Pernahkah Sahabat Mengalami?

Pernahkah sahabat mengalami? Sahabat pasti sudah tahu dan nonton film KCB kan?? Iya KCB, Ketika Cinta Bertasbih. Bagi saya, ada bagian yang sangat menyentuh sekali yaitu ketika tokoh Fadhil harus menyanyi di acara resepsi pernikahannya Tiara yang sebetulanya mereka berdua memiliki perasaan yang sama. Halaaaah…

Pokoknya pada bagian inilah yang menurut saya paling sedih. Hihihihi. Bagaimana tidak? Coba sahabat bayangkan, bila sahabat berada pada situasi seperti itu. Entah jadi tokoh prianya ataupun jadi tokoh wanitanya. Keduanya mempunyai perasaan suka, tapi harus menerima kenyataan bahwa takdir menghendaki mereka tidak berjodoh. Mungkin kalau seperti itu saja sih, biasalah ya. Tapi ada kenyataan yang harus dia hadapi, bahwa dia harus tampil untuk mengisi acara di resepsi pernikahan orang yang disayanginya tersebut. Nah loo. Bagaimana coba jika hal itu menimpa para sahabat??πŸ˜€

Ada ga yah yang sanggup seperti itu?? hihihihi

Nah, saya sangat suka sama lagunya. Lagu dari Aceh ini, lagi sering-seringnya saya putar bolak-balik. Syairnya kurang lebih seperti ini:

Salam ‘alaykom wa rahmatullah Jaroe duwa blah ateueh jeumala Jaroe lon siploh di ateueh ulee Meu’ah lon lake’e bak kawom dum na Jaroelon siploh di ateueh ubon Salam ‘alaykom lon teugor sapa Jaroelon siploh beu’ot sikureueng syarat ulon kheun tanda mulia Jaroe sikureueng lonbeu’ot lapan Geulantoe timphan ngon asoe kaya Jaroe lon lapan lon beu’ot tujoh Ranup lam bungkoh lonjok keu gata

Ada yang tau arti dalam bahasa Indonesianya?? Asli saya nda tahu sama sekali itu lagu dalam bahasa Indonesianya itu seperti apa. Tapi alhamdulillah, ada bang Dmilano yang memang berasal dari Aceh sana. Akhirnya sayapun minta kesediaan bang Dmilano untuk menerjemahkan syair di atas, dan menurut bang Dmilano, terjemahan ke dalam bahasa Indonesia dari syair di atas kurang lebih seperti ini:

Assalamualaikum Warahmatullah, Kedua Jari (Menduakan Telapak Tangan Diatas Kepala), Jari Yang Sepuluh Diatas Kepala, Maafkan Kami Jika Tiada Berkenan, Jari Yang Sepuluh Diatas Ubun Ubun, Salam Sejahtera Saya Bertegur Sapa, Jari Sepuluh Kujadikan Sembilan Sebuah Isyarat Tanda Mulia, Jari Yang Sembilan Dijadikan Delapan Pengganti Kue Timphan ( Kue Tradisional Aceh) Beserta Yang Lainya, Jari Yang Delapan Dijadikan Tujuh Seperti Sirih Dalam Tempatnya Sebagai Pemberian Ke Anda…. “

Bagaimana sahabat? Sekarang sudah ada terjemahan dalam Bahasa Indonesianya, apakah sahabat sudah maksud akan makna dari syair tersebut??

Referensi: youtube

64 comments

  1. masih belum paham arti syairnya mas -.-”

    Emang iya sih,, sedih banget yang adegan itu.. sakiiiiiiiiit…

    1. samaa,, saya jga blum paham,, orang2 brsastra tinggi kayanya nih..πŸ˜€

      tpi blum pernah mengalaminya kan mba??πŸ˜€πŸ˜€

      1. ngga mas,.. Alhamdulillah
        dan semoga juga ga pernah ngalaminnya.. hehe

      2. aamiin mbaa,, jangan mpe ngalamin… hiks.. hiks..

  2. πŸ˜€πŸ˜€

  3. sy jg nangis waktu nonton bagian itu, apalagi lagunya begitu mengharukan..😦
    ada pesan yg tersirat, bahwa cinta tak harus memiliki..

    1. heheh,, betul mas…
      yakin saja, itu terbaik dari Allah SWT

  4. waduh saya kok nggak mudeng…otak emak emak yang dah lemot..apa maksudnya tuh syairnya mas…dan hubungannya dengan kejadian seperti KCB itu…semakin ra mudeng..hiks * tuing tuing….

    1. kayaknya sih syair sama kejadiannya ga ada hubungannya mam..πŸ˜€πŸ˜€
      cuma dianya mau nyanyi lagu itu aja…πŸ˜€

  5. sudah pernah nonton film KCB, yang berhati tgar yang mampu melakukannya sepertinya

    1. heheh,, orang2 tertentu saja kali ya bu yg mau seperti itu

  6. ana kurang paham maknanyaπŸ™‚
    iya sedih, tapi yach jika dngn lapang, kita tdk akan merasakannyaπŸ™‚

    1. heheh,,
      betul ukh, sabar & Ihlas..πŸ˜€

  7. Semoga jangan sampai mengalami, berada di posisi manapun seperti pada episode ini.
    Saya dan almh. waktu itu menangis saat ibunya Azzam kecelakaan dan akhirnya meninggal ( KCB 2 ). Semoga pula, tidak mengalami kejadian tragis semacam itu pula. Amin.

    1. aamiin bii,,,
      tpi kalau yg sudah ngalamin ya smoga bisa jadi pelajaran buat ke depannya…πŸ˜€

  8. kalo sampai saya diposisi seperti itu…saya nyerah lalu melambaikan tangan ke kamera….Lirik lagunya suit dicerna mas…

    1. hehehe.. pingsan ya mas..πŸ˜€

  9. Kalo saya belum pernah nonton KCB mas
    TApi saya membayangkan berada di posisi tersebut mungkin saya akan sedih. wah jadi bingung nih. Nanti si dia diundang ya dalam acaraku nanti, takutnya dia masih ada rasa sama aku kan kasihan hhhh
    Menurut mas ruri gimana?

    1. hiks..hiks… jadi dilema mas dibuatnya.. heheh

      kalau menurut aku sih, diundang sih tetep mas,, nanti perkara mau datang atau nggak, terserah saja..πŸ˜€

  10. Saya pernah nonton dan memang scene itu sedih sekali…
    komen saya mirip dengan judul di atas: Pernahkah Masbrur Mengalami?

    Salam,
    Keluarga Harestya

    1. huwahahaha, pertanyaannya jadi bumerang ternyata.. hihihi

      hehmmm,, kasih tau gak yah??πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  11. sepertinya syairnya memang dalam, si pelantun rela melakukan apapun untuk melihat kebahagian yang dinyanyikannya, mungkin..
    semoga kita semua mempunyai cerita kehidupan yang “bisa” kita lalui dengan sabar ya MabπŸ™‚

    1. heheh,
      betul bu, apapun yg terjadi, ihlas dan sabar itu kuncinya

  12. hmmm… aku harus komen apa ya mas?πŸ˜€

    1. terserah mba,,,,πŸ˜€πŸ˜€

  13. Sepertinya sebuah lagu persembahan untuk yang sedang berbahagia ya…
    Ehm, jadi ingat film KCB pada bagian itu, benar2 mengharukanπŸ˜€

    1. ga tau kaakk… emang ada hubungannya yah?? hiihiihhi

      ho oh kak,,, apalagi kalau pernah merasakan di dunia nyata.. hahaha

  14. Wah aku nggak ngerti makna liriknya Mab… kira2 apa ya maknanya?

    1. hihih,, sama bu?? harus tanya lagi sama orang Aceh nih..πŸ˜€

  15. Agung Rangga · · Reply

    biarpun gak terlalu mengerti dengan syairnya, tapi saya rasa, lagu itu punya makna yang dalam.😳

    1. sepertinya seperti itu gung..πŸ˜€

  16. Aku masih belum paham Mas,..
    perlu diterjemahkan ulang nih..hehe

    1. sama bu,, saya jg ga mudeng maksud syair itu..πŸ˜€

  17. curcolkah Mab?
    ojo diinget2 terus ah…

    1. heheh,,, ngga bun,,,
      pengen nulis kayak gitu aja…πŸ˜€πŸ˜€

  18. ana agak kurang paham artinya..

    wah mengalami ya, pernah ga ya, belum sptnya..
    pernah mengalami ya akh? hehe, peace, ana sebenarnya kecewa dengan tokoh Fadhil, ga tegas, ga mau berjuang seperti ‘Ali pada Fathimah..

    kan kayak Azzam, hehe, berusaha sampai ketemu bidadari dunianya..

    1. susah dimengerti juga maknanya meskipun sudah diterjemahin ke b indonesia ukh.. hehe

      pernah gak yah??? hehehe.. rahasia aja deh… hihihi
      iya bener,, kurang tegas tuh si fadhil..πŸ˜€

      1. iya betul..

        wah pernah tu brarti, cikiciuw.. hehe, tenang akh tulang rusuk antum ga akan ketukar..

        iya jadi Azzam aja antum ya,, hehe peace

      2. hehehe,,,
        ga kok,,, mudah2an ga ngalamin kya gitu..πŸ˜€

  19. di lihat dari jalan ceritanya kayaknya getir bgt ya mas..

    1. bukan kayaknya mas,, tpi emang getirr..πŸ˜€πŸ˜€

  20. Sulit sekali dimengerti artinya. Padahal sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia, ya…. Mungkin saya bukan orang puitis.

    1. iy bu,,,, orang2 yg bersastra tinggi saja mungkin yang paham..πŸ˜€

  21. ehm…aku sih blom pernah begitu…dan bagaimana denganmu? hehe…

    1. hihihihi,,, syukurlah mba kalu ga pernah,,,

      saya?? ehmmm,, kasih tau gak yah??πŸ˜€πŸ˜€

  22. Saya nggak mau deh, mengalami kejadian seperti yang Fadhil alami…πŸ˜₯

    1. sama mas,, smoga jangan terjadi pada kita2..πŸ˜€

      1. tapi kalo udah digariskan yang maha kuasa gimana atuh??πŸ˜€

      2. ya jalani mas dan hadapi pastinya…πŸ˜€

  23. mending saya bawa kabur aja deh pengantin wanitanya hehe

    1. hahaha,,, kawin lari ya kang??πŸ˜€

  24. Ruriiiiiii….ini bukan dr pengalaman pribadi khan?πŸ˜›
    waduh, saking aja di film ya kisah kayak gitu, seandainya di dunia nyata, apa iya, bisa bersikap seperti Fadhil ?😦
    salam

    1. hihihihhi,,, kasih tau gak yah sama bunda??πŸ˜€πŸ˜€
      ga kok bun,, mudah2an dalam hidup ini ga ngrasain seperti yang fadhil rasakan itu bun..πŸ˜€

      salaam

  25. alhamdulillah, saya belum mengalaminya dan semoga tidak mengalaminya. kalaupun terjadi pada diri kita, maka berpikir positif adalah jalan terbaik. Allah lebih tahu jodoh yang terbaik bagi setiap umatnya. semoga kita mendapatkan jodoh bidadari yang terbaik dimata Allah dan umatnya. Amin
    salam kenal dari ahsin di solo.

    1. betul sekali,,,
      selalu berfikiran positif pada Allah karena segala yang terjadi adalah dariNya dan itu yang terbaik dariNya…

      salam kenal juga

  26. kue timpan itu enak banget dulu waktu aku masih di medan sering minta dibikinin sama sepupunya pakdheku dan dia pinter banget buatnya

    aku gak pernah nonton filem KCB hehhehee

    1. seperti apa ya bentuknya mba kue itu…πŸ˜€

      wahh,,, kenapa ga nonton KCB mba??:D

  27. lovetiffa · · Reply

    ini baru bs kebuka blognyaπŸ™‚
    KCB, blm liat sepenuhnya, kayaknya film tsb membosankan dan sedih2, sy krg suka cerita/lagu/film yg terlalu sedih2.

    1. membosankan sih nggak mba,,
      kalau saya justru seneng liat film yg sedih2..πŸ˜€

  28. Mudah2an itu cuma cerita di novel/film aja ya Mab, coz keknya ga akan ada ya seorang ‘Fadhil’ yg bs begitu di dunia nyata he he

    1. hihihih,,, iya bun, mudah2an saja…πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  29. mellow juga neh mas ruri ehehe…

    1. hihihihi,,,
      semuanya harus bisa pap, melow bisa, metal juga bisa…πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: