Selalu ada hikmah dari setiap musibah

Selalu ada hikmah dari setiap musibah yang diberikan oleh Allah SWT untuk kita. Senin, 13 Februari 2012, mungkin akan menjadi hari yang akan terus diingat oleh warga Sirampog, khususnya warga Dk. Kubang Bogo, Kel. Mendala, Kec. Sirampog, dimana ketika itu sekitar pukul 10.00 WIB, musibah kebakaran melanda dukuh tersebut dan menghanguskan 15 rumah warga. Dukuh Kubang Bogo ini berjarak kurang lebih 2 km dari wilayah tempat saya tinggal.

Pada saat kejadian, pedukuhan tersebut sedang lengang, karena pada jam-jam tersebut, sebagian besar warganya sedang melakukan aktifitas sehari-hari di luar rumah, yaitu bekerja di sawah ataupun anak-anak juga sedang berada di sekolah, sehingga api dengan cepatnya melahap 15 rumah warga yang sebagian besar masih berkonstruksi kayu. Tidak ada korban jiwa, namun materi yang ada di dalamnya, banyak yang tidak terselamatkan.

Kebakaran Kubang Bogo

Satu hal yang sangat begitu menyedihkan dari peristiwa itu, bahwa asal sumber api berasal dari konsleting listrik rumah kosong yang sedang ditinggal oleh penghuninya ke rumah sakit, karena anak dari pemilik rumah kosong tersebut sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan akan dioperasi. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk biaya rumah sakit, pada saat kejadian masih tersimpan di rumah tersebut. Padahal uang itu juga hasil dari meminjam.

Sampai saat ini, para korban masih tinggal di tenda-tenda darurat dan rumah saudara-saudaranya.

Warga korban, smentara mendirikan tenda2 darurat

Yang telah terjadi, biarlah terjadi. Kita harus berfikiran maju ke depan. Itu bukanlah akhir dari segalanya. Kehidupan ini masih terus berlanjut. Selalu berfikir positif, bahwa dari segala kejadian ataupun musibah yang menimpa kita, pasti terselip hikmah yang begitu besar.

Bagi yang mengalami langsung musibah tersebut, tentunya akan menjadi pelajaran yang berharga. Untuk ke depannya harus bisa lebih berhati-hati lagi. Sabat dan ikhlas atas musibah yang telah terjadi, sehingga tetap semangat dalam menjalani kehidupannya.

Bagi kita, yang hanya bisa menyaksikan saudara-saudara kita yang terkena musibah, tentunya timbul rasa kepedulian untuk setidaknya bisa membantu meringankan beban mereka.

Alhamdulillah, meskipun ini musibah terjadi di Sirampog, namun simpati dari masyarakat luar juga begitu besar. Saudara-saudara yang tinggal di Bumiayu, Tonjong, Paguyangan, dan wilayah Brebes selatan lainnya juga turut berpartisipasi dalam membangkitkan semangat para korban. Kepedulian diwujudkan dengan mengadakan penggalangan dana yang dipusatkan di Bumiayu, tepatnya di depan pasar Bumiayu.

Peduli Kebakaran Sirampog oleh elemen masyarat di Bumiayu

Warga Sirampog yang berada di rantau juga turut mengadakan penggalan dana untuk peduli kepada saudara-saudaranya yang mengalami musibah ini.

Tak ketinggalan juga, sahabat Indahnya Berbagi juga turut serta memberikan suntikan semangat kepada para korban. Dana Indahnya Berbagi Periode Februari 2012, yang tadinya sesuai jadwal akan disalurkan untuk wilayah Bumiayu, dialihkan untuk membantu para korban kebakaran di Sirampog, terutama untuk menambah biaya operasi dari anak korban kebakaran yang sampai sekarang masih berada di RS. Margono. Selain itu, sejumlah peralatan sekolah dan pakaian layak pakai juga turut diterjunkan untuk membantu para korban kebakaran.

Tim IB Peduli kebakaran

ms Fajar mngunjungi sekaligus mmberikan bantun kpd korban yang anaknya sdang dirawat di RS Margono, Purwokerto

Atas nama warga Sirampog, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi membantu saudara-saudara di Sirampog yang terkena musibah kebakaran, baik berupa dukungan, do’a maupun materi. Semoga Allah memberkahi kita semua. Aamiin.

Selalu ada hikmah dari setiap musibah. Harapan saya pribadi, semoga saja bentuk-bentuk kepedulian terhadap sesama, tidak saja pada saat terjadi musibah, namun bisa menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.  Untuk para korban, semoga bisa menerima musibah ini dengan sabar dan ikhlas, dan jangan menyerah. Tetap semangat….!!!

Foto: dokumen pribadi, Peduli oleh masyarakat Bumiayu, situasi kebakaran

48 comments

  1. ikut prihatin dan berdoa semoga yang mengalami musibah kebakaran ini diberikan ketabahan dan kesabaran dalam menjalani kehidupan didepannya !

    1. aamiin yaa Rabb…
      trimakasih mas doanya, smoga mreka tetap semangat dalam menjalani hari-harinya

  2. Ikut prihatin Mas..Yah musibah memang tak bisa dihindari. Tapi hikmahnya selalu bisa kita petik. Semoga setelah ini warga si rampog lebih berhati-hati lagi bila hendak meninggalkan rumah..

    1. aamiin,,
      tentunya akan menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi mereka, dan tentu saja bagi kita juga

  3. Benar sekali mas brur Allah pasti punya maksud dan tujuan dengan Cobaan yang dilimpahkan kepada umat manusia

    1. yups, yang penting slalu berprasangka positif aja pada Allah SWT

  4. Ga bisa saya mbayangin gimana perasaan keluarga2 yg terkena musibah. semoga semuanya diberi kekuatan hati dan ketabahan ya ..

    1. kasihan merka bu…
      tpi alhamdulillah, banyak masyarakat yang tanggap dan peduli, jadi setidaknya bisa mengurangi kedukaan mereka

  5. semoga semua korban diberikan kemudahan dalam menjalani semua sesudah kejadian ini

    1. aamiin,,,
      insya Allah bila tetap sabar dan ikhlas, akan segera dimudahkan jalan ke depannya

  6. yang di bantu pasti sangat bahagi ya masg
    namun yang membantullah yang sangat bahagia karena bisa menoleng sesamanya🙂

    1. iyaa, saling peduli lah ya..😀

  7. innalilahi wa innaiaihi rojiun….
    turut prihatin, semoga para korban diberi kesabaran & ketabahan yg berlipat…

    1. aamiin..
      smoga mereka bisa sabar dan ikhlas ya mba..

  8. hebat aksi cepat tanggapnya, gak perlu nunggu2 pemerintah😀
    sukses buat temen-temen indahnya berbagi

    1. iyaa, kelamaan nunggu pemerintah turun maaah..😀

  9. Deket banget sama rumahmu gak mas?
    Eh ya. Aku malah masuk ke halaman gnatyx-mu. Asik deh yang mau ulang tahunnn!

    1. gak, itu kan sudah disebutin di atas, 2 km dari tempat tingal saya.. hheh

      hhhehhe,, ngintip ya mbaa.. q;q;q

  10. Saleum,
    Memang bertul bang, dibalik musibah pasti ada hikmahnya. Perlunya kesadaran kita sebagai warga untuk lebih cermat sebelum meninggalkan rumah. pintu dan jendela memang harus dikunci, namun terkadang sering lupa pada stop kontak listrik yang masih terpasang di saklarnya. Ikut prihatin saya bang dengan musibah itu, semoga segera mendapat perhatian yang layak dari pemerintah setempat

    1. iya bang.. waspada memang harus lebih ditingkatkan, kehati-hatian juga perlu ditingkatkan, jangan menyepelkan suatu hal yang dianggap spele.
      terimakasi bang, semoga mereka bisa ikhlas dan sabar

  11. Admin cangkir kupi ikut mendoakan semoga warga yang ditimpa musibah tersebut diberi ketabahan, dan tetap berpikiran positip menyingkapi kebakaran tersebut.

    1. aamiiin..
      terimakasih bang,, semoga bisa mngambil hikmah dari musibah yang telah terjadi

  12. turut berduka atas tragedi ini mas, semoga ke depan masyarakat sirampog lebih tanggap bencana, syukur2 bencana tidak terulang lagi kelak

    1. aamiin,,
      mudah2an bisa lebih berhati-hati lagi ke depannya

  13. ikut prihatin dengan musibah yang menimpa warga Dk. Kubang Bogo, Kel. Mendala, Kec. Sirampog. Semoga tetap sabar, seperti kata mas mabruri, “Selalu ada hikmah dari setiap musibah”…tetap semangat!

    1. iya bu,, smoga mereka bisa ikhlas dan sabar dalam menjalaninya, karena ini ssunggunya juga merupakan tguran dari Allah SWT.

  14. Duh…duh…seperti pepatah sudah jatuh tertimpa tangga itu ya Mab😦
    Tapi hikmahnya memang subhanalloh ya…

    1. iya bun,, pastinya akan selalu ada hikmah dibalik musibah yg terjadi

  15. Tina Latief · · Reply

    turut berduka mas..
    semoga tidak terjadi yang demikian lagi,

    1. aamiin,,
      mudah2an dengan ini, bisa menjadikan lbih hati-hati lagi dalam bertindak

  16. Ikut prihatin atas musibah kebakaran di Kubang Bogo, semoga mendapat penanganan yang memadai. Selalu ada hikmah dari setiap kejadian, .. habis hujan nampak pelangi ya ….

    1. aamiin yaa Rabb,, insya Allah bu,,,
      ujian ini juga merupakan kasih sayang dari Allah SWT. bila bisa melwatinya dg baik, insya Allah akan merasakan manisnya nanti

  17. Masya Alloh … Kang, kasihan sekali mereka mendapatkan musibah seperti itu. Semoga Alloh mengganti dengan yang jauh lebih baik dari yang sudah pernah dimilikinya. amin

    1. aamiin,,, insya Allah pak, selagi bisa menerimanya dengan ikhlas dan sabar

  18. Sayyidah 'Ali · · Reply

    ” Dan yang lebih memprihatinkan lagi, sejumlah uang yang nantinya digunakan untuk biaya rumah sakit, pada saat kejadian masih tersimpan di rumah tersebut. Padahal uang itu juga hasil dari meminjam.” Allahu Akbar,, hanya Allah yang tau hikmah di balik semua ini..
    aamin..mudahan kejadian ini juga membuat kita bertambah dekat kepada Allah

    1. iya bu,,, mudah2an dengan menerimanya dg sabar & ihlas, justru akan mendapat ganti yg lbih berkah lagi dari Allah SWT.

  19. Innalillahi wa inna ilaihi roji’uun..

    Semoga diganti dengan yang lebih baik oleh Allah..

    1. aamiin,,
      asalkan mereka bisa ikhlas dan sabar

  20. smoga warga yang mengalami musibah ini diberikan ketabahan dan diberikan rejeki sehingga bisa membangun rumahnya kembali…aku paling takut kalo denger kata “kebakaran”. Minggu lalu di deket kantor juga ada kebakaran…wahhh serem banget…jaraknya cuma 400 mtr dr kantor…tp untung pemadam langsung datang dan kebakaran ngga merembet kemana-mana…..

    1. aamiin,,
      makasih bu doa & suportnya..
      iyaa, saya juga ngerti kalau dengar kbakaran,,, dulu waktu masih anak2, menyaksikan sndiri rumah tetangga kbakaran, jaraknya ga bgitu jauh dari rumah saya..😦

  21. Subhanallah, 15 rumah bukan jumlah yang sedikit. Tapi masa sih di desa2 rumahnya rapat seperti kota. Bukannya halaman sedikit lebih luas?

    1. kata siapa pak,, justru rumah2 di kampung tu saling berdempetan owh pak,, hehh
      mngelompok & menggombol gitu..😀

  22. bagus postingannya…banyak hal positif yang bisa diambil…

  23. Ya Allah… sedih jg bacanya Mab..
    untung ya tak ada korban jiwa.. dan alhamdulillah ada Indahnya Berbagi.. duh baru ingat aku belum berpartisipasi lg.. hiks… semoga bs diusahakan insya Allah..

    1. iya bu, mudah2an mereka bisa tetap semangat setelah mengalami musibah ini…

      hehh,, aamiin, insya Allah bu.😀

  24. Beruntunglah orang -orang yang bisa mengambil hikmah…
    kunjungan perdana di blog ini…:)

  25. Selalu ada hikmah dari setiap musibah itu benar. Pasti Allah memberikan yang terbaik untuk kita. Artikelnya menarik. Kunjungi balik blogku.🙂

    1. yups, slalu ada hikmah dari setiap kejadian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: