Sepotong Episode

sebuah kisah masa lalu hadir di benakku

saat kulihat surau itu

menyibak lembaran masa yang indah

bersama sahabatku

Alunan merdu dengan petikan gitar ini, sayup2 terdengar merdu di telinga ini. Seolah membawaku larut dalam suasana untuk mengenang kembali sebuah episode perjalanan hidup ini. “Sepotong Episode (masa lalu)” dari Edcoustic membawaku kembali untuk bernostalgia ke masa2 itu. Ada apa dengan episode masa lalumu Brur?? Ga ada apa2, biasa aja. hehehe…

Hanya saja, mungkin karena melihat tingkah laku anak2 yang tiap ba’da maghrib berkumpul di surau (musholla) itu lah yang membuat saya merasa kembali kepada episode dimana saya pun dulu pernah seperti itu. Sebuah kisah saat saya seusia dengan mereka. Bercanda tertawa bersama teman-teman dalam mencari kebenaran cahaya. Dan sungguh, saya merindukan suasana itu.

sepotong episode masa lalu aku

episode sejarah yang membuatku kini

merasakan bahagia dalam diin-Mu

merubah arahan langkah di hidupku

Episode masa lalu, catatan detik demi detik jejak perjalanan saya, tapak demi tapak langkah perjalanan kita di dunia ini. Mungkin sebagian besar dari kita pernah merasakan suasana seperti itu. Di kala senja, ramai2 berbondong, berlari-lari menuju ke madrasah ataupun ke surau untuk belajar tentang alif yang tegak lurus, ataupun ba, ta, tsa yang seperti wajan yang bertitik, atau lam yang seperti gagang payung. Aahh,, indahnya masa itu.

Berkali-kali, berulang-ulang bahkan sampai jenuh ketika masih saja salah mengucapkan mana yang “sa, sya, tsa, & za”. Detik ini benar mengucap “sa”, terkadang beberapa menit kemudian ucapan itu berubah menjadi “sya” atau bahkan ke “za”.

Masihkah ingat ketika belajar mengeja bersama, dibimbing oleh ustadz yang begitu sabarnya. Alif fathah A, alif kasroh I, ALif dhomah U, A I U… weww,, indah toh masa2 itu?? Dan adakah rindu di hati pada masa2 itu?

Yaa, seperti itulah, terus dan terus tapi tak pernah putus asa. Hari ini salah, besok masih tetap terus belajar.

setiap sudut surau itu menyimpan kisah

kadang kurindu cerita yang

tak pernah hilang kenangan

bersama mencari cahaya-Mu

Setiap sudut itu, seolah menjadi cerminan buat saya. Seakan merasakan itulah gambaran diri saya kala itu. Ketika ramai bercanda sendiri bersama teman-teman, tentunya mendapat teguran dari sang ustadz, dan seketika itu pula kami terdiam memperhatikan. Namun selang beberapa menit, kembali bercanda sendiri lagi, seperti itu dan seperti itu lagi. Aah,,, memang lah seperti itu anak-anak. Dari situ, sayapun belajar untuk memakluminya.

Subhanallah, di surau kecil ini, telah saya temukan kembali bagian episode perjalanan ini. Di surau ini semoga tercipta generasi2 yang mencintai din-Mu. Di surau ini, bersama kami melangkah untuk mencari cahaya-Mu…..

 

Ngaji ke surau

*Sepotong Episode (masa lalu) – Edcoustic

*Sumber gambar dari sini..

8 comments

  1. hihi.. aku juga kangen masa itu mas… abis ngaji biasanya mancing😀

    mas mabruri, kuundang sampean untuk ikut kontesku diblog ya…😀
    salam

  2. lagi nostalgia masa lalu ya mas.
    masa indah sama teman memang selalu dirindukan

  3. kalau tempat ngajiku jaman dulu tuh didepan rumah, jadi gak pernah berangkat sama2 sama teman🙂

  4. Tina Latief · · Reply

    saya kangen mas shalat berjamaah di masjid di desa dulu..
    saya udah lama ngga ke sana..

  5. Dan ketika kita beranjak dewasa, masa kanak2 itu terlalu indah… siapa sih yang ngga mau kembali lagi lagi ke masa itu, sayangnya waktu terus berjalan

  6. Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

  7. Bagian dari episode pembentuk masa kini yang berakar ke masa lalu pembentukan jati diri. Salam

  8. Assalamu’alaykum
    sama akh, ana juga sangat suka lagu edc tsb.
    jadi ingat ustadz ngaji semasa kecil dulu yang sering njewer kalo kabur ngaji gara-gara main benteng ama temen-temen.. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: