PR Blogger: Kenangan Tak Terlupa Saat SMP

Setelah kemarin berhasil mengerjakan PR saat masih SD dari Ibu Dewi Fatma, sekarang giliran Abi Sabila yang memberikan PR untuk saya kerjakan, yaitu mengenai 5 kenangan yang tak terlupa sewaktu duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

SMP Negeri 2 Sirampog, adalah sekolah dimana saya melanjutkan pendidikan setelah menamatkan bangku sekolah di SD. Sekolah ini lokasinya masih berada di wilayah kelurahan tempat tinggal saya, yaitu Kaligiri, tepatnya di Pakishaji. Tahun ajaran 1998/1999 adalah awal bagi saya mengenyam pendidikan di bangku SMP. Saat itu, sekolah ini masih baru didirikan, dan ketika saya masuk menjadi kelas 1, baru bisa lengkap sekolah ini berisi 3 tingkatan kelas. Jadi, saya termasuk angkatan ketiga dari SMP Negeri 2 Sirampog.

This slideshow requires JavaScript.

Karena letak sekolahnya yang masih berada di wilayah tempat tinggal saya, jadi masih sering lihatΒ  perkembangan bangunan sekolah, perkembangan prestasi dan sebagainya. Guru-gurunya pun kebanyakan masih ingat dengan saya, kecuali kalau ada guru-guru baru yang masuk. Banyak kenangan yang terjadi saat di SMP, dan bahkan bisa dikatakan inilah kenangan terindah saat menapaki dunia pendidikan. hehehe

Baiklah, sekarang langsung pada soal yang diberikan oleh Abi, yaitu 5 kenangan tak terlupa saat SMP. Bismillaah…

1. Alhamdulillah Menjadi Bintang Sekolah

Sebenarnya malu mau nulis tentang ini.Β  Tapi, bukannya lagi mau sombong atau gimana, lagian juga apanya yang mau dibanggakan, itukan hanya masa lalu saja. Bintang sekolah juga cuman sekolah yang berada di puncak gunung sana.Β  Hehe,, Iya, bagaimanapun memang itulah menjadi kenangan terindah selama berseragam biru putih. Dari kelas 1 sampai lulus, alhamdulillah selalu dapat ranking terbaik. Sebagai reward dari sekolah atas prestasi itu, maka saya dibebaskan dari biaya bulanan/SPP. Gara-gara ini juga, akhirnya jadi terkenal di sekolah, dan juga banyak dikenal oleh orang tua murid lainnya.

2. Saingan Menjadi Sahabat Karib

Adalah Mas Rangga Cita Wirawan, dialah sosok yang menjadi saingan terberat saat menaklukan pelajaran-pelajaran di SMP. Dari kelas 1 sampai kelas 3, terus kejar-kejaran nilai sama dia. Pertama kenal memang saat baru di SMP, dimasukkan ke kelas yang sama pula, yaitu kelas 1A. Orang tuanya, Bapak Ibunya merupakan guru di sekolah itu juga. Nah, gara-gara saya satu kelas dengan mas Rangga ini, jadinya saya tak pernah diajar oleh orangtuanya mas Rangga. Padahal kata teman-teman yang lain, cara ngajarnya itu enak dan mudah dipahami. Saat naik ke kelas 2 pun, masih disatukan lagi di kelas 2 B. Tetap sama, keinginan pengen diajar sama orangtuanya ms Rangga akhirnya ga kesampean juga. Nah baru pada saat naik ke kelas 3, kami berpisah, tapi orang tuanya ms Rangga sudah mutasi ke sekolah lain. Haduuh… Jadi 3 taun di SMP, tak pernah sekalipun diajar sama orang tuanya mas Rangga. Namun, meskipun begitu, gara-gara persaingan antara saya dan ms Rangga, hingga akhirnya sampai sekarang kami menjadi sahabat akrab, bukan hanya dengan ms Rangganya saja, tapi juga kepada keluarganya. Bapak Ibunya ms Rangga, sampai sekarang juga masih ingat dengan baik dengan saya, dan saya pun masih sering main untuk silaturahim ke rumahnya. Alhamdulillaah…

3. Hampir Terkena Cinta Monyet

Huwhahaha,,, Ga taulah darimana asalnya. Yang pasti kalau ga salah, hampir pernah ngalamin deh. Baru hampir lho ya sodara-sodara. Maklumlah, usia-usia ABG labil.πŸ˜€ Awal mulanya sih ya gara-gara sama-sama sering aktif di organisasi sekolah, meskipun dia adik kelas, jadi sering terlibat bareng dalam suatu kegiatan. Dari situlah, akhirnya teman-teman pada ngledekin, sampai-sampai ke guru-gurunya juga. Hahah,,, Sudahlah, itu semua sudah berlalu.πŸ˜€πŸ˜€

4. Mengenang Nana Ristiana

Salah satu teman terbaik saat SMP, Nana Ristiana. Pernah satu kelas juga, dan kenangan paling indah adalah saat tampil bersama pada acara perpisahan SMP dulu. Kami bersama teman-teman yang lainnya, ada ms Rangga, Alvin dan masih banyak lagi, tampil bersama sebagai paduan suara, membawakan sebuah lagi kenangan indah yaitu “Kemesraan”. Rasanya mengena banget lah waktu itu. Dan yang menjadi kami akan terus mengingat Nana Ristiani ini adalah, karena sekarang dia sudah mendahului kita, dan siap menanti kita di alam sana. Nana meninggal dunia saat usia masih muda, kalau tidak lupa setelah lulus SMA,Β  karena sakit. Semoga Allah menerima segala amal perbuatan dan mengampuni dosa-dosanya. Aamiin.

5. Berangkat sebelum Subuh

Iya, berangkat sebelum adzan subuh berkumandang pernah saya rasakan saat duduk di bangku SMP. Ceritanya saat itu, saya ditunjuk sekolah untuk ikut lomba bidang studi di Kabupaten, yaitu di Brebes. Pada massanya itu, jarak antara Sirampog – Brebes masih sangat jauh karena keterbatasan transportasi yang ada sehinga bisa ditempuh perjalanan kurang lebih 3-4 jam. Acara tersebut jam 7Β  sudah harus dimulai, jadi ya mau gimana lagi. Sebelum subuh akhirnya saya sudah siap-siap dari rumah. Jam-jam subuh mana ada angkot yang sudah beroperasi. Yang ada ya mobil-mobil pengangkut sayuran. Karena para pedagang sayuran Sirampog memang berangkatnya sebelum subuh. Karena tidak ada pilihan lain, akhirnya ya dingin-dingin menusuk tulang, akhirnya ikut mobil tersebut. Duduk manis ditumpukan sayuran-sayuran sampai ke Bumiayu. Nah setelah sampai Bumiayu inilah, baru perjalanan dilanjutkan dengan bis untuk sampai ke Brebes. Hasilnya, sudah capai di jalan duluan. hahahah

Dan inilah penampakan saya waktu SMP..πŸ˜€

Sambutan Waktu Perpisahan

Alhamdulillah Bi, akhirnya selesai juga PR-nya.πŸ˜€πŸ˜€

Ya, itulah sedikit kenangan yang tak terlupa selama berseragam Biru Putih. Dan seperti biasa, saya pun ingin mengetahui kisah-kisah saat SMP dari sahabat-sahabat yang beruntung berikut ini (kaleng dikocok, dan yang keluar adalah) :

  1. Dhenok Habibie
  2. Mas Jier
  3. Ibu Dewi Fatma
  4. Mama Hilsya
  5. Kak Akin

Seperti pesan dari Abi, tidak ada maksud untuk memberatkan, hanya sebagai sarana untuk bisa mempererat silaturahmi dan sambil mengasah lagi untuk belajar mengingat peristiwa yang telah lalu.πŸ˜€

69 comments

  1. wah keren jadi bintang sekolah,, mantap

    eh sainganku waktu MTs dulu juga jadi sahabat karib lho mas, kemaren dia nikah

    1. alhamdulillah mas..πŸ˜€ berkat rain belajar.. haha

  2. Wowowo aktif juga ya dalam organisasi.

    aku malah baru mau nulis PR dari kang abi.

    1. ayu nulisss,kerjain PR nya…πŸ˜€

  3. Hmm… hampir kena cinta monyet, cie… cie… Kisahnya agak miripπŸ˜‰
    Foto pas perpisahan juga ada, tapi malu ach wong belum berjilbab…
    Mau buat PR belum jadi2, baca ini jadi keinget.

    1. mirip sama ibu toh kisahnya? hihihi

      heheh,, ga pa2 bu, kan masih anak2..πŸ˜€

  4. Terima kasih mas ruri atas tugasnya tidak memberatkan kok. Insya Allah segera saya kerjakan. Banyak kenangan waktu SMP ya mas. Salut deh dengan prestasinya. Semoga sukses selalu buat mas ruri.

    1. siiipp mas jier,,,
      buat saling bertukar pengalaman saja, kali aja ada hikmahnya

  5. Uhuy ternya Mas Mabruri adlh salah satu bintang kelas yg hampir trjerumus cinta monyet sama Si Nana hehe ups ralat bukan dinkπŸ˜€

    1. jiahaha,,,,,
      bukan sama Nana kang…πŸ˜€

  6. Abed Saragih · · Reply

    Cuma mengabarkan bahwa blog diketik dirubah menjadi blog disave.wordpress.com

    Tlong diganti ya gan.

    Link agan udah nempel tuh di blog saya

    Salam persahabatan.

  7. ya ampun belum mengerjakan peer SD dari pak Guru Om Mabrur nih #doh
    cinta monyet ahiw hhihhi meskipun sudah berlalu tapi manis untuk dikenang kanπŸ˜€

    1. hayuuuk dikerjaiiinn…πŸ˜€
      iya cimon2 bermunculan

  8. waaa… lanjut lg ke kenangan smp nih hahahaha…..
    *hebat jadi bintang kelas terus nih….

    1. heheh,, iya nih, lumayanlah buat ngasah ingatan pak..πŸ˜€

  9. aku senyum baca kisah-kisahnya… ciee..ciee..

    1. hihihi,,
      jadi pengen malyuuu…πŸ˜€

  10. Kisah yang manis mas mabrur

    1. manis semanis madu mas riz

  11. Saleum,
    Masa lalu yang ceria ya bang, penuh kenangan bersama kawan – kawan sekampung.
    saleum dmilano

    1. iya bang,,,,, sangat indah untuk dikenang..
      salam

  12. He Mas? Lulus tahun berapa emang?
    Tak kirain sampeyan udah tua banget lhooo kok SMPnya masih di tahun 2001 wkwkwk, sori mas :p

    1. jiahaha,, si mba ini,,
      aku juga masih muda unyu2 gini mba,, hahah
      aku lulus SMP taun 2001..πŸ˜€

  13. Eh saya kirain mas dulu klo ke sekolah berangkatnya selalu sebelum shubuh..wahhahaha..ternyata karena ada sesuatu dan lain hal toh..makanya berangkat jam segituπŸ˜€

    Saya belum kebagian PR yang ini nih -___-”
    *nunggu jatah..ihik.

    1. heheh,, iya bu,,
      karena mau menempuh perjalanan jauh saja…πŸ˜€
      oke deh, siap2 menunggu

  14. Wah harusnya saya ngasih laporan di sini ya. tadi malah salah di kenangan waktu SD.
    Alhamdulillah sudah saya kerjakan PRnya mas

    http://www.masjier.com/2011/11/kenangan-waktu-smp.html

    Mohon dinilai ya

    1. oke mas,, sudah dicek..πŸ˜€
      terimakasih

  15. waaah,. sekarang malah beredar PR SMP.. *sembunyi* *takutdibagiin*

    1. hihihi,, siap2 aja deeh

  16. Terima kasih, Mas Ruri telah mengerjakan PR ini dengan baik dan meneruskannya kepada lima sahabat lainnya. Semoga mereka berkenan mengerjakannya. Insya Allah.

    Soal bintang kelas, alhamdulillah saya pernah mengalaminya waktu SMEA, tapi tidak di SMP yang hanya sekali. Kemudian soal cinta monyet, saat SMP saya belum mengalaminya, saat SMEA lah saya baru merasakan dan rasanya bukan cinta monyet lagi karena tiga tahun setelah lulus SMEA saya menikah dg almarhumah.

    1. alhamdulillah abi,,,, tarimakasih juga..

      hehe,, Alhamdulillah di SMA juga masih bi,
      wah, hebat dong bi, cinta pertama langsung memang jodohnya..πŸ˜€

  17. wahhh hebat euuy jadi bintang semasa SMP…ya iyalah udah kelihatan gitu koq hehehe….

    1. alhamdulillaah buuu,,,
      namun itu hanya masa lalu…πŸ˜€πŸ˜€

  18. Ummu El Nurien · · Reply

    penampakannya ganteng..πŸ˜€

  19. tidaaaaaaaakkk.. kok udah dapet PR lagi.. lha wong PR yang SD aja belum dikerjain.. hahahahaha.. pending yaa mas brur

    1. hehe,,boleh bole boleh,
      yang penting dikerjakan

  20. Darmanto Muat · · Reply

    wah..musim PR lagi kayaknya..πŸ™‚πŸ™‚
    hebat mas, selalu jadi terbaik, smoga Allah memberikan berkah dari ilmu yg telah di dapatkan.. amin..
    ah, jadi teringat sekelumit cerita yg telah lalu..

    tetap menginspirasi mas..!!
    salam,

    oh ya maaf, jika sempat update, url saya sudah pindah di sini mas.. makasihπŸ™‚

    1. aamiin yaa Rabb..
      terimakasih pak,,

      hehe,, iya pak, nanti akan saya upgrade

  21. Wow bintang sekolah..
    Futu smp nya keren banget..!!

    1. hehehe,,, tinggal satu2nya itu bu…πŸ˜€

  22. Balas ni yee….
    Iya deh, Insya allah dikerjain…

    Eh, kita sebaya dong Mab..wkwkwk… Aku juga masuk tahun 2000-an. Tapi masuk kerja…hihi…

    1. hahhha,,, iya emang sengaja bu… qkqkqkq

      hahaha,,, hebat dong, taun 2000 saya masih minta duit sama ortu, sedang bu dewi sudah bisa menghasilkan duit..πŸ˜€

  23. Abed Saragih · · Reply

    Memanga kalau ingat masa2 SD lucu banget ya..

    Pa lagi kalau ingat saat bersama teman2 SD dlu.πŸ™‚

    1. ini SMP mas??πŸ™‚

  24. hanya ingin mengikuti postingan agan .
    postingan yang menarik
    nice gan .

    sempatkan mampir ke website kami
    http://www.the-netwerk.com

  25. terus…? terus …?? gmana Ruri?
    kok nyaris cinta monyetnya ?
    ( ibu2 rempong pengen tauuu ajah ….hehehe…)πŸ˜€πŸ˜€
    salam

    1. hhaaahaha,,
      ga ada keterusannya bunda, kan saya bilangnya hampir saja bun,..πŸ˜€
      karena langsung deh kepikiran, “skarang masih jadi seorang siswa, jadi tugasnya hanya belajar dan belajar” πŸ˜€

  26. Jaman putih biru ya Mas ?

    Hebat juga sudah berani tampil dinuka umum untuk berbicara. Semoga semangat yang bergelora masih tetap sama di masa sekarang ini ya Mas.

    Sukse selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. heheh,, iya pak,,
      dari situlah belajar untuk bisa menyuarakan unek2..πŸ˜€

  27. hahahahaha… masih lugu lugunya…
    wadooh, foto2 jamanku jadoel lenyap tak berjejak.😦
    jaman jepret2 blm jaman dijital, sayang banget.

  28. coment dulu mumpung d wrnet ah..hehee.. aduhh indah bngt mas smp’a..kaya d tmpt saya pegunungan cntik..

  29. […] belum saya tuntaskan, maka postingan kali ini saya akan menjawab tantangan dari Yundo Hamasah dan Mas Brur. Silahkan disimak saja, dan bantu aamiin-kan do’a saya semoga sahabat-sahabat kecil saya dulu […]

  30. Cinta monyet itu yang gak kuat di masa masa SMP masπŸ™‚

    1. hihihi,, iya bu,,ya namanya juga baru memasuki masa-masa puber..πŸ˜€

  31. Wah dari bintang sekolah sampai cinta monyet, sungguh masa-masa indah di sekolah..

    1. hihihi,,
      begitulah mas,, sangat sayang untuk dilupakan begitu saja..πŸ˜€

  32. Waah.. ternyata masa remajanya Mab tuh penuh dengan prestasi
    KEREN!

    1. alhamdulillah,, meskipun cuma prestasi seorang anak yang sekolah di pegunungan..πŸ˜€

  33. […] beberapa waktu yang lalu, kini giliran PR masa SMP yang akan kukerjakan. PR ini adalah estafet dari Mas Mabruri, mengenai 5 kenangan yang tak terlupa saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama […]

    1. Ke TKP kak…πŸ˜€

  34. SIrampog tu bahasanya sama kaya Brebes lainnya ato pake Sunda?

    1. masih kaya brebes lainnya, basanya jawa, kalau yg sudan itu daerah bantarkawung & salem

      1. Oh, kirain basa sunda.
        Berarti paham lah ya yen dijak ngomong nganggo basa brebes?

        Btw, tukeran link yukπŸ™‚

      2. hehe,,, iya, yg basa sunda itu brebes wilayah Salem & bantar kawung.πŸ˜€

        hayuk tukeran, linknya sudah aku pasang

  35. Bagus mas, jadi inget masa lalu. mampir ke blogku mas, aku juga orang brebes.

    1. oowwh,, ada tetangga rupanya,, salam kenalπŸ˜€

Leave a Reply

