Makanan Sehat Jasmani dan Rohani

Makanan adalah salah satu faktor utama untuk menjaga kelangsungan hidup suatu makhluk hidup, termasuk di dalamnya adalah manusia. Bisa kita bayangkan jika sehari saja kita tidak makan, apa yang kita rasakan? Namun ada satu yang sangat penting dalam memilih suatu jenis makanan yang akan kita konsumsi, yaitu tentunya makanan yang sehat. Tidak semua jenis makanan itu sehat, dan bila kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, maka akan berbahaya terhadap kondisi tubuh kita. Makanan sehat tentunya makanan yang dapat membuat tubuh kita menjadi sehat baik jasmani maupun rohani.

Makanan sehat tidak hanya terfokus pada jenis makanan yang bebas dari virus penyakit ataupun yang sesuai kadar gizinya untuk tubuh kita. Namun makanan sehat itu juga adalah makanan yang menurut syariat kita (Islam) termasuk ke dalam makanan yang halalan thoyyibah. Kata halalan berasal dari bahasa Arab, yaitu dari kata halla, yang berarti lepas atau tidak terikat. Atau diartikan sebagai segala sesuatu yang bebas dari bahaya duniawi dan ukhrawi. Sedangkan kata thayyiban (thayyib) juga berasal dari bahasa Arab, yang berarti ‘lezat’, ‘baik’, ‘sehat’, ‘menenteramkan’, dan ‘paling utama’. Dalam konteks makanan kata thayyib berarti makanan yang tidak kotor dari segi zatnya atau rusak (kadaluarsa), atau tercampur benda najis. Juga ada yang mengartikan sebagai makanan yang sehat, proporsional atau seimbang, dan aman.

Makanan sehat yang termasuk dalam konteks halal di sini adalah halal dari segi jenis makanannya dan juga halal dari mana mendapatkan makanannya tersebut. Ini yang menjadi kunci pokok makanan itu sehat atau tidak, terutama terhadap kesehatan rohani. Sebuah renungan untuk kita semua sebelum mengkonsumi suatu makanan. Dari mana kita mendapatkan makanan itu, dan bagaimana kita memperoleh makanan itu. Apakah dengan cara-cara yang benar sesuai ketentuan syariatnya atau malah sebaliknya. Apalagi bagi seorang pemimpin rumah tangga. Jangan sampai kita memberikan makanan untuk anggota keluarga kita berasal dari hasil yang tidak benar, seperti korupsi, menipu, mencuri dan sebagainya. Hati-hati, jangan sampai anak istri kita diberi makanan yang tidak halal, karena makanan yang tidak halal akan mengantarkan kepada neraka. Bukankah Allah telah memerintahkan supaya menjaga diri kita dan juga keluarga kita dari siksa api neraka? Salah satu cara menjaganya tentu dengan memberi makanan yang sehat, yaitu makanan yang halalan thoyyibah. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa sebelum dan sesudah makan untuk minta perlindungan kepada Allah, bahwa makanan yang kita makan adalah makanan yang benar-benar sehat.

Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam.

Apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera tiba, bulan yang dalam hari-harinya penuh berkah. Usahakan setiap apa yang kita kerjakan harus bernilai ibadah, tak terkecuali dalam urusan makan-makanan. Jangan sampai puasa kita sia-sia belaka hanya mendapatkan laparnya saja karena makanan yang kita santap saat berbuka ataupun saat sahur berasal dari makanan yang tidak sehat. Hasil korupsi masih saja dipakai untuk membeli menu buka puasa ataupun sahur. Kasihan anak-anak dan istri kita nanti.

Makanan sehat harus bisa menyehatkan seluruh badan kita, bukan hanya sehat secara jasmani saja, tetapi juga menyehatkan rohani kita. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, jasmani kuat rohani sehat, hidup pun terasa nikmat.

***

Artikel ini diikutsertakan untuk meramaikan hajatan ADUK di Blogcamp.

84 comments

  1. Saya telah membaca artikel diatas dengan cermat
    Akan langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    1. maturnuwun pakdhe..😀
      salaam

  2. Mab, sip banget udah jadi aja. Semoga beruntung lagi nih

    1. makasih bunda,,,,, semoga bruntung jg buat bunda

  3. mengingat bulan Ramadan, buka puasanya juga jgn kekenyangan, nanti malah bikin ga sehat..hehe:-)

    1. heheh,, betul betul betul

  4. hola mas mabrur, semabrur orangnya.. hehe… betul sekali, emang sangat penting untuk memperhatikan dari mana sumber makanan itu datang.. dalam hal ini aspek halal haram makanan.. Secara makanan yang gak jelas sumbernya bisa bikin sakit jiwa.. Seperti para korruptor.. hehe, cuma contoh haja mas.. salam hangat dari ane gan..

    1. aamiin, smoga kita semua mnjadi orang yg mabrur…

      betul, barang yg tidak jelas bila masuk ke dalam hati, maka akan mengotori hati kita, dan itu sangat berbahaya

  5. terroRIEZ · · Reply

    Makanan Sehat belum tentu Halal (bisa faktor memperolehnya) tapi makanan Halal pastilah Sehat

    1. siipppp..
      halalan thoyyiban

  6. Selalu berusaha, memilih jenis makanan yang sehat agar keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat.
    SALAM hangat dari Kendari… 8)

    1. betul bli,, memilih makanan yg selalu sehat untuk menyehatkan jasmani dan rohani kita

  7. artikel yg bagus, terimakasih infonya

  8. waahhh kasihan anak istri yach kalo dapat uangnya dr hasil korupsi……smoga para koruptor di negeri ini mendapat hidayah dari Allah SWT…..

    sukses untuk ADUKnya…smoga menang

    1. lovetiffa · · Reply

      para koruptor hrs bc artikel ini

      1. hahahah,,,
        bener tuh mba.. hihih

    2. iya kasian yg tidak tau apa2 tpi tetep menerima akibatnya…

      aamiin, sukses juga buat ibu…

  9. Salam kenal, Mab.
    Keren nih postingannya… Semoga menang ya…

    1. salam kenal juga bu…
      sama-sama bu,, postingan ibu juga bagus dan lengkap lagi..😀

  10. wah keren, udah ikutan aduk.
    aku gak punya ide nih😀
    semoga sukses ya mas😉

    1. lah, kenapa ga ada ide? heheh
      aamiin

  11. Makanan yang Halalan toyyiban ya,,manteb dah,,

    Sukses ya Mas dengan ADUK nya

    1. bukan manteb lagi tu,, wajib itu mah.. heheh

      makasih kang…

  12. Usup Supriyadi · · Reply

    laperrrrrrrrr
    hehehehe
    saya, sebab sakit jadi ada beberapa makanan yang kusukai harus dihindari dulu. hm…
    semoga berhasil.nice post…

    1. orang sakit memang banyak makanan yg harus dihindari..
      smoga selalu diberi nikmat sehat…
      makasih kang ucup

  13. oooh makanan tuh gg hanya harus menyehatkan jasmani saja ya, rohani juga😀 saya kadang masih makan makanan gg sehat🙂

    1. betul, percuma jasmaninya sehat tpi rohaninya nggak..😀

  14. Makanan sehat perlu dikonsumsi untuk kesehatan berpikir dan bekerja…

    Selamat menyambut bulan puasa buat semua rekans…

    1. selamat menyambut datangnya Ramadhan juga pak..😀

  15. benar sekali dan penting ini Ruri,
    makanan yang halal thoyyiban yg kita dan anak cucu kita makan, akan membawa berkah yg luar biasa bagi diri kita .
    semoga Allah swt selalu memberikan barokah NYA pd tiap suapan yg masuk ke badan kita ,aamiin
    semoga sukses di acara ADUK ini, Ruri🙂
    salam

    1. alhamdulillah bunda sudah kembali lagi…

      aamiin bunda, semoga setiap suapan yg masuk mendapat berkah dari Allah SWT…

      makasih bunda..
      salaam

  16. Makanan.. walau enak dan sehat, tapi klo nggak halal…
    bukan cuma jd penyakit… tapi jg penderitaan berkepanjangan sampai di akhirat nanti,… na’udzubillah… semoga qta semua terhindar dari makanan haram… Amin,

    1. nggak bangetlah ya bu keluarga kita diberi makan dari suatu yang gak bener…
      aamiin, semoga apa yang kita dapatkan untuk diri sendiri dan keluarga adalah suatu yang sesuai dengan aturanNya

  17. Inilah yang saya suka dari keyakinan saya. Bahwa makanan sehat bukan hanya yang mengandung kadar gizi, protein, dan semacamnya. tapi juga dilihat dari proses mendapatkannya..

    Makanan bergizi tidak lagi menjadi berkah manakala di dapat dari hasil korupsi.

    Salam hangat Mas Mabruri…

    1. bener banget mas aim, prosesnya pun sangat mempengaruhi tbuh kita nantinya…
      jangan sampailah kita makan dari hasil yg tidak baik…

      salam saya mas

  18. Sepakat! Makanan sehat adalah makanan yang halal dan thoyib, baik dzat maupun sifatnya. Semoga sukses di kontes, Mas. Amin.

    1. makasih abi,, halal dan thoyib dari segalanya ya bi…

      makasih abi, aamiin

  19. Hehehe maaf kan daku yah mas..salah sangka hehehe…asli senyum senyum kalo mengingat kebodohan saya mengira itu adalah marga dan ternyata asal daerah…walah walah..
    yup mantep tulisannya..makanan yang sehat untuk jasmani dan rohani..halalan thoyiban..itu yang pasti dan nomer satu..biar terhindar dari segala macam penyakit..betul, sip sip..semoga berjaya dikontes aduk pak dhe ..:)

    1. Hehehe,, ga pa2 bu, saya kira bukan ibu aja yg seperti ini ko, dah banyak juga yg awalnya mengira Sirampog itu adalah nama sebuah marga.. hehehe

      iya betul, makanan harus menyehatkan jasmani dan rohani agar terhindar dari segala bentuk penyakit hati…

      sama-sama bu, sukses jga

  20. waaah… seperti sedang di ingatkan oleh mas ruri, terima kasih.
    semoga saja selamanya keluarga kita terjaga dari siksa api neraka. bukankah makanan yang tidak halal itu malah menjadi nanah??

    1. iiiihhh seremm pakk,,
      semoga kita terhindar dari sesuatu yang menjuruskan kepada neraka

  21. Saya di hk untuk mendapat yg halalan toyyiban rasanya sulit. Untuk menghindari hal2 yg tdk di inginkan biasanya sy makan sayur n ikan tok. Hanya bs do’a ajalah smoga apa yg saya makan halalan toyyiban

    1. alhamdulillah, setidaknya kita masih ada usaha untuk mencari yg bener2 syar’i, ya tak apalah meskipun hanya sayur2an dan ika, yg penting halalan thoyyiban

  22. Saya malah udah gak sabar pengen puasa di bulan ramadhan…. Aamiin ya Allah….😥

    1. sabar mas,, sebentar lagi..😀

  23. Memang dari makanan yang kta santap akan memberikan energi yang paositif bagi tubuh kita. Karena itu harusnya makanan yang kita munsumsi harus yang sehat dan menyehatkan plus halal. Apabila yang masuk sudah tidak sehat dan tidak halal, tentunya outpunya pun akan menjadi tidak sehat dan tidak halal.😆

    Sukses untuk aduk nya. Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. betul pak,, sebab sari2 makanan itulah yang akan menyebar ke seluruh tubuh kita, termasuk juga ke dalam hati, nah jika hati kita diisi oleh sesuatu yg tidak halal, maka hati kita akan jadi kotor..

      salaam

  24. bulan puasa…….. q tgg selalu kedatanganmu….

    Salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. aamiin, mudah2an kita sampai pada Ramadhan mas..

  25. makanan halal sudah tentu sehat ya ?

    1. insya Allah bu, terutama sehat rohaninya..😀

  26. Sebentar lagi Ramadhan dan hawanya sudah ada sepertinya 🙂

    semoga menang yah kuisnya😀

    1. iya sebentar lagi ramadhan, semoga kita sampai padanya

  27. iya kang, yang hallal blum tntu toyibban, yang toyib blum tntu halal ….

    #bener ga yh ?

    1. hahaha,, ko malah mmbulet ngono kang..😀

  28. betul mas makanan itu harus menyehatkan jasmani dan rohani, agar kita pun bisa sehat dan selamat didunia maupun diakhirat kelak, jangan sampai karena makanan kita celaka diakherat………

    1. mudah2an kita semua bisa seperti itu bu, terjaga dari makan makanan yang tidak halal

  29. makanan sehat untuk tubuh dan pikiran yang sehat

    1. betul betul ,,,,
      dan juga hati yg betsih

  30. Terkadang memang kita sering lupa dengan kehalalan dari segi proses pengolahannya

    1. itu juga sangat penting pak, meskipun dari suatu yg halal, namun dalam prosesnya tidak secara syar’i, tetep aja menjadi suatu yg haram, misal motong ayam tanpa baca basmalah…😀

  31. Tulisan yg bagusss! smoga sukses ya…🙂

    1. makasih mba..😀

  32. hehehe,
    Bener mas, setuju bgt..
    Btw, sukses slalu ah..😀

    1. apanya yg bener?? heheh

      makasih, sukses juga buat one.😀

  33. …. makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yg terdapat di bumi …. (Qs 2 : 168)

    1. nah itu sudah jelas dan ga bisa ditolerir lagi ya pak..😀

  34. kebetulan nih..
    ana baru sembuh dari sakit.. hehe..
    semoga menang hajatannya akhiy..

    1. semoga selalu diberi nikmat sehat y ukh,,

      aamiin,, trimakasih

  35. tulisan yang bagus mas, bener banget ….🙂

    1. mkasih mba, dan semoga apa yang kita dapatkan adalah dari suatu yg halal

  36. Semoga harta yang kita dapatkan benar-benar halal ya… Sehingga kita tidak memberi makan diri dan keluarga dengan uang yang tidak bersih…
    *menasehati diri sendiri juga*
    Semoga sukses (lagi) ngADUK-nya😀

    1. bener mba, mudah2an seperti itu…. karena itu akan berpengaruh pada hati kita nantinya…

      aamiin, makaish mba.😀

  37. Amien semoga makanan yang kita makan membawa keberkahan bagi diri kita ya mas. bukan malah mengotori jiwa kita. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan. Mari tingkatkan amal ibadah kita.

    Semoga sukses selalu

    1. aamiin, semoga seperti itu mas jir….
      mari ita sambut Ramadhan dengan meningkatkan ibadah..
      sukses juga buat mas jir

  38. setuju banget mas.. Ngomong ngomong ko jd laper..hehee..

    1. laper ya makan toh mas…😀

  39. halalan thoyyiban wa ladzzatan (yummy…hmmm, hehe)

    1. heheh.. lezat tur nikmat..😀

  40. Salam Takzim
    Makanan sehat itu memang bukan untuk Jasmanai saja ya bang tapi juga untuk ruhani juga, Semoga asupan makanan sehat ruhani lebih besar yang masuk kepada saya bang
    Salam Takzim Batavusqu

  41. salaam..
    betul bang, karena dalam tubuh terdapat sebuah daging yang jika daging itu baik maka baik pula sikap kita, dan begitu pula sebaliknya….
    salaam

  42. masih banyak penjual makanan mengabaikan kehalalan, akibatnya konsumen yg rugi

    1. itu harus hati-hati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: