HUT Kabupaten Brebes Ke 334

HUT Kabupaten Brebes, diperingati setiap tanggal 18 Januari. Sejak ditetapkan berdirinya Kabupaten Brebes pada tanggal 18 Januari 1678, maka Kabupaten Brebes, hingga saat ini telah memasuki usia yang ke 334.

Menilik sejarah berdirinya Kabupaten Brebes, banyak versi yang beredar. Namun secara singkat, menurut tante wiki, bahwa mengenai asal – usul nama Brebes di antaranya berasal dari kata “Bara” dan “Basah”, bara berarti hamparan tanah luas dan basah berarti banyak mengandung air. Keduanya cocok dengan keadaan daerah Brebes yang merupakan dataran luas yang berair. Karena perkataan bara di ucapkan bere sedangkan basah di ucapkan besah maka untuk mudahnya di ucapkan Brebes. Dalam Bahasa Jawa perkataan Brebes atau mrebes berarti tansah metu banyune yang berarti selalu keluar airnya.

Nama Brebes muncul sejak zaman Mataram. Kota ini berderet dengan kota-kota tepi pantai lainnya seperti Pekalongan, Pemalang ,dan Tegal. Brebes pada saat itu merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tegal.

Pada tanggal 17 Januari 1678 di Jepara diadakan pertemuan Adipati Kerajaan Mataram se Jawa Tengah, termasuk Arya Martalaya, Adipati Tegal dan Arya Martapura, Adipati Jepara. Karena tidak setuju dengan acara penandatanganan naskah kerjasama antara Amangkurat Admiral dengan Belanda terutama dalam menumpas pemberontakan Trunajaya dengan imbalan tanah-tanah milik Kerajaan Mataram, maka terjadi perang tanding antara kedua adipati tersebut. Peristiwa berdarah ini merupakan awal mula terjadinya Kabupaten Brebes dengan Bupati berwenang .Sehari setelah peristiwa berdarah tersebut yaitu tanggal 18 Januari 1678, Sri Amangkurat II yang berada di Jepara mengangkat beberapa Adipati/ Bupati sebagai pengagganti Adipati-adipati yang gugur. Untuk kabupaten Brebes di jadikan kabupaten mandiri dengan adipati Arya Suralaya yang merupakan adik dari Arya Martalaya. Pengangkatan Arya Suralaya sekaligus titimangsa pemecahan Kadipaten Tegal menjadi dua bagian yaitu Timur tetap di sebut Kadipaten Tegal dan bagian barat di sebut Kabupaten Brebes.

Pada tanggal 1 November 1984, diadakan Seminar penyusunan Sejarah dan Hari jadi Kabupaten Brebes, dan diputuskan bahwa Hari Jadi Kabupaten Brebes ditetapkan pada tanggal 18 Januari 1678.

Di usianya yang sekarang menginjak angka 334, selama pemerintahan berjalan, tentunya banyak sekali perubahan yang terjadi, yang tujuan awalnya pastilah untuk menuju ke arah kemajuan yang lebih baik, namun tidak semuanya itu berjalan dengan baik. Kendala sudah pasti ada. Semua itu saya rasa wajar, asalkan tetap mau berusaha terus dengan sungguh-sungguh ingin melakukan yang terbaik untuk masyarakatnya.

Permasalahan yang sedang hangat-hangatnya tentu saja masalah yang sedang dialami para petani bawang. Mengenai bawang impor, semoga Pemda Brebes bisa memberikan yang terbaik untuk para petani bawang. Kemiskinan juga masih menjadi PR buat seluruh elemen masyarakat Brebes. Sarana prasarana juga belum merata menyeluruh ke wilayah Brebes. Masih banyak wilayah-wilayah di Brebes yang belum memiliki sarana prasarana yang memadai. Akses jalan yang masih sulit, dan masih banyak lagi persoalan yang harus diselesaikan.

Semoga saja dengan momen hari jadi Kabupaten Brebes ini, seluruh lapisan masyarakat, bahu membahu berusaha untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Beberapa harapan masyarakat di hari jadi ini, semoga Brebes kembali menjadi benar-benar BERHIAS (Bersih, Hijau, Indah, Aman, Sehat).

Bersih: Bersih lingkungannya, bersih birokrasinya dari aroma KKN, bersih orang-orangnya baik jiwa maupun hatinya.

Hijau: Semoga wilayah Brebes tetap terjaga kehijauannya. Hutan-hutan yang masih ada harus terjaga kelestariannya.

Indah: Dengan lingkungannya yang bersih, alamnya yang hijau, ramah tamah orangnya, tentu saja itu akan sangat indah dipandang.

Aman: Aman dari segala mara bahaya, aman dari segala bencana, aman dari tindak kriminal, kerukunan tetap terjaga, tepo seliro, andap ashor dijunjung tinggi.

Sehat: Sehat lingkungannya, sehat masyarakatnya, sehat jiwa raganya.

Hari ulang tahun Kabupaten Brebes ke 334 ini, semoga membawa perubahan yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakatnya, dan semoga Allah memberkahi. Aamiin.

Satu persembahan lagu dari Brebes dalam rangka HUT Kab. Brebes ke 334, inilah dia, kebanggaan masyarakat Brebes, “NDOG ASIN”Β Β πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Referensi: wikipedia, Kab. Brebes, youtube

54 comments

  1. Wah, nembe ngarti ana lagu “ndog asin” sung… Dunlud ah..

    1. hihih,, monggo mba..πŸ˜€

  2. Semoga Brebes makin maju ya BrurπŸ˜‰

    Kayaknya yang buat tulisan ini cocok deh jadi calon Bupati 20.. berapa gituπŸ™‚

    1. aamiin buu….
      semoga rakyatnya tetep semangaat meskipun persoalan begitu pelik.

      hehehe,, mohon dukunganny bu. hahhaa… Gak ah, enakan jadi rakyat aja bu,πŸ˜€

  3. Semoga menjadi kota yang makmur dan rakyatnya sejahtera

    1. aamiin..
      harapan kita semua tentunya mas ris..πŸ˜€

  4. semoga brebes makin sukses

    1. aamiin..
      sukses sehingga membawa kemakmuran untuk bangsa indonesia

  5. Bara berarti hamparan tanah luas dan basah berarti banyak mengandung air. aku baru tau kangπŸ™‚ dan baru tau juga klo Brebes BERSIH. klo cilacap Bercahaya #GaAdaYgTanya

    1. hohoh,, Banyumas Satria ya kang..
      brebes yg tiap hari Berhias, tapi yang Ayu kok malah Slawi kang..πŸ˜€

  6. cinta daerah sekali nich….mantab sob…!
    smoga semua daerah di Indonesia mjd “gemah ripah loh jinawi”….
    #gagtahuartinyasya

    1. heheheh
      intine makmur lah ya .. hehe

  7. selamat ulang tahun untuk Kab. Brebes, semoga bisa benar2 menerapkan BERHIAS di kabupaten tercintaπŸ˜€

    1. aamiin..
      terimakasih bu.. pokoknya brebes harus BERHIAS,,,πŸ˜€

  8. Hihi endhog asin memang terkenal dari Brebes yak…
    Selamat ulang tahunnn…
    Mas kasih kado apa ke Brebes?πŸ˜€

    1. ga ngasi apa2,,,
      malahan lagi ngarep dikasi traktiran sama brebes mba..πŸ˜€

  9. dah lumayan tua juga rupanya berebes.. hehehe, jadi ingat kampung..

    1. hik…hiks.. yg lagi galau rindu kampung..πŸ˜€

  10. Selamat hari jadi Kota Brebes untuk warga Brebes, semoga dapat terus maju dan selalu dapat meningkatkan potensi daerahnya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. aamiin..
      terimakasih pak, semoga kemakmuran masyarakatnya terpenuhi…

  11. wah, itu sejarah panjang kota brebes ya, hehe saya malah belum pernah menuliskan sejarah kabupaten dimana saya tinggal “)

    1. ayoo cari sejarahnya, buat wawasan kita

  12. aw komentar saya sebelum ini masih menunggu moderasiπŸ™‚

    1. hehe,, orang baru wajib lapor RT RW setempat dulu.. ;))

  13. Semoga Brebes terus behias.
    Miris banget dengar berita bawang di tv😦

    1. aamiin…
      makasih kak doanya…
      iya,, semoga saja rakyat Indonesia masih cinta bawang produk dalam negeri

  14. aku sedang baca buku Babad Tanah Jawi tp sepertinya belom sampai ke Adipati Trunajaya
    menarik nih

    1. waahh,,,
      pengen baca juga jadinya..πŸ˜€

  15. Tina Latief · · Reply

    wah sudah tua bangka ini desa,,,hehehehe
    happy anyvers ya…
    yang penting masih ijo royo-royo…

    1. hohohooh..
      ya iyalah,, sudha sejak zaman kerajaan duluuu

  16. Dirgahayu Brebes, semoga senantiasa merembeskan berkat penghidupan dan kedamaian bagi penduduknya. Salam

    1. aamiin,,,
      makasih bu doanya,,
      semoga berkah untuk masyarakatnya

  17. Sayyidah 'Ali · · Reply

    aamiin ya Robbal ‘alamiin..
    umur yang cukup tua, tentu bisa jadi panutan kabupaten- kabupaten lainnya..
    semoga makin berkah..

    1. aamiin ya Rabb…
      iya, sudah satusan ternyata usianya..πŸ˜€

  18. Slamat ulang tahun ke-334 semoga kota Brebes kian BERHIAS…

    1. aamiin…
      makasih pak doanya. semoga bisa terwujud secepatnya

  19. Selamat ultah untuk kota Brebes. Moga makin BERHIAS

    1. aamiin,,
      terimakasih bang…πŸ˜€

  20. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri…

    Selamat Ulang Tahun buat kota Brebes yang tentunya memberi sejuta makna dalam kehidupan warga di sana. Begitu panjang sejarah kronologi yang mengisi kemenjadian kota Brebes sehingga hari ini.

    Subhanallah, sudah ke 334 tahun. Kalau Mabruri ini, generasi ke berapa ya ? Sebuah pembongkaran sejarah yang mengesankan untuk diambil iktbar dari sebuah keteguhan generasi masa lalu.

    Mudahan generasi muda masa kini bisa mengambil banyak pengajaran dari perjalanan hidupnya untuk dihargai sebagai khazanah bumi yang harus dipertahankan sehingga akhir hayat.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.πŸ˜€

    1. ‘Alaikumussalam wr wb bunda…

      alhamdulillah, terimakasih bun.
      sejarah yang panjang, namun sudah banyak yang lupa bahkan tidak tahu ttg perjuangan berdirinya kabupaten brebes ini.

      Wah, saya generasi yang ke berapa yah? ga tau bun.. hehe.

      aamiin, semoga momen ultah ini dapat memberikan dampak perubahan yang baik untuk brebes khususnya, dan tentunya untuk bangsa Indonesia.

  21. Selamat untuk brebes…dan sukses untuk bloggernyaπŸ™‚

    1. aamiin,,
      makasih Bli..πŸ˜€

  22. btw..ada yang tahu nggak apa arti dari tulisan yang ada dilogo kalau g salah baca MANGESTI WICARA EBAHING PRAJA

    1. Mangerti Wicara Ebahing Praja, artinya bisa mengartikan angka tahun berdirinya kang, yaitu 1678.
      Kalau secara harfiyah, artinya rakyat brebes beserta pemerintahannya berusaha bertekad untuk membangun demi perubahan bangsa ke arah yg lebih baik.

  23. dhe baru tau mas, ternyata baca Brebes itu mrebes yaa?? mrebes sama mrembes beda atau sama mas?? soalnya dhe sering denger yang mrembes..

    1. sama dhe,,,
      mrebes kadang jg ada yg ngucapnya mrembes, ya artinya mengalir air gitu.. Seperti mrembes air mata ini..πŸ˜€

  24. Saleum,
    Harus ada perbaikan yang dapat dirasakan oleh masyarakat, jika tidak berarti pemerintah tidak sejalan dengan amanah sebagai pemangku masyarakat. ya kan bang?

    1. bener sekali bang….
      harus ada kerjasama yg baik antara pemda dan masyarakatnya..πŸ˜€

  25. nonton lagunya dulu sob dog asin hehhehehehehehe……….

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. heheh,,silakan mas,,
      sambil makan ndognya ya?πŸ˜€πŸ˜€

  26. wuaaah,
    Selamat untuk brebes dan semua warga nya,
    Semoga sukses dan sejahtera semuanyaa..
    Heheh

    1. aamiin, makasih mas..πŸ˜€

  27. Hadir lagi bang mab membawa kabar bahwa ada PR nih yg harus ditinjaklanjuti, hehehe

    http://cangkirkupi.blogspot.com/2012/01/resolusi-12.html

    1. hehehe, ke TKP dulu bang,,, ambil PRnya..πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: