Banjir Brebes

Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kebanjiran. Di Kabupaten Brebes pun, khususnya wilayah Brebes Utara juga terendam banjir. Banjir ini disebabkan karena jebolnya tanggul Sungai Ciapit di Desa Mundu, Kecamatan Tanjung, dan Sungai Bancang di Desa Randusari, Kecamatan Losari. Kedua kecamatan tersebut bertetangga dan saling berbatasan.

Warna merah, adalah 4 kecamatan yang beberapa daerahnya terkena banjir

Banjir Brebes ini secara keseluruhan melanda 16 desa di empat kecamatan di Kabupaten Brebes, yaitu Kecamatan Tanjung, Losari, Kersana, dan Banjarharjo. Ke-empat kecamatan tersebut masuk dalam wilayah Brebes Utara. Sedangkan untuk wilayah Brebes Selatan, semoga saja selalu dalam keadaan kondusif, aman, dan terhindar dari segala bencana.

Seperti yang diketahui, untuk wilayah Brebes Selatan sendiri adalah wilayahnya berupa pegunungan. Jadi harus tetap waspada terhadap intensitas hujan yang masih terus meningkat. Bahaya bencana longsor yang sudah-sudah terjadi sebelumnya harus tetap diwaspadai.

Kita do’akan saja, semoga banjir yang melanda wilayah tersebut segera surut, sehingga aktivitas warganya kembali normal seperti biasanya. Terutama anak-anak sekolah, kasihan mereka yang seharusnya sudah mulaiΒ  masuk sekolah lagi tanggal 2 Januari 2012 kemarin, namun karena banjir juga merendam sejumlah sekolah, akhirnya terpaksa diliburkan.

Sekolah terendam banjir

Pengumpulan Dana Peduli Banjir Brebes oleh Warga Brebes Selatan

Β Bagaimana dengan keadaan kota, dimana para sahabat tinggal? Apakah aman dari terjangan banjir? Mudah-mudahan lah ya. Yang penting, kita harus tetap terus berusaha untuk menjaga lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya, dan jangan lupa untuk selalu berdo’a saat hujan turun, “Allahumma shoyyiban naafi’an (Ya Allah.. Turunkanlah hujan yang bermanfaat)”.

Photo: sekolah & Pengumpulan Dana

45 comments

  1. saya kemarin seminggu di jogja ujan dan banjir mas, hadehhh

    1. hihihhi,, jogja banjir juga tho??πŸ˜€πŸ˜€
      Blitar gimana mas?

  2. alhamdulillah ga banjir, dan semoga aja ga akan banjir…

    1. alhamdulillah,, Bau2 mudah2an aman dari segala bencana

  3. wah, ternyata bukan hanya di jember aja yang banjir
    ternyata di daerah2 lain juga banyak yg banjir..
    semoga segera surut sehingga bisa segera beraktifitas..

    1. heheh,,
      iya nih, tumben2an di Brebes juga kebagian banjir juga. padahal sebelum2nya gak,,
      iya, semoga segera surut

  4. ada beberapa tempat yang banjir juga sekitar sini mas

    1. hmm,, mudah2an ga terlalu parah ya bu.

  5. Waduh, bagaimana dengan sentra bawang merah dan telur asinnya?😦

    1. ya sebagian ikut terendam banjir juga mas.😦

  6. Sayyidah 'Ali · · Reply

    aamiin..
    ikut prihatin…😦
    tuk banjarmasin Alhamdulillah masih aman Mab,, mudahan saja tidak terkena banjir,,

    1. alhamdulillah, semoga saja ya umi..
      yang lagi banjir juga mudah2an cepet surut dan bisa mengambil hikmah yang telah terjadi

  7. Selama tinggal di Bintan belom pernah kebanjiran sih, Mab. Kalo kekeringan sering..hehehe…

    Semoga banjir cepat berlalu.
    Eh, aku suka banget foto profil fb-nya Mabruri. Sudah lama sekali aku tidak melihat pemandangan sejuk seperti itu..hmmm..

    Nggg….Mab *malu-malu* ikut saweran di blog-ku ya…
    *teuteuuuuppp promosi*πŸ˜›

    1. hihihihi,, mending mana bu, banjir atau kekeringan?? ya gak dua2nya lah ya..πŸ˜€πŸ˜€

      hehe,makanya pulang ke Jawa bu.. hihihi *ngiming2i,, mudah2an di bintan juga tetep hijau nantinya.πŸ˜€

      siaaaaappp buuuu.. tunggu saja tanggal mainnya.πŸ˜€

  8. Waduhhh,😦
    Kalau di tempatku ga banjir ^^

    1. alhamdulillah yaa,, mau tukeran??πŸ˜€πŸ˜€

  9. alhamdulilah akhirnya muncul lagi di dunia persilatan…eh perblog-an ! Di Bogor sini ga banjir, cuma hujan ga berhenti2 sepanjang hari. Banjir nya sudah terkirim ke Jakarta. hm…maaf warga Jakarta 😦

    1. hehe, iya bu, alhamdulillah, sesuatu banget yaa.. ;))

      hehe,, kasihan banget yang ada di jakarta ya bu?πŸ˜€

  10. pontianak banjir juga nih :))

    1. heheh,, semoga ga terlalu besar ya mba’.πŸ˜€

  11. Bogor masih aman terkendali sobπŸ˜€
    smoga daerah2 lain terhindar dari segala bencana di musim penghujan ini ya…..

    1. alhamdulillah, kalau masih aman. semoga saja memang terkendali.πŸ˜€

  12. Abed Saragih (disave.blogspot.com) · · Reply

    sama mas ditempat saya juga curah hujan cukup tinggi.

  13. kita selalu berharap hujan membawa berkah, terutama untuk para petani
    namun, bila banjir itu harus datang juga, bukanlah kesalahan alam, namun manusia juga yang lalai😦
    ingatan bunda lantas melayang pada para petani bawang merah , bagaimana nasib lahan mereka yaaa…………….
    salam

    1. iya bun,, tentunya manusianya sendiri yang harus berinstrospeksi mengapa banjir ini bisa terjadi.
      Iya, banyak sawah2 yang terendam banjir kemarin bun, dan tenunya bawang2 ini juga ikut terandam. Kerugian yg sangat besar tentunya buat para petani bawang.
      Ya,, semoga saja bisa mengambil hikmah dari kejadian ini.
      salaam

  14. Walah mas, itu photonya kok mengingatkan saya pada masa SD, SD saya di jawa timur juga suka kebanjiran dulu..
    semoga bencananya tidak meluas, dan tidak terlalu mengkhawatirkan..tetap waspada soale masih musim penghujan kan…semoga pemerintah segera turun tangan…

    1. heheh, iya mam, kasihan mereka ya anak2 sekolah.
      ya semoga saja cepet surut dan tanggul yg jebol segera diatasi.

  15. benar, di sini juga hujan terus.. jadi ingat, tahun kemarin musim tidak ada musim kemarau

    1. hmmm,, tapi ga banjir, kan?πŸ˜€

  16. OLD PENSIONERS · · Reply

    Mari kita jaga lingkungan agar tak ada lagi bencana banjir

    1. mari mas..πŸ˜€

  17. Jasa back link

  18. peringatan agar kita menjaga keseimbangan alam

    1. yups, bener sekali.
      alam ini akan baik selagi manusianya juga baik terhadap alam

  19. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri…

    Sungguh beruntung bagi penempatan di tempat tinggi dan tidak pernah didatangi banjir. Semoga yang selalu mengalaminya hampir setiap tahun, tetap bersyukur dan bersabar atas musibah atau ujian alam yang melanda ini. Iya.. itulah sahaja tempat berteduh yang ditakdirkan Allah.

    Namun begitu, kita juga harus bersiap siaga sebelum musim hujan dengan persediaan mental dan fizikal bagi proses keselamatan agar tidak kerugian harta dan nyawa apabila tiba masanya.

    Hujan selalu menangis kerana kegiatan manusia yang membuatnya sedih dan “mengamuk”. Maka, hargailah apa yang dikurniakan Allah buat kita.

    Salam hujan juga dari Sarikei, Sarawak.πŸ˜€

    1. ‘Alaikumussalam wr wb umi..

      ya begitulah,, sesungguhnya yang terjadi di dunia ini, tentunya akibat ulah manusianya sendiri. Alam yg dulu begitu berkesinambungan, namun sekarang sudah tidak seimbang lagi.

      sekarang sepertinya sudah tidak bisa senyaman dulu, yang di dataran rendah waspada banjir, yang di dataran tinggipun waspada longsor. Ya serahkan saja pada Allah SWT.

      salaam

  20. Saleum,
    Rumah bang mab apa terkena banjir juga? semoga cepat surut banjirnya bang.,
    Bang mab, blog “Cangkir Kupi” ingin bertukar link, boleh kan? link blog bang mab sudah saya pasang
    saleum dmilano

    1. alhamdulillah, tempat tinggal saya, di brebes selatan aman bang..πŸ˜€

      oke bang, ntar tek pasang..πŸ˜€

  21. semoga cepat surut.. kembali beraktivitas seperti sediakala ya…

    1. aamiin,, makasih buu.
      kasihan bawangnya..πŸ˜€

  22. Alhamdulillah di tempatku belum banjir
    cuma sedikit genangan air karena selokan yang mampet

    1. hehe,, nah itu selokan buru2 diperlancar, biar nanti ga nambah parah.πŸ˜€

  23. Amin ya rabbal’alamin.. semoga Allah menurunkan hujan yang membawa rizky…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: