Saya dan Si Kecil

Saya dan si kecil di sini bukan berarti saya dengan anak saya. Tapi si kecil di sini adalah mereka keponakan-keponakan saya yang selalu bikin saya bahagia melihat mereka, selalu riang bila bercengkrama dan melihat segala tingkah polah mereka, yang pastinya akan serasa membuat hati ini menjadi damai, serta hilang segala rasa kegalauan. Halaahh.. Galaunya dibawa-bawa, heheh.

Saya sangat senang terhadap anak-anak. Dari mereka saya bisa melihat pancaran wajah-wajah polos tanpa dosa yang jika dibandingkan dengan saya, aduuuh,, astaghfirullah. Harus banyak-banyak bertaubat pokoknya.πŸ˜€

Bermain dengan keponakan-keponakan bisa membuat pikiran ini kembali menjadi segar. Namun ada kalanya, keponakan yang masih belum mau bermain dengan saya. Itu mungkin dikarenakan memang jarang sekali untuk bisa berjumpa. Saya mengalami hal ini juga, terutama untuk dua keponakan dari kakak sepupu saya yang tinggal di Cilacap dan Batam. Sangat jarang sekali untuk bisa sekedar berjumpa dengan mereka. Terutama yang tinggal di Batam. Paling ya saat lebaran seperti kemaren baru bisa berjumpa dan bercengkrama dengan mereka. Dan lebaran idul fitri kemaren adalah untuk pertama kalinya keponakan yang dari Batam bisa berkumpul bersama kami setelah usianya hampir menginjak 2 tahun ini.

Berikut adalah kenangan-kenangan indah bersama keponakan-keponakan yang berhasil diabadikan.

1. Nanda

Nanda adalah keponakan saya yang paling besar. Dia tinggal berdampingan dengan rumah orangtua saya. Jadi bisa ketemu setiap hari. Sebenarnya dia sangat pemalu kepada saya, tapi penurut. Momen paling indah bersama Nanda adalah saat bersama dia berkunjung ke waduk Penjalin, Patuguran pada tahun 2008.

Waduk Penjalin
Nanda
Waduk Penjalin
Aku & Nanda di Waduk Penjalin

Sekarang Nanda sudah duduk di kelas 3 SD. Semoga makin rajin sekolahnya ya De….πŸ™‚

2. Haikal

Seperti dengan Nanda, Haikal adalah keponakan yang tinggalnya masih satu kampung dengan saya, yaitu di Sirampog. Jadi intensitas bertemu dan bercengkrama dengan dia bisa kapan saja. Dulu awalnya dia takut kepada saya. Apalagi waktu saya berambut gondrong, dia langsung nangis kalau lihat saya. Haikal juga pemalu, lebih tepatnya malu-malu mau. Kalau mau diajakin main, pura-puranya gak mau, tapi kalau sudah diiming-imingi jajan misalnya, pasti dia langsung mau.πŸ˜€

Ayo Sekolah
Haikal berangkat sekolah
Berdua
Aku & Haikal

Sekarang Haikal sudah duduk di bangku SD kelas 2, semoga selalu sehat, jadi anak yang sholeh dan pinter ya de….

3. Hafidz

Keponakan yang tinggal di Cilacap inilah yang jarang sekali untuk bisa bertemu. Apalagi setelah masing-masing mempunyai kesibukan. Sudah menjadi resiko kalau saya dan Ade Hafidz ini paling ketemu kalau saat lebaran saja. Karena inilah, tidak heran bila saya dan Hafidz serasa kurang akrab, ya karena memang jarang sekali bertemu. Tapi menurut saya dia berbeda. Meskipun jarang sekali untuk bertemu, tapi dia tidak butuh waktu lama untuk bisa bercengkrama dengan saya. Awalnya sih dia merasa malu, tapi setelah sejam dua jam bersama, dia langsung mau. Satu yang lucu dari dia, Hafidz itu tidak mau kalau dikasih uang. Maunya yang berupa makanan. Kalau dikasih uang, pasti dibuang… Heheh. Hafidz juga termasuk anak yang sangat aktif. Ga bisa diam pokoknya. Ada aja yang dia kerjakan.πŸ˜€ Alhamdulillah, lebaran kemarin bisa berjumpa lagi dengan Hafidz.

Minum
Hafidz
Berdua
Aku & Hafidz (waktu Hafidz blum bisa jalan)

Sekarang sudah mau masuk PAUD, semoga selalu sehat dan jadi anak yang pinter ya De….

4. Fakhri

Ini dia keponakan yang paling jauh dari Batam sana. Fakhri adalah keponakan dari kakak sepupu saya. Dengan dia baru ketemu dua kali, yang pertama adalah saat 40 hari almarhumah adik saya, dan yang kedua adalah saat lebaran idul fitri kemarin. Sekarang usianya baru mau menginjak 2 tahun.

Menurut saya, Fakhri adalah yang paling enak untuk diajak bermain. Karena dia mau dengan siapa saja, meskipun sama orang yang baru dia lihat. Kadang ini bisa mengkhawatirkan juga, karena mau diajak sama siapa saja. Tapi hebatnya, meskipun mau bermain dengan siapa saja, tapi dia tidak mau digendong sama orang yang baru dia lihat. Dia sangat aktif, makannya juga banyak. Yang paling saya ingat dari keaktifannya dia adalah, saat dia lagi di rumah saya di Sirampog, saat orang lain lagi enak-enaknya tidur, waktu itu masih menunjukkan pukul 3 pagi, eh Fakhri sudah bangun dan membangunkan saya untuk menemani main balon. Kan lucu banget,, ya dengan mata masih mengantuk, akhirnya saya bermain balon dengan Fakhri pukul 3 pagi.

Fakhri
Fakhri
Foto Berdua
Aku & Fakhri

Sekarang Fakhri sudah balik lagi ke Batam. Dan mungkin lebaran tahun depan baru bisa berjumpa dengannya lagi, insya Allah. Semoga selalu sehat, jadi anak yang sholeh, & pinter ya de….

Saat-saat bercengkrama bersama merekalah, hati ini begitu nyaman. Hilang segala penat dan beban pikiran yang ada. Anak-anak merupakan amanah dari Allah SWT. Tidaklah setiap anak yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orangtuanyalah yang akan menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani, atau Majusi.

Haikal & Hafidz
Fakhri
Waduk Penjalin
Hafidz & Fakhri

Kini, hanya dengan memandangi foto-foto itulah, segala kerinduan saat jauh dari mereka, bisa sedikit terobati.

***

Tulisan ini diikutsertakan pada acara 1st Giveaway: The Sweetest Memories.

47 comments

  1. waduh lagi pamer ponakanπŸ˜€
    ikutan ahπŸ˜€

  2. wah mas foto si kecilnya lucu-lucu
    saya jadi kangen nih sama adik bungsu saya hihihi
    oh ya semoga segera dapat momongan punya mas ruri sendiri jadi yang ditampilin bukan cuma foto ponakannya tapi juga foto anak mas ruri sendiri. Amien

  3. hehe.. semua dipajang ya Mab.. sayang ponakan..sayang ponakan…

  4. wah…. ternyata banyak juga keponakannya mas Mabruri.πŸ˜€
    tinggal om-nya, kapan nih…. hihihi

    sukses dengan kontesnya…πŸ™‚

  5. Foto terakhir lucu bgt Mab,pgn nyubit pipinya Hafidz n Fakhri hihihihi… samaan kyk masjier nih, jd kangen adek bungsuku yg msh TK jg, dan biasanya memang gitu, krn jarang ketemu, pas aku dateng biasanya malu2 dulu, baru deh cerewet cerita segala macemπŸ˜›

    Sudah tercatat Mab, tengkyu udh ikut meramaikan yaa^^

  6. Mas Hafidz membuang uang pemberian Omnya mungkin karena pingin yang lebih banyak
    btw, saya pun pecinta anak kecil, siapaun itu karena alasan yang sama ereka polos, lugu dan sangat melegakan rasa

  7. wah keponakannya lucu-lucu…senangnya bisa berkumpul dgn mereka…..emang anak kecil itu pertamanya suka malu-malu…ntar klo dah mau malah lengket ngga mau lepas hehehe…..

  8. ini manis sekali brur,,keponakan2 selalu bikin gemes yaa…adik2 saya juga begitu suka ama anak2 …jadilah anak2 saya, keponakan2nya suka main ama anak2,,,

  9. Melihat tingkah mereka rasanya campur aduk kadang lucu,gemesin bahkan bikin jengkel tapi kita tetep maklum namanya juga anak-anak

    Jadi pingin punya anak tapi istri aja belum punya

    PLUR

  10. Saleum,
    Senang sekali punya ponakan yang imut dan lucu gitu bang, terkadang bermain dengan para bocah akan membuat kita sedikit lebih sehat dari biasanya, karena kepolosan mereka itu yang membuat pikiran kita plong…
    pic bang mab dengan haykal yang terpolos pilihan sayaπŸ˜†
    saleum dmilano

  11. Wah..ponakannya mas banyak juga yahπŸ˜€
    Kalo saya sih cuma 3, beda 1 dengan mas, ahahaha…πŸ˜€
    Tapi emang sih, punya ponakan itu emang seru walau kadang2 juga suka bikin jengkel, kalo main ributnya gak ketulungan, wkwkwkw…πŸ˜†

  12. keponakan saya baru 2 mas, cewek semua. tapi ada baby brader saya yang masih berumur 10 bulan, jadi kalo pulang ke rumah rasanya lengkap banget, rumah saya rame lagi setelah sekian tahun ibu dan ayah saya hanya tinggal berdua ditinggal kami (anak-anaknya)..

    tumben kontesnya gk ditaroh di blogdetik..πŸ˜›

  13. Wah….. asyik juga ya mas dapat bermain dan berkumpul dengan keponakan yang dapat menghibur hati.

    Sukses selalu dan salam untuk keluarga ya mas.
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  14. jangankan keponakan, cucu-pun aku dah punya 4 mab!πŸ˜€

    *resiko anak bungsu

  15. Lha,, mas Brur sendiri kapan hayo punya “si kecil”nya sendiri.. hahaha…
    tapi emang sih mas,, anak kecil itu nggemesin, saya juga kangen sama ponakan2 di rumah…

  16. Keponakan saya jauh2 semua, dan sudah besar2 semua…

  17. sayang ponakan , bisa jadi bekal untuk sayang anak nantinya ya

  18. keponakannya semua nya lutju dan cantik RuriπŸ™‚
    pantes aja kalau ngangeni …….
    lihat fotonya Fakhri bobo itu , lucu banget deh,
    masa’ tidur aja masih bergaya , topang kaki kayak gituh……hehehe…πŸ˜€πŸ˜€
    semoga semua ponakannya Ruri, selalu sehat, jadi anak2 yg sholeh dan sholehah dan bakti pd orang tua, serta bermanfaat bagi orang2 sekitarnya ,aamiin
    salam

  19. wah…sama, dari 5 krucilku, cuma ada 1 cewe..hehe…
    oya, foto haikal yg mau berangkat sekolah…kelihatan chubby…lucu banget…!
    semoga sukses di hajatannya Orin ya..

  20. Keponakannya lucu-lucu dan memberikan kenangan tersendiri ya Mab.
    Photo menjawab semua kangenπŸ™‚

  21. anak kecil emang lucuπŸ™‚ tapi kalau udah saling berantem dan ak sebagai pengasuhnya hish pengen tak jitakin satu2πŸ˜›
    kyaaa gayanya Haikal yang sendiri itu kerenπŸ˜€

  22. woww … penyayang sama anak2 rupanya …πŸ˜‰
    awal yg baik jadi ayah yg baik nantinya …πŸ˜›

  23. Anak-anak umur segitu memang sedang nggemesin Mas. Saya ada tetangga, umur sekitar 4 – 5 th, kalau nda liat sehari serasa ada yang kurang, meskipun terkadang tuh bocah sampai nangis kalau saya ledekin. Hehehe.. tahu sendiri kan, kepuasan tersendiri kalau bisa ngeledek anak kecil sampai nangis.πŸ™‚ jangan ditiru dengan atau tanpa bimbingan yang sudah berpengalaman.

  24. Foto terakhir narsis banget, Kang. Pasti pamannya yang ngajari.

  25. Keponakanku masih satu Mas dan itupunjarang ketemu kalau ketemu udah macam-macam yang diomongin.. masih 2 th

  26. indahnya membacanya..damai..ponakannya lucu” mas ngegemesin..hehee.. jadi kangeun ponakan nih..

  27. Keponakanku bnyk yg tkt ama aq karna ga pernah ketemu. Mau tak gendong kalo dikasih hadiah. Tp sering meweknya hikz
    Keponakannya lucu2 bngt

  28. menyenangkan pastinya,,:-) foto yg terakhir seolah2 hidup,,canda tawa mereka bisa dirasakan.. kepengen Nyubit pipinya,,hehe

  29. assalamu alaikum,

    mhhh…tentang si kecil, ana jg sangt menyukai si kecil, menggemaskan saat berada didekat mereka, terutama ponakan yang masih balita, adduuhhh begitu imut dan sangat menggemaskan untuk terus disayangi, neni juga memiliki banyak ponakan yang selalu membuat hati rindu akan kampung halaman, meski jarang berjumpa, yaahh lewat telpon sj tuk menghilangkan rasa rindu pada mereka, tak terasa mereka sudah banyak yang gede’2…. ternyata sebagai tante saya tak menyadari kalau sudah punya ponakan begitu banyak,πŸ™‚

  30. ponakannya lucu-lucu mas…πŸ™‚. mang asik klo main sama ponakan… tapi kadang ngeselin juga si… mreka pada nakal2πŸ˜€

  31. o iya salam kenal ya mas…. blogger baru ni…:)

  32. anak-anak kecil memang lucu, sama seperti saya dulu..πŸ™‚

  33. Ngomong2 tentang anak kecil, lebaran yang lalu saya mendadak dekat dengan keponakan2 dan sepupu2 saya yang masih kecil, masih SD.πŸ˜€
    Entah kenapa, mereka jadi suka sama saya, main bareng, main apa aja lah.πŸ˜‰

    Begitu pula dengan keponakan saya yang masih SMA dan SMP, mendadak banyak ngobrol dengan saya.πŸ˜†

    Lebaran kemarin sungguh menyenangkan.πŸ™‚

  34. wah keponakannya udah banyak tuh dan sudah tau bagaimana enaknya bersama dengan mereka. Apalagi nanti kalau udah punya anak sendiri akan sangat menyenangkan :)…

  35. Kalo lihat senyum anak kecil itu bikin bahagia bgt ya mas.. anak kecil itu memang luar biasa sekali..

  36. Salam kenal mas Ruri,
    Keponakan mas ruri banyak ya, klo saya sepupu saya yang bayak…
    paling seneng saat kumpul bareng plus ngeliat mereka tertawa, tanpa beban rasanya, lepas sekali….beda banget sama kita (saya maksudnya)

  37. ih posenya lucu2..umur segitu emang lagi nggemesin mas,..:) ini kontes ya?? selamat deh semoga berhasil ya..:)

  38. waah..ponakannya lucu-lucu mas…hehehe
    seneng yah punya banyak keponakan..kalo dikumpulin semuanya pasti ramenya bukan main deh…hehehehe..
    salam

  39. hafiz sama fakhrinya lucu lucuπŸ˜‰
    sukses buat kontesnya masπŸ™‚

  40. lucu-lucu ponakannya, diajak main balon jam 3 pagi wooow untung mas ruri ga marahπŸ˜€

  41. Pasti mereka mau dekat, soalnya oom-nya baik, ganteng lagi.
    Salam bergabung kembali setelah lebih kurang satu bulan aku absen di blantika blogger, maklum…..ada tugas dari Pangab…..butuh (aliah tuntutan kebutuhan hidup), he…heeee……

  42. Waduhhh…. emang lagi pada lucu- lucunya nih ponakan2nya mas ruriπŸ™‚

  43. ponakannya lucu-lucu..berarti mas mabruri harus segera cari jodoh biar bisa segera punya sikecil sendiri…πŸ˜€

  44. Kalau keponakan yang menyenangkan seperti itu memang asyik sih. Tapi ada lho keponakan yang tak mau didekati karena selalu menempel pada orang tuanya

  45. Deu… keponakannya lucu2…πŸ˜€
    Semoga mereka jadi anak yang sholeh dan sholehahπŸ™‚
    Sekalian nih mau ngasih kabar bahwa kisahmu yang disertakan pada giveaway “Berbagi Cerita Tentang Sarung” terpilih sebagai salah satu pemenang.
    Silakan dicek disini http://try2bcoolnsmart.wordpress.com/2011/09/18/pengumuman-pemenang-cerita-tentang-sarung/πŸ˜€

  46. lucu2, aku juga punya kepokana, tapi masih bayi hehehe. lebih enak diuyel2πŸ˜›

Leave a Reply

