Bestfri(end) Menjadi End

Bestfri(end) menjadi end, bisa saja terjadi jika tidak mampu menghadapi segala bentuk cobaan yang menerpa persahabatan yang telah terjalin. Setiap orang pasti menghendaki adanya jalinan persahabatan. Persahabatan yang kekal, persahabatan yang harmonis, persahabatan yang abadi, apalagi jika persahabatan yang terjalin bisa menjadikan bersama-sama untuk saling menyokong agar tetap berada di jalan Tuhan. Benar-benar persahabatan yang kekal abadi dunia, akhirat.

Persahabatan adalah suatu yang sangat berharga. Bahkan tak bisa dinilai dengan harta dan benda. Saat berada jauh dari orang tua, saat berada jauh dari sanak keluarga, tentu kehadiran sahabat sungguh sangat berarti. Di pundak merekalah (para sahabat) kita bisa sedikit bersandar saat diri sedang merasa lelah. Merekalah para sahabat yang dengan rela membuka telinganya lebar-lebar untuk mendengar segala keluh kesah kita, membagi hati untuk bisa merasakan apa yang sedang kita rasakan.

This slideshow requires JavaScript.

Namun, dalam menjalani sebuah hubungan tentunya tak lepas dari segala bentuk cobaan yang menghadang. Karena kita semua adalah makhluk ciptaan Tuhan yang tentu akan diuji oleh-Nya, yang mana sekaligus sebagai ujian keimanan kita kepada-Nya.

Adakalahnya saat kita sedang dilanda masalah, dan kita butuh sahabat, di sisi lain ternyata sahabat yang kita butuhkan ternyata sedang memiliki masalah sendiri. Saat membutuhkan mereka untuk sekedar mengeluarkan keluh kesah, tapi harus menerima kenyataan bahwa mereka tidak bisa berada di samping kita. Di sinilah kadang jalinan persahabatan itu diuji. Mampukah bisa melewati ujian ini dengan saling mengerti satu sama lain.

Sahabat juga hanyalah manusia biasa. Dia bukanlah malaikat. Sahabat juga tak lepas dari salah dan hilaf. Perbedaan pandangan dan pikiran bisa saja terjadi. Di sinilah perlu adanya pendewasaan pada diri agar bisa menerima perbedaan-perbedaan yang ada, agar nuansa perbedaan itu justru akan menjadi bumbu pemanis dan akan lebih menghiasi indahnya pelangi persahabatan yang telah terbina.

Sahabat memang (selalu) dibutuhkan, namun ada kalanya mereka, sahabat-sahabat kita, juga perlu menyendiri, menyelesaikan masalah yang sekiranya tak ingin dibagi dengan sahabatnya. Pengertian dan kedewasaan sangat dibutuhkan untuk menjaga persahabatan ini. Dalam rentang masa ujian, percayalah bahwa dia masih sahabat kita, mereka pun masih menganggap kita sebagai sahabatnya. Dalam kesendiriannyapun tetap menginginkan yang terbaik untuk persahabatan kita.

Bestfri(end) menjadi end, semoga saja tak pernah terjadi dalam setiap jalinan persahabatan yang telah kita bina. Kita serahkan pada Tuhan setiap apa yang kita miliki, termasuk memiliki sahabat. Jika memang salah satu diantaranya punya salah, percaya lah pada satu hal, kita dan juga mereka sahabat kita hanyalah manusia biasa yang tak pernah luput dari salah. Namun yakinlah, dari lubuk hati yang terdalam, masih tersimpan kata maaf yang tak akan pernah habis. Semoga Allah meridhoi persahabatan kita semua. Aamiin.

Beri tahu aku kabarmu kawan,
Pada awan bila siang menjerang,
Atau pada angin malam bila gelap menyingkap,
Agar aku tenang dalam peraduan.

Tahukah kamu kawan,
Betapa hati ini sunyi tanpa kalian
Masa indah saat bersama kalian
Saat suka duka melebur dalam kehangatan
Kehangatan cinta kasih bersama kalian
Akankah hal itu kan terulang?

Dan bila masanya kan datang,
Saat jarak dan waktu menjadi benteng pemisah,
Ingatlah kawan akan kita,
Bawalah kenangan itu dalam hidup kita,
Berdo’alah, agar kita tetap bisa bersama,
Dalam bingkai kasih cinta-Nya.

77 comments

  1. Apa kabar kawanku yang ada di brebes sana?
    Semoga engkau sehat selalu
    beritahu aku jika aku banyak salah padamu

    Salam persahabatan

    1. alhamdulillah sehat mas,,,,
      semoga mas jier juga seperti itu tentunya…

      hehee,,, mas jier ga ada salah kok…:D

      salaam

  2. bener banget mas, sahabat juga manusia biasa.. dan ketika ada masalah didalam persahabatan, jangan sampai itu menjadikan persahabatan indah menjadi end.. salam persahabatan selalu dari Palembang๐Ÿ™‚

    1. betul dhe,,,
      masalah sebaiknya dijadikan bumbu penyedap persahabatan saja..

      salaamdari brebes..:D

  3. Iya,, mas.. kita harus pintar-pintar menjaga tali persahabatan yang telah terjalin,, jangan sampai putus di jalan..
    karena nanti kita pasti akan menyesalinya…

    1. betul sekali..
      hrs bisa saling mengerti dan memahami..

  4. persahabatan bagi kepompong…mengubah ulat menjadi kupu2…
    ketika kami masih di SMA jadi kepompong dan sekarang setelah menjadi kupu2…warnanya jadi lebih indah….

    1. wahh,, indah sekali tentunya ya pak…
      semoga akan terus sepertiitu

  5. Perlu usaha dan pengertian dua belah pihak agar bestfriend tak pernah menjadi end.

    1. insya Allah bang…
      permasalahan pasti selalu ada

  6. best friend forever ya mas๐Ÿ™‚

    1. harapannya seperti ibu bu..๐Ÿ˜€

  7. Semoga sahabat saat ini sedang sehat wal’afiat serta tidak kurang satu apapun.
    Saya hadir nih mas๐Ÿ™‚

    1. aamiin…
      semoga doa terbaik juga tersampaikan buat bapak..๐Ÿ˜€

  8. pas banget mas sama yg sedang sy alami sekarang, hemmm..
    semoga walaupun masih kesel tapi nanti bisa baikan lagi,heee.. kan sahabat bisa buat salah jg..
    terimakasih untuk inspirasinya

    1. hehehe,,
      iya mas,, sahabat juga manusia biasa yang tak luput dari salah…
      ya smoga saja kesalahan yg ada bisa menjadikan kita bisa menjadi lebih dewasa dalam menerima segala perbedaan yang ada

  9. persahabatan juga adalah infus bagi jiwa kita , agar tetap mampu menopang jiwa bila sedang goyah.
    persahabatan juga yg menjadikan kita manusia yg penuh empati dan kasih sayang .
    Alhamdulillah, untuk persahabatan yg telah diberikan Allah swt pd kita semua ya Ruri๐Ÿ™‚
    salam

    1. bener bun,, mereka sahabat sudah seperti keluarga yang bsa saling memberi motivasi dan mendoakan…
      Alhamdulillah,,dan semoga sja Allah memberkahi pershabatan kta semua ya bunda.. aamiin

  10. Jangan sampai Loe gue END…Nice posting mas…saya jadi inget kawan2 lama nih hiks๐Ÿ˜ฆ

    1. Ehhhhh eee SalamPLURnya ketinggalan

      SalamPLUR mas

      1. mplur juga..hehehe
        ayo cari kawan2nya mas…:D

  11. tetangga saya ada loch yg seperti itu…dulunya mereka berdua akrab banget…bahkan ada pepatah dimana ada si A, disitu pasti ada si B. Trs ngga tau apa penyebabnya tiba2 persahabatan mrk retak…..

    1. hehehe…
      semoga bisa kita ambil hikmah dari contoh tersebut ya bu…๐Ÿ˜€

  12. Lebih baik kehilangan 1000 musuh daripada kehilangan 1 sahabat. *…:D …*
    Semoga persahabat di blog meski masih maya tetap langgeng, ya.

    1. aamiin,,,
      semoga seperti itu bu,,dan Allah memberkahi

  13. Sahabat sejati takkan luntur meski dimakan waktu dan dipisahkan dalam jarak dan keadaan…………..
    Akupun punya dua sahabat yang sudah terasa sebagai saudara yang sekarang entah dimana. Tapi mereka tetap sahabatku sampai kapanpun.

    Salam,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/09/26/info-it-google-sedang-membuat-kartu-sim/

    1. betul,,, sahabat sudah seperti keluarga sendiri

  14. Setiap hubungan sosial, pasti muncul masalah tanpa ato kita sadari, karena dengan itu akan mendewasakan sebuah jalinan. Namun
    persahabatan yang terlahir dari hati, Insya ALloh bisa jauh lebih baik dan sulit untuk menjadikan sebuah akhir.
    Betapa banyak kita lihat orang lain menjadi saudara dan saudara menjadi orang lain, ini semata karena mereka tidak berbicara dari hati nurani

    1. betul sekali pak..
      paparan yang sangat indah untuk saya renungkan pak..
      bahwa benar, jika sesuatu itu dari hati karena Allah swt, pasti hasilnya bagus

  15. wah, yang gawat itu kalau dulunya best friend trus berseteru, biasanya malah bisa jadi musuh bebuyutan, kan mereka jadi tahu rahasia masing masing, jadi berkelahinya menjadi seru๐Ÿ™‚

    1. iya tuh mas… malah pada saling menjatuhkan jadinya

  16. saya memutuskan mengakhiri sebuah prsahabatan ketika sang sahabat terpengaruh oleh pasangannya dan menjauhi saya
    ketika sahabat saya ini mencoba mendekati sy lagi saya senang sekali tapi ternyata itu cuma buat kepentingan bisnis
    saya dapat mengambil pelajaran dari kejadian ini dan memilih untuk menjauh saja daripada berpura-pura

    1. saya jg mengalami mba, akibat pasangannya itu yg ga mau bershabat dengan saya, jadinya yg dulunya bestfriend malah ikutan jadi ga tau kabarnya sama skali mpe skarang.

      Wah, lebih baik ya seperti itu, karena akanterasa sakit kalau ternyata hanya sebatas kepura-puraan…
      persahabatan itu harus tulus

  17. biasanya kalo bestfriend (plus bumbu roman) yang ditengarai bakal berantakan jika berpisah…

    1. pengalaman ya bu…hihihiih

  18. sekedar share kata mutiara :
    Manusia yang paling lemah adalah orang yang tidak mampu mencari teman. Namun yang lebih lemah dari itu adalah orang yang mendapatkan banyak teman tetapi menyia-nyiakannya. (Ali bin Abi Thalib)

    1. saya ambil pak kalimat ajaib itu untuk diterapkan…๐Ÿ˜€
      trimakasih๐Ÿ™‚

  19. wah saya pernah ngalamin yg kayak gini,..akrab bgt trus buyar deh..
    semoga tidak terjadi padamu dan konco2 ya๐Ÿ™‚

    1. aamiin bu,,,, trimakasih doanya

  20. Yg sedih lagi, bila kedua bestfriend yg lagi end itu, masing2 pernah & masih dekat dengan kita…..๐Ÿ˜ฆ

    1. betul skali itu mba,,jadi dilema buat kita jadinya..๐Ÿ˜€

  21. Sahabat sejati tidak pernah mati๐Ÿ˜†

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. sampai akhirat nanti ya pak…๐Ÿ˜€

  22. jadi keinget sahabatku yang sudah mencar dan sibuk dengan urusannya masing2๐Ÿ˜ฆ

    1. saatnya mengumpulkan kembali mas…๐Ÿ˜€

  23. Persahabatan yang harus berakhir karena persoalan cewek merupakan suatu hal yang amat memalukan dan memilukan.

    1. huwaaah,,,amit2 kalau mpe gara2 cewe jdi musuhan pak..๐Ÿ˜€

  24. jadi kangen
    sahabat-sahabatku
    waktu SMP …:(

    1. skarang dimana mereka semuanya?

  25. Hmmm…tapi kalo masing2 udah mereda marahnya, kadang bisa sih Mab temenan lagi *pengalaman pribadi* he he

    1. hehehe,, iya bun… marah ya kalau memang lagi marah harus dikularin,,,๐Ÿ˜€

  26. Seorang sahabat dekat, tiap kali menelpon, selalu bertanya padaku:
    “Berapa gajimu? Kenapa kamu masih bekerja? Apa gaji suamimu tak cukup?”
    Bagaimana menurut Mabruri aku menyikapi teman yang begini. Haruskan ku “end” kan? *curcol*

    1. huwaaahaha…
      kalau harue meng-end sih sebaiknya jangan. Lebih baik didiemin aja bu, atau kalau bisa ya dinasehati langsung. Saya yakin kalau yang namanya benar2 sahabat pasti mau menerima nasehat darisahabatnya yg lain.
      seharusnya dalam bersahabat jg tetep ada batasannya, misalnya ya jangan sampai ikut campur dalam urusan privasi masing2, seperti halnya urusan dompet & dapur juga. Masing2 harusnya sudah mengerti itu.๐Ÿ˜€

  27. itulah suka duka persahabatan, tinggal bagaimana kita menyikapinya…

    1. betul sekali bu,, yg pentingbisa menyikapinya..:D

  28. Jangan sampai sahabat berkhianat ya.๐Ÿ™‚

    1. aduh beraaat lah klo mpe berkhianat mah..๐Ÿ˜€

  29. sayyidahali · · Reply

    btw, Mabruri nya yang mana?

    1. yang ini bu…๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  30. Biasanya saat sahabat berbuat salah, maka kita akan sangat merasa terluka, karena dia sangat berarti bagi kita.
    Namun semoga persahabatannya takkan jadi end ya…๐Ÿ™‚

    1. smoga hanya menjadi bumbu penyedap buat jalinan persahabatan saja…

      aamiin kak…

  31. Sahabat yang sebenar benarnya adalah slalu ada dikala susah maupun senang ๐Ÿ™‚

    1. betul mas,,,, merekalah sahabat2 kita

  32. loe gue.. end! hehee

    1. heheh,, jangan sampai…

  33. Saleum
    good post wahai sahabatku,๐Ÿ™‚
    mudah2an diri ini selalu bisa menjadi sahabatmu bang
    saleum dmilano

    1. salaam
      aamiin, smoga kita tetep bersahabat bang…
      salaam

  34. semoga persahabatan itu terjalin selamanya amin

    1. aamiin bu.. semoga seperti itu

  35. aduh aduh jangan sampai banget sahabat sejati tiba tiba berakhir. sahabat mah tempat paling enak lah ya untuk berbagi, curhat, banyak banget. biasanya ama sahabat mah gak kan malu-malu lagi gitu๐Ÿ˜€

    1. bener mas,, apalagi kalau merasakan jadi perantauan,… sahabat itulah seperti keluarga sendiri

  36. idaffiliate · · Reply

    mncr tmen gmpng,tp klo shbt susah kang.jd klo udh manteb ma shbt jgn smpe END.sedih euy

    1. jangan sampailah harus End sama sahabat

  37. bener gan
    dulu kata temen saya pertemanan itu layaknya “Free-End-Ship”
    permainan kata dari “Friendship”
    maksudnya persahabatan tuh layaknya kapal yang tak henti berarung di samudera

  38. Teman seribu itu kurang, sedangkan musuh satu itu terlalu banyak…makanya sebisa mungkin mencari banyak teman dan menghindari permusuhan๐Ÿ™‚

    1. pasti harapannya selalu seperti itu pak..๐Ÿ˜€

  39. sayang banget klo persahabatan harus berakhir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: