Model Indah dari Aksara Jawa

Sumber gambar: Google

Kalau kita perhatikan secara seksama, model tulisan jawa atau yang dikenal dengan aksara Jawa, memiliki seni yang sangat indah. Sungguh suatu karya agung bagi penciptanya. Aksara Jawa diciptakan dengan model sedemikian indahnya, berlekuk-lekuk seolah menggambarkan sifat-sifat orang Jawa yang lemah lembut, sabar, indah, sopan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia itu kaya akan budaya. Dari segi tulisan, tidak hanya Jawa saja yang memiliki model tulisan tersendiri. Tentu saja dari daerah lainpun pastinya punya aksara sendiri. Tapi entah kenapa, bangsa Indonesia seolah-olah enggan menggunakan aksara Jawa ataupun aksara-aksara lainnya sebagai ciri khas bangsa Indonesia. Kalau kita lihat negara lain, semisal Jepang, China, Korea, Arab, mereka juga punya aksara sendiri dengan model yang tentunya berbeda pula, dan mereka bangga menggunakannya sebagai ciri khas ataupun identitas bangsa tersebut.

Lalu kenapa Bangsa Indonesia justru malah memilih untuk tidak menggunakan salah satu dari aksara yang ada di Indonesia sebagai identitas bangsa. Sungguh kalau dilihat dari modelnya, saya justru lebih memandang aksara Jawa jauh lebih indah dari aksara latin yang telah mendunia. Kita ambil contoh saja, coba bandingkan antara huruf A dengan Ha. Dari model, jelas menurut saya jauh lebih indah huruf Ha. Apalagi kalau kita bisa menuliskannya dengan baik. Menulis huruf Jawa yang mempunyai model sangat unik itu, seolah tangan kita menari lemah gemulai untuk menikmati keindahan seninya. Ada suatu karya seni di dalamnya. Siapa sih yang tidak menyukai suatu karya seni dalam hal ini adalah seni tulis. Kita bisa dibuat takjub oleh keindahan suatu kaligrafi dari tulisan Arab. Lalu kenapa kita tidak mencoba untuk membuat kaligrafi yang berasal dari aksara Jawa.

Mudah-mudahan dengan dilihat dari sudut pandang kesenian, aksara Jawa yang memiliki model khas tersebut makin diminati lagi oleh masyarakat Jawa khususnya dan tentunya bangsa Indonesia pada umumnya. Karena aksara Jawa merupakan warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya.

***

Artikel ini diikutsertakan pada ASKAT di Newblogcamp

118 comments

  1. wahh ini sech dijamin pasti menang lagi…….

    sukses yachhh

    1. aamiin,, makasih doanya bu..πŸ˜€

      tp yg paling utama adalah agar budaya kita tetep terjaga kelestariannya…πŸ˜€

  2. Wuihh…keren bgt Mab, sepertinya akan menang lgπŸ˜‰

    1. aamiin bun,, makasih doanya…
      menang tidak menang yang penting bisa berbuat sedikit untuk kelestarian budaya kita bun…πŸ™‚

  3. sayyidahali · · Reply

    bagus banget..mudahan bisa menang lagi mas..

    1. aamiin,, makasih bu doanya..

      menang tidak menang ga masalah bu, yang penting saya bisa berbuat sedikit untuk melestarikan budaya kita agar tetap terjaga…πŸ™‚

  4. gunawank · · Reply

    Posting ttg budayanya ok-ok buanget………
    Makasih telah berkunjung ke http://gunawank.wordpress.com/2011/06/14/satu-lagi-penomena-ujian-nasional-terjadi-di-jawa-timur/

    1. makasih pak atas apresiasinya….
      senang bisa berkunjung kemari lagi…

      salaam

  5. Saya sudah membaca artikel sahabat
    Dan sudah langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi anda yang hebat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    1. maturunuwun dhe’…

      pakdhe emang hebat…πŸ˜€

  6. hebat mas. sukses yak,
    moga menang di ASKAT….

    1. makasih mas,,,
      utamanya sih semoga budaya2 kita tetap terjaga kelestariannya..πŸ˜€

  7. iya, harusnya bangga dengan budaya sendiri, seperti orang bugis yang selalu menggunakan aksara lontara, bahkan dalam kurikulum sekolah juga ada (untuk SD/SMP).
    keren mas, siap-siap aja dapat tali asih lagiπŸ˜€
    salam hangat ^_^

    1. tpi kenapa bangsa Indonesia tidak memakai salah satunya sebagai tulisan nasional gitu seperti bangsa2 lainnya yah??
      wah hebat tuh sudah masuk kurikulum, eh , sekarang Jawa juga sudah katanya..

      aamiin, makasih bu doanya. siapapun nanti yg dapat, yg penting budaya Indonesia harus tetep terjaga kelestariannya..πŸ˜€

  8. semoga dapat melestarikan dan menerapkan budaya bangsa dg baik.

    1. aamiin,, semoga seperti itu bli…..

  9. Ho no co ro ko
    do to so wo lo
    mo go bho tho ngo

    itu kan huruf latinnya, tapi aku juga masih ingat lho nulis aksara jowo lengkap tanpa nyontekπŸ˜›

    1. kurang Po dho jo yo nyo tuh,, hihihiih

      wah, hebat hebat,, yang seperti ini ni yang perlu diteladani..πŸ˜€

  10. Aku udah lupa nulis jawa…maafkan saya mas

    1. hoohoo,,,, minta maaf sana sama nenek moyang kita, jangan sama saya.. hihiihih

  11. 😳
    aku termasuk salah seorang mantan murid SD yang tak pandai nulis aksara jawa,

    1. hihihi,,,, saya SD SMP tah apal mas…
      tpi sekarang sudah lupaaaa…😦

  12. Sukses dengan kontesnya mas
    aku gak ngerti aksara jawaπŸ˜€

    1. sama-sama mba…

      ya nda pa2, mudah2an setelah baca ini jadi tau…πŸ˜€

  13. Wah.. Nice article… Salam kenal yah Mabruri..
    Btw, ingiin sekali belajar aksara Jawa.. Saya dlu pernah belajar dari Eyang saya, namun beliau keburu meninggal sebelum saya benar2 memahaminya.. Hmm.. Sekarang… Dimana kita bisa belajar aksara Jawa yah?

    Memang benar, harusnya qta melestarikan budaya kita sendiriπŸ™‚

    1. salam kenal juga bunda..
      aduuhh, makasih banget sudah sudi singgah di sini dulu, harusnya kan saya dulu,,, dasar saya anak muda yang tak tau sopan santun…😦, maafkan saya bunda..πŸ™‚

      Sama bun, dulu saya banyak belajar dari mbah saya, bahkan di rumah mbah banyak sekali model2 kaligrafi aksara Jawa, tpi setelah mbah meninggal, ikut terkubur juga tuh. Jadi sekarang cuman tinggal kenangan.,, dan ingin sekali mempelajarinya lagi.

      Budaya2 kita sangat kaya dan harus kita lestarikan bun…πŸ™‚

  14. Nah, ini dia yang bikin bingung! xD
    Eh tapi bagus lho kaligrafinya, apalagi kalo dibentuk kayak semar diatas… hoho.
    Ga cuma kaligrafi arab yak, yang bisa dimodel kayak orang? Ternyata kaligrafi carakan juga baguss…. xD

    1. hayu kita tanya sama presidennya..πŸ˜€

      iya cakepkan dibentuk yang unik2 gitu…πŸ˜€

  15. Usup Supriyadi · · Reply

    aksara daerah memang unik-unik dan indah….

    1. Usup Supriyadi · · Reply

      jujur deh, sekarang kok ribet ya komentar di wordpress! duh

    2. seindah puisi2nya ms Usup..πŸ˜€

  16. saya juga ga paham bahasa Jawa, apalagi aksara Jawa,
    mirip sansekerta bukan ya??

    1. kalau dari luar Jawa pastinya kurang paham, lah yang dari Jawa saja banyak yg nda paham ko’..
      iya, mungkin akulturasi budaya, dari sansekerta juga..

  17. wuih, baru liat gambar aksara nya aja , udah ribet gituh ya Ruri😦

    semoga sukses diacara ASKAT ini
    salam

    1. iya bun, tapi seandainya kalau dipelajarinya dari dulu mungkin ya gampang2 saja,
      sama saja saat kita baru pertama belajar nulis aksara latin ataupun baru belajar nulis arab, kan keliatannya tetep ribet banget. tpi karena terus dan terus belajar, jadinya ya gampang…πŸ™‚

      makasih bunda,,
      salaam

  18. Salam Takzim
    Banyak model huruf peninggalan nenek moyang yang jarang dipakai seperti halnya model huruf steno, huruf arab, huruf sangsekerta, mungkin sulit membaca dan menulisnya ya bang, semoga suatu saat ada sekolah sekolah yang melestarikan huruf huruf cantik itu bang
    Salam Takzim Batavusqu

    1. iya bang, mudah2an ada sekolah atau apalah namanya yang mau melestarikan budaya2 tersebut. sangat sayang disayangkan seandainya jenis2 huruf itu harus punah..

      salaam

  19. cantik menarik aksaranya mas .. Seninya tinggi..he

    1. heheh,, orang dulu punya cita rasa seni yang luar biasa…πŸ˜€

  20. kenapa ya, aksara yang ada dinegeri ini tidak dibudayakan di negeri ini, malah aksara latin yang menjadi pilihan
    aksara jawa mirip dengan carakan madura, bahkan sama persis, sekedar ada perbedaan pada pelafalan huruf sana
    anacarakadatasawal padhe jayanya magabathanga

    salam dari pamekasan madura

    1. tanya kenapaaaaa??πŸ˜€
      Madura masih masuk wilayah Jawa mas, jadi ya masih sama aksaranya seperti itu..
      mungkin pelafalannya saja yang beda, tergantung lidahnya…πŸ˜€
      salaam

  21. Ha NA Ca RA KA
    Da Ta Sa Wa La
    Pa Dha Ja Ya Nya
    Ma Ga Ba Tha Nga

    1. nah kui apaaalll..πŸ˜€

  22. setuju, aksara jawa memang terlihat unik dan indah. Tapi, kalo saya yh nulis, hasilnya pasti terlihat seperti ditulis pake kaki kiri T,T

    1. hehehehe,,,,,,
      makanya harus banyak belajar lagi…πŸ˜€

  23. khasanah budaya yang luar biasa..^^

    1. dan sudah sepantasnya untuk kita jaga dan kita lestarikan..πŸ™‚

  24. dulu waktu sD saya apal semua tu mas huruf2 jawaπŸ™‚

    1. saya sampai SMP mas…πŸ˜€

  25. anugrha13 · · Reply

    sumprit aq ga apal loh aksara jawa hehehe
    hapura nyak lur

    1. tak ampura nemen mas….πŸ˜€

  26. sy dulu juga mikir gitu Brur
    Nusantara punya byk aksara
    knp g dipakai salah satunya
    apalagi antara aksara jawa, bali, dan sunda itu memiliki akar tulisan yg sama

    hmmm
    tp ya sudahlah
    mau gimana lagi
    :-s

    1. hihihih,, ya sudahlah mas,,,
      mudah2an ke depan ada reformasi mengenai aksara nasional..πŸ˜€

  27. waaah huruf jawa itu hanacaraka juga ya, beda gg tuh sama huruf sunda ? emang cantik, berkelak-kelok anggun sih tapi kalau dijadiin bahan UAS haduh pusingnya setengah mati *pengalaman buruk dengan huruf sunda*

    1. sunda malah saya belum tau sama sekali,,, katanya sih punya huruf tersendiri,,, apa sama hanacaraka juga???

      Ya tapi kalau sudah dibiasain nulis kaya gitu semenjak dini ya jadinya gampang.. sama aja waktu awal kita belajar nulis aksara latin kan?πŸ˜€

  28. wahh…keren nih..jd punya wawasan baru

    1. iya, saling bertukar pengalaman mengenai wawasan budaya kita..

  29. Jadi ingat masa SD-SMA dulu, aku juga pernah belajar AKSARA LAMPUNG.
    Serupa tapi tak sama.

    Salam kenal juga dari Palembang,
    semoga silaturrahim ini membawa barokah…

    1. Lampung juga ada bu?? Tuh kan betapa kayanya budaya Indonesia.πŸ˜€

      salaam saya bu,,
      aamiin semoga begitu….

  30. mungkin pengembangan atau tata bahasanya ntu yang orang indo belum minat banget buat bahasa jawa..gw aja namanya jawa tapi bahasa jawa ga bisa sama sekali,,kelamaan di jakarta dari orok.

    1. heheeheh,,
      ya kalau sudah dari lahir di Jakarta ya ga bakalan tau yg namanya Aksara Jawa, apalagi kalau nda dikenalin jg sama ortunya….
      emang rada susah, tpi seandainya dari semenjak dini diajarin nulis Jawa ya gampang jadinya

  31. dari dulu one pengen bgt bisa belajar tulisan jawa,,
    Tapi susah, gak ada yg ngajarin,
    Hehehe

    1. hehehe,,,
      ga ada kayanya kalau ga masuk SD lagi…πŸ˜€

  32. Jajal tak eling2: Nek di wulu “i”, nek di suku “u”, nek di pangku “mati” …

    1. nek taling tarong, wignyan??πŸ˜€

  33. Melestarikan kebudayaan daerah ya mas… . sip sip. Gambare apik

    1. ceritanya sih seperti itu bu,,,πŸ˜€
      mudah2an banyak lagi yg mau peduli sama budayakita

  34. mungkin kalau dulu para pendiri bangsa menggunakan huruf tersendiri buat Indonesia takutnya berantem peserta kongresnya, karena saking banyaknnya tulisan daerah yang bisa dipilih di negeri ini…πŸ™‚

    1. hihihihi,,,,,, ya nda juga lah bu,,,
      la wong bahasa saja yang juga pastinya beragam sekali tpi bisa disetujui satu bahasa untuk jadi bahasa nasional??πŸ˜€

  35. iya sob, saya sendiri az klo disuruh menulis ato mengeja bisa dijamin pastiga bisa hahahahahahah…. memalukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnn

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. kalau nulis sih masih bisa mas, tp ya itu nulisnya ngacak karena sudah lupa pelafalannya….. hehehehe

      salaam

  36. Di Jogja dan Bali masih ada kok memakai tulisan separti ini.

    1. mudah2an berkembang pak, tidak hanya di jogja & bali saja..πŸ˜€

  37. jawa barat (sunda) juga punya aksara seperti ini lohπŸ˜€ mirip2, tp bacanya beda. hehehe

    1. iya sih katanya sunda juga hampir sama kya gitu, cuman beda pelafalannya,, ya maklumlah lidah jawa & sunda kan beda,,,πŸ˜€

  38. itu semar ya mas..

    1. iya mas, itu semar, petruk gareng bagongnya nda tau pada kemana??πŸ˜€

  39. Bener..
    aksara jawa emang memiliki seni tersendiri. .
    tulisannya aja berseni ..

    1. yups, brarti orang2 dulu bercita rasa seni tinggi ya??

  40. Jujur, pertama kali melihatnya saya langsung terpesona, keren..

    salam kenal,
    azizhadi

    1. apalagi kalau sampai bisa ya mas???

  41. wah motif tulisannya membentuk gambar semar, bagus ya …., saya baru melihat motif seperti ini ….

    1. pengen mencoba dengan motif patruk mas?? silakan berkreasi.. heheh

  42. Yang lebih salut lagi, di situs2 sejarah di pulau Madura, semuanya menggunakan aksara jawa.

    1. wah, kalau situs2 sejarah di pulau jawa sebagian besar bahkan semuanya ya emang pake aksara Jawa kang, kan mereka orang2 dulu, yg belum kenal sama aksara latin, jadi ya sudah pasti mereka nulisnya pakai aksara jawa..πŸ˜€

  43. jarwadi · · Reply

    dulu saya trampil baca tulis aksara jawa, waktu itu jaman sd sampai smp, wah sekarang sudah terbata bataπŸ˜€

    1. Sama, dulu waktu masih SD saya juga cukup lancar baca tulisan ha na ca ra ka, tapi sekarang tidak hanya terbata-bata, malah mandeg sama sekali.

      Artikel yang bagus, semoga bisa mengulang sukses seperti tulisan Angka Pada Sesanti kemarin. Insya Allah.

      1. iya pak, tpi kalau tulisan sih masih bisa teringat, cuma ga tau itu bacaannya apa..πŸ˜€
        aamiin pak, makasih doanya..
        tpi tujuan penulisan ini yang terpenting adalah bisa menggairahkan kembali minat kita untuk melestarikan budaya..

    2. hihiihihi,, ada temennya, bahkan bukan hanya terbata2, malahan sudah blas ga bisa…πŸ˜€

  44. betul, aksara jawa sekarang jarang dipakai dan jarang yg bisa. paling banter digunakan buat papan nama jalan raya, semoga ada yg mau membuat semacam buletin atau majalah aksara jawa serta lomba2

    1. iya bener,,, papan jalan raya aja paling2 yang ada keratonnya seperti jogja & Bali…

      mudah2an makin banyak lagi minat masyarakat terhadap budaya Jawa..

  45. Nice posting buddy…..I love to read it…. Thanks for sharing such useful insight.
    I would like to share good news also. Here you:

    English Tutors Urgently Required
    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for

    English Tutors (English Teachers)

    Qualifications:

    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:
    a. Pekanbaru 0761-7641321
    b. Balikpapan 0542-737537
    c. Batam 0778-460785
    d. Palembang 0711-350788
    e. Banjarmasin 0511-7069699
    f. Makassar 0411-451510
    g. Semarang 024-3562949

    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruitment@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.

    Deadline: June 31, 2011.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

  46. Semoga sukses dalam kontes ASKAT Mas

    1. makasih pak guru dukungannya..πŸ˜€

  47. genksukasuka · · Reply

    semar yo om hee biasanya pake huruf arab…

    1. ya ini pake aksara Jawa, mau nyoba pakai model petruk mas??πŸ˜€

  48. woh,, semar versi jawa,,, semar versi korea lom ada ya,, ^^

    1. kayanya sih blom ada, lah wong Jawanya aja masih kurang peminatnya apalagi korea..πŸ˜€

  49. tulisannya sekali lagi, keren…,kurasa bisa menang lagi nih
    selamat ya untuk Angka Pada Sesanti

    1. heheh,, bunda bisa ajaa…
      aamiin bun, tp yang penting adalah bisa menumbuhkan rasa cinta lagi pda budaya2 Jawa..

      makasih bunda..

  50. setuju mas… banyak sudah peninggalan2 yang semakin punah.. keren bisa merekam semuanya di siniπŸ™‚

    1. Smoga saja kesdaran masyarakat akan pentingnya nilai2 budaya bisa tumbuh lagi…

      makasih sudah singgah dimari,,, semoga berkenan..πŸ™‚

  51. Saleum
    itu gambarnya tokoh semar ya bang?
    saleum dmilano

    1. betul bang,,, nda tau klayaban kemana tuh gareng petruk sama bagongnya..πŸ˜€

      salaam

  52. Saya asli jawa, walau gak ngerti soal jawa tapi pasti tetep suka budaya kita..πŸ™‚

    1. yo yoy, budaya indonesia harus kita cintai

  53. artmiras · · Reply

    saya salah satu orang yang kagum dengan aksara jawaπŸ™‚

    1. Alhamdulillah,, saya juga…πŸ˜€

  54. Keren banget deh…… bravo….

    1. makasiih…πŸ˜€

  55. saya suka aksara jawa, dan selalu kagum sama orang yang lancar menulisnya
    saya sendiri sudah lupa beberapa.. kalau disuruh nulis pakai aksara jawa, saya ga yakin berhasil tanpa mencontek

    1. hihihi,, saya sih kalau tulisan ga lupa, cuman pelafalannya aja yang lupa,,, sama aja yah..πŸ˜€

  56. aku pengen belajar nulis kaya gitu tapi sayang guru bahasa jawa udah mulai kukut deh

    1. hihihi,,, sekarang mah sudah ga ada,,
      coba ada yah yg buka kursus menulis bhs jawa…πŸ˜€

  57. aksara jawa tidak dijadikan tulisan nasional ya mungkin karena banyak orang luar jawa yang gak ngerti aksara jawa.. jadinya rada susah untuk diterapkan waktu itu..
    Tapi mungkin alternatifnya ya pake aksara arab pego saja.. kan pada waktu itu aksara arab pego sudah memasyarakat di indonesia..πŸ˜€

    1. arab pego itu kya apa yah?πŸ˜€

  58. kaligrafi ini “ing ngarsa sung tuladha ing madya mangun karsa tut wuri andayani” bener gak???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: