Amanah dari Sahabat

Sahabat semua,

Alhamdulillah, setelah dua hari kemaren ga bisa maksimal berselancar di dunia maya, ahirnya kali ini bisa menjumpai sahabat kembali.

Sahabat, amanah merupakan suatu titipan yang harus kita jaga dan laksanakan karena nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya. Entah itu amanah berupa wasiat, titipan kata, jabatan, keluarga ataupun yang lainnya, semuanya akan dimintai pertanggungjawabannya.

Berdasarkan sumber yang saya baca, secara garis besar, amanah dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Amanah dalam menunaikan hak-hak Allah SWT (Tuhannya)
  2. Amanah dalam nikmat yang diberikan Allah
  3. Amanah dalam menunaikan hak sesama Manusia.

Saya tidak akan membahas ketiga bentuk amanah tersebut, tetapi saya hanya akan mencoba menerapkan amanah pada poin yang ketiga yaitu amanah dalam menunaikan hak sesama manusia.

Kemarin, dua sahabat saya, Uni Fitri dan Kang Sugito, memberikan tantangan kepada saya untuk menyebutkan 10 hal tentang diri saya sendiri. Tantangan ini juga merupakan suatu amanah yang harus saya terima dan saya laksanakan, karena tentunya nanti akan dimintai pertanggungjawabannya.

Sungguh, menerima amanah itu suatu tugas yang sangat berat. Sama halnya dengan tantangan ini. Sebenarnya waktu awal mulanya muncul tantangan seperti itu, dalam hati saya berkata, ya Allah, mudah2an tidak ada sahabat blogger yang memberikan amanah ini kepada saya. Karena jujur saja, saya paling bingung kalau harus menceritakan diri saya sendiriπŸ˜€. Eh, ternyata malah dua sahabat sekaligus yang memberikan amanah ini. Ya sudah, saya terima ajalah.

Oke, panjang lebar sebenarnya intinya adalah ini, 10 hal tentang diri saya sendiri (sebagaian ambil dari catatan yang telah terbit).

  1. Saya terlahir sebagai keturunan Jawa asli, nda ada blasteran sama sekali antara Indo Jerman dari Kakek nenek saya…πŸ˜€
  2. Secara fisik, saya berperawakan Tiger / Tinggi Gering (kurus)..πŸ˜€, tapi nda kurus2 amat sih…..
  3. Saya paling nda bisa meluapkan amarah, bukan berarti saya ga bisa marah. Bisa marah, tapi lebih cenderung disimpen aja di hati. Padahal ini lebih berbahaya..πŸ˜€
  4. Saya cenderung masuk ke dalam golongan orang2 yang introvert,,, hayoo siapa yang mau nemenin??πŸ˜€
  5. Seperti yang sudah saya tulis kemarin, saya juga sebenarnya orangnya pendiam, lebih suka sebagai pendengar setia…πŸ˜€
  6. Mau dikatakan lebay atau ngga, tapi yang pasti saya itu mudah sekali mengeluarkan air mata kalau melihat sesuatu yang mengharukan. Kalau istilah orang Jawa,Β  mata yuyuan..
  7. Cemilan favorit Keripik pisang, baru berhenti makan kalau sudah ledes lidahnya…πŸ˜€
  8. Ga tegahan sama seseorang. Di sini nih yang sering jadi kelemahan, kadang disalah gunakan sama orang2 yang ga bertanggung jawab..πŸ˜€
  9. Memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap apa yang telah menjadi komitmennya (widiih.. )
  10. Namanya manusia biasa, pasti tak luput dari salah, tapi setidaknya ada kemauan keras untuk selalu mencoba berbuat lebih baik dari waktu yang telah berlalu.

Alhamdulillah, selesai juga. Mudah-mudahan yang memberikan amanat berkenan. Dan seperti biasanya, rasanya tidak lengkap kalau amanah ini tidak saya lanjutkan kepada sahabat-sahabat yang lainnya. Oleh karena itu, untuk melengkapi amanah ini, maka tugas yang sama akan saya teruskan kepada sahabat-sahabat yang namanya tertera di bawah ini.

  1. Kang Usup Supriyadi
  2. Mba Erwin (karena sudah kangen sama tulisan2nya, mudah2an dengan amanah ini bisa segera menulis lagi… :D)
  3. Agung Rangga
  4. Nanazbazie
  5. Fonega

Saya kira cukup sekian, kepada yang bersangkutan, silahkan kerjakan tugasnya, dan dilarang mencontek.πŸ˜€

106 comments

  1. Waduh Kang, jadi terharu. Terima kasih kang !

    Saya hadir cuma buat ngecek.

    Heheheheh

    1. hu hu hu hu,,,
      berhari-hari saya mencari yg 10 itu kang…πŸ˜€

  2. Kurus mana dengan saya Mas? Hehe, pasti kurusan saya.

    Iya benar sekali, amanah memang harus di sampaikan.

    Selamat pagi. Selamat beraktifitas Mas..

    1. bagaimana kalau kita bikin komunitas lelaki langsing Bro?

      1. kok jadi pada mau adu kurus2an sih…he..he..

    2. ayo timbang bareng2 kang..πŸ˜€

      1. @kang lozz: hahahaha,,,, boleh2,,,,πŸ˜€

        @bunda: hahah,, nda tau itu bun,, karena merasa senasib sepenanggunan aja kali bun..πŸ˜€

  3. Orang gak tegoan yo Mas, penyabar,,,tapi rata² blogger kok podo kurus kabeh yoo termasuk saya,,hehehe ☺ ☺ ☺

    1. Hus.. melu-melu wae iki

      1. aku meluuuuu .. aku kurus juga .. hehhe

      2. hidup kaum kuruuuu…πŸ˜€

        ah yang penting sehat pastinya..πŸ˜€

  4. Kok enggak ditulis kalau Kang Mabruri pencinta bidadari?

    1. wkwkwk…
      itu tadinya nomor 11 kang, berhubung tugasnya cuman 10 ya terpaksa nda jadi saya masukin..πŸ˜€

  5. Alhamdulillah mas,,, tugasnya selesai juga, padahal aku takut sekali memberatkan sahabat dg tugas ini…

    semoga dengan saling membuka kedok masing2 kita semakin bisa saling mengenal..

    salam πŸ™‚

    1. hahaha,,,,
      ah nda masalah uni, kita2 orang2 baik2 inih…πŸ˜€

      salaam

  6. lebay tapi kok cengeng ya, cuup..cuup…cuupπŸ˜€

    1. qkqkqkqk,,,,
      kasih permen dong om biar ga cengeng

  7. wAH bisa semakin kenal …
    mas panggilan sapaan nya siapa to ?/

    1. hehe,,, ya seperti itulah saya..

      panggil saja Mab, or Ruri or Mabrur, bisa juga Brur..πŸ˜€

  8. Saleum
    Apa saya bilang bang, 50% rahasia diri sudah terbuka, hahahaha… okaylah kalau begitu, saya ikut dinomor 7 aja lah…. doyan ama kripik pisang. kriuk kriuknya maknyusss…πŸ˜†
    saleum dmilano

    1. hahah,, bukan 50% itu bang,,
      kayanya cuma 10%nya aja..πŸ˜€

      mari ngripik bareng2…πŸ˜€
      salaam

  9. jarwadi · · Reply

    Menjaga amanah itu tidak pernah mudah😦 perlu perjuangan untuk menjaga amanah

    1. betul sekaliii.. .. mas, semoga kita tergolong orang2 yg bisa menjaga amanah

  10. suka keripik pisang juga yaπŸ˜€

    1. yo yoyy,, satu toples bisa sekali makan…πŸ˜€

  11. yang no. 8 sama seperti aku.. suka ga tegaan, dan ujung-ujungnya suka merasa di rugikanπŸ˜›

    1. heheh,, bener itu, apalagi kalau masih dalam satu keluarga sendiri entah itu ponakan atau sepupu…πŸ˜€

  12. Ya Allah, aku lupa belum ngejalanin amanah yang satu ini -,-”
    makasi diingetiin:mrgreen:

    1. hayooo kerjakan segera..πŸ˜€

  13. Saya juga mau mencobaa!!

    1. silahkaaan..πŸ˜€

  14. Wah no 8 sama kaya aq. Xixixi

    1. ada yg sama juga yah…πŸ˜€

  15. tak pikir blesteran indo jerman wkwkwkwkwkwkwkwkw……… perawakan tiger, klo q macan sob……hahahahahahahaha

    1. hahahha…
      opo iku macan sob? manis cantik opo??πŸ˜€

  16. ok kalau begitu… saya bersedia nemenin.. mas nya bersedia gak di temenin cowo?!??! hehehehehe :p

    1. jiaahaha,, ya mau aja,, kan nemenin doang inih…πŸ˜€

  17. wuaah, emank lagi booming nih postingan ini..
    Sayang one blm dpt giliran..
    Hehehehe

    Nitip aja akh..
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/06/25/54l4h-g403l/

    1. waah,, tenang aja, ntar pasti kebagian..πŸ˜€

  18. sama mas, kita sama – sama orang jawa asli
    cuman bedane saya jawa magelangan jadi nggak “ngapak – ngapak”

    1. hihihih,,,
      saya bisa apa aja mas, mau ngapak, mau medok, mau alus… bisa aja..πŸ˜€

  19. hhihhi lucu poin yang pertama.
    samaaa suka keripik pisang tapi musti yang asin dan gurih gitu deh, langsung deh gg bisa berhenti ngegayem *ngunyah*

    1. ho oh,, kripik pisang seperti candu, sekali makan ga mau berhenti,,, saya juga sukanya yg asin..πŸ˜€

  20. poin ke 2 tak kirain motor tiger… heheheheh

    1. hohohoh,,, bukan paaak…πŸ˜€

  21. TIger, tinggi gering hehe..baru tau istilahnya

    1. hehehe,,, lumayankan dapat kosakata baru…πŸ˜€

  22. uhuy, jadi bisa lebih kenal lagi dgn Rurui setelah membaca postingan amanah iniπŸ™‚
    kalau mudah menangis kayak bunda juga deh, gampang banget mbrebes mili gituh, kalau denger atau baca yg sedih2 …hiks…😦
    salam

    1. hihih,, itu nyari 10 mikirnya mpe berhari-hari bun..πŸ˜€

      iya, mending ga liat bun kalau saya, kalau liat ga bisa ditahan nih air mata, pasti mrebess..

      salaam

  23. Salam Takzim
    Hati hati aja bang kalau suka ga tegaan di Jakarta banyak penipu
    Semoga yang memberi amanah tetap sabar dan yang diberi amanah bisa berbagi
    Salam Takzim Batavusqu

    1. makasih bang sudah ngingetin, ya kalau ke kota harus tetep waspada…
      aamiin,,,
      makasih bang
      salaam

  24. saya orang jawa baru tahu istilah “mata yuyuan” yang ternyata NANGISAN
    sip.. lega ya udah bisa menyampaikan amanah

    1. iya alhamdulillah lega pak, nyari 10 aja mikirnya mpe berhari-hari..πŸ˜€

      lho, masa baru tau pak?πŸ˜€

  25. saya jg pendiam mas dan pemalu sejati…hehehee…

    1. tp kalo di blog ga kliatan yah??πŸ˜€

  26. TIGER ya istilah baru, kalau untuk yg GENDUT apa ya??

    1. haha,,, apa coba mbah??
      BEMO gimana mbah??

  27. Kurus sama kayak saya.. Hhehehe

    1. wah, bener kata kang lozz bikin grup kurus aja katanya…πŸ˜€

  28. 10 hal ini belum sepenuhnya mengungkap dirimu yang sesungguhnyaπŸ™‚ Kamu belum bercerita tentang pekerjaanmu, pendidikanmmu dan juga lingkungan sekitarmu.

    Tapi paling tidak 10 hal ini semakin membuatku mengenal sedikit tentang dirimu. Terutama tentang sifat introvert karena kayanya sifat itu juga aku miliki lho

    1. 10 aja mikirnya sampe berhari2 ko mas, apalagi kalau suruh nyebutin seluruhnya,πŸ˜€
      kalau pengen tau sebenarnya ya baiknya liat langsung..πŸ˜€

      hehee,, sama dong kita introvert… nyari yg lain lagi ah yang samaan..πŸ˜€

  29. wehehe masih bergulir rupanya tag iniπŸ˜€
    Saya juga kebagian kemarin mas :p

    1. masih bang,,, dari kemaren sebenarnya, tp baru sempet dijalanin…πŸ˜€

  30. aha.. byk postingan seperti ini, mudah2an saya gak kecipratan tugas kaya beginian, it’s awkward

    1. hahahah,, liat aja nanti bang…πŸ˜€

  31. hehehe…. hendaknya amanah seperti ini di barengi dengan award, kan seru saling lempar award ke teman yg lain..πŸ™‚

    1. hehehe.,,,, ga tau ituh,,
      awardnya dari kemaren juga ada tanpa diberi tugas..πŸ˜€

  32. tulisan ini pernah di fw khan ke aku dah sudah dijawab jugaπŸ˜€

    eh iya, ada lagi selain Tiger / Tinggi Gering (kurus).
    TL Tinggi Langsing

    TL

    1. Alhamdulillah kalau sudah dijawab..πŸ˜€

      hiihihi TL,, tinggi langsing,, pertanyaan mbah jiwo tuh kalau gendut apa?πŸ˜€

    1. ajarin bang..πŸ˜€

  33. amanah itu pasti ada pertanggungjawabannya, sayang sekarang ini mulai sulit mencari orang yang amanah…

    1. begitulah bu,,,, harus membiasakan berbuat amanah pada diri sendiri dulu..

  34. amanah sudah terlaksanakanπŸ˜›

    1. maturnuwun nggih..πŸ˜€

  35. ho oh, apalagi kalau yg biikin ibu sendiri.πŸ˜€

  36. komentar paling buncit…:mrgreen:

    amanahnya berat bo….πŸ˜€

    insyaAlloh akan saya laksanakan. dan semoga persahabatan kita tetap terjalin…πŸ™‚

    1. aamiin,,,
      blum paling buncit ko mba, tenang ajaa…πŸ˜€

  37. Mas Mabruri, poin 6,8 sama 9 itu mirip sama Papa saya loh…
    tapi dgn sifat2 itu beliau mudah membantu org lain, gak pikir panjang…
    walaupun sering dimanfaatkan org2 gak bertanggung jawab…
    insya Allah.. niat hati kita Allah udah catet,.. dan kedepannya insya Allah banyak bantuan dari tempat2 gak terduga…
    Dan komitmen, ini penting sekali utk sukses!
    Semoga sukses selalu yah Mas Mabrur!

    1. betul sekali bu, yang penting niat dari kita insya Allah karena Allah, dan pasti nantinya akan dpt balasan dari Allah SWT.. aamiin

      aamiin,, sukses juga buat ibu..

  38. hahaha…tiger? itu bahasa yg kenal hanya orang2 tertentu,πŸ˜†
    mudah2an dengan dibeberkannya kelemahan yang ada, kita bisa mendapat saran dari orang lain.
    salam

    1. orang2 yg mana maksudnya mas?? hehehe

      aamiin,, itulah perlunya bersahabat, bersosialisasi, biar ada yang menasehati dan mengingatkan dari kekurangan yang kita miliki..

      salaam

  39. melankolis juga ya berarti hehe..

    1. hiihihiih.. bener mba, tpi kadang cadas juga….πŸ˜€

  40. ah,…jadi merasa bersalah karena saya tak pernah melaksanakan amanah yang disampaikan teman-teman blogger….saya terasa tertampar dech😦

    Apakah saya sesibuk itu yah??

    Saya bener2 merasa bersalah…

    1. hmmm,,,, saya tidak melakukan kekerasan ko mba…πŸ˜€
      ya kalau sibuk sih teman2 blogger juga pasti memakluminya dong mba…
      tp kalau ada waktu usahakan penuhi amanat dari sahabat..πŸ˜€

  41. hm…jadi sedikit tahu tentang Sang Tiger dari Sirampog ini..πŸ™‚

    1. baru sedikit tpi y mba,, banyaknya jangan aaah…πŸ˜€

  42. Waw ada beberapa point yang sama nih….
    Btw ini yg mulai spa ya?

    1. poin yg mana mas?
      nda tau inih dari siapa yang mulai,,, tau2 sudah sampai ke sini aja…πŸ˜€

  43. Jadi ketahuan nih beberapa poin tentang Mas Ruri, heheheπŸ˜€

    1. hehehhe,,, tpi itu ga seberapa sih…πŸ˜€

  44. hahahaha…. sukses ya mas buat 10 fakta nya.πŸ™‚

    1. hihihih,,, sukses apanya pak?? tinggi geringnya…πŸ˜€

  45. kalau baca 10 hal tentang mas Brur, kok gak ada yang kek aku yah…
    *balik ke atas, baca lagi*
    1. aku bukan jawa aseli, punya turunan orang flores
    2. nah ini mungkin yang agak mirip, aku juga tinggi dan kurus.
    3. aku selalu bisa mengeluarkan amarah (tukang ngambek je. hehehehehe)
    4. aku ekstrovert, jadi ndak tak temenin yo mas. hahahahhaha
    5. asssiiiik.. kapan-kapan curhat sama mas Brur ah. hihihihihi
    6. iih aku banget. aku juga mata yuyuan *baru tahu istilah ini. hehehehhe.
    7. cemilan favorit : apah ajah, apalagi kalau gratis. hohohohoho. btw. lidah ledes apaan yah mas artinya?
    8. aku juga suka gak tegaan orangnya, mungkin ada hubungan sama mata yuyuan itu kali yah mas
    9. suka susah menjaga komitmen, suka ngeles kalau udah mbikin janji *sifat ku buruk banget yang ini😦
    10. well, semua orang juga ingin menjadi lebih baik kan mas dari waktu ke waktu

    *hihihihihi… kok aku malah nulis satu postingan ssendiri yak di siniπŸ˜€
    maaf yah mas..

    1. huwaahha,,,,,,
      perbedaan yang sungguh mencolok sekali y mba..πŸ˜€
      itu harusnya buat postingan mba asi sendiri, kali aja nanti ada yang ngasih amanat ke mb ais… hiihihh

      ledes itu ya lecet mba, biasanya karena kegigit.. hihiihh..πŸ˜€

  46. […] sebenarnya ini merupakan sebuah tantangan dari Pak Mabruri, seorang blogger yang sudah cukup akrab dengan saya dan blogger-blogger lain. Dan tanpa […]

  47. Agung Rangga · · Reply

    lapooor!
    Tugasnya sudah saya kerjakan pak. Mohon dibaca. Laporan selesai.πŸ˜€

    1. hehe,, ,siipp
      okelah, langsung ke TKP…πŸ˜€

  48. lovetiffa · · Reply

    sy jg sdh kebagian tgs ini…tp tdk sy teruskan

    1. alhamdulillah, yg penting amanah sudah dilaksanakan

  49. Wah…banyak yg sama Mab, aku jg baru tau istilah mata yuyuan, lucu ya.. (eh..yuyu itu ketam atw kepiting bukan sih?). WOng aku baca novel aja bisa nangis sesenggukan hihihihihi

    1. hahaha,,, sama bun, saya juga meskipun baca bisa mrebes…πŸ˜€

      iya, yuyu itu kepiting..πŸ˜€

  50. […] Tugas estafet dari bung Mabruri & bang Edo [Eduard de […]

  51. […] kepada Mabruri Sirampog […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: