Beberapa Persiapan Wisata Kuliner

Ketan Pencok

Berwisata adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa penat setelah hari-harinya dipenuhi dengan berbagai macam kesibukan yang tiada habisnya. Hari-hari libur biasanya adalah waktu yang ditunggu-tunggu untuk sekedar bisa berkumpul dengan keluarga, apalagi jika bisa berwisata bersama keluarga. Tentunya itu sangat menyenangkan. Berwisata tidak hanya untuk menikmati akan keindahan alam, namun juga bisa untuk menikmati berbagai jenis makanan yang menjadi khas suatu daerah tertentu misalnya. Wisata inilah yang biasa kita kenal dengan nama wisata kuliner.

Wisata kuliner, sama halnya dengan wisata-wisata lainnya, hendaknya dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sebelum melakukan perjalanan untuk berkuliner ria. Kenapa harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya? Kan tinggal makan saja? Oh, tentu tidak. Di sini juga perlu persiapan yang matang, agar wisata kuliner yang tadinya diharapkan akan berakhir bahagia tapi malah menjadi sesuatu yang sangat menyedihkan. Jangan sampai wisatanya berujung dengan kekecewaan.

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan wisata kuliner. Diantaranya kita harus mencari tahu jenis makanan dan lokasinya terlebih dahulu. Itu bisa kita lakukan dengan mencari berbagai informasi dari dunia maya ataupun bertanya-tanya pada orang lain yang lebih tahu tentang lokasi kuliner yang baik.

Selain itu juga perlu diperhatikan jenis makanannya. Makanan yang disajikan itu sesuai apa tidak dengan keadaan tubuh kita. Berarti ini erat kaitannya dengan kesehatan, karena makanan sangat erat kaitannya dengan faktor kesehatan. Jangan sampai dari awal pemberangkatan yang tadinya sehat, justru setelah berwisata kuliner karena tidak memperhatikan faktor kesehatan ahirnya malah menjadi sakit.

Hal yang tidak kalah penting yang perlu diperhatikan adalah bahan-bahan makanannya itu berasal dari mana. Terutama bagi yang merasa sebagai umat muslim. Harus hati-hati terhadap suatu jenis makanan yang belum kita kenal sebelumnya. Perhatikan apakah di situ ada jenis makanan yang berasal dari sesuatu yang dalam agama Islam tidak boleh untuk dikonsumsi. Ini yang biasanya sering terjadi jika kita berwisata ke suatu daerah dan juga ingin mencicipi kuliner-kuliner yang ada.

Ada satu lagi yang sangat penting sebelum melakukan wisata kuliner, yaitu tentunya pas di kantong. Keinginan untuk mencicipi suatu makanan juga harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita. Apalagi yang namanya wisata kuliner, tentu juga memiliki harga yang tidak seperti biasanya. Belum lagi ada tambahan-tambahan biaya untuk menuju lokasinya. Jadi anggaran harus disusun dengan rapi dan sebaik-baiknya agar keinginan berwisata kuliner juga sesuai dengan kondisi keuangan kita.

Semoga dengan melakukan berbagai persiapan yang maksimal, wisata kuliner kita menjadi sesuatu yang menyenangkan dan dapat menyegarkan kondisi tubuh kembali. Selamat melakukan wisata kuliner yang pas, pas di hati, pas di lidah dan pastinya pas di kantong.

***

Persiapan wisata kuliner ini diikutsertakan untuk meramaikan ADUK di Blogcamp

Gambar dari sini

114 comments

  1. Saya telah membaca artikel anda dengan cermat
    Langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    1. maturnuwun dhe..πŸ˜€
      salaam

  2. lovetiffa · · Reply

    wah bis menang lg nich, jago nulis yak…

    1. aamiin….
      bukan jago,,, lagi ada ide aja…πŸ˜€

  3. Saya setujuuuu banget…perhatikan makanannya juga perhatikan kantong sippp mas brur suksess ya ngontesnya

    1. hahaha,,, jangan KTP digadein setelah makan ya mas..πŸ˜€

      aamiin, sukses juga buat mas ris

  4. wah udah langsung daftar.
    semoga sukses mas dalam acara aduknya
    saya insya Allah nanti menyusul

    1. sukses juga buat mas jier ..πŸ˜€

  5. Memang sekarang pada musim liburan nih pas banget untuk berkuliner ria…setuju sekali kita harus tau kondisi kantong

    1. iya musim liburan, musimnya wisata tak lupa juga nyicip2 kuliner yg ada…
      kantong harus tetep diperhatiin…πŸ˜€

  6. Wah keren Mab, penting nih artikelnya. Semoga menang lagi yaaπŸ˜‰

    1. terutama bagian pas di kantongnya ya bun…πŸ˜€

      aamiin,, smoga bunda orin jg menang…πŸ˜€

  7. selamat berwisataπŸ™‚

    1. slamaat..πŸ˜€

  8. yups panduannya berguna nih buat liburan selanjutnya

    1. alhamdulillah kalau berguna….πŸ˜€

  9. Wah… wisata kuliner? perlu kah??
    saya pikir, makan dimana saja tidak masalah, makan apa saja juga boleh…
    masa iya melanconcong jauh-jauh cuma cari 1makanan untuk sekali makan?
    hemm..πŸ˜†

    1. ya kalau namanya pengen berburu makanan yang langka, ada dana dan ada niatan, ya kenapa tidak???πŸ˜€

  10. Suka nih sama postingan ini.
    Sering kali orang kalau mau wisata kuliner mikirnya ya tinggal makan aja….

    1. hehehe,,, bbetul bu,,
      abis itu baru deh itung dopmpet, ko abisnya banyak yaaah??πŸ˜€

  11. wisata kuliner yang pas di hati dan pas di kantong ya. Semoga tidak salah menentukan dalam melakukan perjalanan wisatanya

    1. betul bang,,, pas di hati ga cukup kalau ternyata ntar bikin kantong kelabakan… hehehe

  12. bener banget…lihat kantong baru sesuaikan tempat…jadi semua bisa aman dan berjalan lancar.
    Perut kenyang dan gak was2

    1. betul bu,,,
      jangan abis makan malah KTP yang digadein… hihihih

  13. Saleum,
    nyam.. nyam… nyam dehπŸ˜†
    semoga aduk nya sukses bang,
    saleum dmilano

    1. mari makan bang,,, berwisata kuliner ke Jawa,,, haha

      aamiin bang, makasih
      salaam

  14. menurutku persiapannya sih cuma 2: kantong harus penuh dan perut harus kosong! jangan kebalik-balik loh ya? πŸ˜€

    1. hahahha,,,
      bisa aja nih ibu,,, tpi bener2,,, kalau kebalik ya ga masalah sih, tp ga jadi kuliner..πŸ˜€

  15. betul Mas, kalau persiapannya pas-pasan, maka perjalanan wisatanya menikmati beragam kuliner menu khas nusantara tentu akan kurang memuaskan. πŸ˜€

    1. setuju bli, persiapan merupakan langkah awal untuk menuju sukses ke langkah berikutnya…πŸ˜€

  16. Nah mantap nih.
    harus punya uang jg ya masπŸ™‚

    1. ga punya uang ya ga pa2, asal ada yang nraktir..πŸ˜€

  17. Berwisata klo gak nikmatin kulinernya rasanya hambar dehπŸ˜›

    1. ho oh,,, kurang lengkap

  18. Jadi pengen nyobai ketan pencok ini Mas..
    Gambarnya sederhana tapi begitu menggoda..

    1. monggo mas dicari ke pasar…πŸ˜€

  19. Yg penting cari info dulu sebelum kuliner, jangan sampe mau makan sate ayam malah nyasar ke sate tikus, hahaha

    1. hahahah,,, nah itu gunanya persiapan, biar tepat sasaran lah ya… πŸ˜€

  20. Wah Mas Mabruri malah ngebahas sudut pandang yg berbeda dari wisata kuliner…
    kayaknya bakal menang lagi neh… ahahahaa…
    Emang penting persiapan sebelum wisata kuliner… jgn asal tancap gas… ujung2nya kecewa… yaa… minimal review tempat2 makan yg dibuat para bloggers ini berguna bagi saya… ^_^

    1. hahaha,,, ibu bisa aja,, ya aslinya karena saya buta kalau ttg wisata kuliner, coz jarang banget berwisata kuliner, msh suka masakan ibu sih…πŸ˜€

      betul2, segala sesuatunya harus dipersiapkan denga baik…

  21. Irfan Handi · · Reply

    Jadi laper neh bro.

    1. yo makan mas…πŸ˜€

  22. Benar sekali. Lebih baik bersama teman dari kota yang kita datangi agar referensi yang kita butuhkan lebih akurat.

    1. yups,, pokoknya cari info sebanyak2nya sebelum kuliner…πŸ˜€

  23. moga menang kangπŸ™‚

    1. aamiin,,
      suwun kang…πŸ˜€

  24. *Seputar Blogging! Tulisan Setan Jangan Klik*
    Belajar blog lengkap dengan tutorial lainnya Silahkan klik Di Sini
    Apakah Anda Ingin Promosikan Link Blog Anda Agar Blog Anda Ramai Pengunjung Dari Blog Saya? Baca Atikel, Dan Klik Di Sini

    Yang Belum Follow Silahkan Follow

  25. sayang saya ga suka ketan:)

    1. knp bu? Lagian ga bahas ketannya itu ko bu..πŸ˜€

  26. makan….makan…makan…..selamat menikmati pals

    1. selamat makan pak…πŸ˜€

  27. sayyidahali · · Reply

    aku naksir ma gambar nya..πŸ˜›

    1. kalau aslinya gimana bu??

  28. harus disesuaikan yang pas, pas lapar, pas murah, pas nikmat, pas bahagia

    lauk tahiyat awal tahiyat akhir pun jadi
    sambal cabe ulek dan garam yang dikonsumsi menggunakan jari telunjuk untuk mengambil dari coweknya
    he.. he…

    1. hahaha,,, betul sekali pak,,
      lidah saya malah cocoknya yg seperti itu,, sing penting cocol sambel…πŸ˜€

  29. Salam Takzim
    Saya setuju kang, jangan sampai uangnya ga cukup hehehe
    Salam Takzim Batavusqu

    1. ga cukup ya ngutang bang, kang kuliner di warung bloger inih..πŸ˜€
      salaam

  30. liat gambar ketan, jadi pengen ni

    1. silakan diburu ketannya…πŸ˜€

  31. Setuju banget nih… Berwisata kuliner memerlukan persiapan juga.
    Mesti diincer2 duluπŸ˜€
    Semoga sukses (lagi) ngADUKnya ya..πŸ™‚

    1. iya harus diincer dulu biar pas sasarannya…πŸ˜€

      aamiin,, makasih mba.πŸ˜€

  32. Kayaknya enak tuh ketan pencoknya. Sama gak ya dengan ketan srundeng? Jadi pengen nih, Mas BrurπŸ˜€

    1. nah itu taburannya ya srundeng bu… hehehe

      aduh,, ya cari di pasar aja bu, kali aja ada…πŸ˜€

  33. Rusa pengen wisata kuliner berbagai macam rumput di dunia iniπŸ˜€

    1. Wah, Kaget ngga bisa ikutan, Rusa. Mungkin Mas Mabruri mau ikutan?πŸ˜€

      1. hahaha,,,,
        nggak ah,,, maunya nasi aja.πŸ˜€

  34. setuju mas,jgn nanti pas brgkt sehat pulang malah sakit

    1. betul betul,,, ati2 yg punya kolesterol misalnya…πŸ˜€

  35. bagi yg suka makan2 kayak saya,,, mesti hati2 nih. apalagi masakan2 sekarang sdh mulai aneh2,,, hehe nice post mas Brur ^^

    1. betul,, campuran2 daging yang tidak boleh oleh agama kita sudah sering disusupkan dalam berbagai makanan

  36. tulisan yg sangat menginspirasi.πŸ™‚

    semoga menang.

    1. menginspirasi siapa mba??πŸ˜€

      aamiin , suwun yo mba..

  37. iyapzzz mbener bgt, yg harus sll waspada tuch yg pas dikantong… jgn mentang2 enak bablas hahahahahahhahaha………….

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. hahah,,, bayarnya pake KTP mas… hahah
      salaam

  38. Setuju, wiskul memang jadi program wajib kalau pergi ke tempat baru.
    Saya pernah juga nulis dari sudut yang berbeda tentunya.

    1. waijb ya pak?? kalau saya malah ga jga….πŸ˜€

      oh, dimana pak nulisnya??

  39. makan siang sambil wisata kuliner kayaknya asyik juga nich, aku setuju harus persiapan yang baik terutama yang pas dikantong…

    1. hehehhe,,
      biar makan enak, setelahnya juga ga was2 karena isi dompet terkuras…πŸ˜€

  40. ehh kok tahu ya, beberapa minggu ini aku sering sarapan ketanπŸ˜€

    1. waaah,, mana saya tau pak,,, asal ngambil aja tuh gambar..πŸ˜€

  41. Ketannya cocok untuk sarapan pagi nihπŸ™‚

    1. hehehe,,
      enak ya pak sarapan ketan

  42. pasti buat ikutan ADUKnya Pakde cholik…
    saya absen dulu.. masih belum ada ide nulis..

    tipsnya sangat berguna ni lho…. apalagi yang masalah pas di kantong

    1. heheheh,,,,
      ga pa2,, rabu mendatang semoga bisa…

      hihihi,, makasih mba..

  43. […] Mabruri berkali-kali menanyakan kondisi kesehatan saya demi memastikan saya baik-baik […]

    1. alhamdulillah, welcome back bunda,,πŸ˜€

  44. Wah ikutan acaranya Pakde kemarin yo kang,,,, semoga sukses kang, ketan bubuknya kesukaan saya, hehehe

    1. iya pak,,, seperti biasanya….πŸ˜€
      aamiin, sukses juga buat njenengan pak,,,
      hehehe,,, taburin srundeng itu ,,,πŸ˜€

  45. sukses ya mas…
    artikelnya top mengandung 3 p”πŸ™‚

    1. sukses juga buat njenengan pak,,
      pokoknya inget 3 P lah..πŸ˜€

  46. ketan pincok, saya baru tau itu,. mengenai acara wisata kuliner, saya suka mencoba makanan baru kapnpun itu tanpa persiapan yg belibet karna saya menyadari kantong anak kos terbatas, lagipula ga mungkin wisata kuliner yg wuah sekali, paling banter nyobaik jajanan pasar baru di tempat nongkrong ato warung makan yg baru bukaπŸ˜€

    1. heheheh,,,
      ya kali aja nanti pengen yang wuaah mas…πŸ˜€

  47. Tulisan Mas Mabruri ini sangat berguna bagi saya yang hobi kuliner. Saya sangat suka kuliner terutama yang mengandung sayuran dan atau buah-buahan. Di samping itu, saya juga bersepeda.

    Ohya, sepakat banget dengan Mas Mabruri untuk memerhatikan bahan makanan untuk mengetahui halal atau tidaknya. Sip! Makasih ya, Mas.

    1. Alhamdulillah pak ustadz,, semoga bisa bermanfaat untuk bisa menjadikan wisata kulinernya tetep barokah…
      aamiin

  48. mau mau mau ketan itu menggoda mas..hmm.. Ntar ahh kallo kantongnya udah sipp mau kuliner..mmm..tips berguna nih..

    1. hehehhe,,,,, maknyus yah ketannya..πŸ˜€
      jangan nunggu kantong tebal, ntar malah ga jadi kuliner…πŸ˜€

  49. buat yang punya dana lebih, acara makan akan menjadi wisata yang menyenangkan. tapi bagi yang dana terbatas, makan akan menjadi acara yang mengenyangkan.πŸ˜€

    1. hahhaha,,, gimana maksudnya kang???πŸ˜€

  50. moga mendapatkan talih asih ya bro… ane gagal alias ga terdaftar.

    1. aamiin,,,,
      lho kenapa lagi kang? bukannya kemaren ikut nulis ttg kuliner?

  51. Hehe saya belum pernah wisata kuliner. Soalnya duit cekak mulu :p

    1. hahaha,,, kalau mikirin duit trs, malah ga jadi kuliner trs ntar…πŸ˜€

  52. kalo mau wiskul dan cari pengalaman baru.. jangan ngitung kurs ya Mab..
    bisa-bisa ga jadi makanπŸ™‚

    1. hahaha,,,
      bener juga bu,,, kalau selalu peritungan sama dompet malah ga jadi2 kuliner.. D

  53. persiapan lain mas: dilapar-laparkan dulu sebelum berwisata kuliner, biar bisa maksimal.. heheπŸ˜€

    1. hahahah,,, betul betul betul…
      tp ya tetep makan sbelum berangkat, biar ga masuk angin..πŸ˜€

  54. Dua hal yang paling penting adalah dompet sama kamera, Mas. Dompet buat mbayar nanti, dan kamera buat motret, nantinya bisa diupload di blog.

    1. owh iya, kameraaa,,,, betul itu, bagi seorang blogger tapinya..πŸ˜€

  55. Jadi pengen makan ketan nih…sukaaaa banget ketan dikasih bubuk dhele… wih..rasanya mak nyuss banget buatku, hehe… Tapi pernah kehilangan selera akan ketan ketika menemui ketan berwarna biru , meski katanya sih pewarna makanan, tapi tetep ga suka…😦

    1. hehehe,,, itu ditaburi srundeng ya mba..

  56. ketan di jakarta makannya pakai sambel lho,
    kalau sajian Lebaran di rumah ortu ketan ini dimakan dengan rendang

    1. waahh,,, inovasi baru lagi dong,,,
      kalau di tempat saya ketan ya pakenya itu bun, srundeng

  57. hehehe intinya sih duitnya ada gakπŸ˜€ kalau duit cekak mah mending makan di rumah atau warteg aja hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: