Gurindam Muharam dalam 33

Layar terkembang tanda dibuka
Ku awali salam sebagai pembuka

Kalaulah Dzulhijjah telah berakhir
Kini Muharam datang menghampir

Bila berjuta harap telah terpatri
Berusahalah semoga terwujud di tahun ini

Tak usah disesal yang telah terjadi
Jadikan pelajaran di lain hari

Bila selalu terkenang masa lalu
Kau kan terbelenggu dan tak kan maju

Bila masa lalu berlumur dosa
Segera bertobat pada yang Kuasa

Bila harta telah berlipat-lipat
Lihat nisab untuk segera berzakat

Buka mata buka hati
Agar tercapai ridho Illahi

Tetap berpedoman pada agama
Agar hidup sentosa selamanya

Meskipun tangan tak mampu berjabat
Ku sampaikan salam sebagai pengikat

Kalaulah Allah telah berkenan
Kita kan jumpa di lain kesempatan

Bila Dzulhijjah telah meninggalkan
Selamat tahun baru hijriyah aku sampaikan

******

Sebelas hal baru tentang Saya dan Keluarga

Sejak kepergian almarhumah adik, belum pernah poto keluarga lagi. Ini yang terbaru, saat idul fitri lalu. (Dari kiri: Bapak, nenek, & Ibu. Yg berkerudung putih, tamu. Sedangkan saya yg motret :D)

  1. Dalam keluarga, kini tinggal 3 anggota keluarga, yaitu Bapak, Ibu serta saya sendiri, setelah Adik dipanggil terlebih dahulu oleh Allah SWT.
  2. Bapak & Ibu menjadi lebih perhatian sama saya. Mungkin karena tinggal satu-satunya harapan mereka.
  3. Kepergian adik, kini diganti oleh nenek dari pihak Bapak dalam keluarga. Ya, semenjak adik telah tiada di dunia, biar suasana rumah tidak sepi, akhirnya nenek yang dulu ikut tinggal bersama anaknya yang paling terakhir, kini memilih tinggal bersama kami.
  4. Sekarang Ibu lebih sering nungguin buat makan bareng saya dari pada makan bareng sama Bapak, kalau pas jam makan, saya belum ada di rumah.
  5. Dalam bulan sebelas ini, sahabat-sahabat dari “Gnatyx“, 3 diantaranya mendahului saya untuk menjalani kehidupan baru dalam bingkai rumah tangga, yaitu Ms. Aerobi, Mba Lia & Mba Melda. Dan terhitung setelah ‘Idul Fitri kemarin, sudah 5 sahabat “Gnatyx” telah mendahului saya dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Selamat buat semuanya..πŸ˜€
  6. Berangkat dari point ke 4 di atas, akhirnya kanan kiri depan belakang, sudah banyak yang menanyakan “Kapan nyusul mereka menikah”, ada pula yang mengajukan “Tuh, anaknya pak ini punya anak perempuan”. Jawaban saya sementara, “iya, terimakasih, tunggu aja ya”πŸ˜€
  7. Lagi mencoba berinvestasi di bidang ternak (sapi), dan suatu saat ingin terjun sendiri secara langsung.
  8. Belum genap sebulan ini, sedang belajar ngeblog di Blogspot. Isinya hanya berupa keisengan jeprat-jeprat kamera saya.πŸ˜€
  9. Jadi lebih sering tidur di ruang tengah atau ruang keluarga. Biasanya setelah isya, kami kumpul di situ sambil nonton tivi dan saya yang paling terakhir tidur, bahkan seringnya tertidur di situ, sampai-sampai bukan saya yang nonton tv, tapi kebalik TV-nya yang nonton saya.πŸ˜€
  10. Baru pertama kali bertemu langsung, bertatap muka dengan anggota keluarga baru, yaitu suami dari kakak sepupu dan juga keponakan saya. Semenjak mereka menikah hingga sekarang sudah mau punya 2 anak, baru sekali bertemu. Itu dikarenakan mereka tinggalnya di Batam.
  11. Sedang menjalankan program “Indahnya Berbagi” bersama para sahabat, yang salah satu tujuannya untuk lebih mempererat tali persahabatan dan silaturahim dengan sesama.

Sebelas janji untuk diri sendiri, cita-cita dan harapan di 1433 H

  1. Ingin lebih meningkatkan Ibadah kepada Allah SWT
  2. Ingin lebih disiplin, terutama masalah “waktu”, dan yang paling utama, ingin mengutamakan shalat tepat pada waktunya.
  3. Berusaha untuk menjadi anak yang lebih baik lagi bagi orang tua
  4. Ingin mengurangi kebiasaan buruk, tidur lagi setelah shalat shubuh. Ini kok ya rasanya berat sekali, tapi mulai saat ini, insya Allah akan diusahakan untuk tidak tidur lagi setelah subuhan.
  5. Lebih peka lagi terhadap lingkungan, karena dengan lebih peka terhadap lingkungan, dengan lebih membuka mata hati, bisa memberi pelajaran untuk lebih bersyukur lagi kepada Allah SWT.
  6. Ingin sekali sering berkunjung ke rumah saudara-saudara yang jauh ataupun juga berkunjung ke rumah para sahabat-sahabat. Minimal sebulan sekali, tiada lain untuk lebih mempererat silaturahmi.
  7. Ingin memberikan warna baru pada pertanian di desa saya. Tapi entah apa bentuknya, masih dalam angan-angan saja. Ya, tiada salah mengawalinya dari suatu mimpi, kan?πŸ˜€
  8. Ingin berkebun strawbery. Ini keinginan sudah lama, namun belum juga teralisasi. Semoga saja dalam waktu dekat bisa teralisasi.
  9. Semoga Allah memberi kekuatan atas amanah yang sedang dijalankan bersama para sahabat yaitu dari program Indahnya Berbagi. Harapanya, semoga program ini akan terus berjalan dengan lancar, sehingga bisa memberi manfaat untuk semua.
  10. Untuk masalah jodoh, insya Allah sudah mulai bertahap mulai direncanakan. Kalaupun belum ketemu siapanya, namun tahap-tahap lain mulai dipersiapkan, seperti dengan lebih rajin menabung dan semoga selalu diberi jalan kemudahan dalam mencari rizki-Nya.
  11. Yang terpenting adalah, semoga saja tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. Allahumma aamiin.

Sebelas hal yang tak ingin diulangi karena buruknya dan yang paling berkesan karena baiknya di tahun 1432 H

1. Menunda-nunda waktu shalat. Ini yang terkadang masih sering dilakukan. Pokoknya tahun ini pengin shalat tepat pada waktunya.

2. Jika saja terlambat, mungkin saya akan menyesali diri saya sendiri sampai saat ini. Alhamdulillah saat itu Allah masih mengizinkan saya untuk menemui Adik untuk terakhir kalinya. Padahal perjalanan menuju Rumah sakit, banyak sekali rintangan. Mulai dari longsornya jalan raya, hingga jadwal pemberangkatan kereta dari Tegal ke Semarang yang tertunda sampai berjam-jam. Alhamdulillah masih bisa menyapa adik untuk yang terakhir kalinya, karena beberapa jam setelah saya datang, adik berpulang ke rahmatullah.

Inilah jalan Pantura yang longsor, yang menghambat perjalanan saya ke Semarang

3. Yang tak kan terlupa tentu saja kebahagiaan saat kami meninggalkan RS. Margono, ketika adik mendapat perawatan untuk pertama kalinya. Waktu itu keadaan sudah membaik, sehingga diputuskan dibawa pulang, ternyata setelah beberapa bulan di rumah, kambuh lagi dan dibawa lagi ke RS Margono, malahan lebih parah, karena harus dirujuk ke RS. Kariyadi, Semarang.

Saat pulang dari RS. Margono-PWT

4. Pokoknya di tahun 1432 H, saat-saat terakhir bersama adik, itulah yang paling berkesan, suka dukanya tak kan pernah terlupa, dari tawa hingga air mata.

5. Alhamdulillah, 1432 H pun, masih bisa bertemu dengan para sahabat seperjuangan sewaktu SMA. Seperti biasa, momen ramadhan pasti dipilih sebagai waktu yang tepat.

Temu kangen bertajuk Bukber

6. Ada satu hal yang bisa saja membuat saya down, ini pada saat saya harus kehilangan adik perempuan saya satu-satunya. Tapi tiada gunanya untuk larut dalam kedukaan, karena hidup terus berjalan. Berusaha untuk sabar dan ihlas dengan semua yang terjadi, karena ini adalah yang terbaik dari Allah SWT.

7. Begitupun dengan suatu masalah-masalah ataupun ujian-ujian hidup lainnya. Larut terlalu lama di dalamnya justru akan memperburuk keadaan. Setiap cobaan pasti mengandung hikmah. Ujian diberikan oleh Allah agar saya bisa tahu sejauh mana tingkat kesabaran saya, kehilangan juga bisa dijadikan tolak ukur sudah sejauh mana tentang keikhlasan saya.

8. Ramadhan & Idul Fitri 1432 H, mengajarkan kepada saya tentang arti pentingnya sebuah perbedaan, bahwa perbedaan itu telah memberikan kekayaan warna dalamΒ  kehidupan ini. Saya yang tinggal dalam suatu masyarakat yang memiliki keyakinan yang berbeda (bukan non muslim maksudnya), telah menunjukkan bahwa perbedaan itu ternyata begitu indah. Idul Fitri 1432 H yang ternyata jatuh pada hari yang berbeda antara satu golongan dengan golongan yang lain, bisa kami terima dengan wajar-wajar saja. Sehingga kami yang tinggal bersama dan hanya menempati satu masjid pun, tetap bisa hidup rukun berdampingan. Satu masjid digunakan untuk 2 kali shalat Idul Fitri, bahkan saling membantu.

9. Untuk kesehatan, gara-gara sering telat makan saya jadi terkena magh. Mudah-mudahan sekarang bisa lebih teratur dalam waktu makan.

10. Tidak akan membiarkan TV menyala sampai subuh hariπŸ˜€

11. Menunda-nunda sehingga menumpuk-numpuk pekerjaan. Ini yang masih sering terjadi di tahun lalu dan harus segera saya tinggalkan.

Alhamdulillah, akhirnya dengan ini, saya beserta keluarga mengucapkan “Selamat Tahun Baru, 1 Muharam 1433 H, semoga bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Aamiin”

Tulisan ini saya ikutsertakan di acara Gurindam Muharam Plus 33 yang diselenggarakan oleh Yunda Hamasah dan Lyliana Thia

85 comments

  1. Semoga Mabruri dan keluarga diberi ketabahan selalu atas kepergian adik ya… insya Allah adik udah bahagia disana..πŸ™‚ amiiin..
    turut mendoakan juga semoga semua yg dicita-citakan Mab bisa terwujud,…
    sukses selalu ya Mab..

    Kami catat sebagai peserta, dan terima kasih udah berpartisipasi, Mab…πŸ™‚

    1. aamiin ya Rabb,,,
      terimakasih bu..

      Duuh, standby nih kayanya pnyelenggara kontesnya. Cepet banget datangnya.. heheh

  2. Invest ternak sapi? waaah, itu keren Mas. Iya, saya doakan moga moga kedepan bisa terjun sendiri di bidang ini.

    jangan pernah lepas doa untuk almarhumah adeknya ya Mas, juga buat kedua orang tua mumpung masih diberi rejeki untuk mbarengi.

    Semoga sukses gurindamnya..

    1. iya mas, lagi tertarik sama sapi kayaknya..πŸ˜€

      insya Allah mas,,,
      terimakasih atas apresiasinya mas,

  3. Wah ini mas mabrur gurindame yo akeh temen -,-
    Hihi, wah mas kapan nikah? :p
    Suksesss yaaa

    1. heheh,,, kurang panjang tuh…

      nikah?? ya nanti kalau sudah terpenuhi semua persyaratannya..πŸ˜€

  4. bagus banget gurindamnya, gak pede nih ikutan kontesπŸ™‚

    Allahummagfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu anha buat adiknya.
    semoga tercapai 11 keinginan di tahun ini
    selamat athun baru 1 muharram 1433 h
    salam kenal

    1. hehehe,, ikutan aja,,
      bukan masalah menang tidaknya, yg penting biar budaya gurindam tetep lestari…πŸ˜€

      aamiiin,, terimakasih ya,
      selam kenal juga

  5. hebattttttttttttt…πŸ™‚
    Alhamdulillah… sudah jadi postingan yang lengkap nian..πŸ™‚

    Turut belasungkawa untuk adikmu ya mas, moga diterima di tempat terindah di sisi Allah SWT

    semoga segera bertemu mbak yang cantik hati dan wajahnya untuk diajak nemenin sampe maut memisahkan..πŸ™‚

    sukses mas…

    1. heheh,,
      iyaa, baru nyadar setelah jadi, owalah ternyata puaanjaaangg banget jadinya.πŸ˜€

      Terimakasih bu, doa2nya, semoga diijabah segera…πŸ˜€

  6. Ejawantah's Blog · · Reply

    Semoga apa yang menjadi harapan dan mimpi di tahun yang baru dapat tercapai dengan selalu mendapatkan kebarokahan.

    Semoga sukses dalam kontestnya.
    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s blog

    1. aamiin ya Rabb…
      terimakasih pak,,

      sukses untuk kita semua

  7. selamat ya ,mas atas progra rencananya!semoga terlaksana dengan ridho Allah yang Maha Kuasa.amiin!
    oia mas, andai sedang tidak kesusu, kita bisa jupa di margono. kan saya org purwokerto..:)

    1. aamiin yaa Rabb,, semoga saja bu, dengan usaha dan doa tentunya.

      heheh,, waktu itu sepertinya kita belum kenalan bu..πŸ˜€

  8. jalinan kosakatanya indah dan penuh makna
    maju terus ya bersama pimpinanNya
    Salam

    1. aamiin,,
      semoga selalu berjalan di jalanNya

  9. Selalu ada hikmah dalam setiap peristiwa ya…
    Allahummagfirlaha warhamha wa’afiha wa’fu anha, semoga almarhumh mendapatkan tempat terbaik disisi-Nya…

    Ikut mengamiinkan semoga semua harapan dan do’a terkabul yaa…
    Termasuk mendapatkan jodoh terbaik ya Bro…

    **bila masih bisa, silakan ditambahkan foto keluargaπŸ˜‰

    1. aamiin ya Rabbal ‘alamiin..
      terimakasih bu doanya.

      hehe,, makasih lagi bu.

      Oya, itu ada poto terbaru lengkap keluarga, tpi lagi sekenanya, karena sejak ga ada adik, jadi males untuk poto keluarga bu..πŸ˜€

  10. waah mas, jadi pengen minum jus strowbery nih.. heheπŸ˜›

    semoga semua niat baik dimudahkan oleh Allah yaaa mas.. dan semoga sang adik mendapatkan tempat terbaik disisiNya.. aamiin..

    1. hihihi,, saya malah pengennya makan strobery langsung aja, ga pake di enjus.πŸ˜€

      aamiin,, makasih dhe

  11. panjang sekali mas gurindamnya,boya saya dibuatkan hehehe

    1. hehehe,,, itu mikirnya mpe ga bisa tidur lho bu..πŸ˜€

  12. semoga Allah swt membalas segala amal kebaikan adik mabrur dan memberi tempat terbaik disisi Nya.amiin.
    semoga harapan2nya terkabulkan amin. asyik sekali ya bisa berbuka puasa dg rekan seperjuangan. salam mabrur.

    1. aamiin yaa Rabb..
      terimakasih mba Pu do’anya, semoga diijabah.

      Iya mba, semoga setiap ramadhan masih bisa seperti itu.πŸ˜€

  13. semoga segala bertemu jodohnya ya masπŸ˜€
    dan semoga sukses berkebun stroberi *ngarepkiriman*

    yang soal tidur lagi habis subuh itu,, saya juga masih sulit sekali menghilangkan kebiasaan ituπŸ˜₯

    1. hihihi,,
      iya mba, semoga saja bisa segera berstrobery…πŸ˜€

      ho oh, padahal udah niat setelah subuh buat olahraga, tepi tetep aja pengennya mereemmπŸ˜€

  14. Selamat Tahun Baru 1433 H
    Semoga di tahun ini, ibadah kita jd semakin baikπŸ™‚

    1. sama-sama,,
      semoga bisa menjadi pribadi yg lebih baik

  15. Selamat tahun baru. Semoga sukses selalu dan keluarganya bertambah hangat, serta bertemu jodoh yg betul2 pas di hatiπŸ™‚

    1. aamiin yaa Rabb…

      terimakasih bu evi..πŸ˜€

  16. Enak dibaca beraturan pokok’e apik hehehe,,oh ya mugoΒ² semua keinginan dan harapan di tahun baru Hijriyah ini tercapai dan terlaksana

    1. aamiin,,
      makasih kang , semoga kebaikan juga menyertai kang sofyan

  17. muhasabah diri memang penting.

    1. yg sulit menjalankannya pak..πŸ˜€

  18. Saleum,
    Selesai juga gurindamnya ya bang, saya gak bisa mikir isi gurindam yang rencananya akan saya ikuti. entah bisa nih saya buat. emang harus panjang gitu ya bang?
    saleum dmilano

    1. ga harus panjang bang, kan di ketentuan minimal 4 kalimat..
      orang aceh harusnya bisa bang..πŸ˜€

  19. aamiin…. semoga bisa melaksanakannya, jadi pembelajaran pula buat saya,
    jadi teringat keluarga juga…😦

    1. sama-sama mas,, saling mengingatkan

  20. Uiiihh.. Mabruri selalu mantab. Keren..keren…

    Btw; mengenai ditonton tipi, itu sama dengan suamiku, Mab. Kalo tidur lagi setelah subuh, itu sama dengan aku..hihi… Ayo kita berubah, Mab! Semangaaatt…!!

    Teriring doa, semoga adiknya Mabruri diterima ditempat yang indah di sisi Nya serta diampuni dosa-dosanya. Amiin…

    Gudlak ngontesnya..!

    1. hehe,, bu dew juga kereeenn kok.πŸ˜€

      hayuuk semangat berubah untuk kebaikan..πŸ˜€

      aamiin,, semoga Allah mengijabah doanya bu..
      terimakasih

  21. wah ada kontes lagi..waduh waduh ketinggalan terus nieh emak kinan..
    Selamat tahun baru 1 Muharam 1433 H yah mas,semoga ditahun baru ini kita jadi manusia yang lebih baik dalam segala hal, dan dikabulkan doa doa kita sama allah swt *amien..
    semoga sukses gurindamnya…
    mohon maaf kalo jarang bisa BW, masih dalam rangka project ditempat cangkulan..

    1. heheh,,,
      selamat tahun baru juga mam, semoga kita semua bisa lebih baik dari yang telah lalu.

      ga pa2 mam, ladang utama harus diutamakan dulu..πŸ˜€

  22. Membaca kisah tentang adiknya jadi gimana gitu kang…ah….ngak sanggup rasanya, berat so pasti berat…tapi…yach….

    1. ya begitulah bli, tapi itu sudah kehendak yang Kuasa,, ihlas dan sabar aja..πŸ˜€
      makasih bli

  23. Bewe sana sini..penuh dengan gurindam..
    Makin ga ada ide,..
    senyum2 manis..
    Semoga terkabul semua keinginannya ya..

    1. heheh,,
      keluarin bu gurindamnya,, biar sama-sama saling belajar..πŸ˜€

      aamiin,, makasih bu

  24. Sering kita dengar kata-kata ulama bahwa berpikir sejenak lebih baik daripada terus menerus beramal tanpa pemikiran……semoga semua yang diinginkan di tahun 1433 H bisa tercapai amiiin!!!

    1. aamiin yaa Rabb…
      makasih kang

  25. Pokoke nek MasBrus wis turun tangan, nyerah deh sayaπŸ˜›

    Sukses ya Mas, dan semoga segera nyusul kawan-kawannya itu horeeee…..πŸ˜€

    1. aah,, ibu ini bisa ajaa,,,
      ayo dong bu keluarin gurindamnya.. heheh
      aamiin, makasih bu

  26. assalamu’alaikum Kang, 2 minggu ndak jalan-jalan ternyata saya sangat ketinggalan banyak hal, termasuk gurindam ini.
    membacanya, serasa saya ikut bermuhasabah Kang, karena dengan itu kita akan berusaha menjadi lebih baik dari yang kemarin, Insya ALloh Amin

    1. ‘alaikumussalam wr wb
      hehe, ga pa2 pak ies, yang penting sudah sehat kembali dulu,,
      dan yang lebih penting lagi semoga lebih baik di masa datang

  27. membacanya sudah ber-gurindam
    merasakannya seperti seolah mabruri
    memikirkannya seolah roda yang terus berputar
    mengamininya serasa sudah semua telah berasa nikmat….

    1. terimakasih pak,
      semoga saja terkabulkan segera

  28. Moga harapan dan cita2nya tercapai khususnya pencarian pendampingπŸ™‚..

    1. hheehe,, aamiin,,
      terimakasih pak,,πŸ˜€

  29. mas bruuuuuurrr, ada kado cinta di blognya dhe.. kunjungi http://gamazoe.wordpress.com/2011/11/30/antologi-kedua-bait-bait-hati/ yaaaaaaπŸ˜‰

    1. sudaaaaahh,, & keyeeeeennnnnnnnnnnn

  30. subhanallah, puisi yang indah kawan. refleksi akhir tahun. semoga tahun baru, hati kembali baru dan semangat terus terjaga guna meraih cita-cita tertinggi. salam persaudaraan dari ahsin

    1. aamiin,,,
      semoga saja seperti itu mas…
      salam balik dari saya

  31. Wow… kereeen…
    Hmm… membuat 2 saja sulit bagiku…πŸ™‚

    1. hihih,,,
      tapi kak akin pasti bisa kok..πŸ˜€

  32. mampir bro,
    tulisannya keren

    1. silakan bro…
      ntar tek kunjung balik..πŸ˜€

  33. iia bener kang… mulai sekarang.. pinter2 dee jaga kesehatanπŸ™‚

    1. hehehe,,,
      indah bener pokoknya nikmat sehat itu

  34. bunda pas dulu deh gurindam ini Mab
    lagi mentok kayaknya nih
    sukses ya Mab

    1. waduuh,, kenapa bun, padahal bunda bisa pastinya.πŸ˜€

  35. hanya ada satu kata nih

    kerennnπŸ™‚

    1. hihihihii,,, terimakasiiihhh..πŸ˜€

  36. Mas..kayaknya pas sekolah, Bahasa Indonesia dpt 9 ya diraport heheh..keren mas. salam hangat dari rumah kaifa

    1. hahhahah,,
      bahasa Indonesia malah paling sulit kok..πŸ˜€

  37. sya hanya bisa komen….smoga sukses ya kontesnya…!
    salam persahabatan slalu !

    1. makasih mas…
      sukses untuk kita semua

  38. Huwaaa…gurindamnya panjang bgt Mab, aku msh blm bisa buat hiks

    1. aduuhh,, tinggal besok lho bun,, ayuu bikin, pasti bisaa..πŸ˜€

  39. oh iya!
    buru buru ah bikin target,, >.<

  40. Saya baru tau kalau sampean buka jalur blog lain, soal photo ya. Pasti menarikπŸ™‚

    1. heheh,, nyubi pak, biar ga penasaran sama BP

  41. sebenarnya kemaren pengin ikut nabug kendang eh salah ikutan gurindam tapi mentok di 33 plusnya.😦

    1. hihih
      iya kang,, saya juga berat di 33-nya…πŸ˜€

  42. hmm…semua patut kita syukuri. ada sedih, ada senang. ada tangis, ada tawa. smua bunga kehidupan…harus dinikmati saja dan jangn terulang.smoga hari ini lebih baik dari kemarin.
    salam

    1. aamiin,,
      itu yang terutama mas.πŸ˜€
      makasiih

  43. […] kabarnya Gurindam? Apakah sahabat masih terus belajar bergurindam ria setelah perhelatan Gurindam Muharram dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah yang diadakan oleh Ibu Yunda & Ibu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: