Kridaning Taruna, Manggalaning Nagari

Kridaning Taruna, Manggalaning Nagari (Maju mundurnya suatu negara, tergantung pada pemudanya)

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujuraat:13)

Mengingat kembali peristiwa puluhan tahun yang lalu tepatnya 28 Oktober 1928, telah terjadi suatu peristiwa besar bagi perjuangan bangsa Indonesia, dimana pada hari itu, seluruh pemuda Indonesia mendeklarasikan diri, bersatu padu, menyatukan segala unsur-unsur perbedaan yang ada pada bangsa ini, melebur menjadi satu kesatuan yaitu INDONESIA.

Isi Dari Sumpah Pemuda :

PERTAMA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia).

KEDOEA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia).

KETIGA : Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa Persatoean, Bahasa Indonesia. (Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia).

Lalu bagaimana makna sumpah pemuda bagi pemuda itu sendiri di masa sekarang???

Sepertinya miris sekali ya, kalau melihat pemuda-pemuda sekarang. Makna sumpah pemuda sekarang sepertinya hanya sekedar sejarah saja, tanpa mau menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan kayanya sudah luntur dalam kehidupan sekarang. Kepentingan pribadi ataupun golongan cenderung lebih diutamakan daripada kepentingan masyarakat banyak ataupun kepentingan bangsa. Lalu dimana semboyan “BHINNEKA TUNGGAL IKA” kita.

Bangsa indonesia terdiri atas berbagai macam suku dan bangsa yang memiliki karakter, kebudayaan serta adat istiadat yang beraneka ragam, namun keseluruhannya merupakan suatu persatuan dan kesatuan negara dan Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap warga negara Indonesia harus memiliki rasa persatuan dan kesatuan yang kuat agar tidak mudah terpecah belah oleh sesuatu apapun.

Dalam sila Persatuan Indonesia terkandung nilai bahwa negara adalah sebagai penjelma sifat kodrat manusia monodualis yaitu sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Indonesia terdiri dari suku, ras, kelompok, golongan maupun kelompok agama, oleh karena itu perbedaan adalah bawaan kodrat manusia, konsekuensinya adalah beraneka ragam tetapi tetap satu, mengikatkan diri dalam suatu “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda-beda Tetapi Tetap Satu Jua”. Perbedaan bukan untuk dijadikan konflik dan permusuhan, melainkan diarahkan pada suatu yang saling menguntungkan yaitu persatuan dalam kehidupan bersama untuk mewujudkan tujuan bersama.

Jika kita hususnya para pemuda sudah memiliki rasa persatuan, ia akan bangga dan berbesar hati karena dengan keanekaragaman bangsa Indonesia dapat disatukan sehingga menjadi sumber kekuatan nasional tanpa mengubah corak asli dari kedaerahannya masing-masing. Ia juga akan selalu menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.

Dengan rasa persatuan, ia akan menjaga sebaik mungkin ke-bhinekaan yang dimiliki. Kebhinekaan yang diinginkan adalah kebhinekaan yang bermartabat yang berdiri tegak di atas moral dan etika bangsa kita sesuai dengan keragaman budaya kita sendiri. Untuk menjaga kebhinekaan yang bermartabat itulah, maka sebagai hal yang mengancam kebhinekaan mesti ditolak, pada saat yang sama segara sesuatu yang mengancam moral kebhinekaan mesti diberantas, karena kebhinekaan yang bermartabat diatas moral bangsa yang kuat pastilah menjunjung eksistensi dan martabat manusia berbeda.

Melalui momen Sumpah Pemuda ini, mari kita tanam kembali semangat persatuan dan kesatuan kita, kita maknai Sumpah Pemuda dan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an kita. Karena semua itu adalah  kekayaan bangsa yang merupakan anugerah dari Allah SWT. Wahai kaum generasi muda, bangunlah dan berkarya, demi negara, nusa dan bangsa.

“Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu maka kamu menjadi bersaudara sedangkan kamu diatas tepi jurang api neraka, maka Allah mendamaikan antara hati kamu. Demikianlah Allah menjelaskan ayat ayatnya agar kamu mendapat petunjuk”  (QS. Ali Imron: 103)

Teks Sumpah Pemuda dari sini.

52 comments

  1. Ummu El Nurien · · Reply

    ga nyadar kalau hari ini hari sumpah pemuda,, terimakasih telah di ingatkan..
    ya seperti itu kebanyakan pemuda Indonesai,, namun Indonesia masih beruntung,, masih memilki pemuda yang perduli,,seperti Mab..salut Mab..

    1. besok bu sebenarnya sumpah pemudanya, 28 Oktober.
      Saya bikin postinganya sekarang saja, mumpung ada waktu dan ada ide… hehe

      Semua pemuda Indonesia sebenarnya bisa bersatu kalau memiliki kesadaran betapa pentingnya suatu persatuan, hidup damai tanpa harus saling bermusuhan, saling membantu, saling berbagi satu sama lain

  2. Selamat menjelang Hari Sumpah Pemuda..
    Tulisan ini lahir dari sebuah kegelisahan ya Mas. Tentang bagaimana memandang para pemuda pemudi jaman sekarang. Tapi kita juga pemuda lho hehe..
    Semoga kita tidak pernah lelah berkarya..
    Salam secangkir kopi Mas (soalnya lagi ngopi nih hehe)

    1. Ups, lupa. Sampean kan nggak ngopi. Salam jreng jreng jreng aja deh Mas, heee..

      1. mungkin seperti itulah mas,,
        melihat seringnya adu otot, tawuran antar pelajar,, miris melihatnya,,
        yang katanya pelajar kok seperti orang yang ga berpendidikan..
        namun tetep optimis, pemuda2 kita bisa menjadi lebih baik ke depannya…

        heheh,, saya ngeteh aja mas…😀

  3. Salam persatuan Mas… semoga sumpah pemuda masih mampu mempersatukan kita😉

    1. aamiin,,
      harapannya seperti itu bu…😀

  4. Permisi… mampir nih.. Sambil bawa kabar, saya lagi ngadain writing contest:
    JLEB! Contest: Be Creative By Your Post!.

    Maaf kalo komennya menyimpang alias OOT. Tapi, please jangan di anggap spam ya.. JLEB! hehehe… *ngarep

    Salam JLEB!

    Danu Akbar.

  5. Wahh, udah lama nih ga mampir kesini. hehehe

    Btw, selamat hari blogger nasional ya, Mas..😀

    1. selamat hari bloger dan hari sumpah pemuda

  6. Selamat Hari Sumpah Pemuda.🙂

    1. selamat mba, semoga bisa menjadi pemuda andalan..😀

  7. smoga smangat muda tidak pernah luntur dalam hal kebaikan dan karya utk lebih baii lagi. jangan menunggu nanti ya wahai pemuda…

    1. mulai dari sekarang dan dari diri sendiri

  8. bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh..😀
    selama hari sumpah pemuda semuanya😀

    1. bercerai, kawin lagi mba.. hahahaa

  9. selamat hari sumpah pemuda!🙂

    1. selamat juga mba, semoga ada kebaikan selanjutnya

  10. Hari ini ya?
    Selamat Hari Sumpah Pemuda!
    Semoga bahasa kita tak semakin tambah asing dipelosok daerah🙂

    1. iya pak hari ini…
      iya, harus kenal bahasa Indoneisa, dan tentunya yang baik dan benar

  11. Abed Saragih · · Reply

    Kunjungan lagi ke blog ini… hehehe🙂
    ditunggu kunjungan dan komentar baliknya🙂
    salam persahabatan🙂

    1. salam persahabatan

      1. Abed Saragih · ·

        Ini adalah kunjungan balik saya mas…

        salam persahabatan.

      2. salam persahabatan juga

  12. selamat hari sumpah pemuda mas….

    1. selamat selamat, smoga menjadi pemuda yang bermanfaat..😀

  13. Hari ini saya ikut upacara sumpah pemuda juga😀

    1. bagus bagus mba,,,
      saya sudah lama tak upacara

  14. Bersatulah Pemuda Indonesia,
    pasti kita bisa menjadi bangsa yang besar.

    1. kalau mau bersatu, insya Allah bisa bu..😀

  15. Sepertinya Sumpah pemuda hanya tinggal kenangan

    1. sepertinya mba,, tpi mudah2an ada perbaikan..😀

  16. Ayo kawula Muda bangun negeri ini dengan perdamaian,kesatuan,cinta dan saling menghormati

    1. salam perdamean…
      satu cita, satu tujuan untuk indonesia tercinta

  17. kalo udh kepala 3 ujung masih pemuda? hehe…

    1. masih lah bu…😀
      angka boleh berapa aja, asal semangat masih memuda..😀

  18. Hehe… setiap tahun aku mesti diingatkan dengan teks sumpah pemuda ini yang sering kebolak balik😀

    1. hihihih,, kebolak balik ga pa2 ya kak, yang penting tetep satu, Indonesia…😀

  19. jiwa muda menyala
    indonesia gagah perkasa…

    1. jayalah INdonesia..😀

  20. Karena ditangan pemudalah semua nasib bangsa ini akan di serah terimakan, bersatulah Pemuda Indonesia !!

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. siaap paak sugeng….
      pemuda harus bersatu demi terwujudnya INdonesia jaya..😀

  21. jadi kewajiban kita kang.. mendidik adik-adik untuk lebih mencintai lagi negerinya.. kalau pemudanya yang salah saya rasa bukan mutlak salah mereka, tapi mungkin juga ada kesalahan dari kita sebagai yang lebih tua..

    degradasi nasinalisme memang terjadi di negeri ini, tapi saya yakin masih banyak pemuda kita yang cinta dengan Indonesia dan mau berkarya di dalamnya

    Hidup pemuda Indonesia.. saya masuk kalangan pemuda opo ora yo😉

    1. bener kang, ga boleh menyalahkan secara mutlak pada generasi2 penerus, karena mungkin ga ada teladan yang baik bagi mereka. Jadi memang jadi tanggung jawab kita untuk bisa memberikan yang terbaik sehingga bisa ditiru oleh mereka para generasi penerus kita.

      heheh, mantan pemuda aja lah kang..😀

  22. dhe selalu mencintai Indonesia kok mas, buktinya nilai dari sumpah pemuda pun dhe terapkan di blog.. lihat di bagian komentar, ada tulisan “Berkomentarlah dengan bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.. hehehe, itu termasuk point sumpah pemuda nomor 3 kan??😀

    1. huwahaha,,,
      bener2 dhe,,, bukti nyata malahan ya dhe… xixixix

  23. Pastinya cinta banget sama Indonesia..
    Buktinya aku hafal teks sumpah pemuda loh hhee..
    Perlu di test ga nih..

    1. hihihi,,,,
      ga usah, percaya la sama mamanya olive..😀😀

  24. Selamat Hari Sumpah Pemuda, Mab.

    Mengenang lagi masa-mas perjuangan para pemuda jaman dulu hingga kita bisa menikmati kemerdekaan seperti yang kita rasakan hari ini. Semoga rahmat Allah senantiasa terkucur atas mereka yang dulu berjuang dan kita semua bangsa Indonesi. Ayo bersatu!

    Hidup Indonesia!

    1. hayuukk semangat semangat,,,
      mskipun usia tak menunjukkan muda, tapi semangat harus tetap berjiwa muda…😀

  25. Demi Sumpah Pemuda…
    mudah2an tak akan lagi ada tawuran diantara pemuda…
    Pemuda pejuang bangsa Indonesia yang taruhannya nyawa berusaha mempersatukan pemuda seluruh Indonesia, janganlah dipecah belah dengan tawuran hanya karena masalah sepele… semoga saja… amin ya Rabb…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: