Saya ingin di sini saja

Saya ingin di sini saja, menikmati senja dari balik bukit, bercengkrama dengan alam, ataupun menikmati lembutnya belaian semilir angin pegunungan.ย  Saya ingin di sini saja, menikmati sisa-sisa perjalanan hidup ini, tinggal di sebuah gubug sederhana bersama bidadari dan juga malaikat-malaikatku nanti. Yaa, saya putuskan ingin tinggal di sini saja, di Sirampog.

Senja dari teras rumah

Kalau ditanya ingin pergi kemana? Pasti akan saya jawab, ingin pergi kemanapun bahkan kalau bisa ingin keliling dunia. Pergi ke tempat-tempat terindah yang ada di dunia ini. Tapi kalau ditanya mau menetap dimana nanti? Maka akan saya jawab, saya ingin menetap di sini saja, di Sirampog. Tempat tinggal saya bersama orang tua dan juga kerabat lainnya sekarang ini.

Kenapa ingin menetap di Sirampog saja, dan tidak di tempat lain? Padahal kan banyak tempat-tempat yang lebih indah dari Sirampog.

Saya ingin menetap di Sirampog, karena saya ingin turut menjaga kelestarian keindahan alam Sirampog. Saya ingin menjaga hutan yang ada di Sirampog agar tetap rindang dan terjaga kelestariannya. Di Sirampog ada hutan? Owh, ada pastinya. Hutan pinus adalah hutan yang ada di Sirampog. Letaknya persis berbatasan dengan pemukiman dimana saya tinggal. Begitu keluar dari rumah, dan melepaskan pandangan ke alam bebas, maka di situlah tepat sekali hutan pinus itu berada.

Sebagian hutan yg mulai nampak gundul

Namun yang menjadi masalah sekarang ini adalah hutan ini sudah tak seangker hutan yang dulu. Angker di sini dalam artian lebat pepohonannya, banyak binatang-binatang yang menghuni hutan tersebut. Sekarang sudah tidak seperti itu lagi. Masih teringat jelas waktu masih anak-anak dulu. Untuk sekedar berjalan di tepian hutan saja rasanya tak berani. Takut diterkam binatang buaslah, takut ada penghuninya lah, dan sebagainya. Tapi sekarang, jangankan sekedar di tepian hutan, untuk masuk ke dalam hutan pun sudah bisa sambil dengan tertawa riang. Itu tidak lain, karena hutan pinus ini sekarang sudah tidak selebat dulu. Binatang-binatang penghuni hutan sudah sangat jarang sekali, dan yang lebih memprihatinkan, lahan hutan ini sudah banyak yang berubah fungsi menjadi lahan pertanian.

Alhamdulillah, mulai direboisasi

Ini sungguh sangat memprihatinkan. Hutan yang kondisi alamnya berbukit-bukit, berbatasan langsung dengan pemukiman warga, bila dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan dan pengembalian fungsi hutan yang sesungguhnya, bisa saja memberikan dampak yang buruk bagi warga yang tinggal di sekitar hutan pinus tersebut. Apalagi bila musim penghujan tiba, bahaya banjir dan tanah longsor menjadi ancaman tersendiri bagi warganya.

Maka dari itulah, saya tak ingin kemana-mana. Cukup di sini saja, tinggal bersama keluarga kecilku nanti dan bersama-sama menjaga kelestarian hutan yang ada.

Selain hutan pinus, saya juga ingin turut serta bersama warga setempat menjaga kelestarian mata air kaligiri. Mata air kaligiri yang sudah lama dimanfaatkan bukan saja oleh warga setempat, namun juga oleh warga Bregas (Brebes, Tegal, Slawi), harus dijaga dengan sebaik-baiknya, agar kelestarian dan debit airnya tetap terjaga. Jangan sampai, hanya cuma bisa mengeksploitasi namun tak diimbangi dengan pembaharuannya.

Sebening mata air kaligiri

Dan satu lagi, yang menjadi alasan saya tak ingin kemana-mana selain menetap di Sirampog, adalah karena saya ingin selalu bisa dekat dengan orang tua. Saya ingin menemani mereka di saat usianya yang memasuki usia senja. Saya ingin menjaga dan merawat mereka, seperti halnya dulu mereka menjaga dan merawat saya selama masih dalam kandungan hingga sekarang.

Jadi, saya pun sebenarnya ingin berpetualang kemanapun ke tempat-tempat terindah di bumi ini. Namun jika Allah memperkenankan, maka saya hanya ingin menetap di sini saja, di Sirampog.

* * *

Tulisan ini aku ikutsertakan di acara My Second Giveaway: Ingin Kemana? yang diselenggarakan oleh Una.

74 comments

  1. kalo kata lagunya God Bless…..”lebih baik disini, rumah kita sendiri….”
    happy blogging !

  2. kalo dalam lagunya God Bless….”lebih baik disini…..rumah kita sendiri….”
    sukses ya GA-nya….!

    1. hehhe,,
      iya tuh, saya juga suka lagu itu

  3. Sederhana sekali keinginanmu ya Brur
    saya jadi speechless
    dan merasa malu dengan sederatan keinginan ini dan itu๐Ÿ™‚

    sukses ya di kontesnya Una๐Ÿ™‚

    1. hiks..hiks..
      sederhana tapi susah juga dipraktekkan lo bu..๐Ÿ˜€

      aamiin, sama2 bu

  4. saya pikir dulunya sirampog itu nama apa ๐Ÿ™‚ good luck ya dgn kontesnya

    1. heheh,,
      banyak yang ngira itu nama apaa gitu kok bu.. hehe

      aamiin

  5. Jika orang tua sebagai alasan utama, maka itu adalah tujuan yang mulia. Tentu selain itu sampean bisa memberikan kemanfaatan pada daerah sirampog dengan kegiatan-kegiatan sosial yang sudah dijalankan

    1. aamiin, iya pak, tpi yang terpenting sebagai manusia, adalah yg bisa bermanfaat untuk orang lain

  6. wah sirampong , daerah mana yaa tuh om? heheheheh……

    ada gunung nya, ada air mata kaligiri nya, keren …๐Ÿ™‚

    1. daerah sini, mbrebeeess..๐Ÿ˜€

  7. mbangun deso dewe wae kang.. Kalau semua berbondong-bondong ke kota, trus siapa yang nanti berkarya di desa masing-masing. eh piya kalau sampean bikin organisasi pencinta alam aja di Sirampog??

    1. nah ntu dia kang,, lebih baik di sini mbangun deso..
      pengen juga kang bikin seperti itu, tpi belum kesampean. ntar deh coba tek rembug lagi๐Ÿ˜€

  8. sama seperti mba Lidya dulu. saya juga dulu bertanya2 sirampog itu nama apa.๐Ÿ˜€
    sebuah keinginan yang sederhana๐Ÿ˜€
    Memang tak ada yang lebih menyenangkan selain dekat dengan orangtua.๐Ÿ˜€
    semoga sukses mas

    1. heheeh,, jadi sekarang sudah tau kan ttg Sirampog?๐Ÿ˜€

      iyaa, dekat dg ortu emang mnyenangkan

  9. saia juga ingin di Pintu Air saja…
    can I????

    1. yu caaaannn๐Ÿ˜€

  10. Wah bahagianya Sirampog punya penjaga jiwa, pelestari Kaligiri. Sukses selalu ya Mas Mabruri, Salam

    1. aamiin,,
      bila smuanya mau mnjaga, saya yakin sirampog akan tetap lestari alamnya

  11. wah, hebat.. jarang2 nih ada orang yang berniat untuk menetap di kampung halamannya saja

    lanjutkan mas!

    1. siaaapp mba..
      pengen juga sih berpetualang ke luar, tpi kalau mntap, pengn di kampung halaman saja

  12. Hihi apik mass ^^
    Kan banyak tuh orang pengen keluar kampung tapi gak balik balik hihi.
    Segera kucatat ya~ ^^

    1. hihihi,,,
      saya malah ingin menetap di kampung sendiri aja yah..
      makashi mbaa

  13. semoga terkabul, Mab…baik keinginanmu untuk jalan-jalan kebagian dunia lainnya maupun menetap di Sirampog dan menjaga kelestariannya… semoga sukses juga dalam kontes ini..

    1. aamiin,, kalaupun tidak bisa kelilng dunia, setidaknya Makkah Madinah lah ya mba.. hehe

      makasih mbaa

  14. Semoga kelestariannya akan selalu terjaga sampai kelak ya mas

    1. aamiin,, smoga saja cak..๐Ÿ˜€

  15. Saleum,
    Hehehe… gak jauh – jauh ya bang, hemat biaya lagi. kalau lapar tinggal pulang kerumah. hahaha…..

    1. iyaaa bang, hmat energi dan hmat biaya๐Ÿ˜€

  16. aku jadi tergoda pengen ke sirampog…

    1. hayuuk hayuuukk,, ditunggu๐Ÿ˜€

  17. saya jg ingin disini aja mas
    hehehehe

    1. hehehe,, dimana bu?

  18. indah sekali mas . . klepek klepek..loheheee

    1. hoohoh,, knapa mas??

      1. yang alami alami . . hihihi . . kmha damang mas . .

      2. hehh,, alhamdulillah mas,, saeeee

  19. bunda juga mau ke Sirampog yg begitu indah ,Ruri๐Ÿ™‚
    alamnya msh segar dgn hutan dan mata air yg bening ……

    semoga sukses di acaranya Una ….
    salam

    1. hehhe,, oke deh bun, ditunggu aja di sini.. hheh

      aamin, makaih bundaa

  20. Wah…wah…keren bgt lho Mab cita2anya๐Ÿ˜‰
    Gudlak ngontesnya yaa..

    1. smoga tercapai ya bun.. heheh
      makasiiih

  21. mantap sobat….. semopga hutannya makin menghijau…….. waaahhh air sumbernya keliatan seger banget tuch….. smg succes kontesnya sobat

    1. aamiin,, makasih sobaat
      semoga saja tetap terjaga

  22. keinginan yg bagus mab, menetap di kampung u/ berbakti, jgn seperti sy yg pergi jauh dan susah u/ kembalinya.. :-‘(

    1. sama aja bu,, ga apa2lah mnetap di kampung orang lain, yg pnting tetap bisa sedikit berbuat untuk kemajuan kampung halaman

  23. Tak perlulah keliling dunia….di Indonesia banyak yang indah dan menawan alamnya..

    1. iya bu,, tpi kalau bisa ya kelilng dunia ajaa.๐Ÿ˜€

  24. bening airnya serasa pengen tak minum๐Ÿ™‚

    1. baiknya direbus dulu mba,, hehehe

  25. Duh, nyamannya tinggal di Sirampog ya, Mas Mabruri.
    Semoga suatu saat saya bisa ke Sirampog; menikmati udara segarnya, air beningnya, rimbun pinusnya….

    1. aamiin,
      smoga ya pak ustadz,, bisa silaturahim k sirampog.๐Ÿ˜€

  26. Sayyidah 'Ali · · Reply

    asri sekali Mab, siapa pun betah tinggal di sana.

    semoga sukses kontesnya Mab dan terpilih tentunya ,,daan Allah kabulkan keinginannya..aamiin ๐Ÿ™‚

    1. aamiin yaa Rabb…
      yg penting bisa menjaga agar tetap lestari

  27. airnya masih jernih ya mas… pantasan betah… heheheheh๐Ÿ˜€

    1. hhhe, alhamdulillah mas.. smoga tetap terjaga klestariannya

  28. Udah cinta mati sama daerahnya ya๐Ÿ™‚

    1. hu uh kak,, meskipun ntar terdampar dimana pun berada, tpi kampung halaman tetap di hatilah pokoke๐Ÿ˜€

  29. Indah banget pemandangan alamnya. Jadi pengen bia merasakan langsung suasana yang masih asri tersebut

    1. heheehe,, alhamdulillah mas masih bisa tinggal di tempat seperti ini

  30. Cita-cita yang sangat mulia mas…sy sendiri pengin tetap di kampung halaman, tp ternyata rejeki di kota lain..semoga bisa ikut andil membangun kampung halaman…

    1. iya ga pa2 bu, meskipun bisanya menetap di wilayah lain, namun untuk berpartisipasi dalam membangun kampung halaman sndiri, tetap bisa kita krjakan, dngan apapun caranya

  31. wah, ada hutan pinus, pasti dingin ya mas.

    1. iya dingin, itukan daerah pegunungan๐Ÿ˜€

  32. Tina Latief · · Reply

    kaindahan ini kebalikan pemandangan yang saya lihat sore ini mas…
    http://ascomycotina.wordpress.com/2012/02/16/senja-di-atas-menara/

    1. hhehe,,, beda antara kota & desa ya mba?๐Ÿ˜€

  33. ayoo mas, mbok yaa sesekali ngundang dhe untuk main ke sirampog.. pamerin wisata alamnya..๐Ÿ˜€

    1. hayooo dheee,, datang ke sirampog, saya sambut dari sini aja..๐Ÿ˜€

  34. Kelihatannya suasana Sirampog begitu menyenangkan… tiduk ribut kaya di kota…

    1. alhamdulillah kang,,,
      namanya juga kampung, ya sepi2 aja kang..๐Ÿ˜€

  35. sayangnya saya gak punya pilihan kembali ke kampung halaman dalam waktu dekat kecuali resign dari kerjaan..

    1. hhhe.. yang pnting cinta akan kampung halamannya, masih tersimpan dengan baik di hati๐Ÿ˜€

  36. Assalaamu’alaikum wr.wb Mabruri…

    lama sekali tidak menyapa mabruri. semoga sihat dan selalu sukses dengan penulisan yang berbobot.

    Saya juga selalu ingin berada di tempat sendiri sahaja tetapi keadaan tidak mengizinkan sehingga perlu berkelana di tempat lain. namun masih setia dengan kampung sendiri.

    Ketikan foto-fotonya keren2 ya. pemandangan indah yang tidak akan pernah terlupakan.

    Salam mesra selalu.

    1. ‘alaikumussalam wr wb. bunda..
      alhamdulillah shat bunda, smoga bunda juga seperti itu. Dan lama juga sepertinya saya tak silaturahim ke rumah maya Bunda..๐Ÿ˜€

      iya bunda, kmanapun brkelana, yg penting tetap cinta akan kampung halaman.

      salaam

  37. adem bener ya. jauh dair hingar bingar

Leave a Reply

