Indahnya Berbagi, Indahnya Dunia Pendidikan

Indahnya Berbagi, Indahnya dunia pendidikan. Itulah salah satu tujuan dari program “Indahnya Berbagi” yang sedang akan kami jalankan seperti yang telah ditulis sebelumnya. Dunia pendidikan itu sangat penting bagi kita semua. Pemerintah telah berupaya dengan segala macam cara agar anak-anak di negeri ini bisa menikmati indahnya dunia pendidikan. Anggaran untuk dunia pendidikan dan bermacam-macam bantuan untuk pendidikan terus digodok agar pendidikan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Namun pada kenyataannya, masih saja ada masyarakat yang belum merasakan menikmati indahnya dunia pendidikan.

Entahlah, apa sebenarnya yang menjadi pokok permasalahan. Bantuan pendidikan dari pemerintah selalu ada. Tapi di sana-sini masih saja dijumpai anak-anak yang tidak berada di bangku sekolah pada saat jam-jam sekolah.

Seperti yang dijumpai oleh sahabat saya yang kebetulan juga ikut dalam program indahnya berbagi ini. Dia menjumpai beberapa anak di Bumiayu yang seharusnya bisa merasakan indahnya berada dalam dunia pendidikan, namun harus menerima kenyataan kalau itu hanya sebatas angan-angan saja. Permasalah perekonomian keluargalah yang menjadi faktor utama dia tidak bisa melanjutkan sekolahnya.

Setelah menemui orang tuanya dan menanyakan sebab kenapa anaknya tidak sekolah, memang jawabannya tidak lain karena faktor ekonomi. Biaya sekolah yang menurutnya begit mahal itulah yang menyebabkan dirinya terpaksa harus mengorbankan anaknya tidak bersekolah.

Setelah dicari keterangan lebih lanjut, diperoleh keterangan bahwa sebenarnya kalau hanya biaya bulanannya saja sih mungkin bisa. Tapi biaya saat awal masuk sekolah itulah yang dirasa berat sehingga dengan sangat terpaksa tidak mendaftarkan anaknya ke bangku sekolah.

Memang benar juga sih kalau dipikir-pikir. Tahun ajaran baru, awal sekolah memang perlu biaya yang tidak sedikit. Bantuan dari pemerintah memang tidak mengalokasikan untuk hal tersebut.

Dari kejadian di atas, maka timbul rasa keinginan kami untuk bisa mencarikan jalan agar anak-anak tersebut tetap bisa menikmati dunia pendidikan. Sahabat saya tersebut kemudian melobi beberapa sekolah untuk bisa menerimanya sebagai siswa, meskipun tahun ajaran baru sudah lewat beberapa bulan. Dan Alhamdulillah, atas izin Allah usaha tersebut menuai hasil, karena sudah ada sekolah yang mau menerimanya. Tapi dengan syarat siswa tersebut harus sudah masuk ke sekolah sebelum batas waktu ujian mid semester awal berlangsung. Saat ini anak tersebut memang belum didaftarkan, namun sedang diusahakan dalam jangka waktu yang tinggal beberapa minggu menjelang ujian mid semester, anak tersebut sudah bida terdaftar sebagai siswa di sekolah itu.

Mudah-mudahan dari program Indahnya Berbagi serta bantuan do’a dan suport dari semuanya, bisa sedikit memberikan jalan kemudahan bagi dunia pendidikan anak-anak tersebut. Namun kami sampaikan kepada orang tuanya, bahwa setelah ini, selanjutnya tetap menjadi tanggung jawab orang tua masing-masing. Sebab seperti tujuan awal kami, bahwa program ini akan bergulir untuk masyarakat di wilayah Brebes Selatan, bukan hanya untuk satu/beberapa orang saja.

Meskipun program indahnya berbagi ini efektif berjalan bulan Depan (Oktober) namun karena rekening sudah jadi dan beberapa sahabat juga sudah siap, jadi rekening indahnya berbagi juga sudah bisa dibuka dari sekarang. Dengan penuh harap kepada Allah SWT, mudah-mudahan program ini berjalan dengan lancar dan bisa berkembang. Sehingga diharapkan, nanti apa yang kita berikan itu bukan hanya berupa “ikan”nya saja, tapi semoga bisa memberikan “kail” untuk mereka. Aamiin.

 REKENING INDAHNYA BERBAGI:

BRI a/n ROHAYAH IKA NUR ISNAENI

No. Rek: 0190-01-000038-52-5

Lebih lanjut tentang program Indahnya Berbagi, ada di halaman ini.

80 comments

  1. wah program yang bagus sekali mas, semoga berhasil menggalang dana untuk kelanjutan pendidikan anak anak yang membutuhkan, sehingga benar benar nyata terwujud pendidikan yang merata bagi semua rakyat indonesia🙂

    1. aamiin,,, makaih mam, smoga semuanya lancar, rizki kita juga lancar ,dan Allah memberkahi…

  2. Mab.. kalo bisa dilengkapi dengan data penunjang sang pengelola dana akan lebih baik.. untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan

    good luck..

    1. iya bu,, trimakasih sarannya,,,
      saran2 seperti ini yang sedang kami butuhkan..
      alhamdulillah ini msh di draft susunan pengurusnya, dan sudah ada sebagian di tulis tersendiri di halaman Indahnya Berbagi…

      makasih bu

  3. Suksess buat programnya mas…niat baik pasti ada jalan

    SalamPLUR

    1. aamiin… makasih mas doanya…

      salaam

  4. Semangat mas!!!

    1. insya Allah mba……….😀

  5. semoga banyak yang ikut berbagi

    1. aamiin,,, semoga saja bu…
      makasih doanya

  6. Saleum,
    gebrakan yang sangat bagus, sekalian beramal….🙂
    dengan doa saya sangat mendukung bang.
    saleum dmilano

    1. aamiin…
      terimakasih bang…
      doa abang semangat buat kami di sini…

      salaam

  7. assalamu alaikum wr. wb..
    ada orang tak ?..🙂
    ana perhatikan, yang empunya blog dtng bertamu kerumah ana🙂
    kalau gitu ana sj yng dtng kerumah antum yach 🙂

    berbagi memang sangt indah, dpt menenangkan hati, terutama jika bantuan kita bermanfaat buat orang lain

    salam persaudaraan🙂

    1. ‘alaikumusalam wr wb…

      alhamdulillah ada,, silakan masuk ukh…😀

      alhamdulillah jika kita bisa brmanfaat untuk orang lain…
      salaam persaudaraan juga..🙂

  8. Luar biasa. Semoga keterlibatan Mas Mabruri di acara ini sukses ya.🙂

    Ijinkan saya ikut membantu.🙂

    1. aamiin,,,
      makasih mas doa dan suportnya, smoga menjadi motivasi buat kami..

      ooh dengan senang hati mas, silakan saja kalau hendak berpastifipasi,
      nmun bila sdh berpartisipasi, dimohon untuk konfirmasinya, bisa lewat saya untuk mempermudah pendataan buat kami..
      semoga Allah memberkahi,,,

  9. itu namanya memberikan kemanfaatan untuk orang-orang di sekitarnya. Semoga ini menjadi teladan bagi sahabat lainnya untuk saling berbagi dan peduli terhadap lingkungan. Semoga sayapun dimudahkan untuk melakukannya

    1. aamiin,,,,,
      alhamdulillah pak ies bila nantinya memang bisa memberikan manfaat untuk orang lain.
      aamiin,, semoga kita semua bisa sedikit berbagi dengan orang2 sekitar yang membutuhkan..

  10. InVinciBle TeTik · · Reply

    Salam
    Maaf baru berkunjung >_<

    programnya mantab, semoga sukses dan menjadi teladan bagi yang lain..

    1. salaam.

      hehhe,, ga kenapa2,,
      alhamdulillah,,,, aamiin…
      trimakasih doa dan suportnya mba…😀

  11. amin..kudoakan sukses acaranya dan menjadi ladang ibadah buat yg menjalankannya..
    sampe daerah mana nih mas proyeknya???

    1. aamiin yaa Rabb..
      makasih bu doa dan suportnya..
      untuk sementara untuk wilayah kami sendiri bu, wilayah brebes selatan…

      semoga nanti bisa meluas..😀

  12. Wah, di ujung sana kayaknya giat dan gencar untuk tetap nerusin programnya ya?

    1. alhamdulillah,, yang penting ada niat tulus buat saling berbagi pak

  13. aamiin, semoga anak2 ajaib itu bisa segera mendapatkan masa2 indah dibangku sekolah mas, dan bisa menjadi jembatan untuk membuat hidup mereka menjadi lebih baik.. sukses terus mas brur..🙂

    1. aamiin,,,
      harapan kita semua tentunya seperti itu, smoga pendidikan di tanah air kita bisa dirasakan oleh semuanya…

      trimakasih dhe doa dansuportnya..

  14. tapi disaat pemerintah berteriak sekolah gratis, mana buktinya? terus bantuan emang ada tapi ga sampai bawah, buktinya masih ada tuch iuran ini iuran itu…….. jada yg perlu diperhatikan sekarang adalah hapus korupsi dari bumi pertiwi ini….

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. KKN ini biang keroknya ya mas…

      salaam😀

  15. Menurut saya tindakan ini jauh lbh nyata dan mulia dibanding teriakan “ayo berantas korupsi”. Maju terus mas mab, bnt support dl ya. . . Hehe

    1. heheh,,,
      semoga saja begitu mba… lebih baik banyak bertindak daripada banyak ngomongnya..😀
      makasih mba…😀

  16. Ternyata pelik juga ya masalah pendidikan di negara kita ini. Namun sebenarnya bisa ditelusuri permasalahannya seperti yang Mab dan kawan-kawan jalankan.
    Semoga semakin banyak yang ikutan membantu ya…🙂

    1. seperti itulah kak adanya…

      aamiin,, makasih kak doa dan suportnya…😀

  17. program yang bagus sekali mas ruri.. semoga semua anak di indonesia bisa merasakan pendidikan yang semestinya..gimana mau membangun indonesia kalau sekolahpun tidak..

    1. nah itu kang…
      semoga anak2, generasi penerus bangsa bisa menjadikan bangsa ini menjadi maju nantinya

  18. selamat dan sukses ya Mas..
    berbagi memang indah..

    1. trimakasih mas…
      mohon doa dan suportnya..😀

  19. smoga programnya berjalan dan semakin berkembang…kasihan juga kalo lihat anak2 yg putus sekolah…smoga dgn adanya program ini anak2 tsb bisa melanjutkan sekolahnya yg terputus…..

    1. aamiin bu…
      mohon doa dan suportnya. semoga program ini bisa lancar dan berkembang

  20. Mudah2an program ini cepat menular ke daerah lain, termasuk daerah kami. Amin.
    Makasih kunjungannya di http://gunawank.wordpress.com/2011/09/28/jembatan-roboh-yang-nyaris-merobohkan-jembatan/

    1. aamiin….
      semoga saja mas, makin banyak yang peduli kepada sesama

  21. Sekolah gratis masih menjadi mimpi bagi republik ini ….

    1. mudah2an suatu saat nanti bukan hanya mimpi pak…😀

  22. pendidikan itu penting tapi tak harus dengan sekolah, pendidik yang begitu indah adalah dari orang tua itu sendiri,
    salam kenal gan saya aziz dari ponorogo kota reyog tepatnya ponorogo selatan, dan izinkan saya masuk blog anda untuk saling sharing ya?

    1. tapi kenyataannya di negeri ini, kurang afdhol bila tak ada selembar ijazah sebagai bukti kependidikan kita.. itulah kurangnya pendidikan di negeri ini..

      salam kenal juga…. dengan senang hati mas..😀

  23. miris sangat melihat dunia pendidikan di indonesia…semoga berjalan lancar,,amin

    1. aamiin..
      makasih doa dan suportnya ya…😀

  24. SD dan SMP yg statusnya negri sudah banyak yg gratis.
    tetapi berbeda dengan skolah swasta ada yg masih mengandalkan bantuan dari pihak2 tertentu dan juga bayaran dari wali murid.

    Pendidikan memang amatlah penting demi kemajuan peradaban bangsa.

    1. iya,, yang swasta itu… yg negeri pun saya rasa msh ada pungutan2, buku2 segalanya sih…

  25. selamat ya Ruri,
    Semoga Allah swt memudahkan pekerjaan yg baik ini, dan semakin banyak yg menjadi donatur.
    maaf ya Ruri,
    kalau bunda boleh saran, di halaman khusus ”indahnya berbagi” ditampilkan profil para pengurus dan data penunjang lainnya .
    ini hanya sekedar saran saja.
    izinkan bunda membantu ya ,Ruri.
    salam

    1. aamiin ya Rabb..
      kami benar2 terharu dan bersyukur atas apresiasi dari bunda…
      semoga Allah memberkahi kita semua ya bunda…

      Kritik dan saran dari bunda akan sangat2 kami harapkan untuk kebaikan selanjutnya..
      makasih ya bun..
      salaam

  26. orang orang berpendidikan adalah masa depan bangsa😀

    1. masa depan bangsa ada pada kita dan generasi mudanya

  27. dulu anggaran pendidikan cuma 2% dari apbn, tapi sekolah tidak sesulit sekarang (anggaran pendidikan) yang mendapat 20% dari apbn karena mahal dan mahal. Kemana aja yah larinya dana2 tersebut yah??

    1. hihihi,,,
      saya jga nda tau kemana larinya pak??😀
      smoga saja 20% dari APBN bisa tersalurkan sebenar2nya…😀

  28. pendidikan itu penting dan wajib bagi anak indonesia..
    untuk kemakmuran dan kesejahteraan negara ini..
    wajib belajar minimal 9 tahun..:)

    1. rencananya malah akan jadi 12 tahun wajib belajarnya..😀

  29. assalamualaikum om, saya balik lagiiiiii~~~^^
    aku juga suka dunia pendidikan (maksudnya ilmunya) ehehe xD *ini apasih kok aku ngomong gapenting bgt*

    1. ‘alaikumussalam…
      oya, silakan…
      hehe,,, pendidikn memang begitu indah ya..😀

  30. Sedih memang, Mas Brur kalo liat anak-anak ini hiks…
    Apalagi anak-anak di perbatasan😦

    1. iya buu…
      semoga selalu ada senyum bahagia di hati mereka

  31. kalo saya jadi presiden saya akan memajukan dunia pendidikan di indonesia
    dukung saya jadi presiden

    1. semoga saja mas…😀

  32. 4 jempol buatmu Mab…semoga lancar dan dipermudah upayanya.

    1. aamiin ya Rabb..
      trimakasih bun, mohon doa dan suportnya bun,,,😀

  33. Indahnya Berbagi🙂
    Apalagi untuk Pendidikan ..
    Saya juga ingin ikut serta berbagi …

    Mohon doanya yaa😀

    1. aamiin…
      semoga dipermudah jalan rizkinya pak..😀

  34. Semoga Allah memudahkan perkara, melancarkan urusan untuk tujuan yang mulia ini. Amin, Ya Rabb.

    1. aamiin yaa Rabb…
      makash ya bi doanya…. semoga menjadi penyemangat buat kami bi…

  35. Assalaamu’alaykum..
    ‘afwan akhiy ada batasan ga ngirim berapa?
    Harus konfirmasi tidak?

    Btw mau kasih tau link sahabat nya agak kurang rapih posisi gravatar dan judul link-nya, (kali2 mau benerin)..

    1. ‘Alaikumussalam wr wb
      iya ukh,, itu di halaman Indahnya berbagi sudah ada penjelasannya,,,
      kalau mau berpartisipasi, baiknya konfirmasi dulu bisa lewat saya, biar pencatatan di kami bisa jelas.
      Kami menyepakati besaran donasi minimal 20rb. Dan misalnya telah mentransfer juga konfirmasi lagi ke kami.
      Kalau ga ada konfirmasi, ntar kami ragu mau make dana yang datang entah dari siapa, karena ga tau itu dana dari siapanya..😀
      begitu ukh….

      Oya, makasih sarannya.. ntar deh tek rapiin…😀

  36. SubhanAllah,,semoga upaya baik ini diberkahi dan dimudahkan oleh Allah..
    Salut buat mas Ruri dkk,,🙂

    1. aamiin ya Rabb…

      mohon doa dan suportnya aja mas.. semoga benar2 tercapai tujuannya..😀
      terimakasih

  37. “Bantuan pendidikan dari pemerintah selalu ada. Tapi di sana-sini masih saja dijumpai anak-anak yang tidak berada di bangku sekolah pada saat jam-jam sekolah”
    iya juga ya..baru ngeh saya :-b

    semoga sukses programnya, amin

    1. hehehe,,,,
      di tempat mas mungkin pendidikan sudah merata bagus kali, jdi ga menjumpai yang seperti aku tulis..😀

      aamiin.. mohon doa dan suportnya mas…😀

  38. semoga d lancarkan semuanya .
    salam kenal🙂

  39. citromduro · · Reply

    Semoga rencana dapat berjalan dengan lancar dan mendapat ridho Allah SWT

    salam dari pamekasan madura

  40. muslih education🙂 (pendidikan menuju kearah yang lebih baik) sukses buat programnya ya mas…

    1. aamiin,,,
      makasih mas doanya

  41. […] yang telah saya ceritakan sebelumnya, bahwa kedua anak tersebut punya keinginan yang sangat kuat dalam belajar dan bersekolah. Namun […]

  42. […] yang telah saya ceritakan sebelumnya, bahwa kedua anak tersebut punya keinginan yang sangat kuat dalam belajar dan bersekolah. Namun […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: