Air Tajin

Air tajin adalah cairan berwarna putih yang didapat pada saat memasak nasi. Karena cairan ini berasal dari partikel-partikel beras, maka air tajin mengandung karbohidrat. Air tajin juga dianggap sangat baik untuk membantu mengatasi dehidrasi pada bayi ketika mengalami diare. Orang-orang zaman dulu, banyak yang menggunakan air tajin sebagai pengganti susu formula untuk bayinya. Sebenarnya, air tajin ini memang baik atau tidak untuk bayi, saya pun kurang tahu. Ya, barang kali nanti ada sahabat yang lebih tahu tentang air tajin ini, bisa dishare di sini.

Gara-gara beberapa hari kemarin mendapat tugas untuk mengerjakan PR pada zaman SD dan SMP, akhirnya secara langsung saya pun dibuat untuk mencoba mengingat-ngingat kembali peristiwa masa lalu yang pernah terjadi. Dari hasil mengingat-ingat itulah, akhirnya bisa sampai pada kejadian dimana waktu itu saya masih balita, dan ada hubungannya dengan air tajin ini.

Apakah sahabat pernah merasakan nikmatnya Air Tajin? Kalau iya, alhamdulillah, berarti saya ada temannya.πŸ˜€

Air tajin melekat pada diri saya saat berumur 2 tahunan lebih. Seperti yang pernah saya sampaikan sedikit tentang masa balita dulu, bahwa saya adalah bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI yang baik. Bukan karena Ibu yang tidak mau ataupun ASI yang tidak lancar dari ibu saya, tapi karena memang saya sendiri yang katanya tidak mau kalau diberi asi. Selalu menolak dan pasti dimuntahin bila diberi ASI. Sebagai gantinya, saya pun diberi susu formula.

Pada saat itu, untuk mendapatkan susu formula itu sangatlah susah. Apalagi bagi yang tinggal di desa, untuk mendapatkan susu formula harus pergi ke kota yang jaraknya sangat jauh. Saat itu saya masih tinggal di Patuguran, dan untuk mendapatkan susu formula biasanya orang tua belanja ke Bumiayu. Jarak antara Patuguran – Bumiayu lumayan jauh, kira-kira sekitar 15 km, ditambah dengan terbatasnya transportasi pada masa itu.

Pada suatu ketika, saat usia saya memasuki 2 tahunan, ceritanya kami sekeluarga berkunjung ke rumah nenek dari pihak Bapak yang tinggal di Sirampog. Untuk mencapai Sirampog, maka harus transit dulu di Bumiayu untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Sirampog dengan kendaraan yang berbeda.

Sepulangnya dari Sirampog, yang berarti pasti singgah di Bumiayu sebelum sampai ke Patuguran, ibu pada saat itu belanja di Bumiayu untuk membeli beberapa kebutuhan saya. Termasuk susu formula tentunya. Setelah dirasa cukup, maka perjalanan pun dilanjutkan dengan naik bis untuk sampai di Patuguran.

Di sinilah permasalahan itu terjadi. Ketika sudah sampai di Patuguran dan turun dari bis, ternyata barang-barang kebutuhan untuk saya, tertinggal di bis. Bapak Ibu turun dari bis pun tak ingat kalau susu formula itu tertinggal di bis. Baru sadar setelah sampai di rumah, ketika sedang memeriksa semua barang-barang yang telah dibeli di Bumiayu tadi.

Dan innalillahi, susu formula untuk saya ternyata tidak ada, dan rupanya tertinggal di bis. Tentu panik pada saat itu. Gimana nanti kalau saya lapar, minta susu, tapi tidak ada susu. Mau balik lagi ke Bumiayu, rasa-rasanya sudah tidak semangat lagi karena keburu capek di perjalanan.

Akhirnya, Ibu dengan cerdiknya memilih Air Tajin ini untuk mengelabui saya. Tinggal ditambahi sedikit gula biar terasa manis, rupanya dari segi penampilan tidak beda jauh dengan susu formula. Ibu waktu itu juga berfikir, ah sudah 2 tahunan ini, makan nasi juga sudah bisa. Jadi ga terlalu bergantung lagi sama susu formula. Sejak saat itulah, setiap saya menangis ingin minum susu, maka Air Tajin inilah yang sebenarnya saya minum. Dan saya pun tidak menyalahkan Ibu, tapi justru menyalahkan diri sendiri, kenapa sampai tidak mau minum ASI??πŸ˜€πŸ˜€

Nah itulah sahabat, sedikit cerita tentang air tajin. Bagaimana, masih ada yang ingin minum air tajin?πŸ˜€

86 comments

  1. Mas saya juga sudah minum air tajin sejak usia 1 tahun soalnya saat itu ibu saya sudah mulai mengandung adik saya sehingga air susu beliau tidak lagi keluar.
    Sebagai gantinya saya diberi air tajin, alhamdulillah tetap sehat hingga sekarang

    1. owwh gitu ya mas,,
      alhamdulilah kita pernah ngrasain ya mas….

      Iya, dan ternyata sampai sekarang masih sehat wal afiat,, dalam menerima pelajaran di sekolah pun, tak kalahlah sama mereka yang ASI esklusif…πŸ˜€

      1. Iya mas saya sangat terharu ketika ibu saya berkata seperti ini, “Wan, ibu minta maaf ya karena tidak bisa menyempurnakan masa menyusui kamu sampai 2 tahun, ibu hanya bisa menyusui hingga usia 1 tahun karena sudah ada adik kamu dalam kandungan.”

        Begitu besarnya tanggung jawab beliau untuk melaksanakan kewajiban menyusui hingga 2 tahun. Tapi apa daya keadaan berkata lain, sehingga air tajinlah yang menjadi penggantinya

      2. ya begitulah orang tua mas, ibu saya pun pasti ga ada maksud buat sengaja ga ngasi ASI utk saya, tapi apalah daya orang setiap diberi ASi selalu dimuntahka..πŸ˜€

  2. Air tajin itu menyehatkan badan ya Mas, buktinya sya juga merupakan hasil dari anak yang mengkonsumsi air tajin. He….x999

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. heheh,,
      ternyata banyak juga ya pak yang dulu diberi air tajin, dan alhamdulillah ternyata sehat sampai sekarang

  3. wah aneh ya kenapa juga gg suka sama ASIπŸ˜€ padahal itu kan makanan pertamaπŸ˜€

    1. hihihi,,
      saya pun ga tau mau jawab apa kalau ditanya seperti itu? ::D

  4. iya banyak yang bilang kandungan air tajin bagus,

    kalau bunda kecil juga nggak bisa ASI, dan alergi susu sapi juga, nggak nanya deh apa pernah dikasih air tajin juga
    tapi bunda dikasih minumnya air kacang hijau
    jadi kalau pergi ke rumah saudara mamanya bunda bawa panci, ulekan dan saringan, repot gitu deh

    1. hihihih,,,
      kok malah jadi rempong gitu bun? pake bawa panci sendiri juga, emangnya di tempat saudanya ga ada panci gitu?πŸ˜€

      Tapi meskipun ga ASI, alhamdulillah bisa sehat sampai skarang ya bunda?πŸ˜€

  5. Wkwk aneh… dikasih ASI malah ga doyan…
    Yang penting sekarang masih sehat selalu kan mas, huehehe…

    1. nah itu diaaa, entah apa yang terjadi pda diriku inih?πŸ˜€

      alhamdulillah sehat wal afiat sampai sekarang iini..πŸ˜€

  6. Aku sih ASI aja..
    Bahkan sampai 4 tahun… tepat sebelum masuk SD.
    Maklum, anak bungsu, hahaha…

    1. huwahaha,,
      sampe 4 tahun kak?? luar biasaaaa…πŸ˜€

  7. Irfan Handi · · Reply

    Arvin juga sering saya berikan air tajin ini mas, walaupun susu formulanya masih ada tapi kadang bosen, makanya saya selingi dengan air nasi ini. Semoga besarnya anak saya bisa jadi orang pinter kayak Om nya ini. he . . πŸ™‚.

    1. owwh,, bagus deh pak,
      ternyata anak2 skarang pun masih ada yang mau air tajin..πŸ˜€
      hehehe,, bisa aja ini, smoga malah bisa melebihi kita pak, jadi anak yang lebih pinter dari kita.πŸ˜€

  8. menurut mamak, dari 5 anaknya, cuma saya yang menolak ASI dan susu formula, sehingga sejak bayi itu kurang gizi, kulitpun keriput udah kayak anak monyet, masih bagus tidak berbuluπŸ˜€
    sampai satu ketika mantri di dekat rumah ngasih saran ke mamak untuk ngasi air tajin aja, nah lo? dicobain eh saya suka, lahap dan cocok pula kata mamak. mamak tentu saja senang, anaknya berangsur berisi, dompetnya pun tak robek buat mbeli susu hehehe

    1. hihihihi,,
      ternyata ya bu, kita senasbi ga mau ASI.hehehe
      Ya alhamdulillah, meskipun kita bayi Tajin, alhamdulillah bisa tumbuh sehat sampai sekarang ini. Air tajin pun asalnya juga dari sesuatu yang baik, tentu saja sari-sarinya pun tetap menghasilkan sesuatu yang baik..πŸ˜€

      Iya bener, jadi menghemat dana..πŸ˜€

  9. Saleum,
    Hehehe,,, bang mab waktu bayi lucu juga yach,.. suka ama air tajin ketimbang ASI. Menurut yang saya tau bang, ASI itu semacam sistim Imun juga buat perkembangan bayi. entah benar begitu, semoga ada yang memberi jawabannya. hihihi…
    saleum dmilano

    1. iya, emang aneh kan bang jadinya. Bayi sok2an namanya, dikasi ASI kok nolak..πŸ˜€

  10. citromduro · · Reply

    bukan salah mas yang tidak mau minum ASI, tapi kenapa tidak sedari dulu tahu kalau itu adalah air tajin

    meskipun minum air tajin, tapi tetap sehat kan dan tumbuh subur sampai dewasa saat ini

    salam dari pamekasan madura

    1. hehehe,, iya cak,,,
      alhamdulillah sampai skarang sehat wal afiat..πŸ˜€

  11. Iya ya nggak mikir nih bayinya he he he he (secara….2 thn suruh mikir). Mampir nih!

    1. monggo mas…πŸ˜€

  12. kalau bunda hanya ASI saja tuh Ruri
    sampai dua tahun, baru lanjut dgn susu formula sampai besar ( SD)
    dan, sampai sekarangpun masih rajin minum susu A****ne*πŸ™‚
    salam

    1. heheh,,
      alhamdulillah ya bun, bisa menikmati ASI ekslusif.
      mudah2an nanti keturunan ku ga ngikut2 aku..πŸ˜€

  13. padahal enak lho.. *kata anak-anak..*

    1. ga nyobain juga bu??

  14. Murah tapi bermanfaat…solusi buat ibu yang susah menyusui…πŸ˜€

    1. betul pak,
      tapi tetep ASI yang utama..

  15. enak ga mas air tajinnya?

    1. enak kok, apalagi dikasi gula merah,, hmmm..πŸ˜€

  16. Sayyidah 'Ali · · Reply

    hehe (senyum- senyum bacanya) , saya tak tau kapan meminumnya,, tapi saya yakin, kalau saya pun pernah merasakannya.. dan sekarang pun lidah saya, seperti mengenali rasa itu πŸ˜€

    1. hihi,,
      saya yang yakin pernah meminumnya malah lupa rasanya seperti apa..πŸ˜€

  17. dulu itu aku kalau batuk minumnya tajin dikasi garam dikit mas. Wahh manjur juga ternyata..

    1. iya mas, ternyata banyak juga ya manfaatnya

  18. ya udah mas nanti kalau punya anakdikasih ASI yaπŸ™‚

    1. heheh,,
      insya Allah bu, ASI tetap menjadi pilihan utama

  19. ….kalau masak pakai rice cooker, ada air tajin yg bisa diambil gak ya?❓

    1. ga ada mas, itulah kenapa anak2 skarang jarang yang kenal sama air tajin

  20. Adik bontotku jg suka diminumin air tajin Mab, coz dia kan susah makan, katanya bs nambah nafsu makan, tapi tetep aja tuh dia kurus hihihi…

    1. hihihhi,,,
      kurus kayak saya berarti bun,, ya karena emang kurang gizi, air tajin juga ga begitu besar gizinya.. Tetep ASI yang paling jozzz

  21. banyak yg bilang begitu! air tajin bagus buat bayi. tapi saya sendiri ga mencari tau apa manfaatnya. Hanya sebagai perbandingan nih…tanaman jamurku (tiram) disiram air tajin jadi subur….πŸ˜€

    1. huwahah,,,
      nah mungkin sama ya bu, itu tanaman kan makhluk hidup juga yang butuh makan, manusia juga. Jadi air tajin juga bagus untuk pertumbuhan manusia..πŸ˜€

  22. Iihh waktu kecil aku sering di bikinin air tajin pake garam dikit,biar ada rasanya..
    enak aja sih rasanya..

    Dulu bilang obat panas dalam juga,trus buat kukur kalo sakit gigi..

    Ada sahabatku juga,anakknya tidak mengkonsumsi susu formula ga suka ,malah air tajin doyan banget..Alhamdulillah anaknya sehat2 aja,tumbuh sehat..

    1. iya bu, apalagi warnanya persis kaya susu, dan ditambah gula kan jadinya manis, makanya saya pun ga nolak waktu dikasi air tajin.

      Iya alhamdulillah, saya pun sampai skarang sehat-sahat aja.. ya karena sumbernya itu juga dari bahan yang bagus, tentu saja sari2nya juga bagus dan menyehatkan

  23. Ternyata itu ya manfaat dari air tajin, baru tahu saya. Saya cuma tahu air tajin itu, sebagai pengganti susu bagi bayi. Wow, kalau saya minum air putih sama teh saja. Hehehehe, sekedar mampir ke sini. Maklum sudah lama tidak ke sini.

    1. hehe,, iyaaa, itu fungsinya.
      baguskan??

  24. Saya dulu juga sering minum air tajin, Mas..
    Seperti susu asli warnanya, hheee

    1. emang mas, putih kayak susu formula,
      makanya saya waktu itu mau aja..πŸ˜€

  25. kalo saya malah dengar air tajin itu bagus untuk menaikkan berat badan anak pada usia balita…..:-D
    tapi kalo dirumah saya sendiri pemanfaatan air tajin digunakan sebagai air utk menyiram tanaman (pohon/tanaman semakin subur)….

    1. waah,, saya malah baru tau kalau itu bisa buat tanaman, dan ternyata hasilnya bagus.
      Tanaman sama juga dengan manusia kan, sama-sama makhluk hidup. Jadi ya air tajin juga bagus buat manusia..πŸ˜€

  26. lovetiffa · · Reply

    kok sy tetap tdk tertarik minum air tajin ya…

    1. dicobaain dulu, sedikiiitt saja, ntar jadi ketagihan deh..πŸ˜€

  27. dulunya air tajin diminum sekitar usia masuk SD, rasanya enak ko’, apalagi kalau di campur gula merahπŸ™‚

    1. sudah seperti dawet ya pak jadinya..πŸ˜€
      daripada minum limun kan lebih baik minum air tajin..πŸ˜€

  28. saya biasanya minum air tajin ini dicampur garam dikit plus kasih parutan kelapa muda, udah punya gigi soaleπŸ˜€

    1. enak ya bu,, lebih dari sekedar susu formula…πŸ˜€

  29. Waktu kecil saya juga doyan sama air tajin. Cuma skrang udah jarang soalnya kalo masak nasi pakai magic jar.😦

    1. iya mas, pake magicjar ya ga ada air tajinnya..πŸ˜€

  30. Air tajin dicampur gula jawa, rasanya enak.. kalau jaman dulu mungkin sebagai pengganti susuπŸ˜€
    Sekarang makin sedikit yang tahu, banyak yang sudah menggunakan alat elektronik untuk menanak nasi..πŸ™‚

    1. sedeppak, apalagi gula merah, sudah kaya susu coklat lah pokonya..
      nah ini salah satu penyebabnya,,

  31. Darmanto Muat · · Reply

    saya juga suka minum air tajin, nenek dulu yang snantiasa mnyiapkan minuman khas itu ketika saya kecil.. haha.. susu kampung, begitu saya bilangnya..

    tapi untuk beras skarang yg additif nya buanyaak..ya mungkin gak sehat ya mas untuk dikonsumsi..
    salam,

    1. iya bener pak, beras skarang kandungan gizinya sudah berkurang

      kalau dulu masih ditumbuk, jadi ga banyak gizinya yang ilang.

  32. AIR TAJIN PENUH KENANGAN… speechless bacanya, kalau dulu ASI berarti akan lebih hebat lagi sosok Mabruri yaπŸ˜‰

    Tapi nanti kalau ngalami, bayinya ndak mau ASI tetap harus dipaksa lhoπŸ˜‰

    1. heheh,, tapi ya Alhamdulillah bu, sehat lah sampai sekarang..πŸ˜€

      Iya, mudah2an sih nanti anak2 saya tetep ASI ekslusif

  33. wah jadi inget masa kecill..
    dulu juga saya pernah disuruh minum itu..
    tapi saya minum,, baunya ga enak…

    1. enak lho mas, dicampur sedikit garam dan gula..πŸ˜€

  34. Saya pernah deh kayaknya sih…lupa2 ingat.

    1. yg penting judulnya pernah ya mas..πŸ˜€

  35. Sewaktu kecil saya juga pernah dikasih air tajin. Menurut saya air tersebut adalah sari dari bulir beras karena muncul saat beras dimasak.

    1. memang benar pak, air tajin ya air dari sari2 beras..πŸ˜€

  36. kalo aku ngga pernah minum air tajin…soale smpai umur 6 tahun aku masih netek hihihi….mgkin udah ngga ada air susunya yachh…tp tetap ritual itu aku lakukan…..soale kalo ngga dikasih suka ngambek

    1. hihihii,,, mantep pisan bu mpe 6 tahun..πŸ˜€

  37. Saya nggag pernah minum air tajin. Tapi sepertinya lebih bermanfaat daripada susu formula sekarang yang banyak zat- zat berbahayanya ya..

    1. iya sih sebenarnya kalau dilihat dari asal muasalnya..πŸ˜€
      susu formula skarang malah rada riskan dengan bakteri

  38. nyengir aku. Dulu suka rebutan air taji yg di campur air gula merah…

    1. rebutan sama siapa kang?
      tinggal bikin aja yang banyak.πŸ˜€

  39. dulu sih pernah sekali2 minum air tajin..waktu masak nasinya ga pake magic com..πŸ˜€

    1. iya mba,,
      sekarang mah sudah pake magic com, jadinya susah dapet air tajin.. ::D

  40. waks kok bisa sih si Mab nggak mau ASI. padahal aku susah banget nyapih anak… wkwkwkw…

    iya, beras kan jg ada gizinya ya… tentu air tajin gizinya ya sama spt beras td ya…

    1. ga tau itu bu,, Ibu saya juga sampai kebingungan,, sampai2 pasrah, ini anak mau hidup apa nggak sih, katanya..πŸ˜€
      tapi alhamdulillah sehat sampai sekarang..

      Wah, vania seneng dong…πŸ˜€

  41. seingetan saya, saya ndak pernah ngerasain air tajin. tapi sekarang jadi penasaran kayak apa rasanya. heheheπŸ˜€

    1. ayuu dicoba,, beri sedikit garam atau gula merah..πŸ˜€

  42. hahaha, air tajin, minumanku saat masih bocah itu. tp sekarang juga masih doyan kok.πŸ˜€

    1. alhamdulillah kalau masih doyan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: