Goa Jepang

Goa Jepang, Kaligua
Goa Jepang

Goa Jepang merupakan salah satu objek wisata yang berada di area Perkebunan Teh Kaligua. Goa ini dibuat pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Menurut berbagai sumber, pada tahun 1942, Perkebunan teh ini diambil alih kekuasaanya oleh Jepang, namun tidak berlangsung lama.

Seperti yang telah diceritakan sebelumnya, Kawasan Perkebunan Teh Kaligua yang berada di daerah Pandansari, Paguyangan ini memiliki beberapa objek wisata, yang salah satunya adalah Goa Jepang ini.

Goa Jepang memiliki panjang terowongan sekitar 850 meter, dan jalan ke dalam goa juga berliku-liku dan sangat gelap tentunya. Bangunan ini tepat berada di bawah bukit-bukit perkebunan teh.

Goa Jepang Kaligua
Lokasi Goa Jepang

Namun sekarang bila berkeinginan untuk menyusuri Goa Jepang tersebut, kita tidak perlu takut karena gelap tadi, karena sudah dipasangi alat penerang. Jangan lupa pula, lebih baik masuk ke dalam Goa bersama pemandunya, agar kita tidak tersesat nantinya.

Pada hari Selasa, 2 minggu yang lalu (6/9/2011), tepatnya saat sedang dilanda gundah gulana halah curcol, saya diajak oleh sahabat saya untuk mencari kesejukan di Perkebunan Teh Kaligua. Dan untuk pertama kalinya juga akhirnya saya kesampaian untuk bisa masuk menyusuri Goa Jepang tersebut.

Perkebunan Teh Kaligua
Kebun Teh Kaligua

Memang benar, di dalamnya terdapat beberapa ruangan yang menurut pemandu, ada yang digunakan sebagai ruang tahanan, ruang sidang, ruang pembantaian, dan ada juga ruang sarang kelelawar. Sayangnya untuk kali ini tidak berkesempatan untuk masuk ke sarang kelelawara.πŸ˜€

Untuk bisa masuk ke Goa Jepang ini, biaya sangat-sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek Rp 2.000 (dua ribu rupiah) saja, kita bisa menyusuri Goa Jepang ini dengan didampingi oleh Pemandu. Tapi itu bukan termasuk tiket awal masuk Perkebunan. Kalau tiket pertama masuk perkebunan teh, per orangnya dikenai administrasi Rp 5.000,- saja.

Mari kita bersama menelusuri Goa Jepang.

Untuk mencapai ke Goa Jepang yang berada di atas perbukitan, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua ataupun dengan jalan kaki.

Goa Jepang Kaligua
Jalan Menuju Goa Jepang

Sebelum sampai ke Goa Jepang, ada wahana wisata lain yaitu berupa mata air yang sangat jernih, sejuk dan tentunya dingin sekali, yaitu Sumber Mata Air “Tuk Bening”.

Tuk Bening Kaligua
Sebelum sampai ke Goa Jepang, ada Tuk Bening dulu

Setelah menempuh perjalanan kaki dari area parkirΒ  kurang lebih 20-30 menit, akhirnya sampai juga di pintu gerbang Goa Jepang.

Goa Jepang Kaligua
Papan nama Goa Jepang di atas pintu masuk
Goa Jepang
Masuk ke Goa Jepang (permisi mbah, numpang lewat.. :D)
Goa Jepang
Menelusuri Goa Jepang (tidak semua bangunannya tinggi2, jadi harus agak nunduk)
Goa Jepang
Alhamdulillah sudah ada penerangan listrik, jadi ga usah takut akan gelap
Goa Jepang Kaligua
Berpose sejenak di dalam Goa

Setelah menelusuri beberapa meter, akhirnya sampai juga pada salah satu ruangan yang saat membacanya saja bikin ngeri, yaitu “Ruang Pembantaian”. Menurut pendampingnya, katanya ini digunakan sebagai ruang penyiksaan para tahanan pada masa penjajahan Jepang. Sadis….πŸ˜€

Goa Jepang Kaligua
ini dia berbagai ruangan yang ada, *Ruang Pembantaian*
Goa Jepang Kaligua
Ruang Pembantaian

Ruang Pembantaian kita tinggalkan, bergerak menuju ruang2 berikutnya, yaitu Kamar Kelelawar.

Goa Jepang Kaligua
Kamar Kelelawar

Ada juga ruangan yang dipakai untuk tempat sidang.

Goa Jepang Kaligua
Ruang Sidang
Goa Jepang Kaligua
Lorong-lorong Goa Jepang
Goa Jepang Kaligua
Ruangan untuk Tahanan
Goa Jepang Kaligua
Menelusuri Goa Jepang
Goa Jepang Kaligua
Alhamdulillah sampai di luar lagi tanpa tersesat di dalam Goa Jepang

Meskipun dinamakan Goa Jepang, tetap saja yang membangun adalah orang pribumi, yang jadi tenaga kerja adalah orang Indonesia asli.

Peninggalan-peninggalan bersejarah selain sebagai sarana untuk objek wisata, juga bisa menambah rasa kecintaan kita kepada Tanah Air, karena dari sini kita bisa mengambil banyak hikmah tentang bagaimana gigihnya rakyat Indonesia pada masa untuk berjuang merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

101 comments

  1. huwahhhh pengen :p tapi kok gelap2 gt kayak e seremm..

    1. namanya juga goa mas, ya gelap pastinya…πŸ˜€

  2. biasanya suka ada tour guide-nya… dan bisa nyewa senter

    1. betul bu,, tetep ada juru pendampingnya kok,,
      tp skarang malah sudah dipasang alat penerang

  3. kenapa goa jepang selalu kelihatan nyeremin sih ya?

    1. karena dipake buat tahanan, jadi segala penindasan dalam masa penjajahan juga ada di situ..πŸ˜€

  4. Eh? keren ya kelelawar punya kamar sendiri hihihihi

    1. hehhe,,, jangan salah bun,,, hebatkan tuh kelelawar dikasih kamar sendiri..πŸ˜€

  5. Pertama MOhon maaf lahir dan batin, buat mas mabruri sekeluarga dari keluarga mama kinan, maaf telat banget, BW nya nyicil neh, disambi kerja abis mudik, maaf ya…
    wah indonesia bener bener negara kaya, lihat photo kebun teh terhampar, wah sejuk banget..pingin ke kebun teh lagi neh, pingin minum teh alami, dulu suka dikasih kawan bapakku yang rumahnya juga didekat kebun teh dikota ku..hmm…btw goa jepangnya kayaknya ngeri yah..kok ada ruang pembantaian…ditempatku juga ada peninggalan sejarah proyek penjajah jepang, rakyat kita yang disuruh kerja romusha….
    thanks for sharing, daerah brebes ternyata ok juga tuh potensi wisatanyaπŸ™‚

    1. hehe,, sama-sama mam,, maaf lahir batin juga….

      pokoknya adem bangetlah kalau sudah berada di kebun teh, segala permasalahan yg ada sepertinya lenyap.. heheh

      namanya juga goa untuk tempat tahanan waktu penjajahan mam, pastinya segala kekejaman ada di situ…
      sama-sama mam, smoga suatu saat nanti bisa mampir ke brebes

  6. kalo aku kok lebih tertarik ke kebun tehnya ya Mab?!😎

    1. sama aja bun,, kan itu goanya juga ada di area perkebunan teh….πŸ˜€

  7. teus terang kalo disuruh berada di lorong, saya ada rasa takut, bukan phobia tapi selalu was-was. Ambruk dan ndak ada oksigen, itu saja alasannya.
    pemandangan menuju goa senagat indah Kang

    1. heheheh,,, sama pak ies,,
      awalnya juga saya seperti itu,, asli waktu mau masuk ke goa itu, bukan aada rasa takut karena gelap ataupun serem karena angker, tp ada was2 kalau saja tiba2 ambruk…

      iya, pemandangan teh nya memang indah pak

  8. waah….aku tertarik dengan tuk Beningnya itu lhoo… pengen deh kapan2 nyampai sana….

    1. smoga bisa nyampe mba,,, enak tuh main di tuk beningnya,,, dingin dingin gimaanaaa gittuu…πŸ˜€

  9. Waaa…ada bekas tempat pembantaian segala…disana suasananya gak angker apa mas? hehehe. Ke kebun teh aja saya masπŸ˜€

    1. ya gua itu kan adanya di kebun teh, jadi ya otomatis ke kebun teh pastinya bun,, heheh
      kok saya ga ngrasain angker yah,, hihihih

  10. wahh asyik yach jalan2 ke goa jepang…aku juga dulu pernah mau masuk goa waktu jalan2 ke bogor…tapi baru beberapa langkah ngga jadi diterusin soale gelap banget…meskipun ada senter tetep aja takut hiiiyyy…udah gitu katanya goa nya panjang banget….

    tp goa yg di kaligua enak yach udah ada lampunya….

    1. hehe,, iya bu,,
      kalau saya justru ga takut sama gelapnya,, tapi takut was2 kalau2 saja tiba2 ambrug tuh goanya,, hihihi

  11. Aduh, Mas, saya nggak foto2 gua Jepang di Bandung sini pas ke sana…😐

    1. ayo ke sana lagi mas, trs dipoto tuh guanya..πŸ˜€

  12. Daerah Pandansari, Paguyangan itu dmn mas? jd pengen kesana tp serem gitu, hehe

    1. daerah Brebes itu mas, Jawa tengah,, diantara jalur purwokerto – tegal

  13. wah, jadi ingat kampung bunda di bukittingi , juga ada goa jepangnya ,RuriπŸ™‚
    dan, menjadi salah satu obyek wisata juga
    salam

    1. wah, ada juga ya bun,,
      hebat ya bun orang2 jepang dulu,,, dan hebatnya kondisi bangunannya itu lho, kokoh2 banget meskipun telah berusia puluhan tahun…

  14. kayaknya kalo kesana kudu ditemenin Mas Mabruri nih,..biar ga kesasarπŸ™‚
    serem juga ya kalo dewe’an

    1. heheeh,, boleh boleh,, dijamin aman bu…πŸ˜€
      wah, kalau masuk goa sendirian juga saya sendiri pasti ga berani…πŸ˜€

  15. megilan bro ruang pembaitaiannya…hiiiiiii

    1. hehehe,,, serem yaa??πŸ˜€

  16. mantap mantap ya tempat wisata di tempat mas ruri..hihi jadi pengen eksploreπŸ˜€ tapi gimana tu kondisi udaranya di dalam sana

    1. yg pastinya adem dan dingin mas, perkebunan teh ya jelas pasti ada di kawasan pegunungan

  17. ternyata gua jepang itu ada dimana-mana yach, rajin bener orang jepang bikin gua…

    1. iyaaa, hebat2 yah orang2 jepang bikin tempat sembunyi

  18. iih seram juga ya ada ruang pembantaian

    1. heheh,, iya bu,, mungkin kalau cuman sendirian masuk ke situ juga nda berani

  19. saya berani gak ya masuk situ?

    1. kalau rame-rame pasti berani mba’..πŸ˜€

  20. Goa jepang hampir setiap daerah memiliki ya, Jogja juga ada di kawasan wisata Kaliurang di lereng gunung Merapi. Untuk ke sana kita harus naik melalui jalan yang berliku juga.

    1. kebanyakan di daerah perbukitan ataupun pegunungan ya pak?

  21. Irfan Handi · · Reply

    ditempat saya yang ada gua lawah(gua kelelawar) bang.

    1. banyak kelelawarnya yah berarti??πŸ˜€

  22. senangnya aku , melihat pemuda sekarang mengekspresikan dirinya dengan blog dan semakin hari semakin bagus ,cntohnya ini, salam ya mas dari jauhhhh

    1. waahh, terimakasih bu,,,s
      salam juga dari saya

  23. Gua Jepang banyak terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. sebagian besar merupakan gua yang dibangun sebagai tempat pertahanan tentara Jepang di Indonesia.
    Di Kawasan Gunung Muria Kudus juga ada gua Jepang. sayang kondisinya kurang terawat, Bahkan pintu masuknya nyaris runtuh.

    1. seandainya bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, bisa jadi objek wisata bersejarah pastinya…

  24. abedsaragih · · Reply

    Kunjungan dan komentar balik gan
    sekalian tukaran link

    salam persahabatan

    1. silakan,,,
      salam persahabatan juga

  25. euh … sya mungkin tahan sama gelapnya, tapi sempitnya aduh liat gambarnya aja udah sesak nafas😦

    1. hehehe,,, yg sempit pada bagian awalnya saja kok kalau itu, dalamnya sih longgar & tinggi

  26. Kenapa ya gak ada sekali2 gue atau tempat yang pake nama “Indonesia”πŸ™‚
    Walaupun peninggalan jepang, tapi yang buat kan kita jugaπŸ˜€

    1. hehehe,, kan yang menguasai orang2 penjajah

  27. kata-katanya goa ini angker ya?

    1. kayanya sih tidak mas..πŸ˜€

  28. di setiap daerah terutama pegunungan pastilah ada gua Jepang, contohnya di daerahku ada juga goa jepang namun tak terawat seperti gambar2 diatas..salut untuk Pemda di sini masih peduli akan jerih payah bangsa kita…

    1. iya pak, setidaknya untuk mengenalkan kepada generasi muda tentang betapa gigihnya rakyat kita dulu dalam berjuang meraih kemerdekaanhttps://mabrurisirampog.wordpress.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-form

  29. gila ruangan tahanannya ngeri banget ud gitu ada ruangan pembantaian lagi.. hiii pasti serem tuh,,

    1. hehehe,,
      jaman penjajahan ya seperti itulah ,,,

  30. ejawantahblog · · Reply

    Dikarenakan negara kita salah satunya bekas negara jajahan Jepang maka, dinegeri ini banyak terdapat goa-goa peninggalan Jepang.

    Semoga ini dapat dilestarikan dan dirawat oleh Pemda setempat dan dijadikan situs peninggalan bersejarah bangsa ini, dan juga dapat dijadikan tempat pariwisata pendidikan untuk generasi penerus negeri ini.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. betul sekali pak,,,
      itulah cerdasnya para penjajah dulu,, dan hebatnya lagi, bangunannya serasa sangat kokoh hingga sampai skarang juga masih kuat…

      sukses selalu

  31. Wah, guanya keren. Kebun tehnya juga hijau royo-royo….
    Jadi pengen berkunjung nih.

    1. monggo bu berkunjung ajaa, adem tempatnyaa..πŸ˜€

  32. masuk list..:D
    kapan2 kita ketemu di sana bang..hihi

    1. insya Allah mas, semoggaa

    1. kenapa takut,, Rasulullah juga dulu uzlah di gua hira kan??πŸ˜€

  33. kalo di Palembang juga ada, namanya Goa Putri mas letaknya di Baturaja. Tempatnya bukan lorong gitu, lebih kayak bukit, jadi naik turun.. keren deh..

    1. hmmm, jadi pengen ke sana juga…πŸ˜€

  34. hmm… seger bila singgah dan membaca-baca di blognya Mas Mabruri
    di Jogja juga ada Goa Jepang, salah satunya di Bukit Turgo, untuk sampai ke sana harus menaiki bukit, byuh… pas vienya di samping gunung merapi, indah sekali. dulu waktu ke sana, sayang sekali nggak bawa kamera, semoga suatu saat bisa ke sana: hehe… terinspirasi dari postingan Mas Mabruri yang asyik ini.

    1. iya, katanya banyak sekali goa jepang di negeri ini pak ustadz…
      iya dong pak, ayo ambil gambar goa ayng di gunung merapi itu, biar pada tau keindahannya..πŸ˜€

  35. Waaa asik, terus terang saya sih blm pernah mengalami masuk2 gua gitu hehehehe…..jadi kepengen ngerasain juga .

    1. ayo pak sekali-kali masuk ke goa.πŸ˜€

  36. Kamar kalelawar? ruang pembantaian? GLEKS. Serem >.<

    1. heheh,, tpi waktu saya masuk, kayanya ga ada aura horor2 gitu deh..πŸ˜€

  37. iiih serem amat masuk2 ke goa ya…
    kamar kelelawar fungsinya utk apa ya? apa emang niat pelihara kelelawar ya?
    tempat tahanannya nggak manusiawi pula… mirip tempat pembuangan sampah…
    ya Allah seperti apa ya hidup di jaman Jepang dulu?

    bersyukur sekali qta menjadi manusia jaman skrgπŸ˜€
    alhamdulillah ya…

    1. kamar kelelawar itu sarang kelelawar bu…
      ya jaman penjajahan mana ada yg manusiawi bu.. heheh

      iya, kita bersyukur banget hidup sudah di era kemerdekaan… al
      hamdulillah

  38. Hadooh… aku kok udah sesak napas aja ngelihat goanya ya…
    Gak berani masuk deh keknya,..πŸ˜€
    Semoga terpelihara kelestariannya yaπŸ™‚

    1. kalo rame2 pasti berani kak,,
      saya aja klo sndirian juga pasti nda berani..πŸ˜€

      semoga saja tetap terpelihara sbagai warisan sejarah bangsa

  39. Kayaknya pernah masuk TV hongkong. Tp ga tau bener gua jepang ini atau bkn. Tp yg jelas di indonesia.

    Peninggalan sejarah yg wajib dijaga dan dilestarikan nich

    1. hehehe,, kayanya sih bukan yang ini mba.. heheh

      betul harus dijaga untuk mengenang perjuangan rakyat indonesia pada jaman penjajahan

  40. Assalaamu’alaikum wr.wb Mabruri…

    Jauh juga perjalanan untuk sampai ke Gua Jepang ya. Satu tinggalan penjajahan yang tentunya sangat mengerunkan suatu masa dulu kerana adanya ruang pembantaian dan ruang tahanan. Sungguh tersiksa sekali mangsa2 yang ditahan dan dibantai, pastinya kerana tentera jepang dikenali sangat kejam dalam sejarah penjajahan mereka di Asia.

    Fotonya keren2 walau hanya sekadar amatur tetapi sangat membantu untuk mempromosi sebagai kawasan wisata yang harus dikunjungi.

    Mudahan semakin banyak pengalaman yang bisa dikongsi di temapt Mabruri untuk dibaca dan dikenal sebagai usaha mengajak pembaca ke sana.

    Salam mesra dari Kuala Lumpur.πŸ˜€

    1. “alaikumussalam wr wb bunda…

      iya bun, dari area parkir kalau ditempuh jalan kaki skitar butuh waktu 20-30 menit. Dan memang itu suatu peninggalan sejarah yang bisa dijadikan referensi buat generasi penerus utk lebih menghargai betapa pentingnya arti sebuah kemerdekaan dan menghargai perjuangan rakyat2 terdahulu.

      Semoga saja dengan adanya ini tumbuh kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga kelestariannya sehingga bisa dijadikan tujuan wisata yg bernuansa pendidikan..

      salaam

  41. hanya beberapa tahun menduduki Indonesia, jepang sudah banyak banget membangun goa goa, di kaliurang yogyakarta juga ada goa jepang yang cukup terkenalπŸ™‚

    1. hebatnya jepang ya mas….
      dan bangunannya juga sangat kokoh mpe sekarang

  42. Hmm, tuk beningnya yang jadi pengen nyebur. Pasti airnya bening dan adem, bikin seger. Agak takut sih kalo masuk ke dalam goa yang pengap dan gelap, saya milih menikmati perkebunan tehnya aja Mas…

    1. pastinya mba, ga kuat lama2 kalau mainan air di situ, dinginnya luar biasa…

      kalau masuknya rame2 sih ga takut..πŸ˜€

  43. Goa Jepang ada di mana-mana ya.
    Dulu di Biak juga ada, itu salah satu tempat wisata terkenal juga di sana. Dalamnya licin dan basah, jadi harus hati-hati melangkah…

    1. iyaa, banyak sekali gua jepang beredar..

      waah,, brarti lembab ya bu keadaannya

  44. Kerennnn sumpahhh ,., pengen kesana tapi jauhh ya

    1. semoga suatu saat nanti bisa mas..πŸ˜€

  45. mas.. mas.. kok ngeri banget guanya ya.. takut d aku kayaknya klo kesana,, hehe

    1. hehehe,, kalau rame2 sih ga perlu takut mas…πŸ˜€

  46. Ternyata di Brebes juga ada Gua Jepang to? Kalo di Bandung juga ada yaitu di daerah Dago pakar. Banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita renungkan di sana. Yang pasti kita patut bersyukur telah menikmati masa-masa Kemerdekaan.

    1. bener mas,,
      jepang yg cuma sebentar menjajah negara kita bisa membangun gua segitu banyaknya

      harus benar-benar mensyukurinya mas

  47. wah kayanya seru tw,,,πŸ™‚

  48. wow panjang juga ya goanya.. saya pernah masuk Goa Jepang cuma pendek.. soalnya cuma difungsikan sebagai bunker intai

    1. ga terlalu serem brarti ya kang…πŸ˜€

  49. seru tuh kayaknya ke gua jepang, sayang jauh dari jombang T__T

    1. heheh,, smoga bisa kesampean ke sini pak…πŸ˜€

  50. Abed Saragih · · Reply

    kunjungan dan komentar balik ya gan

    salam perkenalan dari

    http://diketik.wordpress.com

    sekalian tukaran link ya..

    semoga semuanya sahabat blogger semakin eksis dan berjaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: