Rahasia Di Balik Dua Belas

Dua belas di akhir Januari, mencoba mencari sisi lain tentang seorang Mabruri Sirampog. Dan memang benar adanya, seperti yang telah Allah peringatkan bahwa apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Akibat menunda-nunda PR yang diberikan oleh Bang Dmilano beberapa pekan lalu, akhirnya sekarang PR pun bertambah. Kali ini datang dari ibunya Jenderal & Cantik. Setiap pertanyaan berisi 12 jawaban.

Baiklah, saya mulai dari yang pertama, yaitu pertanyaan dari bang Dmilano.

1) Deskripsikan diri Anda dalam 12 kata
  1. Pemalu (kata orang yang baru pertama kali ketemu)
  2. Pendiam (kasian banget, sudah pemalu, pendiam lagi๐Ÿ˜€ )
  3. Introvert (kata orang juga)
  4. Tinggi (saya mengakui)
  5. Baik (kata orang yang pernah ditolong)
  6. Sederhana (kata orang yg pernah melihat)
  7. Bertanggungjawab (kata orang yang pernah ngasih amanah)
  8. Komitmen (kata orang yang pernah menjalin kerjasama)
  9. Pinter (kata temen2 sekolah)
  10. Bersahabat
  11. Disiplin (kalau lagi sadar)
  12. Penyabar (kata orang lain juga๐Ÿ˜€ )

2) Sebutkan 12 kata yang kamu ketahui mengenai aceh.

  1. Istimewa (dulu saya tahunya ya DI Aceh, seperti halnya DI Jogyakarta๐Ÿ˜€ )
  2. Serambi Mekkah
  3. Masjid Baiturrohman
  4. Kerajaan/Kesultanan (Samudra Pasai)
  5. Tsunami
  6. GAM
  7. Religius
  8. Saman
  9. Cambuk
  10. Rencong
  11. Cut…..ย  (kalau ada nama yang pakai kata2 Cut, brarti dari Aceh๐Ÿ˜€ )
  12. Sabang

3. Sebutkan 12 jenis masakan yang menjadi favoritmu.

  1. Sayur slada
  2. Kentang
  3. Kolak
  4. Sate ayam
  5. Bergedel
  6. Pecel Lele
  7. Cakwe
  8. Mie ayam
  9. Nasi goreng
  10. Bakso
  11. Soto
  12. Kupat tahu

4. Pilih 12 blog lain yang belum mendapatkan #resolusi12!

  1. Dhenok
  2. Ust. Muhaimin Azzet
  3. Mas Achoey
  4. Abi Sabila
  5. Mas Adi Nugroho
  6. Tina Latief
  7. eehmmmm,,,, 6 aja deh dari saya, biar yang lain dapat dari sahabat yang lain๐Ÿ˜€

5. Buat 12 pertanyaan lain untuk 12 blog pilihan Anda! Atau pertanyaan yang sama seperti ini juga boleh ^^

Untuk sahabat-sahabat yang saya sebutkan di atas, bila berkenan, silahkan menjawab pertanyaan berikut ini:

  1. Deskripsikan diri Anda dalam 12 kata
  2. Sebutkan 12 hal yang Anda ketahui mengenai Brebes.
  3. Sebutkan 12 judul buku favorit anda.
  4. Pilih 12 blog lain yang belum mendapatkan #resolusi12!
  5. Buat 12 pertanyaan lain untuk 12 blog pilihan Anda! Atau pertanyaan yang sama seperti ini juga boleh ^^

Alhamdulillah, selesai juga tugas dari bang Dmilano. Sekarang tinggal tugas dari ibunya anak-anak, dan berikut ini adalah pertanyaannya:

1. 12 kelebihan Anda

Wah,, berat nih pertanyaannya. Kelebihan ini diukur dari mana yah? Kalau diukur dari kecerdasan, masih kalah cerdas sama yang ngasih pertanyaan. Dilihat dari kesederhanaan, masih kalah juga sama yang ngasih pertanyaan. Jadi untuk pertanyaan ini, saya deskripsikan seperti ini aja ya bu. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Dari kelebihan dan kekurangan inilah, hendaknya menjadi modal, saling mengisi dan melengkapi untuk bisa menjadi lebih baik.

2. 12 hal yang paling tidak Anda sukai

  1. Hasil panen lebih sedikit daripada hasil produksi๐Ÿ˜€
  2. Dibohongi
  3. Menunggu
  4. Duren
  5. Kopi
  6. Jengkol
  7. Sinetron
  8. Tidak disiplin
  9. Begadang (kecuali kalau nonton bola)
  10. Nonton konser-konser
  11. Hal-hal yang berbau politik
  12. Sifat-sifat buruk lainnya, pastinya tidak saya sukai

3. 12 hal tentang Jakarta

Waah, kayak mau nyalon jadi Gubernur Jakarta aja, harus tahu tentang Jakarta๐Ÿ˜€. Apa yah??

  1. Ibukota Indonesia๐Ÿ˜€
  2. Betawi
  3. Si Pitung
  4. Macet (sudah bukan jadi rahasia umum lagi๐Ÿ˜€ )
  5. Banjir (sering lihat di berita-berita)
  6. Panas (kata temen yang tinggal di Jakarta)
  7. Keras (kata tetangga yang mengadu nasib di Jakarta)
  8. Kejam (kata pepatah, Ibukota lebih kejam daripada ibu tiri :)) )
  9. Istiqlal
  10. Monas
  11. Taman Mini
  12. Ancol

Sudah cukupkah untuk bisa mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta๐Ÿ˜€ ?

4. 12 tujuan wisata yang paling diinginkan

Waduuuhh,, ada-ada aja pertanyaannya. Pengennya ikih ya bu, pengen sih boleh aja, syukur malah tercapai.๐Ÿ˜€

  1. Ziarah Makkah Madinah
  2. Wisata Tanah Air dulu lah, dari Papua, Taman Laut Raja Ampat
  3. Bunaken
  4. Belitung
  5. Pulau Komodo
  6. Gunung Bromo
  7. Danau Toba
  8. Piramida
  9. Tembok besar China
  10. Menara Eiffel
  11. Gladiator Roma
  12. Air terjun Niagara

5. 12 makanan yang paling Anda gak suka

  1. Makanan yang haram (sudah jelas itu maaah…. heheh)
  2. Kopi (ini termasuk makanan atau minuman ya?๐Ÿ˜€ )
  3. Duren
  4. Jengkol
  5. Pete
  6. Daun pepaya
  7. Sate kambing
  8. Makanan yang memiliki rasa manis terlalu tajam
  9. Nyeraahh deeh,,, 8 aja ya bu. Secara tinggal di kampung makannya paling ya tak lepas dari ABG (Awan Bengi Gorengan, (siang malam gorengan..haha)

Dan yang terakhir, 12 bonus pertanyaan. Karena ada 2 orang, jadi ada 24 pertanyaan. Tapi sepertinya ada yang sama pertanyaannya๐Ÿ˜€

1.ย ย Apa arti dari nama Anda?
Mabruri Bn Nasrudin, apa yah artinya. Yang bikin nama kakek saya, mungkin harapan kakeh saya, kelak saya bisa menjadi Haji yang Mabrur. Aamiin. Mabrur itu kan artinya bisa baik, suci, sempurna. Kalau Haji Mabrur berartiย haji yang diterima dan diridhai oleh Allah Swt karena ibadah hajinya telah dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih. Nasrudin artinya manusia yang beragama.
ย 2. Apa maksud judul/tagline blog anda, dan kenapa anda memilih kalimat tersebut?
Mabruri Sirampog, itu menunjukkan bahwa blog ini milik seorang yang bernama Mabruri yang berasal dari daerah Sirampog, sebuah wilayah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sedangkan “Perkuat Ukhuwah dengan Silaturahim” maksudnya, meskipun hanya melalui media blog ini, semoga dapat terjalin suatu silaturahim yang baik, sehingga akan dapat mempererat rasa persatuan dalam persahabatan.
3. Apakah anda pecinta binatang? Jika iya, binatang apa yang anda sukai? (pertanyaan bang Dmilano)
Saya punya tiga jenis binatang piaraan bang, ada ayam, ada kambing, dan ada juga sapi๐Ÿ˜€
Kenapa Anda Ngeblog? (pertanyaan dari Ibunya anak-anak)
Pengen aja. Awalnya sih ya karena iseng, pengen tahu apa sih ngeblog itu. Tapi lama-kelamaan jadi merasakan manfaatnya. Nambah sahabat, nambah ilmu, nambah rezeki, dsb.๐Ÿ˜€
4. Apa yang paling Anda takuti di dunia ini?
Ngikut jawabannya bang Dmilano aja, takut kehilangan iman keislaman saya.
5. Apa yang paling tidak Anda sukai?
Dua pertanyaan yang sama dari dua pemberi soal dan ternyata memiliki jawaban yang sama, yaitu pembohong๐Ÿ˜€
6. Apa yang anda lakukan untuk menjaga lingkungan?
Kebetulan tempat tinggal saya berdekatan dengan area hutan pinus, hal yang saya lakukan untuk menjaga kelestariannya adalah dengan tidak menebangi pohon pinus secara sembarangan.
7. Sebutkan 1 orang yang paling anda cintai!
Harus satu ya? Ga bisa lebih gitu, bang/bu? ya “Ibu” lah tentunya..๐Ÿ˜€
8. Apa yang anda lakukan untuk menjaga kesehatan anda?
Berhubung kemarin baru sakit dan kata dokter terkena gejala thypus, jadi sekarang untuk lebih menjaga kesehatan adalah memperhatikan faktor makanan. Disamping itu juga dengan lebih memperbanyak olahraga.
9. Apa yang anda ketahui tentang Palestina? (Dari bang Dmilano)
Kurang lebih, sama lah seperti jawabannya bang Dmilano. Tempat saudara-saudara kita di sana yang dijajah oleh zionis israel. Palestina itu daerah suci untuk berjihad. Lain daripada itu, Palestina adalah negeri tempat beradanya Masjidil Aqsa, saksi sejarah Israโ€™ dan Miโ€™raj nya Rasulullah.
Apa yang membuat anda menjadi nyaman? (Dari Ibunya anak-anak)

Yang membuat saya merasa nyaman, bila telah terlaksana semua segala kewajiban.

10. Apa hobi Anda?
Membaca, dengerin musik, sepakbola.
11. Apa motto hidup anda?
โ€œ Dalam setiap perubahan detik, harus lebih baikโ€
12. Tahukah anda tentang disabilitas? Apa pendapat anda tentang penyandang disabilitas?
Disabilitas? Sering dengar istilah itu, dan ditujukan untuk yang dirasa kurang dari kita yang sempurna. Tapi buat saya sendiri, mereka tetaplah sama seperti kita yang katanya normal. Karena Allah menciptakan manusia, sebagai makhluk ciptaan yang paling sempurna. Semua sama di hadapan-Nya, hanya keimanan dan ketaqwaan yang menjadi pembeda di hadapan-Nya. Bahkan, tidak jarang justru mereka-merekalah yang bisa lebih dikatakan “sempurna” daripada kita yang sudah merasa menjadi “sempurna”.
Apa yang anda ketahui tentang transportasi umum? (pertanyaan dari Ibunya anak-anak)
Transportasi umum ya alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat banyak, dan hendaknya memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan para penggunanya.
Alhamdulillaahirobbil ‘alamiin… Akhirnya selesai sudah tugas saya. Semoga bang Dmilano dan Ibunya Jenderal & Cantik, puas dengan jawaban yang saya paparkan. Dan untuk sahabat yang mendapat tugas, mohon maaf bila memberatkan. Tiada maksud apa-apa, hanya ingin mempererat silaturahim dan persahabatan saja.๐Ÿ˜€

66 comments

  1. wah PRnya singkat dan padat tapi point2 beranak pinak jadi banyak…

    point 4. Apa yang paling Anda takuti di dunia ini?
    Ngikut jawabannya bang Dmilano aja, takut kehilangan iman keislaman saya.

    Semoga kita tergolong orang yg istiqomah ya… Aamiin 3x

    1. hehe, iya kang. Selama di dunia ini, iman islam tetaplah harus dijaga dengan sebaikbaiknya

  2. sama, dhe juga tidak suka jengkol, pete, dan tidak suka sate kambing.. hahahaha.. tapi kalo kopi dan duren sangat suka.. malah dulu pernah nyoba minum kopi plus duren, enak lho mas๐Ÿ˜€

    tapi tapi tapi, kenapa harus ada nama dhe diatas.. tidaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkk #shock

    1. Awaaa… ada yang ngamukk… hahahaaaa

    2. jiahaha, gimana rasanya tuh ngopi barengan sama duren.. kalo aku mungkin yg ada dalam perut bisa keluar semua dhe..๐Ÿ˜‰

      hahhaha,, silakan merenungkan diri dulu.. qkqkqk

  3. panjang banget postingan serba 12 nya..
    komen dulu baru baca๐Ÿ˜†

    1. ho oh, dua belas kali dua itu..๐Ÿ˜€

  4. Saleum,…
    Hahahaa… dobel nih bang, Luar biasa sudah dapat dijawab semuanya. Trimakasih ya bang. liat tuh mbak dhenok dah ngamuk2 karena namanya terdaftar di DPO. wkwkwkwkkk…. awasss… kaburr ah,…

    1. haha,, iya bang
      itulah akibat dari menunda-nunda pekerjaan..๐Ÿ˜€

      hehe, iya tuh, yg dari palembang kok malah ngamuk2..๐Ÿ˜€

  5. ikut katamu ya Mab, Bunda segera buat deh sebelum peer numpuk. Kita sama2 dapat Dari ibunya anak2 ya

    1. heheh, iya bun..
      sebelum ketimpa sama dua belas dua belas lainnya..๐Ÿ˜€

  6. Tingginya emang berapa mas?๐Ÿ˜€

    1. berapa yah?? terakhir ngukur sih 175-an.๐Ÿ˜€

  7. Tina Latief · · Reply

    weleh saya dikasih PR juga…oke dweh…
    tidak dikasih dead line kan mas?? hehehe

    1. heheh,,
      iyaa, kapan saja bisa kok ngerjainnya.
      cuman saran saya lebih cepat lebih bagus, takutnya ntar kemention sama yang lain juga. jadinya ntar numpuk deh dua belas dua belasnya..๐Ÿ˜€

  8. semoga cita-cita yang Ziarah Makkah Madinah segera terwujud Kang, karena itu akan menyempurnakan ke Islaman kita, amin

    1. aamiin yaa Rabb..
      makasih pak doanya.. semoga Allah segera mengijabah

  9. ALhamdulillah ya Mas, PR sdh selesai…nanti Pak Guru periksa dulu ya???
    Hahahaha

    Salam Takzim,
    Bagus H. Jihad

    1. heheh..
      alhamdulillah pak guru..
      kasih nilai A ya pak?๐Ÿ˜€

  10. makasih ya ngga nempelin nama ku… ๐Ÿ™‚
    selamat ngerjain pr, bagi yang dapat ni pr…
    selamat udah ngerjain pr untukmuuuu
    hahhahaha

    1. huwahhaa,, tadinya sih sudah terlintas nama yisha,
      tp kok malah ga ketulis yah.๐Ÿ˜‰

  11. waduh, jujur sebagai blogger yg baru mulai ngeblog lagi saya belum siap bikin PR. Mohon dimaklum ya sahabatku. Bukan tak menghormatimu, sebagai sahabat aku sangat mengapresiasi penghormatan darimu. Pokoknya, 12 itu jumlah pemain sepakbola. Eh salah ya๐Ÿ˜€

    1. hahahha,, bisa aja mas ahoey ini.. hehe
      ya nda pa2 mas, yang wajib itu yang usianya lebih muda dari saya.. qkqkqkq

  12. Hemm….kayaknya harus lembur tu buat jawab PR nya,,,,

    1. sehari semalem tuh ngerjainnya.๐Ÿ˜€

  13. huaaaaaaa kok susah pertanyaannya ya mas Mab, hohoho…

    1. heheh,, gampang kok mas.๐Ÿ˜€

  14. haduh, banyak amir PRnya, padahal amir aja nggak banyak2 amat, hehe
    wah, semakin mengenal mas mabruri deh.
    untun saja saya ngak dapat PRnya, #ibu2 sok sibuk, hahay

    1. hohoho..
      akibat menunda-nunda pekerjaan bu, jadinya malah numpuk PRnya.๐Ÿ˜€

  15. Pemalu, pendiam, introvet perpaduan yang sering kompak ya, tapi ini kata orang๐Ÿ™‚ Bisa jadi nggak begitu ya๐Ÿ™‚

    12 temapt wisatanya, aku juga mupeng banget๐Ÿ™‚

    1. hehehe,, sepaket katanya sih itu.๐Ÿ˜€

      keinginan sih boleh setinggi mungkin kan bu?๐Ÿ˜€

  16. Horeeee, makasiy Masbrur๐Ÿ˜€

    Psst, nanti nek saya nyalonin Gubernur DKI, dirimu wakilnya yaa๐Ÿ˜›
    Saya jugak pengen ke Roma, MasBrur๐Ÿ˜ณ

    1. hahhaa,,, siaaap bu,,
      kita bersatu untuk membangun Jakarta agar lebih baik.. qkqkqk

      hayo bu ke Roma, tp jangan lupa bawa banteng sendiri, ntar diadu di sana.. haha

  17. Sejujurnya pertama kali liat nama Mabruri Sirampog akang kira itu main2 aja soalnya dalam bahasa sunda si rampog itu artinya yaa si rampok he he he…eee…taunya nama tempat!!!

    1. hehehe,,
      sudah ga heran kok kang, dulu juga banyak yg ngira seperti itu.. heheh
      maka dari itulah, melalui blog ini, saya berusaha untuk mengenalkan Sirampog๐Ÿ˜€

  18. Wahhh…kok ga suka sate kambing sih Mab? hihihihi

    1. ga tau bun…
      enek aja rasanya kalau makan sate kambing. padahal di rumah miara kambing.. qkqkqk

  19. Pendiam, Pemalu, Introvert..ini mah udah satu paket! hehe…

    1. hahha,, iya juga ya bu..
      tpi kadang ada yang pendiam tpi ga pemalu bu..๐Ÿ˜€
      pendiamnya karena jarang bicara, bicara seperlunya aja..๐Ÿ˜€

  20. Seratus untuk regu B๐Ÿ™‚

    semoga hasil panen tahun ini melimpah ruah ya kang.. aamiin..

    1. aamiin kang..
      biar makin semangat nyangkulnya..๐Ÿ˜€

  21. Wah lengkap banget penjabaran angka 12-nya..
    Sayang saya enggak ada di daftar itu. huhuhuuu

    1. mau mas??
      silahkan aja mas ngerjain..๐Ÿ˜€

  22. wuah banyak sekali 12-nya…. istirahat dulu Mab.. ngos2an nggak?

    hehe… hampir sama nih Mab.. makanan yg disukai dan makanan minuman yang nggak disukai… hampir sama semua… sip deh klo ketemuan sama Mabrury nggak ada kendala makanan berarti.. hahahaha…๐Ÿ˜€

    1. heheh,, iya bu,
      makanya kemarin begitu dpt PR dari ibunya anak2, langsung saya kerjakan, sebelum nanti ketumpuk sama 12 12 lainnya hehehe

      hahaha, iya, bu,, kalau saya makanmah yang biasa-biasa saja. tak perlu yang neko2..๐Ÿ˜€

  23. Mantap mas, moga apa yg dicita citakan suatu saat nanti jadi kenyataan.. Aamiin

    1. aamiin..
      makasih paak..๐Ÿ˜€

  24. ya ampuuuun daritadi berusaha menghindar kalau mbaca yang beginian (takut kena tunjuk). udah ah, diem ajah, gak mau BW kemana2 juga. anteng ajah dulu, biar kagak kena tunjuk. hahahahah..

    padahal 12-nya angka kesukaan ku loh…

    dan jawaban Mas Brur buat pertanyaan nomor empat ituloh, mbikin merinding dan tertohok rasanya…

    1. jiahaha,,,
      knpa aku juga mpe ga inget sama mba ais yah? padahal jatahnya 12 orang lho.. hhweheheh

  25. Hehehe…. Syukurlah dah selesai PR nya Sob๐Ÿ™‚

    1. Iyaa, alhamdulillah
      lega bangeettt ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  26. […] PR. Biasanya sih memberikan PR kepada anak-anak. Baiklah karena sudah mendapatkan dari sahabat Mabruri. Maka kali ini saya akan mengerjakan dengan maksimal. Berdasar pengetahuan saya. Tanpa nyontek ke […]

  27. Mohon maaf sekali, Mas Ruri. Sebelumnya saya pernah mendapatkan PR ini dari Mba Mugniar, namun karena satu dan lain hal sepertinya saya tidak bisa mengumpulkan PR ini, semoga tidak mengurangi rasa dan persahabatan yang sudah terjalin baik selama ini. Sekali lagi saya mohon maaf….

  28. […] belas ini saya dapat dari pria kalem tapi tak pendiam dari bumi Sirampog, barang bukti ada disini. Sebenarnya sih saya sudah nolak, tapi pria ini tetap memaksa dengan memakai kalimat pamungkas, […]

  29. Whuaaaa ga suka duren toh Mas? Doh padahal ekye hobi bangets๐Ÿ™‚

    Bergedel tuh maksudnya perkedel kah???๐Ÿ™‚

    Jadi lebih tau tentang siapa Mabruri ituh๐Ÿ™‚

    1. iyaaa, bergedel is perkedel.. hehehe

  30. kehilangan keislaman dan keimanan memang yg paling ditakuti oleh hamba Allah swt yg bertakwa ,Ruri

    pe er yang cukup panjaaaaaang yaaaa…….๐Ÿ™‚
    salam

    1. hehee,
      iya nih bun, gara2 nunda2 PR sebelumnya..๐Ÿ˜€

  31. Sayyidah 'Ali · · Reply

    geleng geleng kepala bacanya, ga bisa membayangkan, kalau pr ini mengenaiku.. mungkin aku akan menghilang dari dunia blog..hehe๐Ÿ˜€

    1. heheehe,, mau apa bu? tinggal ambil ajaaa.๐Ÿ˜€

    1. terimakasiiihhh..๐Ÿ˜€

  32. 12 mengenai acehnya benar-benar mewakili aceh๐Ÿ˜€

    1. hehehehe,,
      mudah2an yg barasal dari Aceh, bisa meluruskan bila ada yg keliru

  33. ngintip cara bikinnnya, P’Ustadz Azzet ngasih pe-er ini๐Ÿ™‚

    1. hhhee,, silakan paakk.๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: