(Bukan) Uang Palsu

Waspada terhadap uang palsu memang sangat perlu, guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan, yang nantinya akan merugikan diri sendiri.

Namun, apa jadinya jika karena kurangnya pemahaman ataupun kurangnya info yang kita terima, sehingga menganggap uang yang dikira palsu itu, ternyata adalah uang aseli dan syah untuk proses jual beli??

Seperti yang terjadi pada saya kemarin. Ceritanya ada seorang teman yang menukarkan uangnya kepada saya, pecahan seratus ribu rupiah. Awalnya saya tidak terlalu memperhatikan secara jeli. Dari sekilas warna dan gambarnya saja sudah jelas itu uang pecahan seratus ribu. Akhirnya saya langsung kasih dia uang tukarannya itu, dan saya pun menerima uang pecahana seratus ribu tersebut. Begitu akan saya masukkan ke dompet, nah keanehan baru saya sadari. Ternyata uang pecahan seratus ribu tersebut, nampak berbeda dari pecahan seratus ribu yang saya kenali.

Uang saya terima, nampaknya permukaan lebih kasar, warnanya terlihat lebih mencolok, dan yang bikin lebih curiga lagi adalah adanya dua tanda lingkaran pada salah satu bagiannya. Sontak saja saya menghentikan teman saya tersebut, dan menahannya untuk sekedar mengklarifikasi keaslian uang seratus ribu tersebut.

Menurut teman saya, itu uang asli. Pecahan seratus ribu yang baru katanya. Namun saya belum yakin begitu saja. Kebetulan juga saya sedang di depan komputer. Akhirnya, untuk benar-benar memastikan tentang keaslian uang itu, saya bertanya sama mbah google. Setelah melakukan pencarian, akhirnya baru percaya, kalau memang uang itu adalah uang aseli. Dan ternyata juga, hal serupa juga terjadi pada pecahan lima puluh ribu rupiah. Hanya saja yang ada pada pecahan lima puluh ribu, berupa gambar segitia dua buah. Hadeeehh…Baru tahu saya.. hehe.. Lalu, apa maksud dengan diberi tanda dua buah lingkaran ataupun dua buah segitiga itu ya? Sahabat Ada yang tahu?πŸ˜€

Seratus ribu yang membuatku bingung..πŸ˜€

Maafkan saya ya teman, karena kurangnya informasi yang saya terima. Sampai akhirnya, tetep mbah google yang jadi andalan.πŸ˜€πŸ˜€

Dari peristiwa itu, sebenarnya siapa yang salah? Saya yang kurang tanggap dengan info-info terbaru, atau memang karena kurangnya sosialisasi dari pihak terkait, bahwa mereka telah mengeluarkan uang dengan model yang baru.πŸ˜€

Waspada terhadap uang palsu, tetap harus diterapkan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak kita inginkan. Ingat 3 D: Dilihat, Diraba, Diterawang.πŸ˜€

60 comments

  1. eh,, saya belum nemuin yang ada lingkar2nya begitu..

    1. naahh, untung sudah baca ini, jadi nanti kalau nemuin yang ada lingkarannya, nda usah bingung ya..πŸ˜€

  2. saya juga ga pernah merhatiin tuh ada lingkaran atau engga nya… hadeeh

    1. hihih,, ati2 mas, mulai skarang harus lebih jeli.πŸ˜€

  3. Saleum,
    Hampir saja merasa ditipu ya bang..?!
    Mbah google memang pinter, dapat menjelaskan pada kita secara terperinci. hidoep mbah gugel… hahaha…
    saleum dmilano

    1. heheh,, selalu mbah google yg jadi pelarian..πŸ˜€

  4. dan anehnya mesin setor tunai belum mengenali uang baru ini, buktinya tadi malams etoran saya ditolak terus, sempat juga ngeri klo duitnya do palsu kabeh … moga2 sih engga hehehe … eh beneran engga maksud sayaπŸ˜€

    1. huwaaahh,, brarti kalau seperti ini emang sosialisasinya yang masih kurang yah? Mereka asal ngeluarin uang baru aja, tanpa dibarengi dg sosialisasi yang maksimalπŸ˜€πŸ˜€

  5. Irfan Handi · · Reply

    Wah… untung baca artikel ini Mas, jadi ntar pas ketemu yang begini gak bingung. Makasih ya…πŸ™‚

    1. heheh,,, alhamdulillah ya, ternyata malah memberi informasi untuk para sahabatπŸ˜€

  6. sejak bulan kemaren nggak pernah megang uang berwarna merah itu mas brur, jadi gk tahu kalo ada uang baru.. hahahahahahahπŸ˜€

    akhir plus awal tahun bener2 bikin kantong jebol.. #curcol

    1. hihihih,,,
      mau tek subsidi?? hahhaa

  7. Agung Rangga · · Reply

    hehe, saya juga baru tau kalau ada pecahan uang baru~😳

    1. asiiikk, ternyata ada yang nemenin..πŸ˜€

  8. saya ga tau artinya,
    cuma sebelumnya saya juga sempat deg-deg an aseli di kira palsu ini,
    yang pasti yang bulatan dan segitiga, dua-duanya tanda tangan gubernur BI nya tahun 2011.

    1. heheh,,
      iya yah, aneh juga maksudnya apa tanda itu?πŸ˜€

  9. harus lebih jeli…saya juga mau googling bagaimana membedakan alamat palsu dan alamat asli wkwkwk

    1. kalau alamat palsu itu ayu tingting, sdang alamat asli itu cici faramida mas..πŸ˜€

  10. Sayyidah 'Ali · · Reply

    baru tau ada uang baru,,
    ” pecahan” ya Mab.. kalau di Banjar itu bukan lagi pecahan Mab.. uang gede kali ya πŸ˜€

    1. jiahahhaa,,,,
      sama ajalah Umi, mau pecahan mau gede, tetep aja nilainya segitu..πŸ˜€

  11. waduh..aku juga baru tau kok, Mab…

    1. hihihi,, ternyataaa..πŸ˜€

  12. walah…aku juga baru tahu ttg 2 lingkaran & 2 segi3 itu.. hm, makasih ya Mab…meskipun katamu kau kurang informasi tp malah skg jadi sumber info kan…πŸ™‚

    1. heheh,, iya ya mbaa,,
      kirain cuma aku aja yang belum tau.. ;))

  13. aku juga gak tahu kalau ada uang baru, setelah ambil di atm kok beda ya uangnya setelah diberitahu teman baru deh tau

    1. hehe, untung belum sempet komplain ya bu..πŸ˜€

  14. Lha, saya juga baru tahu
    maklum jarang pegang duit 100 ribuan sih

    1. tp pegangnya yg 5orb-an ya cak??πŸ˜€πŸ˜€

  15. jarang transaksi bisnis sih. sering bayarnya di kasir toko atau resto aja dari hasil uang gaji. tapi lain kali aku mau perhatiin uang yang aku pake bayar atau terima deh. soal lingkaran gak tau, emang mbah google gak kasih tau ya makna lingkaran itu

    1. si mbah kayaknya juga belum mau ngasi tau makna dari lingkran atau segitiga itu mba….πŸ˜€

  16. iya..dulu pertama juga aku heran kok ada 2 lingkaran dan 2 segitiga?? tapi untungnya saat itu saya dapetnya dari bank, jadi engga komplain!! πŸ˜€

    1. heheh,, lah saya mah jauh dari bank..
      jadi ya bener2 kaget dapat uang baru itu.. untung mbah googlenya malah lebih deket..πŸ˜€

  17. aku kmaren juga ngalami hal yang sama brur. g nyadar pas dikasi duit ama pembeli.eh besoknya baru nyadar kalo duitnya agak beda. tp dsimpan aja buat pengalaman… eh pas ambil i atm, loh ko trnyata sama… ga mungkin donk di bank nya kasi duit palsu….

    1. hehehe,,, iyaa,,
      tadinya juga kalau ga ada mbah google, aku coba mau menghubungi pihak bank,, eh ndilalahe mbah google sudah selalu siaap..πŸ˜€

  18. wah, mas mabruri kayaknya sampean bukan kurang informasi, tapi kurang pegang duit ratusan ribu. wkwkwkwkwkwkw
    piiisssssπŸ™‚

    1. huwahahah,,, itu mungkin yg paling tepat mas…πŸ˜€πŸ˜€

  19. Masak ada uang baru 100 ribuan,,katanya yang 50 ribuan juga ada yang baru,,yang saya tau uang 10 ribu dan 1000 aja Mas hehehe,,sipp bermanfaat sekali

    1. iyoo, lima puluh ribu juga ada, gambarnya segitiga dua buah..πŸ˜€

  20. Ttp Waspada..!!
    sambil nyanyi
    Dilihat.., Diraba.., Diterawang…

    1. hehehe,,
      jadi inget iklannya kan bu..πŸ˜€

  21. walo berita ini sudah saya dengar lebih dari sebulan, tapi sampai saat ini saya malah belum megang uang yang baru itu Kang. Kira-kira uang baru baunya lain nggak ya Kang ? hhhh

    1. heheh,, saya ngga ingus2 kemarin pak,, cuma meraba2 & menerawang tok..πŸ˜€

  22. Saya malah baru tahu sekarang ini…

    1. alhamdulillah ya paak., jadi sudah tahu sekarang..πŸ˜€

  23. Ingat 3 D: Dilihat, Diraba, Diterawang …

    oohhh … artinya bukan Diputer, Dijilat, Dicelupin ya?πŸ™‚
    hehehe

    1. itu oreooo..πŸ˜€

  24. Kalo award dari akang Insya Alloh asli. Mohon diambil di http://ndiel2.wordpress.com/award/

    1. makasih kang..πŸ˜€

  25. emang harus diraba, diterawang, ya mas?

    1. yaa, kalau ga mau ya nda pa2..πŸ˜€πŸ˜€

  26. makin canggih teknologi uang, makin canggih pula trik pemalsuan. Bener ngga, mas?πŸ˜€

    1. betul itu,, semakin tinggi, semakin kencang pula anginnya..πŸ˜€

  27. yg aneh ya BI Mab.. nggak ada sosialisasi tiba2 ngeluarin uang baru.. yah jelas masyarakat bingung lah yaa… ckckck…

    1. hehehe,,
      iya bu, tadinya ya saya pikir karena saya yang kurang informasi atau apa,, eh ternyata masih banyak juga yang belum tau..πŸ˜€

  28. Hehehe edisi baru ya.
    Sosialisasinya memang kurang >,<

    1. bener2 kurang pastinya..

  29. Pengalamannya sama pas saya pertama lihat pecahan sepuluh ribu di Damri. Dulu sempet protes ke kondektur kalo saya dapat uang palsu hahaha, betapa katronya saya. Tapi, tetap waspada mas … Dilihat, diraba, diterawangπŸ˜€

    1. heheh,
      iya, tetep kudu waspada.πŸ˜€

Leave a Reply

