buat GA-nya Mab!😉

    1. sik asik ya bun..
      ehehe, aamiiin

  4. silaturrahmi memperpanjang usia🙂

    1. menambah rezeki pula..😀

  5. subhanallah, kita semua bersaudara ya mabrur. apa kabar?

    1. iya mba., kita semua bersaudara, saudara dalam ikatan ukhuwah Islamiya.😀

  6. Mantap mas ulasannya..
    subhanallah..main kesini senang serasa di re-charge lagi battery iman ini..akhir akhir ini hati saya dan pikiran saya kok “kedonyan” dan kurang bersyukur ya allah…thanks for sharing..posting posting kayak gini yang bikin adem….semoga saya selalu diberi kemudahan dalam menghadapi masalah…lebih bersyukur dan jangan hanya melihat keatas tapi lihat juga kebawah dan sekitar kita….:)
    like this yoooooooo….sukses give away-nya di tempat bunda monda

    1. heheh,, mama kinan bisa ajaa,,,
      kita harus saling mengingatkan dan menguatkan mam, terlebih bila bisa bermanfaat untuk kita sendiri dan juga untuk orang lain. Karena sepertinya kurang afdol bila kita bahagia, namun di sisi lain ada sodara2 kita yang menderita.

  7. mari kita terus menjaga tali ukhuwah Islam kita….
    sukses ya GA-nya !

    1. mari mas,, ukuwah Islamiyah prlu dijaga dan ditingkatkan.
      aamiin, makasih mas.😀

      1. sma ya Mabruri….!😀

  8. Indahnya perbedaan dalam persaudaraan, trimakasih sharingnya, suskses ngontesnya

    1. percuma saja spertinya bu, kita bergelimpangan dunia, tpi tak mau peduli pada sesama..😦

      aamiin , makasih bu

  9. Yups, setuju banget, Kang. Kita semua bersaudara karena kita musti saling menyayangi dan menghormati.
    Selamat ngontes

    1. sesama sodara harus saling menyayangi dan menghormati ya bang, saling mengerti juga..😀

  10. kayak slogannya masyarakat manado ya
    kita semua bersaudara.

    1. hehee..
      ga tau malah saya slogannya orang Manado.😀

  11. siip…ulasannya OK nih!🙂
    sukses GAnya ya…

    1. hehehe,,
      makasi mbaa..
      aamiin

  12. Hidup seperti air yang mengalir dan dapat mengikuti ruang dan waktu, namun bermanfaat untuk orang lain Sob !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. iya pak, sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

      sukss slalu untuk kita semua

  13. apalagi sebagai sesama muslim, kita hendaknya merasa bersaudara, karena itulah Rasulullah saw memerintahkan kita untuk selalu saling mendoakan ya Ruri🙂

    semoga sukses diacara GA nya BuMon
    salam

    1. iya bun,,
      dalam Islam silaturahim, persahabatan persuadaraan begitu sangat dijunjung tinggi. bahkan menjadi kwajiban untuk saling mengingatkan dalam kebenaran.

      aamiin bun, terimakasih

  14. ulasan ini, mengena sekali.
    sukses untuk GA-nya, Mas🙂

    1. mengena di apanya mba?😀
      aamiin, maturnuwun

  15. berarti aku juga saudara ya,saudara di dunia maya🙂

    1. jeheheheh,, iya bu,,
      tp meskipun di dunia maya, tetap mendapat berkah dari Allah SWT

  16. semakin kita sering menjalin silaturrahim, maka akan semakin banyak hal yang kita petik manfaatnya. Bahkan ketika kita menjenguk orang sakit ato melakukan ta’ziah maka kita akan tersadar bahwa keberadaan kita di dunia ini bukan untuk sendirian, bukan untuk mencari masalah dengan orang lain, tapi bagaimana kita bisa memberikan kemanfaatan bagi orang lain. Yang jelas saya sudah punya satu tambahan sodara di sirampog, yaitu Kang Mabruri, betul kan Kang ?

    1. betul sekali pak Ies,,
      silaturahim adalah sarana untuk mempererat persaudaraan dan juga menambah saudara.
      heheh,, sama-sama pak, saya juga pastinya bersyukur punya saudara Pak Ies ini..😀

  17. Sepakat dan sependapat, Mas bahwa kita semua bersaudara. Dan saya sangat terkesan dengan quote ini “Terkadang Allah memberikan suatu nikmat melalui suatu masalah, namun terkadang juga Allah memberikan suatu masalah melalui suatu kenikmatan” .
    Betul sekali, anugerah dan musibah adalah tergantung bagaimana kita menerima dan juga menyikapinya.

    Semoga sukses di kontes, Mas.
    Salam hangat untuk keluarga tercinta.

    1. iya bi, semuanya harus berpositif thinking, bahwa sesuatunya harus disikapi dengan swajarnya saja, karena semua itu datangnya dari Allah SWT.

      aamiin, makasih bi

  18. Ibu juri datang…🙂
    Rasa persaudaraan bisa diawali dengan kepedulian terhadap sesama ya🙂

    1. selamat datang ibu njuri,,😀😀
      ya bisa sperti itu kak, jika mmang mngakui saudara ya harus mau peduli sama saudaranya😀

  19. Iya Mas, engga semua penduduk Ibukota kejam kok! masih banyak juga yg peduli. Mungkin yg ga pedulian itu yg menengah keatas kali ya?

    1. heheheh,,,
      emang paling enak itu jadi yg biasa2 aja ya bu, merakyat gitu lah. Rasa pedulinya masih sangat tinggi😀

  20. Setiap muslim bersaudara, tapi Mas…. tetangga saya ada yang cukup mapan, tapi sebelahnya kebalikannya. Mirisnya, bantuan sepiring nasipun tak sampai ke pintu rumah.

    Yang saya inget cuma “sesama muslim bersaudara….”
    Dibagian yang mana????😦

    1. ya brarti muslimnya cuman skedar ucapan pak..😀
      Pengakuan muslim cuman sekedar secara lisan, sdangkan muslim yg beneran kan ga hanya cuma dengan lisan saja, tpi dengan amal perbuatan saja.

  21. […] : Kita Semua Bersaudara nilai : […]

  22. amin. salam kenal dan damai sejahtera buat kalian semua khususnya yang px blog ini.
    TORANG SAMUA BASUDARA,, saya suka bunyinya. saling bergandengan tangan i2 penting.. lupakan perbedaan mari kita Canangkan BHINNEKA TUNGGAL IKA.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: