Bagaimana KUA Di Tempat Anda?

GambarAdanya polemik yang terjadi di tubuh Kantor Urusan Agama (KUA) yang mencuat kemarin, akhirnya menurut beberapa sumber, KUA se Jawa & Madura terhitung mulai 1 Januari 2014 telah sepakat untuk tidak menikahkan calon pengantin di luar KUA maupun di luar jam kerja.

Ternyata memang benar adanya. Hal ini terjadi setidaknya di KUA wilayah Kecamatan Sirampog dan KUA Kec. Bumiayu. Mereka telah sepakat untuk tidak menikahkan calon pengantin di luar KUA maupun di luar jam kerja. Jadi, banyak para calon pengantin yang harus kecewa, namun apa boleh buat, demi kenyamanan bersama, mau tidak mau harus nurut sama aturan. Seperti yang terlihat di KUA Kecamatan Sirampog kemarin ini, banyak para catin (calon pengantin) yang datang ke KUA untuk melangsungkan akad nikah.

Bagaimana dengan KUA Kecamatan Bumiayu? Tidak jauh beda dengan KUA Sirampog. Namun terakhir informasi yang dapat saya peroleh, bahwa peraturan yang menyatakan bahwa tidak akan menikahkan catin di luar KUA dan di luar jam kerja, itupun masih sementara. Karena dari pusat (Kemenag) masih terus menggodok rancangan undang-undanga yang mengatur dengan jelas dan tegas mengenai prosedur pernikahan, yang diantaranya adalah pembahasan mengenai masalah “pernikahan di luar KUA dan di luar jam kerja”. Jadi, bagi para catin-catin nantinya, masih bisa sedikit ada kabar gembira, suatu saat nanti masih bisa melangsungkan akad nikah sesuai dengan tempat yang telah dicita-citakan. Berdoa saja agar rumusan undang-undang yang mengatur tentang pernikahan yang sedang di bahas, nantinya dapat menghasilkan keputusan yang dapat menguntungkan semua belah pihak.

4 comments

  1. Aduh KUA ditempatku dimana ya🙂

  2. Baru tahu kalo di Sirampog begitu. mungkin di sini juga sama. sumbangan sohibul khajat dimasukkan ke gratifikasi ya.

  3. Gara-gara kasus gratifikasi ya?

    Gak bisa ijab di rumah dong ya..

  4. alhamdulillah tahun 2011 ketika saya menikah belum ada aturan seperti itu mas. Semoga acaranya lancar ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: