Beberapa Komoditi Sirampog

Sahabat semua…

Apakah diantara para sahabat ada yang tergolong dalam vegetarian atau suka sama sayur-sayuran? Kalau ada, sangat cocok bila sahabat saya ajak kembali ke Sirampog. Karena Sirampog adalah terkenal dengan penghasil sayurannya.

Sirampog yang merupakan daerah dataran tinggi di Brebes bagian Selatan, sebagian besar masyarakatnya menggeluti pertanian. Hasil pertanian sebagai produk unggulan Kab. Brebes khususnya sayuran yaitu bukan hanya memasok pasar di Kab. Brebes tapi juga memasok pasar-pasar besar di kabupaten lainnya seperti Ajibarang, Cilacap, bahkan sampai ke Jawa Barat yaitu pasar di Kab. Cirebon dan Kuningan.

Beberapa jenis sayur-sayuran yang dihasilkan diantaranya sebagai berikut:

Sayuran Kentang bayak dihasilkan di Desa Igirklanceng, Batursari, Dawuhan, Kaligiri dan Sridadi.

Panen kentang


Sayuran wortel banyak dihasilkan di daerah Batursari, Dawuhan, Igiriklanceng, Kaligiri.

Panen Wortel

Sayuran daun bawang (muncang) banyak dihasilkan di Igirklanceng, Batursari, Dawuhan, Kaligiri, Sridadi.

Panen Muncang

Untuk padi banyak dihasilkan di wilayah Mendala, Buniwah, Manggis, Mlayang, Benda.

Panen Padi

ย 

Sayur Kol (Kobis) juga banyak dihasilkan di daerah Dawuhan, Igirklanceng, Batursari, Kaligiri, Sridadi

Panen Kol

Panen Kol

Selain hasil pertanian berupa sayuran, di Sirampog juga melimpah akan sumber daya airnya. Salah satunya yang terletak di desa Kaligiri. Sumber mata air tersebut untuk memasok air di Wilayah Brebes Utara, juga untukย  memenuhi konsumen PDAB Kab. Tegal dan Kota Tegal.

Mata Air Kaligiri

ย 

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi jenis sayuran yang tumbuh subur dan menjadi komoditi. Seperti selederi, slada, labu, sawi, tomat, cabai, terong, kacang-kacangan, bawang dan sebagainya.

Satu lagi, harganya kalau di sini jauh labih murah.Contohnya saja daun bawang (muncang) sekarang dijual sekilonya cuma Rp 1.000,-, harga cabai saat ini, yang kemaren sempat melonjak drastis, sekarang hanya sekisar Rp 5.000/kg. Kadang juga bisa sampai pada harga paling murah sekali. Yang namanya kol pernah juga 1 kg-nya cuma berapa ratus rupiah aja.๐Ÿ˜€

Itulah beberapa potensi alam yang ada di Kecamatan Sirampog. Mudah-mudahan dengan potensi yang dimiliki, dapat memakmurkan masyarakat yang tinggal di dalamnya.

Referensi & gambar: koleksi pribadi & dari sini

120 comments

  1. waah saya bukan vegetarian tapi suka sayuran๐Ÿ˜€
    waaah wortelnya bagus-bagus ya, menggiurkan begitu.

  2. eh komen saya udah masuk belum sih ?
    meskipun bukan vegetarian tapi saya suka sayuran ^^
    waah itu wortelnya bagus-bagus menggiurkan

    1. hihihiih,, emang kenapa sama komengnya??๐Ÿ˜€

      saya juga sering makan wortel langsung kaya gitu, mentahan.๐Ÿ˜€

  3. muncang (umbi basa sunda) ya kang?
    meski tinggal di bogor aku kok ra ngerti muncang๐Ÿ™‚

    negri gemah ripah๐Ÿ™‚

    1. wah, nda tau basa sundanya kang…๐Ÿ˜€

  4. Wuih..seger2 amat sayurnya๐Ÿ™‚
    Lihat wortelnya jadi naksir deh, pengen dimakan gitu aja, pasti manis rasanya๐Ÿ˜€
    Kentangnya juga besar2 ya๐Ÿ™‚
    Hmm…asik banget bisa panen langsung seperti itu๐Ÿ™‚

    1. heheh,,, saya juga seneng makan wortel mentahannya,,
      manis2 gimana gitu…๐Ÿ˜€
      kentangnya juga gedhe2…

  5. waahh..Sirampog kaya sayuran ya…
    saya suka sayurrr๐Ÿ˜‰

    1. ho oh, keadaan geografis yang menjadikannya seperti itu..๐Ÿ˜€

  6. sayyidahali · · Reply

    Amien
    Subhanallah..seger ya,pasti enak wortelnya langsung dimakan (sesudah dicuci dulu tentunya).
    Kalau diKal Sel kebanyakannya ikan, aku nya pun terikat banget ma ikan.tak bisa makan tanpa ikan..hehe

    1. hehe,
      saya sering banget makan wortel mentahan, sudah dicuci dulu tentunya bu…๐Ÿ˜€

      ikan, daerah sirmpog harus pergi jauh untuk mendapatkan ikan…๐Ÿ˜€
      barter aja bu.. hehehe

  7. BVearrti daerahnya dingin kek di Batu – Malang ni….

    1. iya mba,,
      daerahnya emang dingin,,,
      ga beda jauh kaya di Malang

  8. bener2 surga bagi vegetarian,tapi saya blm siap unk jadi vegetarian๐Ÿ™‚

    1. hihihi, kenapa emangnya mas???
      enak lho makan sayuran..๐Ÿ˜€

  9. wortelnya seger seger.. kalo dibuat sup pasti suegeer..

    1. jangankan sup, langsung dimakan mentahannya aja enak mas…๐Ÿ˜€

  10. Kalau masih didaerah asalnya, sayuran semacam itu pasti harganya murah, tapi kalau sudah dipasaran pasti naik berlipat-lipat๐Ÿ˜€
    Semoga saja potensi yang ada bisa dimaksimalkan dan memberi manfaat bagi masyarakat disana…

    1. biasalah mas, produsen ya bgitu, kadang kasian juga para petaninya..๐Ÿ˜€

      aamiin, mudah2an begitu mas..

  11. enak ya tinggal disitu sayuran tinggal metik dikota mahal2

    1. kata siapa tinggal metik, kalau metik punya orang lain ya dimarahin dong mas… hehehe,,,
      kecuali kalau punya sendiri…

      1. ya ijin dulu, masak gak mau ngasih sih yang punya heheh๐Ÿ˜€

      2. hehehe, kirain lansung main ambil aja..๐Ÿ˜€

  12. sama nich bozzzz……. tempat emnone juga banyak yg nanam gituan…… maklum daerah kota Batu to dataran tinggi hehehehehe

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. heheh,, iya yang namanya dataran tinggi pasti banyak sayurannya…

      salaam

  13. lah itu yg ada di fesbuk…๐Ÿ˜†
    mas mab nyolong dimana?๐Ÿ˜†

    1. huwahahah,,,,,,

      nyolong dimana2 aja mas, di Sirampog banyak inih sayur2an…๐Ÿ˜›

  14. Saleum
    kirimin lah bang ke aceh…. saya doyan sayur lho๐Ÿ˜†
    saleum dmilano

    1. heheheh,,, paranin aja bang ke Sirampog sini, terserah ntar mau bawa berapa karung..๐Ÿ˜€

      salaam

  15. Wahh…kalo basa sunda muncang itu artinya kemiri (yg bumbu masak itu) Mab, ternyata di sana daun bawang ya๐Ÿ˜€

    1. haa?? masa si bun, kalau kemiri sih tau bun, di brebes sana kemiri ya kemiri, muncang ya muncang..๐Ÿ˜€

  16. Kebetulan juga sy sampai sekarang, sudah menjadi vegetarian sejak enam tahunan yang lalu.
    Komoditi sayuran yang telah berkembang disana sangat berlimpah dan harganya juga murah, ya Mas,..disamping itu pasti menyegarkan dan menyehatkan sekali.

    SALAM hangat dari Kendari. 8)

    1. iya bli,,, karena keadaan geografisnya yg seperti itu jadi pertanianlah yg cocok untuk bermata pencaharian di sana, dan terutama sayuran menjadi komoditi utamanya..

      salaam

  17. Pengen ikut juga menanam kayak mass ini di kampungnya mass.. hehee..

    1. hayuuu sini, ditunggu….๐Ÿ˜€

  18. Sayurannya seger-seger, airnya juga kelihatan menyejukkan๐Ÿ™‚

    1. dingin banget kang airnya..๐Ÿ˜€

  19. ยค HILAL ALIFI · · Reply

    langsung bikin sop ayam.
    yummiiii….๐Ÿ˜€

    1. mana ayamnya bang???๐Ÿ˜€

  20. Wuuuuih, kentang, wortel, kubis, sayuran yang saya sukaaa!๐Ÿ˜ณ

    1. hehehe,,, siiplah,,, dan itu bagus…๐Ÿ˜€

  21. Salam Takzim
    Manstab foto-fotonya bang
    serasa di kampung
    Salam Takzim Batavusqu

    1. heheh iya bang,,,,
      begitulah suasananya.
      salaam

  22. Saya suka banget sama wortelnya Mas

    1. saya juga…. *tunjuk jari..๐Ÿ˜€

  23. waah kayak di Berastagi dong..sayurannya masih seger semua, hargax jg..mmm jd pengen borong..tp baru tau klo daun bawang namax muncang..๐Ÿ™‚

    1. berastagi tuh daerah mana bun?? hehe…
      iya mumpung murah pengennya borong, jauh banget harganya sama di supermarket, kadang jadi kasian para petaninya…๐Ÿ˜ฆ

      heheh,, iya itu salah satu jenis bawang2an bun, namanya muncang..

  24. waah…benar2 gemah ripah loh jinawi, subur banget Sirampog ini ya Ruri๐Ÿ™‚
    bunda ngiler lihat wortel nya , pingin metiik dan di jus langsung๐Ÿ™‚
    salam

    1. hehhe,, iya bun alhamdulillah, Sirampog tempatnya cocok untuk sayur2an seperti itu…
      saya juga mau tuh bun jus wortelnya.. tpi seringnya sih dimakan mentah2an kaya gitu bun..๐Ÿ˜€

      salaam

  25. Saya vegetarian mba… tapi belum 100% sih, terkadang masih menggunakan suwiran ayam buat nambahin rasa๐Ÿ˜€ btw… tempatnya enak yah buat wisata cuci mata dengan penghijauan sekalian dagang sayuran deh bawa ke jakarta… hehehe…

    1. weww,,, knpa ada lagi yg manggil saya mba’ yah?? hihihih…
      hihih, iya tuh coba dijual di jakarta, pasti jadi ladang bisnis yang menggiurkan,, soalnya di tempat asalnya murah2 banget harganya….๐Ÿ™‚

  26. dwiewulan · · Reply

    duh gemes liat pic sayurannya….
    Serasa diajak bertamasya ke kebun …. gak kepikir sm sekali untuk menelurusi nya…
    terimakasih ..mengingatkan untuk tidak sekedar mengkonsumsinya saja… hehe
    salam

    1. hehehe,,,
      iya, semua sudah ada bagiannya sendiri2, bagian nanem ada, yg bagian ngonsumsi doang juga ada..๐Ÿ˜€

      salaam

  27. panen wortelnya segitu banyak ya…belum pernah liat saya mas๐Ÿ™‚

    Sirampog ini mirip2 daerah Wonosobo mungkin ya? saya pernah ke wonosobo soalnya…hehe

    1. iya kali mas, soalnya saya blum pernah ke wonosobo..๐Ÿ˜€

  28. panennya bikin ngiler… wortelnya mana gemuk2 gitu …sedapnya

    1. hihihih,,,,,
      alangkah senangnya ketika masa panen itu telah tiba bun…๐Ÿ˜€

  29. wah..keren, saya suka wortelnya๐Ÿ™‚

    1. saya juga pastinya..๐Ÿ˜€

  30. mas,, muncang apaan sih? daun bawang bukan ?

    1. muncang itu varietasnya bawang2an uni… cuman daun saja tumbuhnya, ga ada bawangnya..๐Ÿ˜€

  31. wuih makmur banget ya kalo saya ke sana, kebetulan saya pemakan sayuran..
    *membaca postingan ini ditemani baksound yang cocok hehe jadi ngebayangin pedesaan..

    1. hihihi,, ayu mba maen, ntar pulangnya tek sangoni sayur2an..๐Ÿ˜€

  32. negara kita memang subur pisan..hehe.. Wah di sirampog sipp pokonya mas..pasokan airnya juga luarbiasa tuh๐Ÿ™‚

    1. hehehe bgitulah mas,,, tinggal tancep aja bisa tumbuh…๐Ÿ˜€

  33. Tanahnya subur sekali ya…

    1. iya mas alhamdulillah.

  34. jarwadi · · Reply

    makanan pokok saya adalah serba nabati, walau kadang kadang pakai laut yg hewani, pokoknya makanan nabati ngga ada bosaanya deh, selain pasti sehat dan halal tanpa kolesterol๐Ÿ˜€

    1. betul betul betul,,,,
      perbanyaklah makan sayur2an..๐Ÿ˜€

  35. wahhhhh๐Ÿ˜€
    tinggal gimana ngolahnya…:mrgreen:

    1. hehehe,, saya mah tinggal makannya aja..๐Ÿ˜€

  36. Woww… subhanallah…!
    jadi ingin ke Siramog… pasti indah sekali disana yah!
    Lagu nya dari mana nih MaS? enak banget…. serasa di Sirampog deh… hehehe

    1. sirampog itu pegunung bu, jadi tempatnya adem..๐Ÿ˜€
      lagunya nyari bu di soundcloud.. nyari yg sesuai dg suasanya, biar nambah sreg seolah terbawa ke dalamnya..๐Ÿ˜€

  37. indonesia mang kaya sekali.

    membayangkan sirampog serasa indah

    1. iya,, dah pernah kan ke sirampog atas??

  38. mas senandung serulingnya bikin sirep.
    download dimana? bisa minta๐Ÿ™‚

    1. dimana aja psti ada, tanya aja sama mbah google, ntar pasti banyak dikasi link..๐Ÿ˜€

  39. Fikri Share · · Reply

    Subhanallah ksuburan n keindahannya luar biasa mas. wortel n sayur2nnya seger2 banget.. jadi pengen… minta… (minta? beli…)๐Ÿ™‚

    1. iya mas alhamdulillah…
      ayo ke sini, ntar tek kasih…๐Ÿ˜€

  40. ejawantahblog · · Reply

    Sungguh kaya dan makmur hasil bumi dan sumber alam di daerah, semoga dapat dioptimalkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat derah setempat.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

    1. aamiin, semoga saja begitu pak, hasil yang didapat mudah2an bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya..

      salaam

  41. semoga ada peningkatan yg signifikan buat para petani ya karena merekalah seharusnya yg menikmati hasil penjualan melimpah masuk ke kantong mereka tanpa di sunat sana/i tanpa bertele2.. dsb.. indonesia kaya akan sumber pangan harus benar2 di ejawantahkan๐Ÿ˜ฆ

    1. betul, kadang sedih jika mendengar jerit hati para petani, yang biaya produksi ternyata lebih mahal daripada hasil yang didapat…

  42. berarti daerah brebes hampir sama dengan daerahku di Garut yang sama-sama penghasil sayuran karena memang sama-sama berada di dataran tinggi…

    1. iya kayanya seperti itu,,, garut juga daerah datatan tinggi ya bu….
      biasanya kalau daerah dataran tinggi ya penghasil sayuran..๐Ÿ™‚

  43. Subhanallah… makmurr pisaann euyy =)

    1. Alhamdulillah, msh bisa panen….๐Ÿ˜€

  44. inilAH INDOENSIA KITA SEMUA

    1. betul betul betul…

  45. Aduhhhhh buah-buahan dan sayurannya segar-segar ya.
    Teringat waktu main ke Berastagi, semuanya bertaburan… bahkan di pinggir jalan pun bisa beli wortel….

    1. iya alhamdulillah,,
      mau nyayur apa aja tinggal metik di sawah….๐Ÿ˜€

  46. Pusat holticultura ya mas??
    wah sehat dengan konsumsi sayur

    salam dari pamekasan madura

    1. heheh,,
      daerah pegunungan pak, jadi cocok untuk menghasilkan sayur mayur…

      salaam

  47. wah … keren punya komoditi sendiri

    1. heheh,,, yups ..
      ciri has daerah pegunungan…

  48. aku suka banget sayur, sampe dibilang marmut, wkakakakka… mudahan kapan2 bisa ke sirampog๐Ÿ™‚

    1. jiahahah,, sapa yang bilang gitu mas??? hehehe
      mudah2an mas, ditunggu kedatangannya..๐Ÿ˜€

  49. Usup Supriyadi · · Reply

    seluruh komoditinya aku suka. hehehe

    1. wewww,,, bagus2,,
      ayo main, ntar pulangnya tek sanguni.. ๐Ÿ˜€

  50. Bukan Lautan, tapi kolam susu, Salah satu kolam itu adalah : Brebes. Adik sy pernah sekolah di SPP H. Moenadi. Brebes untuk Indonesia, Untuk Kehidupan

    1. di Brebesnya ya pak,,
      kalau Sirampog ini brebes selatan pak letaknya.

  51. Hua,…. pertaniannya mencukupi kebutuhan desa ya. Kalau saja tiap desa seperti ini, wuih… ngga kebayang! Ngga perlu impor, Mas๐Ÿ˜€

  52. Oh iya, didaerah saya juga ada ko’ yang terus menerus menutupi kebutuhan. daerah pertanian yang luas. Pasti sejuk banget disana, Mas๐Ÿ˜€

    1. iya mas sejuk dan dingin pastinya…๐Ÿ˜€

  53. waduh..itu wortel ama daun bawangnya bikin ngiler aja …segerrr… Kalo langsung beli disana pasti lebih murah ya? atau jangan2 malah kasih gratis? hehe..

    1. pasti murah bu,,
      dan pasti gratis juga (asal satu aja.. :D)

  54. Setuju Mas, semoga masyarakatnya bisa sejahtera dengan hasil pertaniannya tersebut

    1. mudah2an pak, semoga nda ada oknum yang memanfaatkan hal itu..

  55. kalo satu desa bisa memproduksi sekian banyak produk pertanian… kok masih ada aja yang kelaparan, kurang gizi dan import ya ??
    Ada yang salah dengan kita ya ??

    1. heheh,, itulah pak, sebuah ironi di negeri yang kaya raya…๐Ÿ˜€

      kurang diberkahi kayanya sama Tuhan karena banyak yg korupsi..๐Ÿ˜€

  56. mas mab, kiye fajar adine mas rangga, ijin copas nggo blog PMBS.. suwun.

    1. oke siiippp,,,
      blog anyar yah,, ke TKP…๐Ÿ˜€

  57. Sirampog benar2 daerah yang subur Mas Ruri…
    Kalau dari Brebes biasanya terkenal dengan bawang dan telor asin, ternyata kol, wortel dan kentangnya juga melimpah ruah…

    1. yg bawang & telur asin tuh dari brebes bagian utara,
      sedangkan sayuran tu di brebes selatannya mba..๐Ÿ˜€

  58. petani2 kita memang hebat… tapi sayang pemerintah kurang memperhatikan๐Ÿ˜ฆ

  59. indonesia akan tetap kaya hasil pertanian, semoga pihak penguasa memperhatikan hl itu lagi dgn lbh concern, seperti jaman dulu. di kampung saya, Purworejo, Jateng, juga banyak hasil tani. tp ya msh gitu2 aja๐Ÿ˜ฆ

  60. Teh nya mana Brur?

    khas pegunungan ya Bawang, Teh, Wortel yang cantik2

    1. kan tehnya kamaren sudah satu postingan sendiri mas..๐Ÿ˜€

      bawangnya nanti sendiri juga..๐Ÿ˜€

  61. […] yang sudah saya ceritakan sebelumnya, bahwa Sirampog adalah daerah pegunungan yang potensi utamanya adalah sebagai penghasil […]

  62. mazzz aku ge wong sirampog ,lumayan y apik tanggepane y lih sisan dongen sogi foto curuk putri, tuk kaligiri sing banyune beninge pooollll, anyes lah pokoke. tapi sok sebel kari enyong jok ning purwokerto ketemu wongkana ngomong sirampog kok pada kemuyu lan sinis y padahal kan sirampog wedannn apikke pol iya lihhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: