Hip Hop Gurindam 12

Dengan bapa jangan durhaka,
supaya Allah tidak murka.
Dengan ibu hendaklah hormat,
supaya badan dapat selamat.
Cahari olehmu akan sahabat,
yang boleh dijadikan obat.
Cahari olehmu akan kawan,
pilih segala orang yang setia kawan.
*Gurindam Raja Ali Haji

Apa kabarnya Gurindam? Apakah sahabat masih terus belajar bergurindam ria setelah perhelatan Gurindam Muharram dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah yang diadakan oleh Ibu Yunda & Ibu Thia?? :D

Belajar membuat gurindam, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kelihatannya memang gampang, tapi saat mau membuatnya, kok ya tetap saja kebingungan. Tapi bila mau terus berusaha, pasti bisa.

Gurindam yang terkenal adalah Gurindam 12 merupakan puisi, hasil karya Raja Ali Haji. Generasi sekarang (termasuk saya sendiri) mungkin kurang mengenal Gurindam 12.  Sebuah karya yang luar biasa, baik dari segi seni dan maknanya, hendaknya kita lestarikan adanya. Namun apalah daya, yang terjadi sekarang ini, kebanyakan dari kita malah cenderung melupakannya.

Bagaimana cara melestarikannya, agar budaya-budaya yang dibilang lama itu tetap bisa berkembang seiring perkembangan zaman?

Mungkin dengan memadukan dua unsur yang berbeda, dalam hal ini adalah budaya tradisional dan budaya modern, bisa menjadi salah satu jalan keluarnya agar tetap bisa menjaga kelestarian budaya tradisional, namun tetap menjaga nilai dan makna yang terkandung dalam budaya tradisional tersebut. Atau kalau bahasa kerennya adalah akulturasi budaya :D

Seperti yang dilakukan oleh grup Hip hop Jogja Foundation pada video berikut ini. Gurindam 12 karya Raja Ali Haji, dibawakan sesuai dengan kemampuan mereka yaitu dengan nuansa Hip Hop. Kita saksikan langsung saja Hip Hop Gurindam 12.

Bagaimana sahabat? Keren bukan? Mudah-mudahan dengan begitu, makin bisa menumbuhkan rasa kecintaan pada kekayaan budaya bangsa, khususnya gurindam, sehingga tetap lestari dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang terus berubah.

About these ads

67 comments

  1. wih bisa dicoba ini bang mab..

  2. keren dan penuh makna….. :-)

    1. hehhe,,,, jadi makin cinta sama gurindam.. :D

  3. Baha Andes · · Reply

    Keren juga ya gurindam-Hip hop asik juga ya…. :-bd

    1. hehehe,, iya mas,, bisa buat goyang jempol.. :D

  4. ada hip hop nya juga ternyata

    1. hhehe,, iyaa,, kolaborasi itu. :D

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb..

    Saya lebih senang mendengar gurindam dinyanyikan dalam nada asli kerana punya ketenangan dan keelokan gaya penyampaiannya.

    Walaupun zaman berubah namun muzik hip hop bagi saya tidak sesuai digabungkan dengan irama tradisional yang mempunyai nilai estetika tersendiri yang amak unik.

    Serasa mudah benar kita ,menerima budaya barat kepada budaya indah dan halusnya masyarakat Timur kita.

    Salam sejahtera.

    1. ‘alaikumussalam wr wb bunda…
      hehehe,, iya bun,, setiap orang pasti punya selera masing-masing, terlebih bila dihadapkan pada generasi skarang ini. pasti cenderung lebih memilih pada yang lagi ngetren :D

      Yang penting nilai dan maknanya tidaklah berubah kan bunda? :D
      Iya, di sini kita perlu berhati-hati dalam memfilter budaya barat, agar tidak berpengaruh buruk pada budaya ketimuran kita.

  6. masih bingung buat gurindam :)

    1. heheheh,, mnikmati aja ya bu.. :D

  7. Keren mas, ru v dengar ne :) Moga kebudayaan kita tetap terjaga.
    Btw Gurindam sama seperti syair2 lagu yang berisi nasehat bukan bg?

    1. hheh,, iya semoga makin banyak yang cinta sama budaya asli kita.
      ya mungkin sperti itulah, karena memang isinya berupa nasehat2. :D

  8. hip hop jogja vondation emang keren yaa mas brur.. dhe juga baru ini lho tau gurindam 12, hehe.. yuk ah, bikin gurindam lagi.. atau jangan2, masbrur mo ngadain GA tentang gurindam yaa?? hahahha :P

    1. iya dhee, saya suka banget sama jogjahiphop ini.. :D

      hahahaa,,, nggak dhe, kalau saya nanti bukan bikin gurindamm, tapi parikan. :D

  9. Mari lestarikan budaya bangsa dengan wujud bukan sekedar wacana, membuat gurindam juga langkah awal ya kang…saya belajar membuatnya dulu

    1. mari bli.. jika stiap daerah pemuda2anya cinta akan budaya sndiri, pasti akan tetap terjaga kelestariannya

  10. Mas Mab, maapkan emak Double Zee bau bisa mampir dimari lagi. Hiks hiks 2 minggu kemaren anak2 sakit, makanya si Emak boro2 mo nyolokin modem, mo kentut ajah rasanya susah hihihi lebay ah ekye!

    Gw terakhir kalo bikin gurindam waktu jaman sekolah. PAs Jeng Tia & Mba Keke bikin perhelatan Gurindam gw ga ikutan, hiatus dulu setelah beojolan :-)

    Sun sayang untuk Uncle Mabruri dari Zahia & Zafira yang lucu dan menggemaskan seperti Bundanya *hueeekkss*

    1. hahahaha,,,,,,, makasiih buu,, sekalinya datang sumpaah bikin saya senyum berseri2,, brarti kedatangannya membawa berkah lho bu,,, hiahaha

      ehehe, ya skarang coba bikin gurindam, belajar sama zahia & zafira.. :D

      hahaha,, kalau Zahia & zafira sih emang menggemaskan, tpi kalau ibunya… hmmm…. gimana yah? hahaaha

  11. Yunda Hamasah · · Reply

    Gurindam memang elok ya brur:-) Warisan budaya melayu yang nyaris terlupakan. Ternyata kesanmu mendalam pada perhelatan kami, trims ya, secara juara juga :-)

    Hip hop baru tahu ini, hehee… Emak kuper :-)

    1. hehehe,, iya bu, terimakasi,,,
      sampai skarang masih suka juga mmpelajari gurindam, meskipun masih terlalu sulit untuk mmbuatnya.. hhehe

  12. Saleum,
    Sudah tugas kita sebenarnya untuk mempelajari gurindam itu sama hal nya dengan mempelajari tari2an daerah ya bang. Walaupun belum sempat liat videonya karena faktor koneksi, tapi aku yakin mereka secara tidak langsung sudah memunculkan kembali gurindam itu agar kita lebih mengenalnya kembali.

    1. iyaa benar sekali bang. kemajuan zaman yang makin tak terbendung, hendaknya budaya2 tradisional pun bisa disesuaikan, sehingga budaya lama tetap terjaga kelestariannya

      1. lebih kerennya jika dikopilasikan dengan gaya musik sekarang ya bang, rap merupakan jenis musik yang cocok untuk memasukkan unsur gurintam itu menjadi bagian dari syair

      2. hheheh, iya bang.
        smoga dngan sperti itu, generasi skarang yang cenderung kbarat2an, tetap bsa mengenal yg namanya gurindam

  13. Kata2 Gurindam itu gak asing waktu sekolah dulu ya mas, sekarang kok lupa huhuhu. Saya pernah juga dengerin yang Hip Hop Jogja itu, seru :-)

    1. hehehe,,, iyaa, paling ya seperti itu, kenalnya waktu sekolah saja, setelah itu ya entahlah.. hehehe

  14. salut…perpaduan dua aliran seni ya… semoga menarik generasi masa kini utk lebih mengenal budayanya…

    1. iya mba,, mudah2an dg bgitu, generasi skarang pun mash tetap suka ama seni tradisional

  15. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa…
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    1. oke, trimakasih :D

  16. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

  17. Haha.. Kalau harus bergurundam lagi, aku mesti memeras otak dulu nih, Mab :D
    Cek videonya ah… :)

    1. heheeh,,, gampang2 susah ya kak, bikin gurindam, heheheh

  18. aku pernah denger lagu2 hipho jogja itu, keren2 yaa lagunya. dan soal gurindam, aku belom mencoba memeras otak, aah aku pun tak pandai merangkai kata, apalagi gurindam, heehhehe

    1. jogja foundatin emang enak2 lagunya.. lirik2nya juga sarat makna..
      hhhe,,, ayooo coba bikin gurindam :D

  19. Tina Latief · · Reply

    saya sudah lama ingin dengar gurindam 12,
    kesempatan akhirnya ketemu juga, apa bedanya sama pantun mas?

    1. bedanya, kalau gurindam itu, antara baris pertama & kdua, saling bertautan. biasanya baris pertama itu mrupakan sebab, maka baris keduanya brupa akibatnya. :D

      1. Tina Latief · ·

        uhmm gitu, lalu ada jenisnya engga mas?
        misalnya gini, kalau pantun kan ada pantun nasehat, jenaka gitu, kalau gurindam ada tidak?

      2. sepengetahuan saya, baru kenal gurindam yg isinya cuman nasehat doang.. :D

  20. Budaya lama disuguhkan dengan budaya masa kini…

    1. betul sekali kang, mungkin tujuannya mskipun zaman makin modern, namun budaya lama jangan terlupakan

  21. Keren euy… :D
    Nay belum bisa buat gurindam -__- ajarin dong mass,,,

    1. huweheheheh,, saya juga ga bisa,, so, mari belajar bersama aja.. :D

  22. waaaaaaaaaaaaaw. . .

    sangat suka gurindamnya. . .like this kak. :lol:

    1. sudah pernah coba bikin gurindam?? :D

      1. beluuuuuuuuuuummm.. .. .

        sejauh ini hanya sebagai penikmat saja. :D

  23. Seni budaya yang memikat, petuah yang dikemas unik dalam untaian kata dan nada. Dimodernisaasi paduan gaya ngerap oke juga ya. Salam

    1. iya bu,,
      perpaduan modern dan tradisional, smoga bisa menjadi sarana untuk menjaga budaya bangsa

  24. hehe, saya malah hampir lupa dengan arti kata gurindam, kayaknya terakhir belajar gurindam pada kelas bahasa indonesia dulu. kalah pop sama puisi dan pantun kayaknya, hehe

    1. iya benar, itu dari melayu sono…
      mungkin karena tingkat kesulitannya jadi kalah terkenal sama puisi & pantun.. :D

  25. wahh gurindam dibikin hip hop? sayang aku ngga bisa buka youtube….tp pastinya keren sekali yachh….

    1. skarang sudah bisa Bu?? :D

  26. Sumpah,… gurindam itu apaan ya? Beda dengan puisi atau pantun Mas?

    1. sejenis lah pak, cuman ya beda-beda dikit.. :D
      Gurindam biasanya antara bait pertama & kedua saling berkaitan

  27. saya pernah nonton langsung tuh mas, cuma g begitu jelas kalau dengerin hip hop he he he

    1. waaah,, asik yah mas, bisa liat langsung perform dari jogjaiphop foundation :D

  28. Wuiiiihh…keren ya dibuat hip hop gituh

    1. iya buu,, kereeen sangaaattt :D

  29. pengen mencoba .. tp posisi ide lagi nang ning nung . . hahaaa

    1. nang nin nung knapa mas?? :D

  30. Gurindam 12?? jadi inget masa-masa SMP, pas pelajaran Bahasa Indonesia! Diajarin soneta, pantun, Kinanti…

    1. hu uh,,, waktu sekolah kita diajarin yg seperti itu, tpi sekarang ya sudah hilaaaannggg.. :D

  31. hehehe jadi ingat macam rame-ramenya Gurindam dulu di blogsphere Kang

    1. jadi juara juga, kan kang?? :D :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 339 other followers

%d bloggers like this: