Marhaban Yaa Ramadhan

Salam sahabat semua,

Sahabat, rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita. Yang pertama, saya ingin mengucapkan selamat atas keberhasilan Timnas Indonesia untuk melangkah ke babak berikutnya dalam rangkaian pertandingan kualifikasi piala dunia 2014 di Brazil. Sahabat semua semalam menyaksikan pertandingannya bukan? Pertandingan yang sangat seru sehingga membuat para penontonnya pun terutama masyarakat Indonesia dibuat sport jantung juga. Gimana tidak? Di awal pertandingan, Pasukan Garuda begitu bagus mainnya, eh malah menjelang akhir pertandingan justru sebaliknya. Alhamdulillahnya, Indonesia mampu mempertahankan kemenangan yang sudah ada. Bravo Timnas, kami selalu mendukung dan mendoakanmu.

Sahabat, tak terasa waktu begitu cepat berlalu. Tinggal hitungan hari, Ramadhan akan menghampiri kita (semoga Allah memperkenankan kita sampai di Ramadhan ini, aamiin). Tak terasa, Kamis kemarin adalah Kamis terakhir bagi yang rajin menjalankan Sunah Senin-Kamis dalam rentang waktu Ramadhan tahun lalu hingga Ramadhan sekarang. Semoga Allah memperkenankannya lagi setelah Ramadhan tahun ini berakhir. Bulan yang telah dinanti-nantikan kedatangannya, karena di dalamnya adalah penuh berkah. Sebagai umat muslim tentunya sangat berbahagia dengan datangnya Ramadhan. Insya Allah kita semua sudah siap dalam menyongsong Ramadhan kali ini.

Bagi saya, Ramadhan juga sangat dinantikan kedatangannya. Sepertinya tak bisa digambarkan bagaimana bahagianya jika Ramadhan itu tiba. Ramadhan di tempat tinggal saya (Sirampog), biasanya penuh dengan kegiataan keagamaan sepanjang harinya. Terutama untuk anak-anak dan remajanya. Ah, jadi teringat kembali saat-saat Ramadhan di waktu anak-anak dan remaja saya.

Hari-hari selama Ramadhan penuh dengan kegiatan yang bermanfaat. Masjid dan mushola sepanjang hari ramai tiada henti. Diawali setelah shalat Isya, yang pertama saat Ramadhan tiba tentunya mengadakan Shalat Tarawih berjamaah di Masjid ataupun musholla. Di situ dapat kita saksikan, hampir seluruh masyarakat berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan shalat Tarawih. Sehingga Masjid seolah menjadi sempit karena membanjirnya jamaah. Biasalah, awal Ramadhan masih pada semangat. Nanti di pertengahan juga ada yang mulai kendor lagi semangatnya, dan masjid pun kembali normal ruangannya. Heheheh.

Sehabis Shalat Tarawih, para remaja biasanya mengadakan Tadarus Alqur’an di Masjid sampai tengah malam. Biasanya dibagi dalam dua grup. Yang pertama adalah Remaja Putri, yang berlangsung dari sehabis Tarawih sampai pukul 21.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan oleh remaja putra sampai tengah malam (00.00 WIB).

Kami, remaja putra biasanya juga setiap Ramadhan tidurnya di Masjid. Sangat-sangat menyenangkan sekali rasanya, berkumpul bersama kawan-kawan, tidur bersama di masjid meskipun hanya beralaskan karpet. Dinginnya Sirampog seolah tak terasa oleh kehangatan rasa kebersamaan diantara kami.

Yang tak kalah serunya bagi kami saat itu adalah ketika menjelang sahur. Ini jadi tugas kami para remaja untuk membangunkan masyarakat untuk bangun makan sahur. Dengan peralatan yang ada, bedug masjid kami pikul bersama-sama keliling desa, meneriakkan kata-kata “saauur saaurr” ataupun juga dengan bernyanyi ria bersama. Aah, benar-benar sangat menyenangkan.

Setelah selesai acara membangunkan masyarakat, kami semua baru pulang ke rumah masing-masing untuk santap saur bersama keluarga. Kegiatanpun masih berlanjut. Tidak sampai di situ saja. Sehabis saur bukan untuk tidur lagi, tapi langsung ke Masjid, mengikuti shalat Subuh berjamaah dan kemudian mengikut kegiatan kuliah subuh bersama dengan masyarakat. Kegiatan subuh ini tidak mengkhususkan untuk remaja dan anak-anak saja, tapi untuk semuanya.

Seperti itulah kegiatan dari malam hari sampai pagi hari. Tentunya kalau siang hari kami punya kegiatan sendiri yaitu bersekolah. Libur sekolah mungkin hanya beberapa hari di awal Ramadhan saja.

Kegiatan Ramadhan dimulai lagi setelah shalat Ashar. Kali ini giliran anak-anak. Sebenarnya ada Madrasah Diniyah, tapi Madrasah Diniyah ini mengakhiri tahun ajarannya pada bulan Sya’ban, sehingga Ramadhan adalah menjadi hari libur panjang dalam kalender pendidikannya. Supaya anak-anak tetap bisa beraktifitas di bulan Ramadhan, maka ada kegiatan di Masjid yang dimulai setelah shalat Ashar sampai pukul 16.30 WIB. Alhamdulillah, anak-anak sangat berantusias sekali mengikuti kegiatan ini.

Kemudian acara dilanjutkan untuk para remajanya, yaitu dengan pengajian menjelang Buka Puasa. Inilah saaatnya kami, para remaja untuk mengisi Ramadhan ini dengan dengan hal-hal yang bermanfaat lagi. Kami tidak mengenal istilah “ngabuburit” untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Ngabuburit kami ya di masjid ini. Pengajian Remaja dengan di isi diskusi-diskusi keagamaan yang tentunya juga menghadirkan salah satu ustadz untuk memberikan ceramah kepada kami. Kegiatan ini berakhir sampai menjelang buka puasa. Tidak sampai di situ saja, kami pun biasanya melakukan buka puasa bersama di Masjid. Meskipun hanya sekedar untuk membatalkan puasa saja. Paling ya cuma sekedar minum teh manis. Dari awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan, saya dan kawan-kawan selalu berbuka puasa bersama di Masjid. Tentunya keluarga yang di rumah juga melakukan hal yang sama. Saat buka puasa tiba, paling hanya sekedar minum untuk membatalkan puasa. Baru setelah saya pulang dari Masjid, acara buka bersama dengan keluargapun dimulai. Jadi kehangatan buka bersama dengan kawan-kawan dan juga dengan keluarga tetap terasa nikmatnya sepanjang Ramadhan.

Seperti itulah, suasana sepanjang Ramadhan yang saya lakukan dulu semasa masih anak-anak dan remaja. Sangat-sangat menyenangkan dan sangat kami rindukan masa-masa itu. Sekarang kegiatan seperti itu alhamdulillah masih diteruskan oleh adik-adik kami.

Ramadhan memang bulan yang penuh berkah. Bagi para perantauan tentunya juga sangat didambakan kedatangan Ramadhan ini, karena sebentar lagi bisa berkumpul dengan keluarga besar di rumah. Ayo yang belum pesan tiket, segeralah berburu tiket. Heheheh

Ramadhan kali inipun, menjadi Ramadhan yang sangat berbeda bagi saya. Biasanya kami berempat dalam keluarga, ada Bapak, Ibu, saya dan juga adik, tapi sekarang hanya kami bertiga. Do’a saya selalu untukmu dik. Sudahlah, adik telah tenang bersama Allah SWT.

Akhirnya, hanya dalam hitungan hari ke depan, Ramadhan itu insya Allah akan sampai kepada kita. Dengan mengucap Bismillaah dan syukur Alhamdulillah, saya atas nama pribadi dan keluarga, beserta masyarakat Sirampog khususnya dan Brebes pada umumnya, ingin menyampaikan “MARHABAN YA RAMADHAN”. Mohon maaf lahir batin kepada para sahabat-sahabat semua atas segala hilaf dan salah. Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan, semoga Allah melimpahkan keberkahan selama Ramadhan ini untuk kita semua. Aamiin.

163 comments

  1. sambut bulan ajaib yang kita rindukan dangan suka cita.. Marhaban yaa ramadhan…

    1. mari mas, sambut dengan hati suci, marhaban ya ramadhan

  2. hikz ….. qu kok sedih bacanya ya mas….

    ya udah deh,, aku mohon dimaafkan juga atas segala kekeliruan selama ini…

    Aku belum punya rencana pulkam mas,, padahal kemren di tv diberitakan tket ke Padang sudah habis .. hehehe

    salam πŸ™‚

    1. ada tisu ini uni..heheh
      sama2 uni, mari kita sucikan hati utuk menyambut Ramadhan ini..

      hihihi,, ayu buru tiketnya uni,,
      salaam

  3. Mohon maap lahir dan batin ya, Mas.πŸ™‚

    1. sama-sama mas,,, smoga ramadhan berkah untuk kita semua,, aamiin

  4. Duh, membaca postingan Mas Mabruri ini, semakin berdesiran di dalam hati ini karena beberapa hari lagi Ramadhan kan datang. Kegiatan-kegiatan berkesan sebagaimana yang dituliskan Mas Mabruri tersebut sebentar lagi juga kan terulang dalam hari-hari saya bersama anak-anak TPA dan Remaja Masjid Al-Muhtadin. Di masjid inilah saya belajar untuk berbagi sekaligus menjadi hamba-Nya. Semoga Ramadhan tahun ini menjadikan kita semakin bertakwa ya, Mas. Allahumma amin….

    1. aamiin pak ustadz,
      ya Ramadhan adalah sebagai ajang untuk menggembleng kita untuk lebih mendekatkan diri pada Allah, dengan melakukan berbagai aktifitas yang tentunya bertujuan agar selalu bisa lebih dekat denganNya.

  5. Hati ini rasanya sudah tidak sabar lagi untuk menyambut kedatangan Bulan Suci Ramadhan…

    Mohon Maaf lahir batin ya Mas, jika ada salah kata dan sebagainya…

    1. sabar kang, beberapa hari lagi ko’..πŸ˜€
      sama-sama kang,, kosong2 kita ya..πŸ˜€

  6. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan ya mas MabruriπŸ™‚

    1. sama-sama bunda,, smoga keberkahan Ramadhan bisa kita raih

  7. Kalau ngomonging ramadhan tu saya ingetnya pulang.. hehe..
    ga sabar nih mau pulkam..
    semoga urusan di Jakarta lancar dan bisa pulang cepat..

    Doakan UAS ana akh, semoga ALLAH memudahkan di bulan ramadhan bulan penuh kemudahan.. hingga ana ga perlu pusing mikir pulang..

    Syukron..

    1. hehe,, ya seperti itulah, Ramadhan mendekati Syawal, pasti yang perantauan bayangannya mudik mudik dan mudik
      insya Allah ukh, semoga dengan datangnya Ramadhan, segala urusan bisa berjalan dengan lancar dan mudah, termasuk UASnya ukh,, aamiin

  8. Ramdhan selalu dirindukan ya suasananya,
    dan setiap daerah mempunyai tradisinya masing-masing, tetapi tujuannya tetap satu memuliakan bulan yang Mulia ini.
    Marhaban ya Ramdhan, Mohon Maaf dan semoga bisa berjumpa dan melaluinya dengan sebaik-baiknya.

    1. betul bu, banyak kegiatan yg penting tujuannya untuk mendekatkan diri pada Allah SWT

      Smoga keberkahan Ramadhan kali ini dapat kita raih.. aamiin

  9. hueeee sedih bacanya😦 ramadhan emang luar biasa ya, haru dan bahagia nyampur jadi satu, mohon maaf ya kalau ada komentar yang salahπŸ™‚

    1. ko jadi sedih, bangga dong dengan datangnya Ramadhan..πŸ˜€
      sama2, kita bersihkan hati sebelum Ramadhan tiba.πŸ˜€

  10. Alhamdulillah wa syukurillah..
    Akhirnya bulan penuh kemenangan tiba

    1. Alhamdulilah,,
      semoga keberkahannya dapat kita raih..

  11. mohon maaf lahir batin ya Mas… semoga kita dapat menjalani Ramadhan sebulan penuh denga ridha Alloh SWT..

    1. sama-sama bu..

      aamiin,, semoga Allah memberkahi kita semua.

  12. Mohon maaf lahir & batin….
    selamat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.πŸ™‚

    1. sama-sama mba..
      mari kita sambut Ramadhan dengan hati yg suci..πŸ˜€

  13. Selamat menyambut Ramadhan ya mas
    Maaf kalau ada tutur kata di blog atau komentar yang kurang berkenanπŸ™‚
    Semoga kita mendapat ampunan dr Allah. SWT

    1. sama-sama mba..

      aamiin, semoga Allah selalu memberkahi kita..

  14. MARHABAN YA RAMADHAN Mohon Maaf Lahir&Batin…wah ceritanya membuat saya ingin segera mudik :)….

    1. hihihi,,,
      sudah berburu tiket belum pak?πŸ˜€

      sama-sama pak, semoga Allah membuka pintu maaf untuk kita

  15. Salam Takzim
    Alhamdulillah dapat pencerahan ilmu ruhi di sini, makasih bang Mabrury
    Dan di pernghujung bulan Sya’ban perkenankan saya menghatur maap atas komentar yang menyakitkan atau membuat resah. Selamat menjalankan ibadah puasa romadhon 1432H. Semoga semua amal ibadah kita dibulan itu diterima oleh Allah SWT Amin
    Salam Takzim Batavusqu

    1. Alhamdulillah bang
      sama-sama bang, mari kita sambut Ramadhan dengan hati yang suci sehingga semoga Allah memberkahi kita selama Ramadhan ini… Aamiin

      salaam

  16. selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf jika ada kesalahan

    1. sama-sama bu,,,
      semoga Ramadhan kali ini keberkahan terlimpah untuk kita semua,, aamiin

  17. Salam Mas Mabruri
    Kunjungan perdana, di masing2 kita punya kenangan Ramadhan yg sungguh asyik dikenang, kadang smpe netes air mata dipipi smg indahNya Ramadhan masih lama kita rasakan..

    Ahlan Wa Sahlan Ya Ramadhan
    Salam Hangat dari Makassar,mas

    1. Salam mas,,,
      iya, semoga saja kenangan2 indah Ramadhan masa lalu dapat memotivasi kita untuk bisa lebih baik ke depannya..

      mari sambut ramadhan dengan hati yang suci..
      salam saya

  18. Mohon maaf lahir bathin juga ya…
    Gak berasa…
    Sepertinya baru kemaren aku bewe sambil minta maaf saat menjelang Ramadhan…πŸ™‚ Padahal itu sudah tahun kemaren…

    1. sama-sama ka…
      begitulah waktu, mengalir begitu cepatnya…
      rasanya sahur waktu kemaren aja masih terasa, eh ternyata sudah mau sahur lagi..πŸ˜€

  19. Selamat berpuasa semoga suasana romadhon tak hilang dalam benak yang bisa membuat kesan sakral saat kita menjalankan ibadah….

    Maap ya mas jika selama ini saya punya salah kata dan maksud dalam postingan saya dan komentar komentar saya di blog mas…

    1. aamiin, semoga keberkahan Ramadhan bisa kita raih..

      sama-sama mas, kita sucikan hati dengan saling memaafkan utk menyambut datangnya Ramadhan ini

  20. Wah, tidak terasa ya ramadhan sebentar lagi akan datang. Tentu harus kita sambut dengan penuh rasa gembira. Dan yang paling penting adalah mengisinya dengan kegiatan yang positif. Meski ramadahan kali ini agak berbeda buat kamu, tapi semoga tidak mengurangi kekhusyukan dalam beribadah ya

    1. iya mas, makasih suportnya,,
      semoga keberkahan Ramadhan bisa kita raih dengan maksimal .. aamiin

  21. marhaban ya ramadhan.. minal aidin al faidzin ya mas.. selamat menjalankan ibadah puasaπŸ™‚

    1. sama-sama …..
      smoga kita bisa khusuk dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dan berkah untuk kita semua.. aamiin

  22. Selamat menyongsong bulan suci, selamat tidur di Masjid lagi…

    1. selamat berpuasa juga pak,,,
      hehehe,, skarang sih sudah gak lagi pak, sudah diganti sama penerus2nya..πŸ˜€

  23. Selamat menjalankan ibadah puasa, Mab.. Mohon maaf lahir batin jg ya…
    Kenangan masa kecil yg menyenangkan sekali yah Mab.. Mabit bersama sahabat itu masa2 terindah.. ^_^

    1. sama-sama bu, mohon maaf lahir batin juga…

      hehe, bener bu, bersama mereka selalu ada kenangan dan keceriaan, belajar bersama mencari jalan surga bersama mereka,, ah bgitu indahnya,
      semoga kenangannya dapat memotivasi untuk lebih baik lagi.. aamiin

  24. numpang berkunjung ya Mas
    selamat bersiap-siap memasuki bulan ramadhan ….
    Salam
    Tetik

    1. monggo mba,,,
      selamat menjalankan puasa ramadhan juga

      salaam

  25. Saya juga atas nama pribadi, jajaran Muspika dan seluruh warga Balung Jember, mengucakan heppi Ramdhan kepada semua dulur-dulur di Sirampog.. Semoga kita bisa memaksimalkan Ramadhan ini untuk senantiasa ikhlas mengharap ridhonya..

    pangapurane sing gede yo kang jika mungkin saya ada khilaf sama sampean

    1. hahaha,,, muspida ora melu kang? hehehe
      podo-podo kang,,
      selamat menunaikan ibadah Ramadhan juga buat warga Balung Jember. semoga berkah Ramadhan bisa kita raih dengan sempurna.

      Pangupurane juga jika ada salah.

  26. Saya dan juga Sabila, memohon maaf apabila ada tulisan atau komentar yang saya tinggalkan, terdapat kekeliruan, kekurangan yang membuat tidak berkenan. Mari kita saling membebaskan diri dari kesalahan dengan saling memaafkan. Semoga Allah memanjangkan umur kita, memberikan kesehatan, kekuatan serta keistiqomahan untuk bisa beribadah secara optimal di bulan yang penuh barokah dan ampunan. Amin, ya Rabbal ‘Alamin.

    Marhaban Yaa Ramadhan

    1. sama-sama Abi,, mohon maaf juga atas segala hilaf saya baik melalui tulisan2 maupun komentar2.
      salam buat de Sabila juga ya bi, semoga jadi anak sholeha.. aamiin

      Aamiin y Rabb, semoga Ramadhan ini berkah untuk kita semua..

      Marhaban yaa Ramadhan

  27. komenku kok ilang? tuing…tuing..

    1. ilang kemana? itu tadi di atas sudah ada ukh..

  28. saya juga ingin mengucapkan selamat menyambut Ramadhan… tentunya muslim terbaik adalah yg sangat antusias selama Ramadhan,, semoga kita tetap istiqomah.. aamiin… nice post mas Mabr..^^

    1. sama-sama sob…
      semoga Ramadhan ini berkah untuk kita semuaa,, aamiin

  29. Marhaban ya ramadan.
    Semoga kita termasuk orang2 yang berbahagia dengan datangnya bulan ramadan

    1. aamiin,, semoga begitu adanya bang
      dan semoga Ramadhan berkah untuk kita semua, aamiin

  30. jarwadi · · Reply

    Marhaban ya Ramadhan, Selamat menunaikan ibadah puasa. Cerita ini membuat saya tersentuh. Karena beberapa tahun, 10 tahun yang lalu kira2 punya pengalam serupa tidur di masjid bersama kawan kawan pemuda di sini. Sekarang generasi yang tidur di masjid sudah berganti. Kawan2 saya sudah banyak yang meninggalkan desa untuk merantau,πŸ™‚

    1. yups, bner mas, generasi angkatan saya juga speerti itu, sudah banyak yang keluar desa, atau kalau ga ya sudah berumah tangga. hehehe

  31. Selamat menyambut Bulan Ramadhan, dan selamat menjalankannya dengan kerendahan hati..

    1. sama-sama pak, semoga berkah ramadhan bisa kita raih

  32. Sama2, mohon maaf lahir batin. Mg berkah ramadhan sll dilimpahkan untuk kt semua. Amiiiin.

    Rindu saat2 seperti itu hehe

    1. aamiin,,
      ramadhan memang selalu dirindukan

  33. wah…. Ramadhan memang bulan spesial ya mas…. kalau saja bulan-bulan yang lain suasana masjidnya seperti bulan Ramadhan… minimalnya jamaah di masjid tuh… subhanallah

    1. seandainya saja seperti itu ya mas,,
      sayangnya hampir di semua wilayah sama seperti itu, ramai hanya ramadhan saja

  34. Marhaban Ya Ramadhan, saling maafkan mas, jikalau saya ada salah kata maupun sikap ketika berkunjung disini mohon di maafkan mas,,,

    1. sama-sama pak, mari kita sambut Ramadhan dengan bati yang bersih..

  35. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri….

    Alhamdulillah, kembali kita menaruh harapan di bulan mulia untuk membanyakkan amal dan sedekah jariah sebagai bekal di kemuadian hari kelak. Maaf dipinta jika ada kesilapan sepanjang mengunjungi dan mencoret di laman ilmu ini. Semoag kita mendapat manfaat dan hikmahnya.

    Indah sekali dapat mengingati nastolgia masa lalu di bulan ramadhan yang tentunya mempunyai cerita tersendiri untuk dikenang. Tentu lain sekali dengan kondisi puasa masa kita.

    Marhaban Ya Ramadhan dan selamat bertemu dengannya bersama kegembiraan. Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.πŸ˜€

    1. ‘Alaikumussalam wr wb bunda,,,
      alhamdulillah Ramadhan tlah menyapa kita, dan mudah2an Allah memperkenankan sampai Ramadhan tiba, dan kita semua bisa melaksanakan rangkaian-rangkaian ibadah selama Ramadhan sehingga keberkahannya bisa kita raih dengan sempurna.

      Iya bunda, itulah masa anak2 & remaja di desa saya, alhamdulillah sampai sekarang masih bisa seperti itu..

      salaam saya dari Brebes bunda

  36. Marhaban ya Ramadhan selamat menunaikan ibadah puasa, maaf lahir dan bathin…

    1. mohon maaf lahir batin bu,, atas segala hilaf

  37. met menjalankan ibadah puasa kang iiaπŸ™‚
    semoga kita sama2 berkah.. gmn sii..??!?! gitu lah😦

    1. heheh,, sama2 kang,,
      semoga berkah ramadhannya:D

  38. Maaf lahir batin Mab. Selamat puasa ya. Serunya tidur di masjid selama Ramadhan ya. Berkesan sekali ya.

    1. sama-sama bunda,,,
      selamat menjalankan puasa bersama keluarga,,
      hhehehe, itu masa lalu bun, sekarang sudah pensiun.. hihihih

  39. Selamat menunaikan ibadah puasa sob,,
    Mohon lahir batin untuk memulai semuanya,,.
    makasi

    1. sama-sama sob.
      mohon maaf lahir batin juga…
      makasih

  40. selamat puasa Ramadhan…mohon maaf lahir batin…

    1. sama-sama mas,,, maaf lahir batin juga

  41. hilsya · · Reply

    maaf lahir batin yaa

    1. sama-sama bu,, maaf lahir batin juga

  42. Subhanallah….serunya Ramadhan di Sirampog.
    Jadi inget, dulu pengen banget ikut mukul bedug buat bangun sahur tapi ga dibolehin sama emak….

    1. hehehe,,
      ya ga boleh lah, kan cewek..πŸ˜€

  43. sayyidahali · · Reply

    selamat menunaikan ibadah dibulan puasa, mohon maaf lahir batin, mudahan amal kebaikan kita diterima dan diampuni kesalahan2 kita,,, marhaban ya Ramadhan πŸ™‚

    1. aamiin yaa Rabb…
      selamat menunaikan ibadah puasa juga bu…πŸ˜€

  44. amiin … do’a sampea adalah do’a saya juga sehingga ramadhan ini memberikan pengaruh yang terbaik dalam kehidupan kita agar menjadi pribadi shalih dan mengimbas menjadi keshalihan sosial

    mohon maaf jika ada salah khilaf saya dalam postingan maupun komentar

    1. aamiin,,
      sama-sama pak Ies,,
      semoga keberkahan Ramadhan kali ini benar2 bisa kita raih dengan sempurna

  45. selamat menjalankan ibadah puasaπŸ™‚
    semoga amal ibadah kita diterima di sisi-Nya, amienπŸ™‚

    1. selamat menjalankan puasa juga

      aamin, semoga keberkahan Ramadhan terlimpah untuk kitaπŸ™‚

  46. marhaban ya ramadhan..
    Semoga kita semua dilancarkan dalam mnjalani ibadah puasa nanti..
    Hehe

    1. marhaban yaa Ramadhan..
      aamiin,, semoga berkah ramadhan bisa kita raih

  47. Marhaban Yaa Ramadhan, selamat berpuasa, semoga lancar dan gak bolong yaaa. Aminnn

    1. aamiin,,
      insya Allah ga bolong,, hehehe

    1. silahkan….πŸ˜€

  48. Marhaban Yaa Ramadhan … semoga keimanan dan ketaqwaan kita meningkatπŸ™‚

    1. aamiin,,,
      semoga hikmah Ramadhan bisa menjadi modal untuk menjalani hari2 di bulan2 berikutnya

  49. mhn mf lhir btin masπŸ™‚
    jjr tdak sk baca postngn pnjng..tp ko ini mantap euy mengalir jernih mas….heheee

    1. mohon maaf lahir batin juga mas..πŸ˜€

      heheh, makasih,,, tpi ga sampai basahkan ke alirannya..πŸ˜€

  50. Wah, menjelang ramadhan, hampir semua postingan thema nya sama. Btw, mohon maaf lahir bathin sblum saya menunaikan ibadah suci bulan iniπŸ™‚

    1. itulah pak indahnya Ramadhan,,
      kata maaf tersebar dimana-mana..πŸ˜€

      mohon maaf juga pak, semoaga berkah Ramadhan bisa kita raih.. aamiin

  51. marhaban ya ramadhan,met puasa mas mabruri,jangan lupa ntar malem tarawih perdanaπŸ™‚

    1. sama-sama mas,, semoga puasa kiat lancar…
      hehe,, iya, hari pertama masa arep mbolos..πŸ˜€

  52. Semoga kita dimudahkan untuk memaksimalkan ibadah kita.
    Mohon maaf lahir dan batin yo mas.

    1. aamiin,,,
      mohon maaf lahir batin juga mas..πŸ˜€

  53. Met puasa, moga puasanya nanti gak ada bolong!

    1. aamiin,,
      semoga kesehatan selalu terlimpah selama Ramadhan ini pak

  54. Mohon maaf lahir dan bathin ya Mas Mabruri..

    1. sama-sama mas aim.. mohon maaf lahir batin juga

  55. Iya ya mas, gak terasa udah masuk bulan Ramadhan lagi nihπŸ™‚
    Wah..biasanya kalo puasa gini kolak dan makanan yang manis2 bakal merajalela nihπŸ˜€
    Selamat berpuasa ya mas, moga amal ibadahnya diterima oleh-NyaπŸ™‚

    1. selamat berpuasa juga,, aamiin, semoga berkah untuk kita semua,,,πŸ˜€

  56. hihihi indahnyaa saat2 duluπŸ˜€
    selamat menjalankan ibadah puasa jg masbro
    moga puasa kita berkah,,amiin
    maap lahir batin yaa

    1. aamiin,,
      selamat puasa juga, semoga berkah,,
      ya indah banget masa2 kecil dulu..

  57. menyenangkan ya mas teringat masa silam
    pikul beduk, tabuh kaleng bekas sambil teriak2 saurrr saurrrr

    selamat menunaikan IBADAH PUASA

    1. betul pak, kaleng dll juga turut memeriahkan saat2 sahur…

      selamat puasa juga, semoga berkah.. aamiin

  58. maaf kang, baru sempat mampir..sungguh maafkan daku..:)
    salam dari purwokerto,..oia,..sirampog itu kota yg istimewa ya..kpn2 main ah..:)

    1. hihihi,, mboten nopo2 bu..πŸ˜€

      waduh, sirampog itu bukan kota bu,, masih desa kok, hehe,, tpi indah pokoknya,,,
      iyalah harus main, deket kok.πŸ˜€

    1. oke lanjuttt….πŸ˜€

  59. Ah menarik sekali tradisi ramadhannya.
    Selamat berpuasa ya mas, semoga puasa tahun ini berkah buat kita…πŸ™‚

    1. sayangnya skarang sudah nggak bisa ikut kaya gitu lagi bu,, sudah merasa tuwa. hahaha

      selamat puasa juga bu, aamiiin, semoha berkah untuk kita…πŸ˜€

  60. saya juga yo mas mabruri…dari lubuk hati yang paling dalam
    Hari ini tanggal 1 Ramadhan 1432 H, saya mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah puasa untuk mas mabruri dan keluarga,.MOhon maaf lahir dan batin atas segala kesahalan,semoga kita bisa menjalankan Ibadah puasa kali ini dengah hati yang bersih, penuh berkah dan barokah dari Allah Swt *amien

    btw soal tahun dah kuralat di koment di tempat pak dhe cholik, mohon maaf atas kesalahan dan keseleo mata dan tangan saat ketik hehhe…semoga dimaafkan…..

    1. hihi bukn 1 Ramadahn 1944 H lagi ya bu? hehehe,,
      sama-sama bu, selamat bpuasa untuk ibu sekeluarga, semoga berkah untuk kita semua. aamiin..

      heheh,, dimaklumi bu..πŸ˜€

  61. SELAMAT menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadhan ini.
    Semoga memperoleh pahala yang berlimpah dari-NYA…
    SALAM…

    1. makash bli…
      semoga keberkahannya untuk kita smua..
      salaam

  62. selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita semua mendapat berkah di bulan yang mulia ini.

    1. aamiin,,,
      sama-sama pak, selamat menjalan ibadah puasa juga..πŸ˜€

  63. Yukkkkk optimalkan ibadah kita di Bulan suci dan seterusnyaπŸ™‚

    1. hayuuukk lah,,
      mari berlomba-lomba mengejar pahala dariNya..πŸ˜€

  64. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan ya Mab… Itu foto jadulnya lucu2 deh, jd inget zaman dulu jg, beramai2 tadarusan di mesjid ^^

    1. selamat puasa juga bun…
      hhihihi. namanya juag jadul bun…πŸ˜€
      selalu dirindu masa2 seperti itu..

  65. bismillah …
    meminta maaf tidak menjadikan kita HINA
    memberi maaf juga jangan membuat diri kita BANGGA
    TAPI saling memaafkan membuat kita MULIA
    dari hati yang paling dalam kami sekeluarga memohon ma’af atas segala kesalahan. yang tak pernah luput sejak terbit matahari hingga tenggelam.
    mari siapkan diri dan keluarga dengan ILMU dan IMAN menyambut dan menyusuri NIKMATNYA RAMADHAN DENGAN PAHALA YANG BERLIPAT-LIPAT.
    MARHABAN YA RAMADHAN ….

    ****************
    bchree dan keluargaπŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ™‚
    lumajang, jawa timur, Indonesia

    1. mari bermaaf-maafan pak, karena itulah yg paling mulia

      selamat menjalankan puasa Ramadhan

  66. Mas Brur, selamat menunaikan ibadah puasa yaaa…..

    1. sama-sama bu..
      selamat puasa juga buat ibu sekeluarga…

  67. mohon maaf lahir bathin ya Mas,,moga romadhon kali ini penuh makna..
    selamat menunaikan ibadah puasa…πŸ™‚

    1. sama-sama mas… semoga berkah Ramadhan bisa kita raih,, aamiin

  68. Selamat menjalankan ibadah puasa mas

    alhamdulillah puasa kita tinggal 29 hari lagiπŸ˜‰

    1. selamat puasa juga mba,,
      aamiin, alhamdulillah,, tp ya ga usah dihitungi mba, ntar juga selesai sendiri… hhiiihhi

  69. jalan2 sore ketempat sahabat…. mudah2an hari ini lebih menyenangkan…

    1. selamat pagi pak,,, *maaf baru menyambut di pagi hari ini…

      aamiin, semoga saja begitu

  70. Salam Takzim
    Ditempat saya malah sudah puasa bang,
    maapin ya bang segala salah saya dbulan Mubarok ini
    Salam Takzim Batavusqu

    1. saya juga sudah selesai satu hari puasa bang..πŸ˜€
      Selamat berpuasa juga,
      salaam

  71. Datang lagi Mas, sambil nunggu datangnya waktu sahur, hehe…

    1. sudah imsak mas aim..πŸ˜€

  72. sahur…sahuurrrr… waktu sudah menunjukkan jam 1 : 39 waktunya anda sahuuurr

    1. hahaha,, terlalu pagi kang…πŸ˜€

  73. buka,buka…puasa tinggal 29 hari lg.hahaha
    ikut nimbrung kang+promosi dsni.

    1. hahaha,,,
      tinggal 28 mas, kan kayanya cuma 29 hari Ramadhan kali ini..
      silakaan..

  74. selamat menunaikan ibadah puasaπŸ™‚

    1. sama-sama mas…
      lama kita tak tegus sapa ya??:D

  75. ejawantahblog · · Reply

    Selamat menjalankan ibadah puasa Mas.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. selamat menjalan ibadah puasa juga pak..

      salamsukses

  76. Brur,,
    lha trus yg remaja dr setelah traweh smpai jam 21.00 ngapain tuh?
    nunggu remaja putri nya?
    atau njagain?πŸ˜€

    dr foto2nya, asyik bgt tuh Brur./…

    1. ngabisin kolek sisa buka bersama di masjid mas… hahaha

      bener2 asik mas masa2 itu..πŸ˜€

  77. semoga ibadah puasa kita diterima Allah SWT..amienn,,,

  78. yap, ramadan bulan yang penuh berkah. selamat berpuasa, ya. mohon maaf lahir batin.

    1. selamat berpuasa juga pak, mohon maaf lahir batin

  79. […] dilalui, pasti sangat menarik untuk diceritakan. Kalau kemarin saya bercerita tentang Ramadhan di masa kanak-kanak & remaja, sekarang saya akan bercerita tentang Ramadhan saat-saat beranjak […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: