Beras Hitam Sirampog

Salam sahabat semua,

Sahabat, setelah kemarin agak sedikit ngegalau, sekarang saya balik lagi ajak sahabat-sahabat semua untuk menilik beberapa potensi yang ada di Wilayah Brebes. Kali ini saya akan mengajak sahabat ke tempat saya tinggal yaitu Sirampog, untuk mengenal Beras Hitam.

Seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya, bahwa Sirampog adalah daerah pegunungan yang potensi utamanya adalah sebagai penghasil sayur-sayuran. Namun baru-baru ini, warga Sirampog menciptakan potensi baru yang tentunya masih dalam lingkup pertanian yaitu BERAS HITAM.

Sahabat pernah melihat Beras Hitam? Ataukah sudah pernah mengkonsumsi Beras Hitam? Kalau beras merah sih sudah tidak asing lagi tentunya bagi kita.

Saya pun akhirnya penasaran dengan manfaat yang ada dari Beras Hitam tersebut. Setelah saya cari info-info tentang Beras Hitam ini, akhirnya saya mendapat penjelasan mengenai beras ini sebagai berikut:

Orang Cina kuno telah mengenal beras hitam sebagai beras terlarang, tak boleh sembarang orang dapat memakannya, hanya kalangan istana dan orang tertentu saja yang boleh memakannya karena kaya nutrisi. Menurut penelitian disana beras itu mempunyai kasiat mernyembuhkan berbagai penyakit. Beras hitam di Cina sekarang berfungsi sebagai obat dan bahan pangan, kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam semuanya lebih tinggi daripada beras biasa. Riset menunjukkan, warna beras kian gelap, pigmen anti penuaan di lapisan luar beras kian menonjol.

Sudah tentu, peran pigmen beras hitam adalah paling baik di antara berbagai jenis beras berwarna. Selain itu, pigmen tersebut kaya mengandung materi aktif flavonoid dan kadarnya lima kali lipat dari pada beras putih dan berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Selain itu, beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber), laju pencernaan pati lamban, indeks gula darah 55 sedangkan beras putih adalah 87.

Beras hitam sangat berbeda dibanding ketan hitam, baik rasa, aroma maupun penampilannya. Sangat spesifik dan unik. Bila sudah dimasak beras hitam warnanya benar-benar hitam pekat. Rasanya enak dan aromanya menimbulkan selera makan.

Menurut penelitian para ahli, beras hitam mempunyai khasiat: Meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirrosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan (Antiaging), sebagai Antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, mencegah anemia.

Wah, benar-benar sangat bermanfaat sekali ya Beras Hitam ini. Namun begitu, masyarakat kita masih belum begitu familiar dengan beras ini. Karena beras ini masih sulit dibudidayakan. Proses penanamannya juga memiliki waktu tanam yang cukup lama yaitu 6 bulan. Jadi berbeda dengan jenis padi lainnya yang rata-rata hanya butuh waktu 3-4 bulan.Β  Secara fisik, padi ini juga jauh lebih tinggi dari pada padi biasanya yaitu 170 cm.

Di Sirampog sendiri masih belum banyak para petani yang menanam jenis Padi ini. Padahal dari segi ekonomis, beras ini sangat menjanjikan untuk para petani. Untuk harga per kilogramnya kalau di Sirampog sekitar Rp 15.000,-. Lumayan mahal memang, tapi kalau dilihat dari manfaatnya, mungkin harga segitu sudah sebanding.

Untuk saat ini, pembudidayaan beras hitam terus ditingkatkan. Empat wilayah yang ada di Sirampog yaitu Kaligiri, Sridadi, Mendala dan Manggis kini sedang terus dioptimalkan untuk menghasilkan Beras Hitam sebagai salah satu produk unggulan terbaru Sirampog.Β  Tentunya kerjasama pemerintah setempat dengan warga diharapkan dapat memberikan hasil yang baik dalam usaha pembudidayaan varietas beras hitam tersebut, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakatnya.

Referensi: Radar Tegal, Gambar

123 comments

  1. Mab.. bikin artikel gini contekan daftar pustakanya pasti banyak banget yah?

    1. hehe,, iya bu, berhubunng info yg nyata cuma sdikit ya ahirnya harus nyari2 merambah kemana-mana…πŸ˜€

  2. ooh baru tau ya ternyata ada yang warna hitam juga, tapi serem juga ya warnanya hitam begitu :O

    1. hihihi,,, auranya menakutkan yah?πŸ˜€

  3. berbeda dengan ketan hitam ya? kalau begitu saya belum nyobain berarti…

    1. hehehe,, saya jua belum,,,
      smoga saja nanti saya bisa nanem beras jenis ini

  4. saya jadi pengen nyobain rasanya mas hehe
    Semoga budidaya beras hitamnya tambah maju ya mas, cukup menjanjikan juga sih usaha beras hitam itu.

    1. aamiin, makasih doanya, semoga saja bgitu dan nantinya saya jg bisa nanem padi jenis ini..πŸ˜€

  5. Udah lama kepingin makan beras hitam ini.. Khasiatnya emang terkenal.. Tp ya itu.. Muahal.. Di Sirampog aja 15rb/kg, apalagi di jkt yah? *aku liatnya di supermarket2 di wilayah ekspat.. Harganya.. Gak kukuuu..*
    Ada gak sih cara lebih murah mdptkan beras hitam ini..?πŸ˜€

    1. ada bu,, nanti ya kalau seandainya saya juga bisa nanem beras ini,, hihihih..
      iya bu, kmaren aja waktu liat2 di toko2 OL yg jual beras hitam ini ternyata dipatok harga Rp 35.000/kg
      mahal bgt ya??

  6. wah diajak jalan – jalan lagi nih habis kemarin nge-galau hehe
    benar mas walau lebih mahal tapi dilihat dari khasiatnya saya rasa sebanding. moga budidaya makin berkembang dan menjadi komoditas baru selain bawang merah ya

    1. hehe iya nih mas…
      aamiin smoga bisa seperti itu mas,,,

    1. sudah dicoba,, makasiih

  7. Bayka ya kandungan nutrisi beras hitam.

    1. ho oh, begitu banyak manfaat bagi kesehatan

  8. Wah, pengen coba beras hitamnya.. mudah2an bisa menjadi komoditas baru bagi SIrampog dan mensejahterakan petani-petani disana..πŸ™‚

    1. aamiin, smoga saja begitu mba,,, doanya saja
      semoga saja nanti kalau buddaya berhasil, saya juga bisa menyempatkan diri untuk menanam beras jenis ini..πŸ˜€

  9. Kalau ditempatku beras hitam bisanya dibuat tape beras hitam

    1. bukan ketan hitam tpi kan mas?

  10. Kalau ketan hitam sering mengkonsumsi Mas, dicampur sama bubur kacang hijau, tapi kalau beras hitam kayaknya belum pernah lihat, apalagi nyobain. Setahu saya, di Kebumen belum ada pembudidayaan beras hitam semacam ini.

    1. iya bi, masih terbtas penyebarannya. Di Sirampog sih lagi mulai digalakkan budidaya beras hitam ini bi, mudah2an nanti bisa menyebar ke daerah2 lain

  11. IYa lho, katanya beras hitam itu paling menyehatkan dan paling baik bagi pencernaan.πŸ™‚ Tapi harganya juga menguras kantong.πŸ˜€

    1. hehehe,, ada hasiat ada harga ya mas..πŸ˜€

  12. waaah jadi pengen makan beras hitam mas brur, kirim dong ke Palembang.. heheπŸ˜€

    1. hihihihi,,
      ntar ya kalau saya sudah bsa panen beras hitam ini..πŸ˜€

  13. Wew.. beras hitam? kayaknya saya belum pernah liat…
    gimana rasanya ya?? hihi..

    1. rasanya lebih fulleennn..πŸ˜€

  14. saya belum pernah lihat beras hitam, apakah rasanya sama dengan beras merah?

    1. katanya sih beda bu, lebih pulen gitu,,,
      saya jg blum nyicip & belum nanem juga…πŸ˜€

  15. Beras hitam? klo matang masak jadi nasi hitam?πŸ˜›
    Klo ketan hitam sih enak banget, klo beras hitam rasanya kayak apa ya….

    1. rasanya ya kaya nasi, rada pulenan dikit dari nasi biasa katanya..πŸ˜€

  16. Berkhayal dapet kiriman beras hitam dari Mabrui *halah* hihihi…

    1. hahahaha,,,
      smoga bisa terwujud bun… *nanti kalau saya jg bisa nanem jenis beras ini tpi.. hihihi

  17. Irfan Handi · · Reply

    Semoga bermanfaat Mas

  18. pernah mencicipi mas..tp ga tau asli atau bajakan…hehee lupaaa…
    Kallo ketan item mah sm bubur kacang..heheee

    1. hehehe,,, ada jug ya bajakannya,, brarti berasnya dikasi pewarna hitam gitu..πŸ˜€
      ketan hitam sih sudah ga asing…

  19. paling tidak 3 kali dalam seminggu saya mengkonsumsi ketan hitam yang dicampur sama parutan kelapa muda. Di sini gampang nyarinya Kang, soale yang jual ketan hitam (bubur, ketan pulen dan tape ketan hitam), tetangga saya sendiri

    1. hihihi, itu mah ketan hitam ya pak Ies,,
      tpi kalau yg ini beras hitam paak…πŸ˜€

  20. Setahu saya jenis beras hitam ini, semacam beras ketan, sering diolah menjadi hidangan bubur atau dodol, untuk makanan selingan ya Mas… CMIIW

    SALAM Hangat dari Kendari. 8)

    1. beda bli, ketan sendiri beras hitam jug sendiri….

      salaam

  21. dari BERAS PUTIH, beralih ke BERAS MERAH, masih menggalau karena rasanya tidak seenak beras putih, eh sekarang diracuni ada beras HITAM yang lebih bergizi ketimbang si MERAH, wadoooh …. bagaimana hatiku memilish? Kira2 beras HITAM lebih enak dari beras MERAH ga Brur? Klo lebih enak, mungkin saya mau pindah ke lain hati, itam juga gppπŸ˜€

    1. hahaha,, jangan malah jd bingung mau masak yg mana ya bu, ntar malah ga jadi masak nasi.. hehe

      katanya sih enak bu, saya jg belum pernah ngrasain.. ntar deh kalau saya sempet nanem beras jenis ini.. hehe

      1. ha? nunggu km nanem dulu? Keburu ngiler dong BrurπŸ˜›
        tapi klo km beneran nanem, undang kami y pas panennyaπŸ˜€
        ywd ntar tak huntingnya di pasar2 sopo ngerti ono … iya toπŸ˜€

      2. siiaapp bu,,,,
        silakan berhunting2 ria dulu, smoga dapat dan harganya juga cocok.πŸ˜€

  22. ditempatku belum pernah lihat beras hitam, tapi kalau ketan hitam banyak…dan harga beras hitam ternyata lebih mahal dari harga keta hitam yach…

    1. iya beras hitam masih jarang. Ini di tempatku jg msh dalam tahap percobaan..

  23. beda gak ya Ruri, beras hitam yg biasanya utk dibikin bubur kacang ijo dan ketan hitam? dengan beras hitam yang Ruri tulis disini?
    salam

    1. setau saya kalau yg buat bubur kacang ijo itu dari keten hitam bun bukan dari beras hitam..πŸ˜€
      di sini juga masih jarang bun, masih dalam proses percobaan pembudidayaan, katanya sih berasnya lebih pulen

      salaam

  24. waaaaaaaaaahhhh…. yg menone tahu cm ketan hitam sob hehehehehhehe

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. hehehe,,, beras hitam belum tahu y jadinya..πŸ˜€
      salaam

  25. wah mudah2an bisa dolan ke sirampog, ikut panen beras hitam hehe…
    apakabar kang?

    1. heheh,, mudah2an mas,,
      ntar panen di sawahku ya.. ehehe

      alhamdulillah sehat, wah lama ni baru keluar lagi..πŸ˜€

  26. disimi sepertinya, masih susah mendapatkan beras hitam. Yang ada umumnya beras merah

  27. disini sepertinya, masih susah mendapatkan beras hitam. Yang ada umumnya beras merahh

    1. iya karena belum begitu banyak yg minat pak, mungkin karena usia tanam yg lama

  28. jadi penasaran pengen nyoba makan beras hitam…. kalo aku senang makan ketan hitam..apalagi kalo ditaburi kelapa parut…maknyusss……..

    1. ketan hitam juga ku suka…
      beras hitam saya juga baru sekedar tahu info2nya dan blum nyicipi juga,, mudah2an suatu saat nanti bisa nanem beras ini

  29. wah..blom pernah nyobain nih… kalo ketan itam sih dah sering…. Mab, gimana klo di kirimi barang sekilo buat contoh? hehe…

    1. hohoho,,, ya ntar mba, kalau saya juga sudah bisa nanam padi dari jenis ini..πŸ˜€

  30. Lidah kenalnya ama beras putih dan merah eh mas.
    beras hitam pernah liat tapi lidah belum pernah merasakan.πŸ™‚

    1. hehhe,, sama kalau gitu,,
      saya jg blum pernah nyicipi

  31. Saya kira sama dengan ketan hitam, ternyata beda ya…

    1. beda pak,,, kalau ini sama seperti beras2 lainnya, cuma warnanya hitam

  32. bang,..boleh donk aku main ke sirampog,.kayaknya suasananya asyik ya,..ada beras hitam pula disana,..:)
    itu kan beras langka bin mahal ..trendnya sekarang buat kesehatan
    oia, mas di tegal atau brebes ya??

    1. iya itu beras masih langka..
      saya ya di Sirampognya bu,, sirampog itu masuk wilayah Brebes. Tetanggahan sama bumiayu. Tahukan kalau bumiayu? nah dari bumiayu tinggal naik deh ke Sirampog..πŸ˜€

  33. sy cuma kenal ketan hitam! mungkin rasanya ga jauh beda sama beras merah ya?..engga ada rasanya gitu..

    1. kata orang yg pernah ngrasain sih katanya lebih pulen bu..πŸ˜€
      maklum saya jg blum nyoba dan belum sempet nanam padi hitam.πŸ˜€

  34. KAlau ketan item saya suka banget, hmm…beras hitam belum pernah ngerasain mas. Ternyata bukan mie aja yang ada warna item, beras juga hehehehe. Di Jakarta kayaknya masih jarang yang jual nih, pdhal manfaatnya banyak ya?πŸ™‚

    1. masih jarang banget bu, saya tadi lihar di toko online, beras hitam sirampog dipatok harga 35rb per kilonya…

  35. kalau disul-sel sich, jadi bahan makanan yng tak asing saat lebaran dan hari-hari besar lainnya…..
    ana juga sngat suka memakannya…

    1. wahh,, ekspor dong ke jawa.. heheh

  36. Beras hitam?
    Wah aku juga baru tahu ada beras hitam jadi penasaran seperti apa rasanya.

    1. silakan diburu pak, biar ga penasaran… heheh

  37. terroRIEZ · · Reply

    Semoga Beras hitam harga terjangkau

    1. bisa aja mas riz, jika nantinya banyak yg memproduksi..πŸ˜€

  38. Kalau di Tanah Priangan ada beras merah. Beras hitam juga ada tapi tampaknya bisa jadi kalah dengan produk Sirampog. Nasi merahnya lebih unggul dan jadi tujuan wisata kuliner. Nasi hitamnya sebenarnya aja, tapi jarang yang menyentuh kecuali digabungkan antara yang merah dan yang hitam sebagai ajang coba-coba ^_^

    1. di Sirampog juga banyak yg nanam beras merah bang, beras hitam juga ini baru dimulai pembudidayaannya,,, semoga saja nantinya bisa menjadi minat para petani di sirampog sehingga produksi beras hitam menjadi banyak dan ahirnya berpengaruh pada harga…

  39. Mas Brur, rasanya sama gak sama beras putih? Pengen nyobain deh, trus cocoknya dimakan pake apa ya? Pake pecel gitu cocok gak ya?

    1. katanya beda bu, ini juga katanya yg sudah ngrasain. Lebih pulen dan mengenyangkan katanya bu. Saya jg blm ngrasain, mudah2an nanti bisa ikut nanem deh..πŸ˜€

  40. 15.000 di sana, kalau nyampe di sini (JABODETABEK) berapa yahπŸ˜†

    1. bisa nyampe 30rb-an mas….πŸ˜€

  41. pindah haluan nanam beras hitam kang..

    1. apa aja lah bang yg bisa ditanem, ayooo πŸ˜€

      1. Kalau urusan nandur2, saya selalu mendukung Mas..

      2. siipp mas aim, besok ikut macul bareng ya di sawah,, hahaha

  42. Salam Takzim
    Awalnya penasaran setelah di search di google ternyata memang beras hitam itu ada, dan bukan beras ketan hitam. Hanya belum pernah melihat langsung bang
    Semoga nanti bisa merasakan beras itu bang
    Salam Takzim Batavusqu

    1. semoga bisa bang,
      smoga saja nanti saya juga bsa ikut nanam itu jenis beras hitam…

      salaam

  43. Usup Supriyadi · · Reply

    saya baru tahu ada beras, hitam, apakah itu ketan?
    tahunya saya ada beras merah dan sering tuh saya makan. enak soalnya.

    1. Usup Supriyadi · · Reply

      nggak kuat apanya?
      hahahha

      1. apanya yg ga kuat??

    2. beda mas, bukan ketan,,,,,,
      beras merah malah langganan sawah saya itu.. hehehe

  44. mahal tapi saya ingin mencobanyaπŸ˜€

    1. biar hilang penasarannya y mas….πŸ˜€

  45. Kayak gimana ya rasanya makan beras hitam,,,,hehehehe soalnya dari dulu nasi putih, nasi jagung,nasi uduk itu aja yang saya makan om,,,,hehehehe

    1. sama pak, saya yg ngasi tulisan ini juga belum ngrasain, baru denger dari pak lurahnya aja kalau di desa kami mau dijadiin budidaya beras hitam..
      ya smoga nanti bisa ikut menanam dan hilanglah rasa penasaran kita.. hehehe

  46. Kalau digaungkan bisa jadi obat pasti banyak yang cari. Udah pernah nyoba mab?

    1. iya bun pastinya walaupun harganya ga nguatin ya,, heheh

      wah, saya yg dari sirampognya juga belum ngrasain bun, baru denger gaung2 dari lurahnya aja kalau di tempat kami nanti mau dijadikan objek budidaya beras hitam. mudah2an berhasil sehingga kami pun bisa menanam beras hitam ini sehingga bisa langsung membuktikan hasiatnya..πŸ˜€

  47. wuiiihh,,
    Jadi kpengen nyobain nih..
    Tapi dmana belinya ya…
    Hadeuh…

    Nitip ya..
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/07/26/hmmm-gaya-rambut/

    1. di toko online mas, browsing aja pasti ada..πŸ˜€

  48. Baru kali ini saya dengar ada beras hitam. Biasanya cuma tau ketan hitam, ayam hitam. Dan warna hitam itu memang benar2 sebuah misteriπŸ˜›

    1. hihihihi,, asal jangan terjerumus ke dalam lembah hitam ya pak..πŸ˜€

  49. semoga saja bisa sukses ya mas usaha pembudidayaan varietas beras hitamnya, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat…

    1. aamiin, harapannya pasti seperti itu pak, mohon doanya saja..πŸ˜€

  50. lihat dari judulnya kirain sejenis ketan hitam mas
    ternyata beda ya..
    kalau dari luar brebes, gimana cara dapetinnya mas?

    1. iya beda mba,, ini ya beras cuma warnanya hitam, katanya sih rasanya lebih pulleenn..πŸ˜€

      pesen aja mba, kayanya sudah ada juga dijual di toko online

  51. Om enggak main dakon nih hehehe

    1. nggak ah paman, belum ngerjain PR masalahnya…πŸ˜€

  52. Absen dulu kang…saya sampai bingung lo…komentarnya banyak banget setiap hari heeee

    1. tul,dan itu tandanya larisπŸ˜€. btw, ternyata potensi pertanian brebes bagus jugaya, klo ada anak2 muda yg bisa melipatgandakan value nya shg bisa lbh mensejahterakan semua..amin!

      1. @bli: hahaha, bli budi bisa aja,, boleh ngabsen asal jangan nitip ngabsen aja bli.. hihihi

        @ms Arif: iya mas, banyak, cuman belum ditangani secara serius jadinya ya terbengkalai begitu saja

  53. beras hitam sudah jadi makanan pokok kami.πŸ˜€

    1. wahhh enak dong mba, bagi2 dong….πŸ˜€

  54. Hm… Baru kali ini tau ada beras hitam… Thx infonyaπŸ˜€

    Ternyata beras hitam manfaatnya banyak, terutama untuk kesehatan… Jadi pengen nyoba…

    1. makanya harganya juga lebih mahaaallπŸ˜€

  55. Sekarang sudah ngga GALAU ya? Serius???

    1. insya Allah mbah…
      sudah dapat wejangan dari mba soalnya..πŸ˜€

  56. wah penasaran,belum penah lihat dan merasakan,..
    paling ketan item yg sering dibubur itu taunya,..

  57. nasi dari beras hitam memang langka, harganya pun lebih mahal dari beras yang lain. rasanya pun enak sekali, terutama jika di timbel (ala Sunda) hehehe….

    1. mungkin yg bikin mahal karena kelangkaanya ya bu..πŸ˜€

  58. Tlong saya minta no hp anda mas sirampog.insa alloh saya mw ambil beras banyak.

  59. Wah, menarik mas beras hitamnya, kalo pesan berasnya ke mas mab, bisa tidak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: