Peringatan Dini Tanggap Bencana

Sebagai daerah yang masuk dalam zona rawan bencana, seharusnya masyarakat bersama aparat terkait harus tanggap terhadap segala kemungkinan buruk yang akan terjadi bila bencana itu melanda daerah tersebut. Seperti halnya daerah Sirampog. Wilayah yang berupa dataran tinggi ini juga rawan akan terjadinya bencana alam. Seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah terjadinya bencana longsor. Untuk mengantisipasi dan meminimalisir jumlah kerugian dan bahkan korban jiwa, maka seharusnya masyarakat dan aparat terkait perlu membentuk suatu sistem peringatan dini terhadap bencana. Apalagi jika bencana itu datang secara tiba-tiba di malam hari. Dengan adanya peringatan dini tersebut diharapkan dapat meminimalisir jumlah kerugian yang terjadi akibat bencana tersebut.

Sistem peringatan dini seperti apa yang cocok untuk masyarakat yang tinggal di daerah Sirampog inilah yang perlu dibahas dan dimusyawarahkan bersama antara masyarakat dan aparat setempat. Mengingat wilayah Sirampog, masih banyak wilayahnya yang masih sulit dijangkau oleh teknologi dan juga sebagian besar masyarakatnya juga masih banyak yang gagap akan teknologi. Jadi diharapkan sistem paringatan dini yang terbentuk tadi juga tentunya dapat dipahami oleh masyarakat luas.

Mungkin cara yang paling sederhana namun bisa diterima oleh masyarakat luas yang berada di wilayah Sirampog adalah dengan membentuk sistem peringatan dini tanggap bencana menggunakan metode-metode tradisional. Seperti dengan membunyikan peralatan-peralatan seperti kentongan, bedug ataupun lainnya. Atau juga dengan menyampaikan peringatan melalui pengeras suara. Di sini juga tentunya harus diatur tentang bagaimana sistem kerjanya agar tidak disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja yang boleh memberikan peringatan dini terhadap bencana melalui pengeras suara hanya Ibu Lurah, karena ibu lurah dianggap memiliki suara yang bagus sehingga masyarakatnya juga akan segera tanggap terhadap peringatan tersebut. Itu misalnya saja. Atau yang lain, misalnya bunyi bedug harus berapa kali dibunyikan untuk memberi peringatan akan adanya suatu bencana, itu juga harus diatur sedemikian rupa. Sistem peringatan dini tanggap bencana harus jelas aturan mainnya, agar mudah dipahami dan dilaksanakan.

Mudah-mudahan dengan adanya sistem peringatan dini yang baik terhadap bencana, dan tentunya mudah dipahami oleh masyarakatnya, diharapkan dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir terjadinya korban akibat bencana tersebut, baik korban harta ataupun jiwa.

***

Artikel ini diikutsertakan untuk memeriahkan program ASKAT di Blogcamp.

96 comments

  1. ternyata daerahnya sama yach mas dengan daerahku di Garut yang rawan bencana longsor karena berada didaerah pegunungan, bahkan bulan lalu baru saja terjadi banjir bandang, untuk dipedesaan sepertinya memang yang paling efektif kentungan dan bedug, tapi bisa juga diusulkan untuk dibuat sirine peringatan ditiap desa….

    1. iya sama kayanya,,
      wah, sirine juga perlu disosialisasikan dg baik bu, biar ga salah tanggap, ntar dikiranya suara sirine ambulan atau polisi lagi patroli..πŸ˜€

  2. Usup Supriyadi · · Reply

    hampir seluruh wilayah kesatuan negara republik indonesia memang berada di cincin gunung merapi dunia serta dua lempeng yang terus bergerak. kedua hal tersebut memang sebuah keniscayaan dan kita harus siap dan tanggap. maka patutlah para pelindung dan pengayom masyarakat untuk senantiasa melakukan peringatan berupa pencengahan dan penyuluhan akan dampak bencana serta penanggulangannya.

    1. siap kangg,,
      semoga semua yang terkait paham akan hal itu..πŸ˜€

  3. Saleum
    Mudah2an ya bang, sudah saatnya kita belajar dari bencana2 yang telah lalu.
    sstttt… saya yakin tulisan ini bakal mendapat tali asih kembali bang,πŸ™‚
    saleum dmilano

    1. yups bener bang,,
      tpi kebanyakan kita ga mau belajar dari kejadian2 yang telah lalu..

      hehe, aamiin,, mudah2an bang.. Peringatannya abang juga bagus…πŸ˜€

  4. Wah ternyata daerah sirampog termasuk rawan bencana yachh……agak ngeri juga yach kalo hujan deras malam2…….dan memang hrs ada peringatan dini bencana spy ngga ada korban jiwa……

    1. itu dia, kalau lagi musim hujan, trs hujan deres malem, tu banyak yang tidak tidur…πŸ˜€

  5. semoga indonesia kedepan semakin lebih baik lagi dalam memnanggapi bencana, teknologi dan ilmu semakin lebih maju. amin

    1. jangan lupa masyarakatnya juga diupayakan agar bisa maju, percuma saja kalau teknologi dan ilmu makin maju tapi SDMnya biasa2 aja, ntar yg ada malah jadi bingung..πŸ˜€

  6. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    1. makasih dhe’…
      salaam saya dari sini.πŸ˜€

  7. keren euy tulisannyaπŸ™‚ kalau menang bagi-bagi ya

    1. aamiin,,,
      bagi2 makasih tentunya..πŸ˜€

  8. jarwadi · · Reply

    orang Indonesia bisa dibilang paling ceroboh dengan segala urusan pencegahan, masih ingat bencana tsunami di Mentawai beberapa waktu yg lalu. Peringatan dini ngga jalan karena beberapa peralatan sensor dirusak oleh tangan jahil (dooh)

    1. laah ini yang keblinger,,,
      brarti masalah utama adalah pada kesadaran masyarakatnya itu sendiri….

  9. ejawantahblog · · Reply

    Masalah kecil dapat menyebabkan permasalahan besar, itu inti dari ini semuanya ya Sob. Selamat atas kontesnya, semoga sukses.

    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. iya pak,,, semoga hal2 sekecil apapun tetap mendapat perhatian lebih dari semuanya…

      aamiin, makasih pak..
      salaam

  10. Penting sekali peringatan dini semacam itu di daerah rawan yg demikian ya…Tapi semoga tidak terjadi ya Mab..Aamiin…

    Gudlak ASKATnyaπŸ™‚

    1. ya semuanya pasti berharap akan tenang2 aja dan ga mau bencana itu terjadi. tapi yang namanya antisipasi itu tetep perlu..

      sama2 bun, sukses juga…

  11. Mudah2an peringatan bencana itu bisa berjalan dgn baik, nggak disertai rasa panik… Klo bu Lurah panik bisa2 lupa menyiarkan peringatan bencana ya..
    Harusnya di Indonesia yg rawan bencana, qta hrs sering2 latihan supaya gak panik ya..πŸ™‚

    1. iya bu, bu lurah harus siap sedia pokoknya. hihihi

      iya, simulasi2 untuk menghadapi bencana harusnya terus disosialisasikan kepada masyarakat..

  12. Sofyan · · Reply

    Sering diadakan sosialisasi mungkin lbh efektif mas, tpi semoga aj apa yg tlah d’upayakan berjalan

    1. iya benar sekali, sosialisasi itu yg perlu dilakukan untuk lebih memudahnya masyarakat agar lbih tanggap thdp bencana

  13. Mechta · · Reply

    Hanya,kdg2 ada jg masy yg bandel & abai thd peringatan pemerintah ya.. Jd kesadaran masy jg msti di tingkatkan. Smga sukses di askatnya ya..

    1. lagi-lagi adalah kembali pada masyarakatnya, sudah seberapa besar tingkat kesadarannya..πŸ˜€
      aamiin, makasih mba

  14. Betapa banyak penduduk yg dluluh lantakkan oleh bencana.. Seakan2 mereka tdk pernah tinggal d.daerah itu…
    Mgkn hal itu dkarenakan tdk tersedia nya sistem…. Nice post mas..^^

    1. masyarakatnya juga yang bikin bencana itu datang sebenarnya, kalau saja bisa menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan, insya Allah bencana alam bisa dicegah..
      makasih mas

  15. sistem peringatan dini untuk meminimal korban pada sebuah bencana yang bisa diprediksi, harus di usahakan dengan sebaiknya ya.
    sukses di ASKATnya.

    1. iya bu, sistem yg baik dan dipahami oleh masyarakat mudah2an bisa meminimanilisir jmlah korban
      makasih bu,,,

  16. Semoga masyarakat kita semakin tanggap dan pandai dalam menghadapi bencana…
    Dimasukkan dalam pelajaran sekolah, mungkin lebih baik lagiπŸ™‚

    1. boleh juga,,, masuk kurikulum ya bu..πŸ˜€

  17. yupz,lebih baik mencegah sebelum jatuh korbanπŸ™‚

    1. sedia payung sebelum ke Bogor ya mas istilahnya..πŸ˜€

  18. dimulai dari lingkungan yang terdekat, dan rasa peduli terhadap orang lain

    1. siaapppp..πŸ˜€

  19. Salam Takzim
    Semoga peringatan dini yang diciptakan menjadi peringatan yang benar benar diterima dan di ikuti oleh masyarakat sirampog
    Salam Takzim batavusqu

    1. mudah2an bang….

      salaam

  20. Saya suka artikel ini Mas,, semoga sukses..

    1. makasih kang.
      sukses juga buat kang masnya..πŸ˜€

  21. Iya mas, coba saja pakai cara tradisional. Selain masyarakat sirampog lebih friendly dengan cara tradisional, juga (sepertinya) lebih efektif aja gituπŸ™‚
    Semoga berhasil dengan cara ini masπŸ™‚

    1. semoga saja mas..
      tp yang diharapkan ya jangan terjadi bencana..πŸ™‚

  22. umumnya masyarakat kita lebih memilih menyelamatkan harta di banding menyelamatkan nyawa!!
    maka agar sistim peringatan dini dapat berfungsi optimal, masyarakat juga harus diberdayakan!!

    1. betul mas, yang terutama malah justru pemberdayaan SDM nya dulu..

  23. klo pemerintah lebih mengantisipasi soal ini, tentu jumlah korban bencana bisa diminimalisir yah mas.
    syang sekali, pemerintah dan masyarakat juga masih kurang dalam hal komunikasi utamanya soal tanggap bencana secara dini.

    sukes ASKATnya
    salam hangat ^_^

    1. iya,,, masyarakatnya dan pemrintah seolah tenang2 saja…
      makasih bu,,,
      salaam

  24. Sistem peringatan dini terhadap bencana tidak bisa ditawar-tawar lagi, harus segera dibuat sebagai langkah preventif agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan..

    1. setuju,,,
      semoga bisa sgera direalisasi

  25. ya semuanya emang harus dimusyawarahkan mau pake cara tradisional atau modern, itu tergantung kesepakatan bersama, supaya lebih jelas dan dimengerti oleh semua pihak.
    Semoga sukses ASKAT-nya

    1. intinya harus disosialisasikan dengan baik..

      makasih mas, sukses juga buat mas jier

  26. cara2 tradisional, memang lebih mengena dan mudah dimengerti oleh masarakat ya Ruri, juga memudahkan, daripada cara2 yg tak biasa, bukannya mengerti, malah bisa2 salah tanggap, padahal sistem peringatan biasanya utk hal2 gawat darurat gituπŸ™‚

    semoga sukses di acra ASKAT ini Ruri
    salam

    1. iya bun, yang penting masyarakatnya paham dan tanggap dengan peringatan dini tersebut, jadi makin memudahkan untuk bertindak ketika bencana datang…

      makasih bunda,, sukses juga buat bunda..
      salaam

  27. Assalaamu’alaykumwrh..
    akhirnya sempat berkunjung..

    bencana alam ya?
    tawakal pd ALLAH, satu2nya yang buat kita merasa aman di mana2..

    semoga saudara muslim di Sirampog dilindungi ALLAH Azza wa Jalla ya.. Aamiiin…

    1. ‘Alaikumussalam wr wb..
      benar sekali kalau semuanya kita serahkan kepada Allah, hidup akan terasa aman2 saja…

      aamiin,, semoga Allah memberkahi…

  28. Benar sekali, Mas, hal ini harus menjadi perhatian agar masyarakat tidak panik ketika terjadi bencana, bisa segera menuju tempat penyelamatan, dan ada koordinasi yang jelas dalam penanganannya. Bila di daerah saya, salah satu alat yang bisa dipakai untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat (yang kemarin juga berguna ketika bencana Merapi) adalah loudspeaker yang terpasang di masjid. Jadi, selain dipakai untuk kepentingan keagamaan, juga dipakai untuk kepentingan masyarakat pada umumnya.

    1. betul pak,, Toa masjid rasanya masih menjadi hal yang ampuh untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat kita dan tentunya hal itu malah mudah diterima dan dipahami oleh masyarakatnya…

  29. iya mas lebih cepat kita tanggap akan semakin bagus pula hasilnya.

    1. jangan tanggap setelah makan banyak korban ya mas..πŸ˜€

  30. nonton peringatan dari para blogger,πŸ˜€

    tanggap darurat, itu biasanya ada tim khusus di setiap daerah.

    1. Peringatan Blogger sedunia kapan yah??

  31. Membunyikan beduk ato kentongan dg irama yang berbeda khusus untuk menandakan bencana ya. Supaya gak keliru sama peringatan yang lain-lainπŸ˜€

    1. ho oh,, ntar bedug tanda masuk waktu shalat jum’at dikiranya ada kebakaran lagi.. hihiihh

  32. waah peringatan pake kentongan atau bedug masih ada ? itu masuk pelajaran waktu SD tuh

    1. kalau di kampung biasanya masih ada …πŸ˜€

  33. Amiennd..amienndd..:mrgreen:

  34. amienn.. pake kentongan dan pake TOA Masjid itu malah ok loh mas.. suaranya bisa terdengar sampe pelosok kampung hihi

    1. iya bener,,, apalagi yg toa masjidnya bercabang2…πŸ˜€

  35. peringatan atau tanda bahaya berupa kentongan masih banyak digunakan, misal di pos2 ronda penjagaan malam

    1. ho oh,,,,, di pos2 ronda mash banyak kentongan

  36. sembunyi di bawah kolong meja aja gan

    1. ga punya meja sih gimana??πŸ˜€

  37. di pos ronda kampung sy jg, kallo pukul berapa kali ada maksudnya..jd kallo salah pukul bs jd tanda apa..hehee

    1. apalagi bentar lagi bulan puasa, biasanya ada tuh bedug keliling buat bangunin orang saur..πŸ˜€

  38. Memang bener kang, paling tidak bisa meminimalisir korban harta dan jiwa jika kita tanggap secara dini.

    1. siipp kang, semoga saja masyarakatnya makin peduli

  39. semacam peringatan dini tanggap bencana berbasis kearifan lokal ya, Mas?πŸ˜€

    1. apa itu kearifan lokal??
      ya taunya biar mudah diterima oleh masyarakatnya mba…πŸ˜€

  40. sekarang udah jarang dengar bunyi kentongan lagi. Salam kenal, baru mampir ni

    1. heheh, kalau di kampung2 maish banyak biasanya.

      salam kenal juga

  41. sayyidahali · · Reply

    ehmm,,kalau aku punya usul,mungkin tidak salahnya kalau aparat dan masyarakat (seluruh warga indo khususnya) tingkatkan iman dan taqwa aja , insya Allah bencana ga akan menimpa, malah yang ada hanya keberkahan dari langit dan bumi..πŸ™‚ afwan..

    1. wah, kalau yang ini mah usulan yang paling bagussss bu…..

      ayolah,, biar negeri ini aman dari segala bencana..πŸ™‚

  42. “… thung : Jam satu. Thung … thung … thung … : Kebakaran. Setuju mas, apa saja yang penting familiar. Dan yang lebih penting murah berkualitas …trus nyampe

    1. heheh,, betul,,
      daripada yg modern tp malah bikin ribet masyarakatnya…πŸ˜€

  43. Kalau tanda peringatan dini bia berlangsung dengan baik, maka risiko korban pasca bencana bisa diminimalisir.
    SALAM…. 8)

    1. bener bli,, setidaknya bisa meminimalisir terjadinya korban

      salaam

  44. itu Alat Peringatan Dini Tsunami yg dr Jepang di Aceh udah dipasang , tapi katanya alatnya rusak karena engga terawat ya?

    1. seperti itulah manusianya,,,,
      kadang merasa ga menganggap terlalu penting…😦

  45. Jika diingtkan lebih awal pasti dapat meminimalisir korban yach…absen dulu, maaf baru bisa berkunjung, salam hangat

    1. betul bli,,,,

      monggo bli,,
      salam saya..

  46. bener selamatkan nyawa nyawa yang memang harus diselamatkanπŸ˜€

    1. semua nyawa harus diselamatkan…πŸ˜€

  47. Sistem peringatan dininya dr dulu g berubah2
    Kentongan
    hehehehehe
    sekrang apa kamu msih hafal kode sandi mukulnya Brur?

    1. masih dong mas,,, bunyi bedug panjang kalau hari jum’at tok tapinya mas… qkqkqkqk

      1. kui dudu kentongan tp bedug

  48. Semoga tahun ini aman dari bencana.amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: