Ramadhan Pertama Bersama G’natyx

Salaam sahabat semua,

Sore ini, sambil menunggu saat buka puasa tiba, saya mendengarkan lagu nasyid miliknya Snada yang judulnya Neo Shalawat dan Saat Ajal Menjelang. Sahabat sudah tahu lagu tersebut? Kalau belum, berikut videonya.

Saya tidak akan bercerita tentang isi lagu itu, tapi saya akan bercerita tentang memori yang ada dari nasyid tersebut. Kira-kira ada memori apa yah dari nasyid itu? (Mungkin kalau waktu itu sudah kenal sama blog, pasti sudah diposting dari dulu. Berhubung baru kenal blog beberapa tahun yg lalu, ya akhirnya baru bisa diposting sekarang. :D)

Saat mendengarkan nasyid itu, saya dibuat senyum-senyum sendiri saat mengingat sesuatu yang terjadi sekitar 7 tahun yang lalu. Tepatnya saat masih duduk di bangku SMA kelas 3 (2003/2004). Lagi-lagi masa SMA yang saya ceritakan. Pokoknya cerita SMA memang tiada habisnya lah, hehhehehe….

Tim Nasyid IPA3 (Yg 2 lagi ga kena kamera,, hihihi)

Momentnya juga pas sekali, saat itu waktu bulan Ramadhan juga. Di Sekolah saya, SMA Negeri 1 Bumiayu, saat Ramadhan juga mengadakan berbagai kegiatan dan juga lomba-lomba yang tujuannya untuk memeriahkan bulan Ramadhan. Ada banyak perlombaan yang ditampilkan, diantaranya Nasyid, Da’i, Kentongan Sahur, Rangkaian Ketupat, Adzan, Qiro’ah, kebersihan kelas, dan apalagi yah?? Lupa saya,, hehehe

Dari semua perlombaan itu, tentunya setiap kelas harus menampilkan yang terbaik agar bisa keluar menjadi juara. Termasuk juga kelas saya, IPA3 dengan G’natyx-nya.πŸ˜€

Dari sekian banyak jenis lomba yang diikutsertakan, nasyid inilah yang paling butuh waktu banyak untuk berlatih. Apalagi setelah menentukan lagu yang dipilih yaitu Neo Shalawat dan Saat Ajal Menjelang-nya Snada. Di Neo Shalawat itukan terdiri dari beberapa bahasa. Jadi harus menentukan juga siapa kira-kira yang cocok untuk membawakan syair sesuai dengan bahasanya. Setelah perundingan, dengan terpaksa saya kebagian yang bahasa Mandarinnya. Padahal ga tau sama sekali dan belum pernah belajar sama sekali bahasa Mandarin. Tapi yang penting maju terus, dengerin aja tuh kasetnya berkali-kali sambil dibaca teksnya.. hehehe

Lomba Kentongan Sahur

Lomba nasyid inilah yang menurut saya paling seru, ramai dan kocak. Apalagi ada salah satu temanyang hanya kebagian Euy, euy doang. Sepanjang penampilan, seluruh penonton tidak berhenti ketawa dibuatnya. Sayangnya video lomba nasyid entah kemana perginya.

Alhamdulillah, berkat latihan kerja keras, akhirnya kami tampil sebagai juara ketiga, karena dikurangi nilainya gara-gara nasyid yang kami bawakan terlalu panjang sehingga tidak sesuai dengan ketentuan panitia.😦

Lomba Adzan (Babeh)

Untuk lomba-lomba yang lainnya, alhamdulillah beberapa souvenir mampir ke kelas IPA3, diantaranya mendapat juara 2 untuk rangkaian ketupat dan mendapat juara 1 untuk da’i-nya.

Lomba Qiro’ah (Tata)

Kalau tidak lupa juga, setelah selesai acara lomba nuansa Ramadhan di sekolah, kami juga melakukan buka sahur bersama. Ini adalah awal acara buka sahur pertama kali kami anak-anak Gnatyx, yang kemudian menjadi agenda rutin setelah kami lulus.

Gnatyx-ers (Jalan2 pagi sehabis shubuh)
Cewek2 Gnatyx bersama Wali kelas
cowok2 Gnatyx (yg lain ga ikut mejeng)

Inilah saat-saat buka dan sahur bersama, tonggak awal bagi kami untuk meneruskan tradisi untuk bisa berkumpul bersama setelah lulus dari SMA.

Saat buka bersama

Buka Bersama begitu indah

Betapa senangnya mengingat masa-masa indah itu. Berdoa semoga tahun ini masih bisa melakukan buka bersama bersama teman-teman seperjuangan SMA (Ayolah kawan, buruan mudik,, hehehe). Nantikan cerita seru Ramadhan selanjutnyaπŸ˜€

Bagaimana dengan para sahabat? Punya cerita menarik tentang Ramadhan bersama sahabat-sahabat waktu dulu??

106 comments

  1. Selamat berbuka puasa Mas.
    Wah, seneng deh liat liat fotonya. Entar saya baca dulu ya Mas. Barusan cuma liat sekilas.

  2. selamat berbuka jug mas aim,,
    nih saya sambi makan kolek… hehehe

  3. Selamat buka puasa mas
    Wah ternyata mas ruri lulusan 2004 tho.

    1. hehe, iya mas,,
      tuwa kan ya jadinya 2004 lulus SMA…πŸ˜€

      1. berarti beda 2 tahun sama saya
        kalau saya tahun 2006, jadi panggil saya dek puji juga boleh

  4. Jadi gara-gara itu kemudian anak-anak Gnatyx rutin melakukan buka sahur bersama, ya?

    1. betul bang,, inilah awal mulanya kegiatan buber sampai sekarang msh berjalan.
      mudah2an tahun ini masih bisa..πŸ˜€

  5. hee, ternyata kita nggak beda jauh umurnya. Saya angkatan 2003,πŸ™‚
    pernah juga juara nasyidan di sma dengan nama Mardhatillah’s voice

    1. hihihih
      yg penting masih muda-an saya bu.. hehehehe
      saya ya sekali kalinya tuh ikut lomba nasyid..πŸ˜€

  6. Kebersamaan yang indah…πŸ™‚

    Selamat menjalankan ibadah puasa….

    1. alhamdulillah mba….
      selmat puasa juga…πŸ˜€

  7. kebersamaan selalu indah ya Ruri, apalagi berbuka bersama di bulan penuh berkah iniπŸ™‚
    semoga kebersamaan ini akan terus dan tetap berlanjut, walaupun diluar ramadhanπŸ™‚
    salam

    1. aamiin,,
      harapannya seperti itu bunda, bukan hanya saat Ramadhan saja. Meskipun kalau di bulan2 lain, hanya sekedar lewat sms ataupun chating-an, ya karena setelah itu kita tersebar lagi ke berbagai kota…πŸ˜€

      salaam

  8. masa sma emang masa paling indah, tapi 7 th yg lalu .. ckckck aku tamat saa th 1993, kita terpaut usia yg sangat jauh .. heheheh

    salam πŸ™‚

    1. hihihihih,,,,
      93 uni?? saya baru SD kelas 2 tuh.. hehehe

      salaam

  9. Itulah masa lalu kang yang tak bisa terulang dimasa kini yang saya herankan kenapa masa lain lebih indah dari masa kini…???apa mungkin kehidupan saya yang hanya seperti itu…??hehe…aneh..

    saya ngeri dengerin vidio snada…..ijin publis vidio di facebook ya kang…kalo boleh…..

    1. hehehe,,, kenapa bsa begitu mas?? hehe,,
      masa lalu hanya bisa kita jadikan motivasi ataupun pembelajaran untuk melangkah lebih baik lagi ke depannya…

      ooh silakan aja mas, tinggal ambil dari youtube aja…πŸ˜€

  10. Asyik terkenang kenang…

    1. terbayang bayang di mata mbah..πŸ˜€

  11. dhe duluan mas brur buka bareng dengan teman2 SMA dulu beberapa hari yang lalu, tunggu deh ntar gantian dhe yang cerita..πŸ˜›

    1. hahahah,,, bagus deh,,,
      kalau saya biasanya waktunya mepet kalau mau lebaran, biasanya H-2/3..πŸ˜€

  12. Buka bersama sih udah umum.. Tapi sahur bersama? Wuih… keluar rumah pas pagi buta… sereemmm…

    1. jiahaha, bukan kaya gitu mba caranya,,
      ya kita nginep jg di tempat itu,,, misalnya acaranya di salah satu rumah teman kita, ya sekalian bermalam di situ, jadi bukan keluar rumah pas pagi2 buta..πŸ˜€

  13. saking semangatnya ya Nasyidnya jadi panjangπŸ™‚

    1. ho oh bu,,, saking bersemangatnya, dikasih jatah 7 menit, kita sampe 10 menit lebih

  14. fotonya keliatan jadul banget wkwkw

    1. hahaha…
      padahal 2004 itu lho, tpi msh pake klise…πŸ˜€

  15. Saya jadi iri sama Gnatyx-ers yang kompak banget. Zaman saya SMA, ramadhan paling diisi ceramah di sekolah.. heheheheπŸ˜€
    Kalau reuni pasti seru tuh…πŸ˜€

    1. heheh,, alhamdulillah sampai skarang masih seperti itu, meskipun sudah mulai terkikis satu per satu anggotanya karena berumah tangga.. hihihi

      iya nih, reuni angktan yang belum pernah sekalipun

  16. Sayang temen SMA saya di luar pulau semua..

    1. suruh mudik mas kalau puasa..πŸ˜€

  17. Tahun 2003-2004 aku sudah kuliah semester lima, tapi fotonya ndak sejadul di atas ding…πŸ™‚

    1. hahaha,, itu waktu msh pake klise, maklum dunia digital blum begitu dikenal saat itu..πŸ˜€

  18. teman saya ada yang dari BumiayuπŸ™‚ salam kenal yaπŸ™‚

    1. wah, bumiayunya mana yah?
      salam kenal juga..πŸ˜€

  19. sekarang masih suka lomba nasyid -an engga? setingkat RT-lah… πŸ™‚

    1. hahahaha,,,,, ga pernah bu, itu juga sekali-kalinya ikutan lomba nasyid..πŸ˜€

  20. Whoaaa,, sayang sekali ga ada videonya..
    jadi penasaran kan gimana gaya mas Mabruri bernasyid ria

    1. hahaha,,, iyaaa padalah penasaran banget, dulu baru liat sekali doang..
      entah kemana sekarang vidionya.

      tapi nanti ada lho vidio yg waktu agustusan, tunggu aja tanggal postingannya… hhiiihihh

      1. *tidak sabar menunggu*

      2. sabar mbaa sabaar..πŸ˜€

  21. wah.. alhamdulillah ya mas masih bisa saling bersilaturrahmi dengan teman-teman lama…
    Dulu di awal-awal saya juga ada silaturahmi seperti itu. Namun, akhir-akhir ini sudah mulai susah untuk dikumpulkan.. heheπŸ˜€

    1. iya ms alhamdulillah banget..
      skarang juga seperti itu, sudah agak susah, namun kalau hanya sekedar berteguh sapa sih masih berjalan sekedar lewat sms atau internet

  22. dengar nasyid itu selalu menyejukan hati….

    1. hu uh bu, apalagi yg saat ajal menjelang

  23. Semoga silaturahmi dengan teman-teman lama, terutama dalam bentuk kumpul bersama dalam sebuah acara, memang harus diupayakan ya, Mas. Menurut saya, harus ada satu atau dua orang yang suka menggerakkan. Bila sudah demikian, biasanya akan lebih mudah untuk bertemu. Hmm… betapa indah dan kompaknya sebuah persahabatan.

    1. nah itu pak ustadz, harus minimal ada satu dua orang yang jadi penggagas dan penggeraknya. nah kebetulan saya itu yg jadi salah satu penggeraknya.. makanya saya akan berusaha untuk terus melakukan sebaik mungkin agar silaturahim diantara kami tetap terjaga…

      trimakasih pak ustadz atas apresiasinya

  24. jarwadi · · Reply

    Kalau ngga salah, snada udah ada sejak tahun 98/99 ya?

    1. ga tau saya mas,, tau2 sudah ada grup snada aja..πŸ˜€

  25. alhamdulillah masih pada bisa sillaturahim ya. selamat menjalankan ibadah shaum ya mas. moga berkah dan lancar-lancar, amin..

    1. aamiin…
      selamat berpuasa juga mas… semoga berkah ramadhan ini bisa tercurah untuk kita semua, aamiin

  26. waaaaaaaahhh pean bener2 aktif ya sob hehehehehehehhe…… siiippppp

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. alhamdulillah mas,, semoga menjadi berkah dengan terus menjalin silaturahim dengan teman2 seperjuangan…πŸ˜€
      salaam

  27. Seru juga ya mas…kenangan SMA… btw Lomba adzan saya pernah ikut tapi gak dpt juara…

    1. hehhe,,,
      seru pokoknya waktu SMA..πŸ˜€

  28. kenangan SMA pas ramadhan… hmmm… sepertinya lomba bikin kulit ketupat banyak2an… terus setelah itu sepertinya sekolah membagi2kan kulitnya ke para pekerja yg kerja di sekolahan…

    bagus juga idenya… mutualisme… murid dijadikan pekerja bikin kulit ketupat…πŸ˜† hahaha…

    1. jiahahahah,,,,, bukan itu mba,,,
      itu lomba kreasi ketupatnya pake pita lho bukan pake janur,, jadi cuma untuk hiasan saja. hehehe

  29. hahahaha… yang kebagian Euy…euy… enak juga tuh.
    kl saya maunya bagian bazz…. Dhum..dhum…cuap…cuap…

    1. hahahah,,
      sepanjang penampilan ketawa mulu pak waktu dia bilang euy euy euy mpe akhir.. hahah

  30. Masa SMA, masa yang paling indah. Jadi ngiri aku, Mab. Kapan yah, bisa reunian..hiks…

    1. huwahaha,,,
      ayo ayo, kumpulin lagi teman-temannya…πŸ˜€

  31. Usup Supriyadi · · Reply

    menarik sekali, dari fotofotonya sangat lawas. hahahhaha

    1. hahahha,,
      awas yah kalau bilang jadul. hahaha

  32. Lomba kentongan sahur kayaknya asik…kalau di tg pinang rumah saya selalu dengar warga keliling kampung buat bangunin sahur dgn kentongan, tapi dirumah saya skg gak ada lagi.

    1. heheh,,,
      sekarang sih di kampung masih bu, mikul bedug keliling kampung…πŸ˜€

  33. usaha dan kerja keras tidak pernah menghasilkan sesuatu yang sia-sia pals…mantaps…..

    btw fotonya jadul ya….hehehe

    1. haha,,,
      2004 itu pak, msih pake fuji film..πŸ˜€

  34. hahaha abang gondrong mejeng trus tuh di foto… indahnya bisa mendokumentasikan sejarah hidup Kang.. Tak seperti saya memori tentang SMA isine nakal terus hehehe

    oh ya Kang, setelah tak amti dengan teliti foto2 di atas , kayaknya sampean cocok loh kang jadi kepala desa.. benr loh iki seius.. aku berdoa wis sampean kelak bisa menjadi pemimpin entah apapun itu di Sirampog tercinta

    1. hahha,,,,, tawuran terus ya kang?? hahahaa

      hahaha,,,, saya aamiinin kang,,
      tp saya ga pernah memimpi dan mencita2kan jadi serang pemimpin dalam organisasi..
      meskipun aktif, biasanya dari belakang, tukang ngoprak2e ngono lho…πŸ˜€

  35. Meskipun di bulan puasa banyak kegiatan ternyata seruuu juga yaaaa…πŸ™‚

    1. pastinya mba,,,
      malahan jadi ga terasa puasanya..πŸ˜€

  36. Zaman SMA tidak ada acara lomba seperti itu kalau saya. Cuma ceramah dan ceramahnya bikin ngantuk, hehehe
    Tapi pas smp beda. Ada banyak lomba, dan saya kebagian ikut MTQ. Dan karena saya kurang banyak mengerti ilmu fiqih, harus mengakui tim lawan lebih unggul dan berlapang dada menerima bahwa kami, saya dan dua teman saya, harus puas dengan juara tiga yang kami perolehπŸ˜€

    1. Alhamdulillah masih dapat juara mas.. hehheπŸ˜€

  37. wuaaahhh,
    Jadi kangen masa2 SMA nihh,,
    Emang seru bgt mas..
    Mas mabruri aktiv bgt ya pas SMA,,
    Mantaap

    1. hehhe,,, aktif di belakang layar mas…πŸ˜€

  38. Huaa kalo ada yg begini selalu iri xixixi

    1. hehehe,,, jangan iri mba,, dossaaaa..πŸ˜€

  39. Indahnya kebersaan.. buka bersama.
    Syukurlah akhirnya dapat juara ketiga.. artinya perjuangan kalaian tidak sia-siaπŸ™‚ Pastinya gokil tuh temenmu yang cuma kebagian Euy, euy doangπŸ˜€

    1. betul pak,,, indahnya kebersamaan
      hehe, alhamdulillah dapat juara 3 pak
      sepanjang penampilan seru banget pak gara2 euy euy..πŸ˜€

  40. Ya…masa SLTA memang masa yang lebih sering dikenang, banyak hal yang terjadi di masa itu yang masih terngiang dalam memori.

    1. betul pak, meskipun bnyak cerita setelahnya, namun masa2 SMA selalu terkenang indah di hati

  41. Wow.. bisa sekompak itu, ya?
    Ckck…
    Meski tak kenal bahasa mandarin, usahanya layak diacungi jempol, apalagi juara 3. Hebaaaatt…

    1. alhamdulillah bu,, sampai sekarang msh bisa kompak..πŸ˜€

      hehe,, trimakasih bu..πŸ˜€

  42. Wow. Itu semua foto-foto kenangan. Jangan sampai hilang.πŸ™‚

    1. pastinya mas,,,, di HD sudah dikopi jadi banyak..πŸ˜€

  43. Aih…kompak sekali ya Mba… pasti selalu ngangeni^^

    1. hahah,, iya bun,,, kok saya jadi “mba” sih bun.. hahahaa

  44. rohisboy nih:mrgreen: … jadi inget sama grup nasyid di SMA … pas nyanyi lagu nasyid sumbang, eh pas personilnya ganti baju dan berubah jadi grup blues kok jadi keren:mrgreen: ….

    1. hahahaha,,,,, gokilll tuh mas…πŸ˜€

  45. asik pisan mas bisa bukber bareng sahabat sma mah..hehee..
    Waduh yg dapat euy euy doang..lucu sangat deh..hahaa..
    Asoy ahh..

    1. heheh,,,,,
      iya,,, alhamdulillah masih saling membutuhkan diantaara kami..πŸ˜€

  46. Wah kalo gak ngerti bahasa mandarin susah ya menirukan ucapannya. Selamat ya akhirn ya menjadi pemenang

    1. emang bu,,
      ya paing baca2 teks sambil ikut2 dengerin yg dikaset aja…πŸ˜€

  47. Itu foto tahun kapan ya?

    1. 2004 mba…πŸ˜€
      masih kemaren kok? hihihh

  48. Indahnya nostalgia SMA, sayang saya tak pernah dan tak akan pernah memilikinya, karena saya sekolah di SMEA. Oh, sama saja ya? Hahahah…sebelas dua belas lah.
    Jadi ngebayangin rusuhnya penonton waktu liat penampilan group nasyid nya Mas Ruri. Tapi, apapun itu, juara 3 menjadi bukti kalau usahanya tak sia-sia.
    Pertanyaan terakhir, masihkan sekarang Mas Ruri hafal syair Mandarin yang dulu nyanyikan?

    1. hahaha,,, sama bi, SMEA ya SMA juga,, apa beda yah? hehehe

      wiiiihh, sdah kaya konser saja bi, mana yang cuma kebagia euy euy itu suaranya paling kenceng lagi… hehehe
      iya alhamdulillah bi….

      hahaha,,,, alhamdulillah masih bi, kan masih sering dengerin.πŸ˜€

  49. Pernah juga mas saya dan kawan2 menyanyikan lagu nasid dalam acara maulidnabi. Itu kenangan yg asik juga karena dalam latihan menyanyikan suara saya fals terus….

    1. hehehe,,,
      yg penting bisa jadi suatu kenangan indah mas..πŸ˜€

  50. Masa2 SMA memang bikin kangen, saya sendiri kehilangan kontak dengan teman2 SMA. Entah dimana kini mereka berada.

    1. hehehe,,, sangat disayangka sekali ya pak kalau kehilangan kontak..
      kaalo saya alhamdulillah kalau sekedar SMS atau chat masih lancar2 saja..πŸ˜€

  51. seneng yah… kompak banget!
    kalau Snada aku dulu sukanya yg *duh lupa namanya*
    pokoknya ada kata2 burung2 berkicau dan suasana pagi gitu deh…
    *jadi keingetan kemana yah kaset Snada ku?*
    hehehe…

    1. iyaa seneng banget bu pastinya..

      hahah,, ga tau bu, blm pernah denger juga,,,
      coba cari di yutube, kali aja ada..πŸ˜€

  52. tradisi dari sejak SMA sampai sekarang masih dilaksanakan …Luar biasa kompaknya semoga tetap dipertahankan :)….

    1. aamiin ya Rabb…
      harapannya seperti itu pak..πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: