Buka Sahur Bersama

Salaam sahabat semua,

Alhamdulillah Ramadhan telah memasuki hari yang ke-5. Tak terasa waktu berjalan begitu saja. Cepat sekali rasanya, tahu-tahu sudah 5 hari. Gimana Ramadhan para sahabat? Semoga sampai akhir Ramadhan nanti, Allah memudahkan ibadah kita. Aamiin.

Selama Ramadhan ini pasti sudah banyak cerita menarik yang dirasakan oleh para sahabat semua. Ramadhan memang bulan yang sangat istimewa. Banyak cerita dan kisah-kisah menarik di dalamnya. Setiap Ramadhan yang telah ataupun sedang dilalui, pasti sangat menarik untuk diceritakan. Kalau kemarin saya bercerita tentang Ramadhan di masa kanak-kanak & remaja, sekarang saya akan bercerita tentang Ramadhan saat-saat beranjak dewasa.πŸ˜€

Seperti yang terjadi pada Ramadhan tahun 2007 silam. Empat tahun telah berlalu, namun kenangan yang dirasa masih begitu indah. Ramadhan memang bulan penuh berkah. Terutama saat-saat menjelang akhir Ramadhan, banyak para perantauan yang mudik untuk bisa berkumpul dengan keluarganya kembali. Saat-saat untuk bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman, juga bisa berkumpul kembali bersama teman-teman.

Pada Ramadhan 2007 M, tiga tahun setelah kelulusan saya dari SMA, intensitas pertemuan dengan teman seperjuangan semasa SMA sudah begitu jarang terjadi karena kesibukan masing-masing dalam melanjutkan perjuangan untuk meraih cita-citanya. Kami tersebar di berbagai kota, dan Ramadhan sudah pasti ditunggu kedatangannya, karena di bulan Ramadhan inilah waktu yang tepat untuk bisa berkumpul bersama mereka.

Saya bersama teman seperjuangan Gnatyx, setelah lulus dari SMA, alhamdulillah masih sering mengadakan kegiatan berkumpul bersama minimal setahun sekali dan pasti ya di bulan Ramadhan ataupun Syawal. Kalau di bulan Ramadhan, acara buka sahur bersama lah yang jadi agenda utama kami. Terimakasih buat Sdri Amelia Fakhrina (pemilik rumah amelons) sekeluarga yang sering menjadi host dalam acara buka sahur bersama. Tak akan pernah bosen lah kalau misalnya Ramadhan kali ini mau jadi host-nya lagi. Hehehe… Mas Fadjar Adie (pemilik rumah Zukashi) juga terimakasih banyak, karena sering dijadikan homebase anak-anak G’natyx..πŸ˜€

Berturut-turut setelah kelulusan SMA, acara buka sahur bersama masih bisa kita lakukan, dan yang paling berkesan adalah saat buber tahun 2007 M. Dimana acara tersebut berhasil dikemas sedemikian rupa, sehingga acara tersebut juga dihadiri oleh hampir 85% anggota Gnatyx termasuk Bapak Wali Kelas kami dulu waktu kelas 3 SMA.

Bagaimana indahnya suasana buka sahur bersama saat itu? Kita simak saja foto-foto & videonya berikut ini.

Menjelang Buka Puasa
Buka puasa disambi ngrumpi..πŸ˜€
Bpk. Wali Kelas ngasih wejangan
Nikmatnya buka puasa bersama
Berbuka saling berbagi cerita
Buka lagi
Jangan becanda di samping Pak Wali
Bukan Belah Duren
Saatnya cuci piring, gelas dan perabotan lainnya
Mejeng dikit
Ngantri ambil jatah makan
Eh, ketahuan colek2an ya..πŸ˜€
Berbagi cerita dengan Pak Wali
Jalan-jalan pagi tapi buka Asbuh lho ya…πŸ˜€
Inilah kami

Videonya juga ada lho.. (Musik by: Tamasya Band)

Indahnya suasana seperti itu, dan itulah indahnya Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini bisa seperti itu lagi.

110 comments

  1. senengnyaπŸ™‚ 2007 saya baru lulus SMA hehehehe…

    1. hahaha,, jadi berasa tuwa nih saya… hahaha

  2. suasana buka puasa bersama selalu ditunggu ya. kalau sahur bersama saya belum pernah.
    Oh ya mas ada yg mau saya tanyakan tapi lupa terus, knapa profile picture FB nya pakai gambar Pocoyo? ditanyain Pascal tuhπŸ™‚

    1. agendanya kalau buber ya dilanjut sahur bersama bu..πŸ˜€

      hihih, sudah di jawab ya disitu bu..πŸ˜€

  3. pasti seru bisa berkumpul dg sahabat2 lama..:-)
    eh, kayaknya sy seumuran dg Mas,,hehe

    1. iya mas,,
      kalau lulus SMA 2004, brarti seumuran dengan saya..πŸ˜€

  4. Serunya euy acaranya,,,lah Mas Mabruri lulus tahun 2007 ya,,berarti masih tua saya dunk hehehe..

    Jadi pingin Buka dan Sahur bersama nih…..

    1. duuh,,,, pada salah baca ya, 2007 itu 3 tahun setelah kelulusan saya dari SMA, berarti saya lulus 2004,, hehehe

      ayo buber bareng konco2..πŸ˜€

  5. Salam Takzim
    Apapun makanannya dan apapun minumannya kalau BUBER selalu nikmat ya bang
    Salam Takzim Batavusqu

    1. bener sekali bang, kebersamaan mengalahkan segalanya..πŸ˜€

      salaam

  6. selalu ada hal menyenangkan ketika kita bisa berkumpul dengan teman-teman lama yang sudah lama gak bertemu…

    1. bener bu,,,
      setelah sekian lama ga bisa jumpa, ahirnya dipertemukan di Ramadhan..πŸ˜€

  7. Rasanya seru sekali kalau buka bersama…😳

    1. memang seru mas,,,
      apalagi dengan teman2 yang telah lama tak jumpa..πŸ˜€

  8. jadi lapeeeeeeeer….

    *untung ga puasa!πŸ˜€

    1. yo makan bun………..πŸ˜€

      dedenya dlm perut sudah laper tuh..πŸ˜€

  9. seru banget acaranya, selain menjalin tali silaturahmi juga saling berbagi cerita sama pak wali kelas

    1. iya bu,,
      meskipun sudah ga bisa bersama2, tpi silaturahim harus tetep terjaga dengan baik, termasuk juga dengan guru2 waktu sekolah dulu

  10. Selalu dan terlalu banyak kenangan tak terlupakan terkait dengan Ramadhan, salah satunya adalah acara buka bersama. Sayang, empat hari berlalu justru saya belum sekalipun buka bersama Sabila. Saya kerja masuk shift dua, Sabila di rumah dengan bibinya.
    Melihat foto-foto di atas, ada satu kerinduan terselip. Buka bersama dengan almarhumah ternyata sudah hampir setahun yang lalu. Tak terasa……..
    Semoga Allah menerima puasa kita, amal ibadah kita dan memberikan kita kesehatan, kekuatan serta keistiqomahan untuk terus mengisi Ramadhan ini dengan ibadah secara optimal. Amin.

    1. pastinya bi,,
      semoga nanti ada kesempatan buat buka bersama bareng Sabila ya bi..

      iya, saya juga merasakan Ramadhan kali ini sudah tidak ada adik yg biasa membangunkan saat sahur bi… Padahal Ramadhan tahun lalu masih ada…

      meng Aamiin – kan doanya bi, semoga ALlah mengijabah

  11. Saya waktu kuliah juga pernah sahur bersama, naik motor cari gudeg hehehe. seru ya alau buka dan sahur rame2 sama temenπŸ™‚

    1. seru bun, banyak cerita yang menarik untuk dikemas…
      mudah2an tahun ini masih bisa lagi..πŸ˜€

  12. waahhh, di suatu masa akan jadi momen yg sangat ngangeni!!!

    1. betul, itu 4 tahun yang lalu,, heheh

  13. Asbuh tuh apa om ?
    seruu yaπŸ˜€

    1. hahah,, masa nda tahu? itu lho yyg lagi ram2 diberitain, Asmara Subuh,,, bahaya itu,,
      abis subuhan, bilangnya jalan2, eh malah pacaran,, hihihi

  14. dhe dkk juga selalu ngadain buka bareng tiap tahun dengan teman2 SMA mas brur, asyik setelah satu tahun gk pernah ngobrol atau saling bertatap muka, bisa bertemu dan kangen2an lagi pas acara buka bareng.. yang untuk tahun ini kapan buka barengnya mas?? harus di posting lho..

    1. itu dia, selalu untuk dirindukan Ramadhan ini..
      untuk tahun ini ya postingnya buat tahun depan.. haha, biar ada kenangannya gitu…πŸ˜€

  15. wah pastinya seru tuh buka bersama…..
    Salam damai dari Bulakamba

    1. seru banget mas…

      salaam dari Brebes

  16. Wah kelihatan seru banget om acaranya,,,,, jadi ngiri deh,,,,hehehehee buka bersama untuk para blogger ada nggak ya?hhehehe

    1. mumpun masih pada single pak,, hihi,, kalau sudah berumah tangga, biasanya susah buat ngadain acara seperti itu lagi…πŸ˜€

      buka bersama para blogger?? hmm, kalo yg deket2 si bisa pak,,πŸ˜€

  17. Pasti seru ya Mab sahur dan buka rame2 begituh… jadi kangen masa kuliah di Bandung dulu, suka begitu jg.

    1. seru sekali bundaa…
      tahun ini pengennya sih masih lagi, tapi blum ada rencana apa2..πŸ˜€

  18. Saya seringnya bukber, belum pernah ngelaksanain Sahber (sahur bersama), hehe :p
    Tapi sampe sekarang saya belum dapet agenda buka bersama, huh >.<

    1. hihih,,,
      kalau saya karena tempat buat buber nya di salah satu rumah temen, jadi ya sekalian aja buat sahur bersama,πŸ˜€

  19. Indah untuk dikenang ya Mas. Dan ngangenin hehe..

    1. betul sekali mas,
      nanti juga masih ada cerita2 ramadhan lagi tentunya..πŸ˜€

  20. wah seru yah masa masa muda…wah sampean lulusan 2007 tho SMA, wah adikku jauh banget neh..:) photo photonya seru..mengingatkan saya pada masa SMA juga tapi dah jadul. beda generasi…

    1. jiahaha,,, ibu ini ga maksud sama tulisan saya ya? hihih
      2007, 3 tahun setelah kelulusan saya, berarti saya lulus tahun 2004 bu, sudah dibilang ga muda lagi saya bu… hihihi

  21. sekarang buka & Sahur sendiri mas,soal’e adoh kanca

    1. hehehe,,, ya kalau mudik mas..πŸ˜€

  22. Kebersamaan itu indahπŸ˜‰
    Met puasa sobat…. mohon maap lahir bathinπŸ™‚

    1. met puasa juga mba,, mohon maaf lahir batin

  23. Saya kemarin juga sahur dan buka bersama. Bersama keluarga.
    Hehehehehe

    1. heheh,,,
      itu sih tiap hari bang..πŸ˜€

  24. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini pals……

    1. selamat puasa juga pak

  25. Jadi inget di kampung, buka puasa bersma, tarawih, tadarus, jalan-jalan pagi setelah sholat shubu…

    1. ntar mudik kan mba?

  26. selalu ada kenangan indah pd tiap Ramadhan dlm hidup kita ya Ruri πŸ™‚
    semoga Ramdhan tahun ini membawa keberkahan bagi kita semua ,aamiin
    salam

    1. iya bunda,
      tiap Ramadhan meninggalkan berbagai kenangan sendiri dan sangat menarik untuk diceritakan…
      aamiin,, semoga Allah mengijabah semua doa kita bunda,

      salaam

  27. wah seru ya…
    sampai sekarang masih buber gak tuh teman2 sma…

    1. Alhamdulillah kalau sekarang yg penting bisa ngumpul,,,
      kalau ga bisa pas Ramadhan ya syawalannya mba… halal bi halal gitu..πŸ˜€

  28. senengnya Mab, bs kumpul bareng temen2 begitu…
    aku jd sedih…
    secara aku kalo ajak temen2 bukber gak pernah ada yg bisa…
    mereka semua selalu pada terlalu sibuk…
    utk meluangkan sdkt wkt…
    ah Mab, aku jd iri…
    astaghfirullah…

    1. kalau sudah pada berumah tangga memang sulit juga sih bu,
      saya pun merasakanya seprti itu, teman2 yg sudah berumah tangga juga kadang sulit untuk diajak ikutan ngumpul2,,,,

      hehe,, ngiri seperti itu mah boleh2 aja bu..πŸ˜€

  29. wuaaaaahhh,
    Seru banget mas..
    One jg udah mulai dpt beberapa undangan buka bersama nih..πŸ˜€

    1. heheh,, iya,
      bukan momen makan2nya aja yg seru, tpi banyak cerita seru karena telah lama tak berjumpa

  30. seruuu.. seruuu bangeeet. Jadi kangen ih sama kawan-kawan SMA. dan udah lama banget gak buka bareng sama mereka😦

    1. hihihih,,,,,
      ayo undang2 lagi temen2 SMAnya mba,, hehehe

  31. Senangnya yang bisa BUBAR bersama teman dan keluarga,
    saya tahun ini dari awal Ramadhan bisa BUBAR dan SABAR keluarga kecil lengkap, Alhamdulillah.

    1. Alhamdulillah bu kalau dengan keluarga bisa setiap hari,,
      saya belum ni dengan teman2 seperjuangan dulu, belum pada mudik soalnya..πŸ˜€

  32. lihat dari fotonya sangat seru… dan pingin reunian lagi sama temen2

    1. hihih,
      iya pak, jadi serasa kembali ke masa muda lagi..πŸ˜€

  33. Wah, acara buka puasa dan sahur bareng teman2 pada tahun 2007 itu sepertinya sangat berkesan sekali ya buat kamu. Semoga hal tsb dapat terulang kembali dimasa2 mendatang. Kalau aku pribadi sepertinya sudah jarang buka bareng gitu. Paling2 dengan orangtua dan saudara2 sajaπŸ™‚

    1. hehe,,
      iya karena memang sekarang intnsitas pertemuan dengan teman2 sudah sangat jarang sekali, jadi momen2 ramadhan ini biasanya yang ditunggu-tunggu, kalau tidak ya pas nanti lebarannya..

  34. Salam Takzim
    Liat jadwal BUBER di desa ada lho bang setiap hari Sabtu
    Kalau mau ikut ke Jakarta ya
    Salam Takzim batavusqu

    1. hahaha,,
      beres bang, tunggu saja.. heheh

      salaam

  35. Keren juga nama kelompoknya, senang ya setelah sekian tahun masih akrab.

    1. hehe,, asal muasalnya juga ga tau bisa nemuin kata itu bun.. hehe

      alhamdulillah sampai skarang kami masih bisa saling komunikasian bu, meskipun sdah ada yg berumah tangga

  36. FIKRI SHARE · · Reply

    dari fto2nya nampaknya sangat seru mas acaranya… selamat menunaikan ibdah puasa y mas.

  37. indahnya ramadhan, indahnya silaturahim…

    ^_^’

  38. Wah foto-fotonya seru pisan Mas…
    kalo saya hampir tiap hari buka puasa bareng temen2, maklum anak kost. hehehe

  39. gunawank · · Reply

    Persahabatan yang indah………
    Kalau aku, alhamdulillah bisa buka sahur bersama setiap hari………, bersama keluarga tentunya. He..heeee……

    Marhaban ya Ramadlan…
    http://gunawank.wordpress.com/2011/08/06/umat-islam-tamu-allah-di-bulan-ramadlan/

  40. indahnya bukber, jalin silahturahim di bulan suciπŸ™‚

  41. lama tidak kemari, keliatannya seru mas, berkumpul dgn teman lama, apalagi bisa buka sama sahur bersamaπŸ˜€

    1. Alhamdulillah mas,,
      bgitulah, pasti seru kalau kumpul bareng teman2..πŸ˜€

  42. ihiiiy hebat euy, buka sahur bersama,..kapan ya daku melakukannya bareng teman2??? hehehe

    1. hayuu kapan??
      undang teman2anya bu..πŸ˜€

  43. “Buka puasa disambi ngrumpi :D”
    Wah2 ngerumpiin apa tuh? hehe..

    Semoga bisa pulkam ya Robb, Aamiin… ga nahan banget sahur sendiri buka sendiri.. #rindukampunghlaman.

    1. hahhaa,, biasalah perempuan…πŸ˜€

      aamiin,,, smoga lancar ya nanti pulkamnya ukh..πŸ˜€

  44. Assalamu ‘alaikum mas Mabruri
    Wah enak nih bisa buka bersama tiap tahun dengan teman – teman seperjuangan. Semoga tahun ini juga sukses dengan acara buka bersamanya mas.

    1. ‘alaikumussalam
      heheh, iya alhamdulillah, teman2 seperjuangan dulu masih bisa dekat sampai sekarang..
      aamiin

  45. Selamat menunaikan Ibadah puasa ya kang

    1. makasih bli,,,
      semoga keberkahannya utk kita semua

  46. buka puasa sambil makan duren ga bagus lho… panas dalam nanti he he

    1. hahaha, itu bukan lagi belah duren kan mas.

  47. kang.. mbok iia saiia di ajak tokh sesekali yang beginian😦

    1. hihihih..ayo kang, ramadhan tahun ini ikutan..πŸ˜€

  48. Kebersamaan ini janganlah cepat berlalu… #langsung jadi pengen nyanyi aja hehe…

    sukses terus mas semoga ramadhan tahun ini InsyaAllah kita menang.^^

    1. betul sekali itu, lagu wajibnya ya seperti itu..πŸ˜€

      aamiin,, semoga kang

  49. sahurr…sahurr..
    aku kok gak diundang bang?πŸ˜€

    1. hahahha…
      hayoolah mas..πŸ˜€

  50. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri…

    Benar, Ramadhan adalah bulan istimewa yang mempunyai pelbagai kenangan manusia sejagat di dalamnya. tentu kehadirannya sekali dalam setahun dan ditunggu2 oleh umat yang beriman tidak akan dipersia-siakan.

    Menatap dan membaca coretan ringkas kenangan tahun 2007 dari mabruri bersama teman2 yang masih berkesempatan untuk berkumpul bersama membuat saya jadi cemburu kerana sejak selesai sekolah SMK hngga keluar universiti, tidak pernah bertemu dengan teman2 sekolah lama untuk menikmati suasan berbuka dan bersahur demikian.

    Mudahan tradisi begini akan tetap terjaga walau masing2nya nanti sudah berkeluarga. Indahnya Ramadhan kerana menautkan sejumlah hati yang redha. Saat paling bahagia dan ceria dalah ketika berbuka puasa.

    Salam Ramdhan yang mulia dari Sarikei, Sarawak.πŸ˜€

    1. ‘Alaikumussalam bunda..

      Alhamdulillah, kami masih bisa seperti itu bunda, setidaknya masih ada niatlah untuk tetap bisa berkumpul ataupun kalau tidak masih terjalin komunikasi diantara kami.
      Kendalanya sekarang mungkin karena sudah banyak tersebar ke berbagai kota dan juga ada yg sudah berumah tangga. Tapi setidaknya komunikasi lewat telepon ataupun email, fb, chating masih terus berjalan bunda…

      aamiin, semoga persahabatan akan kekal abadi..

      salaam

  51. […] Mabruri Sirampog Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Daftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← Buka Sahur Bersama […]

  52. Memang paling seru kalo bukber teman-teman. Yang penting sholatnya gak ketinggalan ya…
    Soale pengalamanku gara2 keasyikan ngobrol, eh… udah azan isya… *ngaku*😳

    1. hihih, ya nggak dong kak, kita begitu dengar adzan magrib, ya paling sekedar minum2 dulu buat ngebatalin puasa, trs magriban dulu, baru deh dilanjutin makan2..πŸ˜€

  53. mas mab yang mana ya,kok potonya grudukan semua:mrgreen:

    1. yg mana hayo??πŸ˜€
      pokoknya ada mas..πŸ˜€

  54. memang paling asik tiap kali ada kebersamaan kaya gini…
    lanjutkan pak…..πŸ™‚

    1. betul pak..
      insya Allah lanjuuuttt

  55. Inilah hal yang akan di rindukan ketika kita berpisah…masa-masa bersama yang tak akan terulang lagi, tapi jika kita ingin selalu melakukannya setiap tahun jangan pernah putus untuk bersilahturahmi….

    jadi kangen sama kawan2 sekolah dulu

    1. betul bu, komunikasi harus tetap terjaga dengan baik.
      Alhamdulillah kami masih seperti itu sampai saat ini…

      semoga saja akan terus seperti itu

  56. eh…acaranya dari buka sampai sahur ya? asyik kali…. oya, di foto terakhir, apakah dirimu yg ditengah itu? hihi…sok tau ku kumat nii…

    1. iya mba, dari buka sampai sahur,,,,

      hahaha,, anda salaaah… silakan cari lebih teliti lagi.. hihihi

  57. weleh…kacamataku mesti lebih tebel lagi nii… hehe…

    1. hehehe,, betul betul betul

  58. Wah seru juga ya acaranya…Masih bisa bukber&saber dengan teman2 SMA..Kok saya jadi kangen pengen buka dan sahur bersama-sama teman2 SMA&kuliah dulu.
    Jangankan utk bukber untuk bisa saling kontact aja udah jarang..:)

    semoga jalinan silaturrahim tetap terjalin dengan baik

    1. heheh,
      alhamdulillah pak, kalau hanya sekedar SMS ataupun chatingan sih masih lancar2 saja mpe skarang…

      aamiin, harapan kami semua seperti itu pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: