Ketika Cinta Tak Sejalan dengan Takdir-Nya

Ketika Cinta Tak Sejalan dengan Takdir-Nya. Judulnya itu lho, gak nguatin banget, padahal isinya ngalor ngidul ngetan ngulon๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Terkadang, apa yang kita dapatkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun terkadang juga, apa yang tidak ingin dikehendaki bisa begitu saja terjadi menimpa kita. Itulah takdir Tuhan. Kita boleh berencana, mengingingkan sesuatu, mengharapkan suatu kebaikan, harapan akan mendapatkan suatu yang indah, harapan untuk bisa menjadikan diri ini bahagia jasmani dan rohani. Itu wajar saja, karena memang seperti itulah sifat manusia.

Namun, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu adanya Takdir Tuhan. Ketetapan Allah SWT. Ketetapan Tuhan adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Meskipun hidup ini sudah ada ketentuan dari-Nya, namun manusia harus terus berikhtiar dan berdoa. Manusia hanya bisa melakukan usaha dan doโ€™a. Setelahnya serahkan semuanya padaNya, kembalikan usaha dan doa yang telah kita lakukan kepadaNya. Terima segala apa yang terjadi nanti. Tak usah disesali ataupun dibangga-banggakan, karena semuanya itu telah ditetapkan olehNya. Yang terbaik adalah bagaiamana kita bisa mensyukuri atas apa yang telah Allah tetapkan untuk hidup kita.

Sebenarnya tidak ada takdir buruk yang ditimpakan kepada manusia. Itu hanya sudut pandang manusia saja dalam membacanya. Kalau bisa berfikiran bijak dan bisa menyikapi dengan benar, misalnya di saat kita merasa mendapat takdir yang tidak baik, mungkin atas kegagalan meraih sesuatu, bisa jadi itu karena Allah akan memberikan yang lebih baik dari yang ini.

Allah itu maha mengetahui atas apa yang belum terjadi pada diri kita. Bisa jadi apa yang menurut kita baik, belum tentu di mata Allah itu baik. Bukan, bukan karena Allah mengangap itu tidak baik, tapi Allah hanya ingin memberikan yang lebih baik untuk kita. Percayalah, semua yang datangnya dari Allah itu baik. Hanya saja, Allah lebih tahu mana yang lebih dibutuhkan dan tentunya itu terbaik untuk kita.

Jadi, sikapilan takdir Allah dengan bijak, jalani dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Sesungguhnya Allah tidak akan membebani hambaNya. Jika cinta kita tidak sejalan dengan takdirNya, itu hanya cara Allah menuntun kita untuk bisa menempatkan dan memberikan cinta kepada yang sebenarnya. Janganlah terlarut dalam cinta karena hawa nafsu. Teruslah berikhtiar dan bermunajat, agar Allah menuntun cinta kita kepada TakdirNya.

77 comments

  1. Okeee, kapan ya akyu menemukan cinta itu @_@

    1. kapaan mbaa??๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  2. wahhhh, ngena banget nih tulisan
    makasih pak mabruri sirampog…..

    seindah-indahnya rencana kita, masih jauh lebih indah rencana Allah untuk kita๐Ÿ˜€

    1. yg diperlukan pada diri kita adalah hati yang bisa mnerima atas apa yang tlah Allah berikan dngan ihlas & sabar.

  3. bijak sekali mas, saya sering mendengar apa yang kita lihat baik dan kita kejar belum tentu baik menurut Alloh.

    susah sih untuk bisa benar benar mengerti kalimat itu๐Ÿ™‚

    1. segala ssuatunya harus diusahakan mas,, meskipun itu sulit, kalau mau berusaha insya Allah bisa

  4. Saleum,
    Aamiin bang, memang harus seperti itu adanya. tapi sayang ya, banyak juga yang mencoba mennetang takdir..

    1. iya bang, intinya adalah kyakinan yang bnar2 dulu pada Allah SWT, bahwa semua yang terjadi itu telah digariskan olehNya

  5. Sayyidah 'Ali · · Reply

    pa ‘asaa an takrahuu syai aw wahua khairul lakum. wa ‘asaa an tuhibbu syai awwahua syarrul lakum.. hanya ini yang ku ingat ketika membaca postingan ini..

    1. Sayyidah 'Ali · · Reply

      ada yang lucu komenku di atas, kalau bisa perbaiki lah Mab..hehehe,,ga enak banget dilihatnya..๐Ÿ™‚

      1. lhhhooo, apanya yg lucu bu??
        kan emang bner, itu pnjabaran yang aku tangkap dari ayat yang ibu tulis itu (QS Al Baqarah: 216)๐Ÿ˜€

  6. Benar sekali, Mas Mabruri,
    Maka tugas kita adalah berusaha untuk memperoleh yang terbaik sambil membangun sikap husnuzhan kepada Allah Ta’ala.

    –makasih banyak ya, Mas, atas postingan yang mencerahkan ini…

    1. husnuzhon itu sangat diprlukan ya pak ustadz,, bila slalu brprasangka baik pada Allah, insya Allah apapun yang terjadi pada diri kita, bisa diterima dngan bijak, dan selalu brfikiran, bahwa selalu ada hikmah dari setiap kejadian.

  7. sama seperti saya, mungkin saya belum diizinin Allah u/pulkam meskipun sdh sy rencanakan sejak tahun lalu..sedih memang tapi krn sy berharapnya pada Allah gak tau kenapa koq gak merasa kecewa gitu..

    1. iya, bila sesuatunya disandarkan pada Allah, insya Allah apapun yang terjadi, tidak akan prnah merasa kecewa

  8. apa yg menurut kita baik belum tentu menurut Allah ya

    1. tapi yang tlah Allah berikan untuk kita, itu adalah yg terbaik, namun terkdang kita (manusia) tidak mampu membacanya

  9. yah intinya emang musti selalu berprasangka baik pada Allah ya karena Allah Maha Mengetahui yang terbaik untuk hambaNya๐Ÿ˜€ aseeek om Mabrur๐Ÿ˜€

    1. betul betul betu,, selalu berprasangka baik, itu lebih baik daripada harus banyak ngresulah..๐Ÿ˜€

  10. Betul Mab, mengiakan semuanya.
    Mudah2an kita bisa ikhlas menerima ketentuan Allah

    1. aamiin, insya Allah bun, semoga dengan terus berusaha, keihlasan bisa menjadi bagian dalam hidup kita

  11. sikapilan takdir Allah dengan bijak, jalani dengan penuh keikhlasan dan kesabaran

    setujuuuu,,, dan makin keren kalo ditambah, terus berusaha, jangan pernah putus asa.. tandai dengan senyum saja,, hehe

    trims mengingatkan mas..๐Ÿ™‚

    1. siipp banget tambahannya bu,,,
      perlu ditrapkan tuh, hadapi dengan senyum & jangan putus asa..๐Ÿ˜€

  12. Harus menerima apa yg ditimpakan seperti Tottenham kalah Alhamdulillah Chelsea menang ya Alhamdulillah…Bersyukurlah atas apa yang kita dapat karena apabila kita kufur sesungguhnya azab Allah sangatlah pedih
    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    Salam PLUR

    1. qkqkqkq.. alhamdulillah ya mas,, kalah juga chelseanya..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

      1. Alhamdulillah dong kenapa harus bersedih๐Ÿ™‚

      2. hhehhehe,,,
        betul nbetul,, semoga dg kekalahan itu bisa menjadi bahan introspeksi untuk bisa lebih baik di pertandingan brikutnya ya mas..๐Ÿ˜€

  13. Ejawantah's Blog · · Reply

    Menerima dan mensyukuri apa yang ada merupakan pengistiqomahan dalam hidup tanpa ruang dan waktu suasana.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. benar sekali pak,,
      dengan pandai bersyukur akan menjadikan hati kita menjadi kaya..๐Ÿ˜€

  14. Aamiin, Insya Allah akan selalu mengukur diri, tak menginginkan yang berlebihan namun jga bukan berarti tanpa harapan. Berusaha menjadi bagian proses setiap manusia dan hasilnya biar Allah yang berikan. Nice Post๐Ÿ™‚

    1. sewajarnya manusia, pasti memiliki sbuah pengharapan yang slalu baik, itu tak masalah, asal bisa dibarengi dngan usaha & doa, setlah harus bisa ihlas menerima atas apa yang nanti dihasilkan oleh ihtiar tersebut.

  15. wuaaaahh,
    Temen one (si AN) wajib bgt nih baca tulisan ini..
    Mantep mas..๐Ÿ˜€

    1. hhe,, iyaa, sepertinya cucuok..๐Ÿ˜€

  16. semua yang terjadi itu adalah yang terbaik, mungkin sebagai yang menjalani terkadang hal itu tidak baik.. tapi asal bisa mengambil hikmahnya.. rasanya akan ada yang lebih tepat sebagai pendamping๐Ÿ™‚

    1. betul sekali, selalu ada hikmah terbaik dari setiap yang menimpa kita, asalkan selalu berfikiran positif๐Ÿ˜€

  17. Harus Ikhlas…Lahir dan Batin.

    1. semoga bisaaa๐Ÿ˜€

  18. “Janganlah terlarut dalam cinta karena hawa nafsu.”

    Bener banget niy Brur
    banyak yang sudah lupa karena buat mereka cinta adalah di atas segala2nya

    1. hu uh bu,
      banyak yang lupa pada sang pmilik cinta bila sudah terkena virus cinta.๐Ÿ˜€

  19. Muhasabah sebelum tidur …
    Terima kasih, Mas๐Ÿ™‚

  20. Kita memang tak pernah tau jalan apa yang telah dihamparkan-Nya untuk kita..
    terus berdo’a dan ikhlas adalah jalan kebahagiaan..
    terima kasih perenungannya mas..

    1. yups betul sekali mba, rencana Allah adalah suatu krahasiaan, terpnting bagi manusia adalah brusaha dan berdoa untuk bisa selalu berada di jalanNya

  21. Jadilah sesuai dengan rancanganMu, trimakasih diingatkan melalui tulisan ini, Salam

    1. apapun yang telah dirancang olehNya, semoga kita bisa menjalani dengan penuh kesabaran & keihlasan

  22. “Jika cinta kita tidak sejalan dengan takdirNya, itu hanya cara Allah menuntun kita untuk bisa menempatkan dan memberikan cinta kepada yang sebenarnya. ”

    saya suka dengan kalimat di atas
    Yup…seperti yang difirmankan Allah
    It may be that you hate something when it is good for you and it may be that you love something when it is bad for you.
    God knows and you do not know.
    (Q.S Al Baqarah : 216)

    1. maha bnar Allah dg segala firmanNya,, mungkin itu sedikit dari penjabaran dari ayat tersebut..๐Ÿ˜€

  23. luruskan niat, lakukan ikhtiar dan iringi dengan doa yang tulus dan tiada putus, lalu jadikanlah tawakal sebagai sandarannya. Dan indahnya hidup akan ‘lebih’ terasa bila kita mampu qonaah.

    1. insya Allah Abi,,,
      semangKA… (semangat karna Allah :D)

  24. baiklah….momennya pas sekaliii….^^

    1. hehhe,, ayoo putuskan segera๐Ÿ˜€

  25. Tina Latief · · Reply

    setuju…
    Tapi cinta itu perlu dicari engga mas? atau bar datang sendiri?
    ayo perkenalkan cintamu mas..hehehe

    1. ya perlu, kalau ga dicari ya percuma Allah menyuruh kita untuk berusaha..๐Ÿ˜€

  26. manusia mmg harus selalu berusaha dan berikhtiar kepada-Nya…..kepasrahan bukan dalam arti tidak melakukan sesuatu hal namun kepasrahan setelah kita berikhtiar tentunya….

    1. masih ada yang salah dalam mngartikan sebuah kpasrahan ya mas.๐Ÿ˜€

  27. sepakat dan sepaham … Allah tidak memberikan takdir buruk, tapi itu hanya penilaian kita yang menerimanya๐Ÿ™‚

    muhasabah siang hari nih,
    mencerahkan๐Ÿ™‚

    1. alhamdulillah,, terimakasih mas..๐Ÿ˜€

  28. Iya benar, kita hanya boleh berpengharapan dan berusaha, gimana hasilnya serahkan kepada Allah

    1. yg penting sudah ada usaa & do;a ya bu..๐Ÿ˜€

  29. yakin bahwa siapaun pada akhirnya bersama kita, itulah yang terbaik yg dipilihkanNya๐Ÿ™‚

    1. btul sekali, kyakinan dalam hati akan prcaya padaNya, itu yang menjadi landasan utama

  30. smg Alloh menggolongkan kita mjd umat yang pandai bersyukur. amiin

    1. aamiin yaa Rabb,,
      menjadi manusia yg pandai mensyukuri nikmat yg telah Allah brikan

  31. kita manusia, hanya bisa pasrah… karena ketentuan Allah selalu baik

    1. betul mas,,, kita tetep berusaha dan berdoa, setelahnya serahkan padaNya

  32. suka dengan kesimpulan di paragraf terakhirnya… nice post, Mab…๐Ÿ™‚

    1. hehhe,,pengingat diri mba..๐Ÿ˜€

  33. Yang ada kita selalu buruk sangka terhadap keputusan Allah
    Padahal kita tahu Allah Maha adil dan maha bijaksana

    1. namanya manusia cak, mata hatinya kurang terbuka

  34. Kita tak pernah bisa tahu rahasia rencana-rencana-Nya..
    Kita berserah dan hanya bisa melakukan yang terbaik.

    1. manusia bisa berencana dan berusaha, selebihnya serahkan pada sang Maha Pemutus

  35. sampe saiki Q hurung due pacar blasssssssssss

    1. langsung nikah ae mas..๐Ÿ˜€

  36. makasih udah share artikelnya yang menarik ini yaa…aku suka…banyak hikmah yang bisa diambil dari sini…

  37. Jad, takdir buruk itu bersumber dari kelemahan diri (manusia) itu sendiri?

  38. keep positif thinking

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: