Indahnya Berbagi

Indahnya BerbagiIndahnya Berbagi di sini bukan maksud saya akan mengadakan giveaway yaπŸ˜€, tapi ini adalah program kecil yang sedang berusaha, kami (saya dan sahabat2 SMA) jalankan saat ini. Ide ini muncul secara begitu saja saat chat dengan para sahabat.

Berawal dari rasa kecintaan terhadap tanah kelahiran kami. Setidaknya dari lahir hingga mengenyam pendidikan sampai tingkat SMA, kami hidup bermasyarakat di wilayah kelahiran kami (Brebes Selatan). Perlahan, untukΒ  melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan mengejar cita-cita, tanah kelahiran pun mulai kami tinggalkan. Ada yang ke Bandung, Semarang, Jogja, dan sebagainya. Begitupun saat menempuh jenjang pendidikan telah selesai, kami tidak secara sepenuhnya kembali pulang untuk mengamalkan apa yang telah kami dapat untuk masyarakat di tempat kelahiran kami dulu. Karena itu sudah jadi rencana Allah, bahwa sumber rizki kami memang telah ditentukan dimananya, sehingga kami pun harus mencari dan menjemputnya. Ada yang menjemput rizki di Jakarta, ada juga yang di Bandung, Semarang, Jogja, bahkan sudah menyebar ke luar pulau Jawa seperti Sumatera dan Sulawesi.

Tapi dimanapun kami berada, rasa cinta terhadap tanah kelahiran tak kan pernah surut. Namun yang menjadi pertanyaan di benak kami adalah, “Apa yang sudah kita perbuat untuk tanah kelahiran kita? Kontribusi apa yang sudah kita berikan untuk mereka? Bertahun-tahun kita hidup bermasyarakat di sini, tapi rasanya belum pernah memberikan apa-apa untuk masyarakatnya.”

Dari sinilah, maka kami timbul keinginan untuk memberikan sesuatu untuk masyarakat, khususnya dimana tempat kami lahir dulu dengan cara memberikan apa yang semampu kami berikan. Berhubung antar individunya sudah terpencar kemana-mana, jadi ya hal yang paling mudah adalah dengan menyisihkan sebagian usaha setiap bulan untuk disumbangkan bagi mereka-mereka yang berhak menerimanya.

Gagasan Program bertajuk “Indahnya Berbagi” ini pun muncul. Satu persatu kami melobi para sahabat untuk berpartisipasi dalam program ini. Dari yang masih bertahan di wilayah Brebes Selatan khususnya wilayah Bumiayu, Paguyangan, Sirampog, Tonjong hingga yang sedang merantau, kami himpun dan diajak dalam program ini, dan alhamdulillah hampir semua yang sudah dilobi menyatakan kesiapannya untuk ikut berpartisipasi dalam program Indahnya Berbagi ini.

Meskipun dengan musyawarah yang hanya lewat chating, fb, telefon ataupun SMS, alhamdulillah secara bertahap program ini sudah mulai dikerjakan. Sebagai langkah awal, kemarin hari Jum’at (16/9/2011) salah satu rekan yang masih berdomisili di Bumiayu, berkenan untuk mengurus pembukaan rekening Indahnya Berbagi, dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar.

Program indahnya berbagi ini, insya Allah akan sepenuhnya disalurkan untuk bantuan pendidikan anak-anak yatim/piatu/dhuafa, bantuan operasional masjid/musholla/madrasah, ataupun kegiatan sosial lainnya.

Sampai saat ini, program ini masih dalam proses pematangan tentang bagaimana mekanisme pelaksanaannya nanti, dan diharapkan bulan depan (Oktober) insya Allah sudah efektif dimulai.

Dengan memohon doa kepada Allah SWT, semoga rencana program “Indahnya Berbagi” ini berjalan dengan lancar dan tentunya mendapat berkah dan ridho dari-Nya.

Do’a restu kepada para sahabat blogger semua juga, agar program ini bisa berhasil sesuai harapan. Meskipun penyalurannya nanti untuk wilayah kami (Bumiayu, Paguyangan, Sirampog, Tonjong), tapi barangkali dari para sahabat blogger ada yang ingin berpartisipasi dalam program ini, misalnya dengan cara menyalurkan dana ke rekening Indahnya Berbagi, dengan senang hati kami menerimanya. Informasi terakhir, alhamdulilalh sudah ada 35 (tiga puluh lima) sahabat yang insya Allah siap berpartisipasi dalam program ini. Semoga Allah memberkahi.. aamiin.

Keterangan lebih lanjut ada di halaman Indahnya Berbagi.

β€œPerumpamaan orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah SWT adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada setiap tangkai terdapat seratus biji.”

(Al Baqarah: 261)

90 comments

  1. semoga niat baik kita dipermudah oleh-NYA. amin…

    1. Aamiin ya Rabb,,,
      makasih mba..πŸ˜€

  2. Saleum
    Sangat bermanfaat lho bang, karena kita bisa mereview kembali sepak terjang kita selama mempunyai kampung halaman. Doa restu saya mengiringi dari Ujung pulau sumatera, semoga ada hikmahnyaπŸ™‚
    saleum dmilano

    1. aamiin,,
      trimakasih bang,,, semoga di sana juga nanti bisa membuat program yang seperti ini. karena berbagi itu indah..πŸ˜€

  3. partisipasinya dalam hal apa ya mas?
    semoga saja bisa berjalan dengan lancar ya.Amin

    1. aamiin, trimakasih bu doa dan suportnya…
      ya bisa saja dengan menyalurkan dana ke rekening indahnya berbagi bu…πŸ˜€

  4. alhamdulillah, semoga gerakan ini menyemangati blogger lain untuk ikut memajukan tanah kelahiran tercinta. kenapa nggak sekalian dikasih tahu mas, berapa no rekening indahnya berbagi?? untuk memudahkan para blogger yang lain, seandainya mereka ingin ikut berpartisipasi..πŸ™‚

    1. aamiin,, semoga saja begitu dhe…
      bisa diikuti yg lain.
      Lah itukan sudah ada yg ngelink ke halaman indahnya berbagi, di situ sudah ada no rekeningnya lho dhe…πŸ˜€

  5. alhamdulillah bisa memberikan kemanfaatan pada orang-orang di sekitarnya, sehingga dengan itu bisa memupuk kebiasaan melakukan sedekah. Secara kasat mata, sedekah itu seolah untuk orang lain, tapi sebenarnya untuk diri kita sendiri karena kita tidak pernah menyadi ternyata ALloh ta’ala telah mengembalikan sodaqah kita dengan berlipat-lipat kenikmatan seperti yang dijanjikan ayat di atas.
    semoga sukses ya Kang

    1. Alhamdulillah pak Ies,,,
      dan memang benar sekali, sesuangguhnya yg menjadi tabungan dan harta kita yg sebenarnya adalah ya yang digunakan untuk di jalan Allah, termasuk yang dipakai untuk kegiatan amal.

      aamiin,, trimakasih pak apresiasinya

  6. Salut dgn kreatifitasnya membuat program berbagi. Smg sukses ya. . .

    1. aamiin,, trimakasih mba apresiasinya, semoga mnjadi motivasi buat kami

  7. Semoga dari kampung Tanah kelahiran bisa merembet ke Tanah Air bumi pertiwi…suksess mas

    1. aamiin mas riez,,, semoga sajaa

  8. Sebuah langkah dan program yang bagus banget, Mas. Moga2 dapat berjalan sesuai tujuan.

    1. aamiin bang,,,
      semoga nanti bisa berjalan dengan lancar dan tujuan bisa tercapai sesuai harapan

  9. ide dan gagasan yg sangat positif semoga bsa cepet terwujud…

    Dlu saya jg sempet mengumpulkan temen2 yg sudah menyebar di berbagai kota untuk mengumpulkan sedikit rejekinya buat di salurkan mendirikan sekolah madrasah kecil2an yg jelas tujuanya buat menghidupkan surau yg skrg kayaknya semakin sepi ga ada kegiatan selain sholat jamaah. Namun msh belum terealisasi karena kesibukan masing2… Tp mdh2an tahun depan bsa di diskusikan…

    1. aamiin,, makasih ya doa dan suportnya…

      segalanya memang harus diniati dan diusahakan dg sungguh2, perlahan namun pasti,,,, pelan-pelan dan dimulai dari hal yg kecil2 dulu, insya Allah kalau istiqomah bisaa.πŸ˜€

  10. semoga sukses Mab,
    apalagi kalau bisa jadi pancing, tak hanya umpan

    1. aamiin bun, trimakasih doanya..

      iya bun, semoga nanti juga bisa bertahap sampai ke program itu..

  11. wah keren ituπŸ˜€ sekalian menjaga silaturahmi bersama dengan teman2 yaπŸ™‚

    1. betul sekali, tujuannya ya termasuk itu, menjaga silaturahim yg telah lama terbina

  12. Sungguh cita2 mulia. Merantau tapi tidak melupakan kampung halaman dan yang terpenting ada sumbangsih untuk memajukannya dengan cara melakukan kegiatan2 yg sifatnya sosial kemasyarakatan

    1. alhamdulillah mas,, masih banyak yg peduli sama kampung halamannya sndiri…πŸ˜€

  13. Gagasan sangat mulia. Smoga Allah memberi dan memudahkan jalan dalam merealisasikannya. Amin.

    Salam,
    by: http://gunawank.wordpress.com/2011/09/17/jadwal-dan-daftar-peserta-plpg-2011-gelombang-1-rayon-111-uny/

    1. aamiin,,, semoga Allah memberkahi,,,
      trimakasih pak doa dan suportnya

  14. Kegiatannya inspiratif. Smoga segala sesuatunya lancar and sesuai yang dikehendaki.

    1. aamiiinn,,, semoga begitu pak….
      trimakasih…πŸ˜€

  15. hihi.. kirain mau ikutan buat giveaway juga.πŸ˜›

    1. hehehehe…..
      suatu saat nanti..πŸ˜€

  16. Semoga programnya lancar ya mas. Saya ikut mendoakan semoga banyak pihak yang tergerak untuk melakukan program yang mulia ini.
    Amien

    1. aamiin ya Rabb..
      makasih mas, semoga Allah memberkahi

  17. salut dengan ide cemerlangnya… semoga terus berlanjut & banyak bermanfaat bagi masyarakat (khususnya Brebes)

    1. aamiin ,,,
      mkasih mba doa dan suportnya..
      semoga benar2 bisa memberikan manfaat untuk masyarakat

  18. anugrha13 · · Reply

    semoga bermanfaat dan sampai pada yang membutuhkanπŸ™‚

    1. aaamiiin,,,
      semoga sesuai dengan harapan dan tujuannya mas

  19. hii salam kenal iya dari vira ..πŸ™‚
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 … ^_^ good luck iya…..

    1. salam kenal juga…..
      iya, semoga bisa segera ke TKP…
      sama2.

  20. Lancar jaya kang progamnya.. sukses buat dulur-dulur di sana semua.. semoga pula progam ini bisa dijadikan contoh buat siapa saja, jika berbagi tak akan pernah merugi…

    salut.. lozz akbar menyukai ini

    1. aamiin kang,, maturnuwun doa & dukungane….
      iyaa, semoga perlahan tapi pasti nanti bisa menyebar ke program2 yg lain

  21. Agung Rangga · · Reply

    mudah2an programnya berjalan lancar ya pak~πŸ˜€
    berbagi sesama memang indah~😳

    1. aamiin,,,
      makasih gung,
      berbagi memang indah…πŸ˜€

  22. Wah,,, idenya layak diacungin jempol mas,..
    semoga sukses ya programnya

    1. lho kok cuman diacungi jempol, bagusnya ya ikut berpartisipasi mba… hihiihh

      aamiin, mohon doa & suportnya aja ya mba..πŸ˜€

  23. Ide untuk memakmurkan tanah kelahiran yang sangat patut untuk ditiru,
    mudahan terus berkelanjutan ke kegiatan lainnya.

    1. aamiin,, smoga saja bu,, mohon do’a restunya saja…

  24. Ingin aku seperti itu mas, menyisihkan hasil usaha yaa sebulan atau beberapa bulan untuk dipakai di kampung tercinta sana, tapi bingung ngasihnya sama siapa. …

    1. ehmmm,,,, langsung ke masjid aja pak kalalu bingung..πŸ˜€

  25. Senang rasanya bisa ikut beramal, saya dari dulu belum pernah ikutan kegiatan seperti ini. Paling tidak nantinya seali seumur hidupπŸ™‚

    1. iya pak,, karena harta kita yg sebenarnya ya yg kita amalkan itu..

  26. Salut banget nih…
    semoga semakin banyak yang turut serta ya…πŸ™‚

    1. aamiin,,, minta doa & suportnya aja kak,,
      atau mau berpartisipasi juga kak??πŸ˜€

  27. Berbagi memang indah, karena apa yang kita miliki tidak semuanya dapat kita nikmati

    1. betul pak,,, yang sebenarnya milik kita adalah yang dibagikan itu

  28. sayyidahali · · Reply

    subhanallah..sangat menginspirasi…

    1. alhamdulillah, mohon dukungannya ya bu..

  29. segala sesuatunya akan lebih indah jika di nikmati bersamaπŸ™‚ asal jangan istri aja :p

    1. heheh,, betul sekali…
      haha,, itu sih ga boleeeh..πŸ˜›

  30. Keren Mab, semoga sukses ya. Dan betul bgt, berbagi itu sangat indahπŸ˜‰

    1. aamiin,,
      makasih bun….
      berbagi memang indah..πŸ˜€

  31. wahh, idenya keren nih. Semoga semuanya berjalan lancar ya, Mas. Niat baik, pasti akan dimudahkan segala macamnya sama yang diatas. Amiinn…

    1. aamiin,,,
      makasih ya doa dan suportnya..

  32. Subhanallah Mab…
    mulia sekali programnya..
    semoga semua berjalan lancar dan rezekinya bisa sampai ke yg berhak menerimanya…
    dan semoga Allah melebihkan rezeki kalian ya…
    Amiiin….

    1. aamiin ya Rabb..
      makasih ya bu doa dan suportnya.
      semog teman2 yg menjalankan program ini makin semangat dan tentunya benar2 diberkahi oleh Allah SWT..
      aamiin

  33. semoga mendapat balasan dariNya, idenya brilian mas..

    1. aamiin yaa Rabb…
      mkasih mas..

  34. Subhanalloh…indahnya ide “Indahnya Berbagi”… seandainya saja semua masyarakat Indonesia yang sudah sukses dirantau berpikiran seperti itu, ingin memajukan daerah asalnya, pasti Pemerintah jadi ringan kerjaannya!! πŸ˜€
    Semoga sukses ya! jangan lupa infokan terus sejauh mana kegiatannya..

    1. haduh buu,, ga ada urusan sama pemerintahlah,,,,
      nunggu pemerintah mah berbelit2.. hehehe

      aamiin,,, doain aja bu,,insya Allah setiap program yg nantinya berjalan akan diinfokan ke publik,

  35. Aziz Safa · · Reply

    siapa pun yang berbagi, ia tak akan dibuat merugi… surga menjadi jaminannya di akhirat nanti …

    1. aamiin,,,
      semoga seperti itu mas..

  36. inilah hikmah dari persahabatan dan menjaga tali silaturahmi, sukses buat idenya mas…

    1. aamiin…
      makasih bu do’;anya,,, semoga Allah memberkahi

  37. semoga kegiatannya berjalan lancar dan sukses. kegiatan semacam ini perlu terus digalakkan.

    1. aamiin,, doanya aja pak…
      semoga bisa menginspirasi yg lain juga

    1. aamiin…
      makasih bun

  38. Subhanalloh semoga niat baiknya terlaksana dengan lancar dan tanpa suatu hambatan apapun yaπŸ™‚

    1. aamiin yaa Rabb…
      makasih bu doa dan suportnya.. smoga menjadi motivasi buat kami

  39. Semoga ide dan acaranya lancar ya masπŸ™‚

    1. aamiin,,, makasih ya mba doanya

  40. Saya salut sama idenya mas ruri dan teman2 …. semoga sukses !

    1. aamiin…
      makasih pak apresiasinya,, semoga nantinya memang benar2 berjalan sukses

  41. nice post my fren, I like your posting nice shareπŸ™‚

    ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

    A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

    => ENGLISH TUTORS Batam – Balikpapan – Palembang – Pekanbaru – Medan – Semarang – Makassar

    Send you resume to : easyspeak.hunting@gmail.com as soon as possible.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

  42. Berbagi tidak pernah rugi …πŸ˜† Selamat berbagi saha mas, semoga bisa memberi manfaat bagi sekitarnya.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. aamiin.. makasih pak doanya..
      berbagi memang tak pernah rugi

  43. semoga program ini memberi manfaat dan maslahat bagi ummat, aamiiin

    1. aamiin…
      harapan dan doa tentunya seperti itu mas, semoga terealisasi

  44. Semoga saya bisa mengikuti Mas bikin program yang bermanfaat bagi sesamaπŸ™‚

    1. aamiin…
      semoga saja ya mba..πŸ˜€

  45. […] program “Indahnya Berbagi” yang sedang akan kami jalankan seperti yang telah ditulis sebelumnya. Dunia pendidikan itu sangat penting bagi kita semua. Pemerintah telah berupaya dengan segala macam […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: