Book Review: Nikah Sekarang? Siapa Takut!

Nikah Sekarang? Siapa Takut!Judul Buku: Nikah Sekarang? Siapa Takut!
Penulis: Akhmad Muhaimin Azzet
Penerbit: Diva Press, Yogyakarta
Tebal: 251 hlm.
Harga: Rp. 32.000,-
ISBN: 978-602-978-281-3

Nikah Sekarang? Siapa Takut! Wow, dari judul bukunya, sepertinya ini memberikan sebuah tantangan untuk kita yang belum menikah, namun sudah merasa memiliki pasangan, agar tidak menunda untuk segera menikah. Beda kasusnya jika menunda menikah karena memang belum menemukan jodohnya..πŸ˜€ Buku karya Bapak Akhmad Muhaimin Azzet, yang juga seorang Blogger ini akan menjawab semua keraguan untuk menyegerakan menikah yang terus menggelayut dalam pikiran kita. Buku ini bukan hanya meyakinkan para pembaca untuk segera menikah, namun di dalamnya, PenulisΒ  jugaΒ  menyajikan bagaimana cara membangun rumah tangga yang benar-benar diawali dari nol. Segala permasalahan dalam awal-awal biduk rumah tangga, dibahas oleh penulis dengan disertai solusi yang tepat berdasarkan Al qur’an dan Hadist Nabi, sehingga nantinya benar-benar akan membuang keragu-raguan para pembaca untuk menyegerakan menikah.

Manusia normal pasti menginginkan yang namanya suatu pernikahan dalam hidupnya. Namun terkadang ada saja alasan-alasan yang menyebabkan orang menunda-nunda untuk segera menikah. Padahal usia sudah matang, pasangan sudah ada, perekonomian sudah mapan, masih saja menunda untuk segera menikah. Hal-hal seperti itu sebenarnya sangat berbahaya dalam mengarungi kehidupan sekarang ini. Namun dari sekian banyak alasan yang ada, merasa belum mapan secara ekonomilah yang sangat menonjol menjadi alasan untuk menunda segera menikah.

Dengan membaca buku ini, Penulis ingin mengajak dan meyakinkan pembaca untuk tidak takut terhadap alasan klasik dari menunda untuk segera menikah. Apalagi pembahasan yang disampaikan dalam buku ini, juga adalah dari pengalaman pribadi sang penulis sendiri yang memulai menjalani kehidupan berumah tangga benar-benar dari nol. Di sini diceritakan dimana Penulis pada saat masih menjadi seorang pemuda pada umumnya, juga merasakan yang namanya getar-getar cinta dalam dada pada lawan jenis. Namun Penulis tak menginginkan cinta yang dirasakannya itu akan membawanya kepada kemudharatan. Lalu bagaimana Penulis menyikapi hal tersebut? Jawaban lengkapnya, tentu saja ada dalam isi buku tersebut. Semuanya dikupas secara lengkap dengan berpegang pada firman Allah dan hadist Nabi sebagai solusinya.

Buku β€œNikah Sekarang? Siapa Takut!” ini terbagi dalam 3 bagian dan terdiri dari empat belas bab sebagai berikut:

Bagian Satu: Memberanikan Diri Untuk Menikah

  1. Saat Mencintai, Duh.. Menjaga Hati..
  2. Jalan Terbaik Itu Bernama: Menikah
  3. Indahnya Tinggal Di Rumah Kontrakkan
  4. Bahagianya Bisa Menafkahi Keluarga
  5. Ternyata Menikah, Pintu Menuju Kemenangan

Bagian Dua: Belajar Meyakini Allah

  1. Segalanya Berawal Dari Keyakinan
  2. Karena Allah Sudah Berjanji
  3. Pintu Allah Tak Pernah Tertutup
  4. Bekerja Apa Saja yang Penting Halal
  5. Percayalah, Selalu Ada Jalan

Bagian Tiga: Senantiasa Berharap akan Pertolongan Allah

  1. Sesungguhnya Pertolongan Allah Sangat Dekat
  2. Membangun Kebahagiaan Dengan Bershodaqoh
  3. Bersyukur Adalah Kunci Hidup Bahagia
  4. Menikah, Ladang Kebaikan dan Jalan Kebahagiaan

Kunci utamanya adalah keyakinan terhadap Allah SWT, dengan bertaqwa kepada-Nya dengan sungguh-sungguh. Niatkan menikah karena semata-mata hanya beribadah kepada Allah SWT. Niscaya segalanya akan dipermudah oleh Allah SWT, termasuk juga di dalamnya masalah perekonomian.

Sebagai contoh, saya ambil salah satu firman Allah yang menegaskan bahwa alasan karena belum mapan secara ekonomi itu sebenarnya bukan penghalang untuk segera menikah. (QS An Nur: 32)

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Simak baik-baik pada kalimat β€œjika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya”. Masihkah meragukan akan ayat-ayat Allah? Firman-Nya adalah selalu benar. Yang penting adalah keyakinan kita secara sungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Menikah adalah bagian yang mulia sekaligus indah dalam sebuah amaliah yang bernama ibadah, jika menikah itu diniatkan karena Allah SWT. Jika sudah demikian, kenapa menikah harus menunggu mapan? Sementara usia telah matang, calon pun sudah ada. Jangan sampai terbelenggu oleh sebuah kata β€œPacaran”.

Namun ada satu hal yang dititik beratkan oleh penulis di sini, bahwa menyegerakan menikah itu berbeda dengan tergesa-gesa menikah. Tergesa-gesa menikah cenderung hanya karena menuruti nafsu semata hingga mengabaikan persiapan. Sedangkan menyegerakan menikah adalah keputusan yang berangkat dari sebuah kesadaran penuh akan mudharat bila tidak segera menikah dan manfaat bila segera menikah.

Dengan gaya bahasa dan tulisannya yang ringan serta mudah dimengerti, buku Nikah Sekarang? Siapa Takut! ini sangat bagus untuk dibaca siapapun yang sudah dewasa. Bagi remaja juga bagus untuk bahan referensi. Terlebih bagi yang sudah merasa punya pasangan, dengan membaca buku ini semoga saja jadi memiliki keniatan untuk segera menikah. Namun bagi yang belum ketemu pasangannya, tak ada salahnya juga membaca buku ini. Sebagai bahan pelajaran, siapa tahu nanti kalau sudah ketemu jodohnya, jadi bisa langsung menyegerakan untuk menikah. Namun bagi yang sudah menikah pun saya rasa perlu juga membaca buku ini, karena banyak hikmah yang bisa didapat dari membaca buku ini untuk menambah bumbu-bumbu keharmonisan dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Jadi, masih ragukah untuk segera menikah?

Artikel ini diikutsertakan pada Book Review Contest di BlogCamp.

74 comments

  1. Wah, cocok sebagai hadiah untuk sahabat saya yang sampai sekarang belum menikah karena ragu. Akibatnya banyak pacar yang sudah siap menikah memutuskannya secara sepihak.

    1. eheheheh,,, iya bagus itu, daripada ga mau nikah, mending tinggalin aja/…πŸ˜€

  2. Setuju dengan Mbak Sus, buku ini sangat cocok buat sahabat yang sampai sekarang belum menikah karena ragu atau takut. Saya jadi bertanya tanya jangan-jangan mas Ruri sebelumnya juga ragu untuk menikahkah? hihihi *bercanda*

    Semoga segera mendapatkan jodoh dan diberikan ketetepan untuk mengamalkan sunnah Rosul ya mas.

    Dan semoga sukses ngontesnya

    1. hahahahah,, kalau saya menundanya bukan karena takut mas, tpi ya itu tadi, blm ketemu sama jodohnya saja..πŸ˜€

      aamiin, smoga mas jier juga lancar jaya nantinya

  3. Makin mantab nih Mas,,πŸ™‚ Semoga yg belum menikah, dimudahkan oleh Allah utk segera menikah..πŸ˜‰

    1. aamiin,,,, makasih mas….

  4. Saya telah membaca dengan cermat artikel sahabat.
    Segera saya catat sebagai peserta kontes.
    Terima kasih atas partisipasi sahabat.
    Salam hangat dari Jombang

    1. alhamdulillah, maturnuwun dhe…
      wah, lagi di Jombang to Dhe…
      semoga selalu sehat Dhe

  5. ehm.. kayaknya bentar lagi bakal dapet undangan nih..

    1. hihihi,, undangan dari orang hajatan ya bu..πŸ˜€

  6. iya bener, saya sdh merasakan ampuhnya kekuatan menikah hehe

    1. alhamdulillah kan sudah ada buktinya…πŸ˜€

  7. Waaah,.. sudah selesai bacanya mas?
    saya masih nunggu kiriman dari pak Ustadz,. hehhe
    makin penasaran buat baca…

    1. iya Alhamdulillah,,
      wah, jadi mesen mba? bagus bagus.. dan buktikan kedahsyatannya..πŸ˜€

  8. hhahahahaha, kalo saya baca tu bku pasti ntar jadi ikutan pengen nikah.. ayoo mas Brur, segera sempurnakan setengah ibadahmu.. dhe siap menerima undangan kok..πŸ˜›

    1. iya dhe, ayolah segera menikah, itu si pangerannya dibujuk supya cepat2 melamar… hahaha

  9. huhuyyyyyyyyyy…review bukunya kok nyerempet nyerempet yah…semoga segera mendengarkan kabar baiknyaπŸ™‚
    semoga sukses review bukunyaπŸ™‚

    1. hihihi,, iya ya mam, dua postingan berturut-turut masalah nikah… hihihi

  10. sipp….kayaknya bentar lagi bakal dapat undangan nech heheh…kalo perlu jaskoko kabar-kabari aja yach hahaha…….

    Reviewnya lengkap…bikin penasaran pengen baca seluruh isinya….smoga sukses di kontesnya Pakdhe

    1. hahah,, beres buu,, ditunggu aja tanggal mainnya…πŸ˜€

      bagus kok bu isinya.

  11. Semoga empunya blog segera menikah…πŸ˜€
    dan semoga menang dlm kontesnya… amin..

    1. aamiin mba, semoga disegerakan…
      sama-sama mba, smoga menang juga

  12. Nah, setelah baca buku ini tambah mantabh to Mab? he he…sok lah kapan?πŸ˜‰

    1. insya Allah bun,, tpi syaratnya kalau sudah ketemu jodohnya dulu..πŸ˜€

  13. waah kalo ini mah saya belum boleh menerima tantangannyaπŸ˜› masih kecwil qaqaπŸ˜›

    asyik bentar lagi om mabrur sebar undangan nihπŸ˜€

    1. tp sudah berani pacaran kan?? hehehehe

      haha, sabar sabar

  14. waktuv masih kuliah dulu (blum nikah) saya suka sekali baca buku2 bgini. selalu antusias dan akhirnya saya benar nikah muda, saat masih kuliah.sy jadi ingat gimana tingkah temen2 klo liat saya duduk serius baca buku sperti ini, mereka pasti terbelalak .

    semoga kita sama-sama sukses di kontes ini yah? amin

    1. heheheh,, justru mereka2 yg nda tau yang memandangnya sinis ya bu…
      menikah justru malah barokah, ko malah pada milih pacaran..πŸ˜€

      aamiin,,

  15. Alhamdulillah…., makasih banyak ya, Mas Mabruri.
    Semoga buku tersebut bermanfaat bagi kita semua.
    Semoga sukses pula Book Review Contest-nya.
    Allaahumma aamiin….

    1. alhamdulillah pak ustadz….
      pastinya itu masih jauh dari kata sempurna, oleh karenanya saya mohon maaf bila ada yg kurang berkenan.
      Aamiin,, semoga memberi manfaat untuk semua..

  16. jadi pengen cepet nikah *lho?πŸ˜€

    btw, makasih reviewnya, bisa jadi salah satu bahan bacaan nanti.πŸ˜€

    1. hahaha
      alhamdulillah deh kalau buru2 mau nikah…πŸ˜€

      sama-sama

  17. wah saya tidak takut untuk menikah, semangat malah, hehe..
    wow itu tebal 251 halaman tapi harganya terjangkau gitu ya,

    keren..

    semoga sukses kontes di blogcamp nya ya, amin..

    1. hehhe,, bagus mas, perlu ditiru,,

      iyaa,, terjangkau harganya

  18. jadi kapan mas, anda mau nikah? jangan lupa undangan makan makan yaπŸ™‚

    1. insya Allah mas, kalau masanya sudah datang….πŸ˜€

  19. bener ya gak takut:) ditunggu undangannya

    1. hihihi,, insya Allah bu kalau sudah ketemu jodohnya..πŸ˜€

  20. waaah..
    kenapa belakangan postingan temen blogger pada “nikah” semua..

    sayang banget ana kedinasan belum bisa menyusul, hehe..
    #anyway syukron

    1. heheh…
      lagi musimnya nikah kali ukh…πŸ˜€

  21. ternyata banyak juga ya blogger yang akhirnya jadi penulis .
    Seperti pengarang buku ini πŸ™‚

    semoga sukses diacara book review nya RuriπŸ™‚
    salam

    1. iya bu,, tapi kayaknya bapak yg satu ini sih, nulis dulu baru terjun ke dunia blog..πŸ˜€

      aamiin,, makasih bunda

  22. Sepertinya buku ini bagus buat temen saya yang takut menikah….., mau pacaran tapi gak mau menikah…diajak nikah blm siap hmmm

    1. heheheh,, kebanyakan sekarang mmang seperti itu bu..
      dikasih yang berkah ko malah ga mau ya…πŸ˜€

  23. kaya’nya akhir2 ini lagi seneng nulis ttg pernikahan ya…tanda2 apa itu?πŸ˜€

    1. huwahaha,, iya ya mba, ga nyadar ternyata berturut2 nulisnya ttg pernikahan…πŸ˜€

  24. aku mah ga takut nikah sekarang mas.. tapi klo mau nikah syarat2 utamanya belum komplit ya harus takut. ya ga?πŸ™‚

    1. hahaha..
      betul tuh mba,, yang utama ya emang syarat2nya, rukun2 nikahnya wajib dipenuhi dulu..πŸ˜€

  25. belum bisa menjawab apa-apa
    numpang senyum saja lahπŸ™‚

    1. hehe, saya balas dengan senyum juga lah..πŸ˜€πŸ˜€

  26. Anugrha13 · · Reply

    belum yakin….ada yg mau apa gak ya wkwkwkw

    1. huwahahahah,,,, mesake tenanan mas…πŸ˜€πŸ˜€

  27. ayo yang belom nikah dan takut menikah baca buku ini, menikah itu indah loch asalkan diniatkan sebagai ibadah…

    1. heheh,,
      yg sudah berpengalaman smoga bisa menjadi pemberi semangat bagi kami..πŸ˜€

  28. Percayalah, selalu ada jalanπŸ˜€
    Siip banget. Kadang mata tertutup kabut shingga tak dapat memandang bahwa Allah telah memberikan petunjuk agar kita berusaha secara maksimal…πŸ™‚
    Semoga sukses review-nyaπŸ™‚

    1. hihihih,,,
      harus pandai2 membaca ya kak, liat kanan kiri depan belakang, siapa tau memang di situ jodoh kita..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  29. nganu,
    soal nikah itu pengennya segera,
    tapi saya belum ada yang mau dinikahi.
    gimana itu?πŸ˜€

    1. huwahahaa..
      kalau itu kasusnya lain…
      sabar saja sampai pada batas waktunya.πŸ˜€

  30. semoga segera ketemu dengan jodohnya ya mabrurπŸ˜€

    1. aamiin,,,
      semoga saja bu,, trimakasih doanya

  31. Hehehehe kok takut siiih, nikah itu enak lho *ah masaaaaa*πŸ˜€ . Semoga sukses dengan kontes book review nya ya. masπŸ™‚

    1. hahahaha,,,,,,,
      nikah itu emang enak katanya ya bun…πŸ˜€

  32. Nikah itu enak kalo pas udah siap

    1. siap lahir batin ya mas..
      tp jgn pacaran kalau bisa..πŸ˜€

  33. Lengkap, semoga para bujang makin banyak yang baca buku ini…

    1. heheh,, habis baca jd langsung buru2 nikah ya bu..πŸ˜€

  34. bagi yg masih lajang….
    cepatlah menikah…., anak akan membawa rejeki…:)

    1. hihihi,,,
      sudah membutkikan ya mba..πŸ˜€

  35. ayo ayo..yang masih pacaran aja.. buruan baca buku iniπŸ˜€

    1. betul betul,, yg sudah berani pacaran harus baca buku ini dengan segera lepas status pacaranya

  36. lovetiffa · · Reply

    Mabruri gimana sudah punya pacar? Ayo buruan nikah #kabooor

  37. bila sudah siap lahir batin sebaiknya memang segera menikah saja ya.. jgn kelamaan pacaran… hehe…
    justru pacaran setelah menikah itu jauuuh lebih indah… hihihi…

  38. OMG nikah.??!!?,belum siap ky’a.nunggu umur min 25 th dl,jd msh 3th lg dah.hahahaha.

  39. buruan beli bukunya, habis baca langsung nikahπŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: