Batik Salem (Pesona Dari Balik Bukit)

Sahabat semua,

Batik Salem

Batik Salem

Masih berada di Wilayah Salem, kali ini saya akan mengajak sahabat untuk mengenal kekayaan budaya lainnya yang berada di wilayah Salem ini yaitu BATIK. Kalau Batik tentunya kita semua sudah mengenalnya, karena Batik adalah ciri khas dari Indonesia.

Salem, sebagai karakteristik masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan, masyarakatnya menggeluti bidang pertanian sebagai mata pencahariannya. Namun banyak pula yang menekuni kerajinan sebagai mata pencaharian mereka. Desa Bentar salah satunya. Desa yang masuk dalam wilayah Salem, saat ini dikenal dengan sentra Batik Tulisnya. Di daerah tersebut sedikitnya ada 200 perajin batik.

Nama Batik Salem di telinga masyarakat awam masih belum setenar batik asal Solo, Yogyakarta, atau Pekalongan. Batik produksi itu pun masih sebatas industri rumah tangga. Namun, siapa sangka batik buatan masyarakat Desa Bentar dan Bentarsari, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes tersebut mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki batik mana pun di daerah lain.

Membatik

Batik Salem atau yang dikenal dengan motif Batik Brebesan adalah salah satu kekayaan asal Kabupaten Brebes, yang telah menjadi komoditas ekonomi warga Desa Bentar dan Bentarsari Kecamatan Salem.

Batik Brebesan yang saat ini terus untuk bersaing merebut pasar nasional maupun internasional banyak dipengaruhi oleh daerah lain. Balai Besar Kerajinan Batik Jogjakarta mencatat berbagai peperangan yang terjadi pada abad ke 17,18 dan 19, merupakan faktor penyebaran batik ke berbagai daerah. Perang saudara kerajaan Mataram pada tahun 1680 antara Pangeran Puger dan Amangkurat III dan VOC telah memunculkan batik Banyumasan. Tidak hanya itu, Keberadaan Raja Amangkurat I tahun 1646-1677 dari Keraton Kasunanan Surakarta juga telah memengaruhi keberadaan batik Tegalan.

Berbagai Motif Batik Salem

Keberadaan Batik Brebesan muncul sekitar abad ke 19, tepatnya pada tahun 1917 masehi. Menurut sumber yang didapat, keberadaan batik Brebesan atau batik Salem berawal dari kedatangan putri pejabat Pekalongan yang datang ke Salem, Brebes. Pada saat itu, sang putri jatuh cinta kepada pemuda Salem yang akhirnya menikah dan menetap di Desa Bentar.

Dari kejadian tersebut, akhirnya keberadaan batik mulai muncul di Desa Bentar dan akhirnya menyebar ke desa tetangga, seperti Desa Bentarsari dan lainnya. Dari perkembangannya, saat ini batik salem telah munculkan berbagai motif, diantaranya motif kopi pecah, manggar dan ukel dengan ciri khas warna hitam dan putih.

Saat ini batik salem telah menembus pasar nasional. Meski demikian, untuk lebih meningkatkan peminat batik Brebesan dari daerah lain, perlu dilakukan inovasi dalam hal motif batik, antar lain motif cicak dan buaya yang cocok diterapkan pada batik Brebesan. Ini mengacu kepada aspek budaya sekaligus sebagai bentuk pengembangan aspek seni batik.

Motif Batik Salem

Batik Salem kini kaya akan motif diantaranya motif kopi pecah, mangga, merak, ukel kangkung, sinar rantai, Owal Awil, Sidomukti, Unes, Galaran dan lain sebagainya. Harganya pun kini bervariasi ada yang harga kualitas mahal, ada pula harga kualitas murah. Kini satu lagi motif dari batik salem yang menggambarkan produk unggulan kota Brebes, dalam satu helai kain bergambar bebek dan juga bawang merah, gambar bebek menunjukan penghasil telur asin, gambar bawang merah, karena merupakan salah satu produk unggulan daerah brebes.

Motif tersebut sengaja diciptakan oleh seorang perajin batik salem dari desa bentar salem dengan maksud memberi sumbangsih kepada daerah Brebes. Sementara pemakai motif ini adalah PNS di berbagai instansi di wilayah Brebes.

Batik Salem telah menebarkan pesonanya tersendiri sehingga memikat orang untuk memilikinya. Pesona dari balik bukit ini sudah tentu akan membawa nama Brebes ke kancah batik nasional bahkan internasional jika terus diperkenalkan dan dikembangkan. Tentu saja sebuah tantangan yang sepatutnya menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah kabupaten Brebes, pengrajin batik maupun masyarakat Brebes pada umumnya.

Beberapa macam Motif Batik Salem:

Walang Keket

Teratai

Kopi Pecah

Sawat Rantai

Pisang Bali

Uneg

Β Lebih jauh mengenai Batik Salem, berikut video penjelasannya:

Hidup Batik Indonesia….πŸ™‚

Referensi: wikipedia, Youtube

Gambar: Logo Batik Salem, Membatik, Motif Batik

Baca juga potensi Brebes lainnya:

  1. Asal Usul Sirampog
  2. Mengenal Curug Puteri
  3. Waduk Penjalin
  4. Indahnya Panorama Kebun Teh Kaligua
  5. Kesenian Dogdog Kaliwon

150 comments

  1. semoga bisa menjaga batik, biar ga diambil lagi (_ _ )

    1. heheh,,, siiaapp…..πŸ˜€

  2. mari lestarikan kekeyaan budaya indonesia termasuk batik

    1. mari mari mari,, jangan sampai timbul klaim klaiman lagi..πŸ˜€

  3. Ada ga yah Kang Batik mBanyumasan ?

    1. y ada lah kang pastinya… cuman saya nda tau cerita2nya,, kan saya bukan dari banyumas..πŸ˜€

  4. Citra W. Hapsari · · Reply

    wah cantik,warna warni,baru liat motif kaya gt,..
    klo semua motif batik di Indonesia di dokumentasikan ada berapa ya?

    1. ratusaaannn… lebiihhh…πŸ˜€

  5. Ya, sudah saatnya mengangkat kearifan budaya lokal …

    1. yups, budaya lokal merupakan awal dari budaya nasional..

  6. keren-keren maju terus batik indonesia.. Biar go internasional..he

    1. betull, kalau semuanya ikut berpartisipasi dalam kemajuan batik, pasti bisa go internasional

  7. jarwadi · · Reply

    wah, iya, saya denger ada batik salem baru pertama kali di sini, semoga makin banyak orang mengenal batik salemπŸ˜€

    1. semoga, karena batik adalah budaya nusantara kita

  8. sayyidahali · · Reply

    Cantik2..lebih dr itu aku salut kpd pembuatnya,kreatif banget..
    Semoga batik tetap jaya..

    1. iya,, hebat mereka yang dengan tekun membuat batik, perlu kesabaran dan ketelitian tingkat tinggi..πŸ˜€
      semoga sajaa..

  9. naksir yg bermotif kopi pecah buat lebaran, unik tampil bedaπŸ™‚

    harga + ongkir kang?

    1. hohoho,,, lebaran?? kapan lebaran mas??

      Harga saya kurang paham, ntar tek cari updat ttg harganya..πŸ˜€

  10. Batik ya..
    Ana belum pernah beli batik, hehe.. Belum pernah punya, cuma berapa kali nyewa dan minjem..

    Pinginnya kalau ada bentuk gamis.. Syukron..

    1. hihihihi,,, orang indonesia harus punya…

      skarang kayanya model2 busana muslimah jg ada yg bermotif batik..πŸ˜€

  11. Wah komplit reportasenya.
    Motofnya juga bagus2 ya mas.
    Boleh pinjam artilkelnya mas he he he he

    Salam hangat dari Surabaya

    1. wah, itu juga kalau diperdalam lagi mungkin masih banyak kekurangannya pakdhe..πŸ˜€

      silakan pakdhe, jangan dipinjem, ambil aja,. Kalau minjem ntar cape buat balikinnya, mana jauh lagi.. hehehe

      salam dari kota Brebes..

  12. Beeeuh… Mancap semua motifnya..
    Saya paling suka gambar yang kedua, hitam putih.. Hehe
    Sawat rantai juga keren…πŸ˜€

    1. hihihi,,,, ciri khas batik salem adalah warna hitam putihnya…πŸ˜€

  13. motifnya lebih besar-besar ya seolah menuhin kainnya. yang sawat rantai saya sukaaaπŸ˜€

    1. iya,, mungkin itu yg membedakan dg batik lainnya….

      sawat rantai ya?? bagus juga..πŸ˜€

  14. bagus bagus mas motifnya,di amerika katanya ada tu perancang busana yang pakai bahan dasar batik, kita orang indonesia harusnya banggaπŸ™‚

    1. hmmm,,, iya,,,
      orang2 luar di sana malah banyak juga belajar ttg budaya kita, tp kenapa kita sendirinya yg malah malas buat belajar yah??πŸ˜€

  15. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri….

    Alhamdulillah, kembali bergabung dan menyapa.
    Subhanallah, indah sekali corak batik-batik salim ya. Ternyata banyak jenis batik di Indonesia yang diproduk oleh pelbagai negeri di sana. kalau saya, biasa membeli batik samarinda dan batik halus.

    Mudahan perusahaan batik di Indoensia memberi sumber daya kepada warganya untuk menambah pembangunan ekonomi selain menjadi tempat wisata menarik.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    1. ‘Alaikumussalam wr wb bunda..

      senang sekali bisa kembali dikunjungi bunda…
      iya, batik sekarang sudah berkembang di berbagai daerah dengan memiliki corak dan polanya tersendiri, sesuai dengan daerahnya masing-masing, dan dengan demikian makin kayalah corak batik di Indonesia.
      Semoga saja budaya batik ini dapat terus berkembang sehingga mampu mensejahterakan masyarakatnya… aamiin
      makasih bunda partisipasinya…

      salaam

  16. Anugrha13 · · Reply

    wooowwww bedane batik tegalan apa broπŸ˜€

    1. batik tegalan aku urung weruh je,,πŸ˜€
      mungkin motif-e kali mas…

  17. ndak mudeng tentang corak batik nieh,,,,,
    tapi keren yah batik ituh,,,

    1. weew, ko nda mudeng,,
      seperti itulah batik….πŸ˜€

  18. Cuman sayang ya..ketika kita mengunakan batik, selalu dibilang kayak bapak-bapak, padahal saya suka batik, tapi di kantoran mulai digalakkan kembali menggunakan batik jika hari Jumat

    1. hehehe,,,
      nah ini seharusnya bisa dijadikan PR buat para pengrajin batik untuk membuat pola yang cocok dipake untuk kaum muda biar ga dibilang kaya bapak2..πŸ˜€
      iya, sekarang kan hari jum’at adalah hari batik bli..πŸ™‚

  19. cantiknya…
    belum pernsh lihat motifnya… khas salem ya…

    1. Iya bun, itu khas Salem, terutama warnanya yg hitam putih….πŸ™‚

  20. Skrg ini batik ga monoton buat bpk2 n ibu2 kayaknya. Model n motif yg variatif membuat batik tetap indah di pakai segala umur.
    Saya pernah ketemu orang chinese HK. Pake batik jg, ibunya longdress anaknya hem. Wah ciamik bngt lhoπŸ™‚.
    Fashion show batik jg pernah diadakan oleh KJRI di HKπŸ™‚
    Sukses buat pengrajin batik dech

    1. siipp, batik sekarang sudah modelis, jadi bagi yg muda2 juga ga bakalan dibilang ketuwaan kalau pake batik,,
      batik gaul lah gampangannya….πŸ˜€

      wah hebat yah, batik sudah kemana-mana menjelajahnya…
      semoga saja menjadi kebanggaan buat bangsa kita..

  21. gunawank · · Reply

    Salah satu bukti Indonesia kaya alam, kaya warna dan ragam budaya.
    Saya salah satu pencinta batik dan kecil-kecilan jualan batik, tetapi khusus batik seragam ormas.

    Salam,
    by: http://gunawank.wordpress.com/category/artikel-islam/

    1. betul, batik sekarang sudah kemana-mana dengan berbabagai motif dan corak sesuai dengan daerahnya…

      saya juga suka sama batik,, wah bisnis batik nih pak,,, sukses deh buat bisnisnya..πŸ™‚

      salaam

  22. wah sayang sekali videonya gak kelihatan😦 koneksi ku sedang buruk

    1. hihihihi,, sabaar….
      coba sekarang lagi, kali aja udah lancar koneksinya..πŸ˜€

  23. batik adalah kekayaan bangsa Kita jangan sampai di akui oleh negara lain

    1. owwhh,,, ga boleh itu,,,,
      lagian kan sekarang sudah dipatenkan sama PBB, jadi amanlah..πŸ˜€

  24. wuiihh kereeen mas, Salem bisa ngeluarin batik juga..salem itu kan jauh banget ya masuknya hehe.. mudah2an bisa makin maju tuh produksi batiknya.. saya naksir yang motif uneg ituπŸ˜€

    1. wuih, jauh banget mba, bisa bikin cape lah kalau ke sana…πŸ˜€
      iya ternyata bisa memproduksi batik sendiri di sana,, mudah2an bisa tembus nasional & internasional…
      hehe,,, silakan sesuaikan selera..πŸ™‚

  25. Batik adalah salah satu kekayaan budaya asli Indonesia, dan hampir setiap suku yang ada di nusantara memiliki seni batik mereka masing-masing dengan berbagai sebutannya.
    Dan disinilah letak kebingungan saya, terutama menyangkut menyangkut hak paten. Intinya apa yang dipatenkan? corak batik atau cara membatiknya??

    1. kalau menurut saya sih, masalah hak paten itu untuk lintas negara,,, jadi biar ga diakuin sama negara lain,,, sedangkan kalau msih dalam satu bangsa, batik pekalongan batik saya juga,, yg membedakan hanya corak & motifnya saja…πŸ˜€

      1. Justru masalah timbul karena hampir setiap negara memiliki kerajinan tulis (batik) masing-masing. Meski demikian, tentu terdapat perbedaan dalam berbagai hal, misalnya cara dan alat membatik. Sedangkan corak tidak dapat di jadikan patokan, karena sifatnya dinamis.

        Apa yang dipatenkan? Cara membatik atau alat untuk membatik, atau seluruh proses pembuatan batik?

  26. pantesan batik diaku-aku milik tetangga sana lha indahnya kayak gitu

    1. heheheh… betul betul betul..

  27. Sahabat tercinta,
    Dengan ini saya sampaikan kabar gembira bahwa anda mendapat tali asih berupa sebuah buku
    karena artikel anda terpilih dalam kontes menulis – ASKAT di newblogcamp.com.
    Selamat.
    Silahkan cek di newblogcamp.com
    Tetaplah bersama BlogCamp Group dan ikuti ASKAT periode berikutnya.
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

    1. Wah selamat bang, dapat hadiah dari pakde
      Sukses ya

      1. Alhamdulillah bang Is,,,,
        berkat bang Isro juga yang ngasi tau waktu itu kan…πŸ™‚

        sukses juga buat Isro..

    2. maturnuwun pakdhe…
      saya bersukur sekali tentunya karena mendapat apresiasi dari Pakdhe///
      insya Allah, mudah2an bisa berpartisipasi dalam kegiatan2 di Blogcamp..

      maturnuwun ya pakdhe..

      salam hangat dari saya juga..

  28. satu lagi dari salem…, luar biasa, perpaduan sejarah dan budaya!

    selamat, mas dapat tali asih dari blogcamp. sudah kuduga artikelmu tentang angka itu akan menang…

    1. iya pak, ini masih dari Salem,, mudah2an masih banyak lagi yang bisa digali sehingga menambah kaya wawasan budaya Indonesia…

      hehe,,, iya pak sama2,,, trimakasih juga atas partisipasi bapak…πŸ™‚

  29. nama desax lucu ya… “Bentar” hehehe
    saya mau batik yang wwarna merah paling atas mab..blh?..hehehe

    1. hihihi,, iya menurut kita yg baru tau ya kedengaranynya lucu bun….πŸ˜€

      ayo lah, silakan dipilih dipilih…πŸ˜€

  30. saya baru denger ada batik salem, motifnya memang agak berbeda dengan batik yang selama ini ada…ternyata kekayaan budaya Indonesia itu tiada habisnya…

    1. iya, mungkin karena kurangnya promosi jadi belum bisa seperti batik pekalongan ataupun yg sudah terkenal lainnya.

      Indonesia memang kaya akan budaya, tinggal kitanya saja bisa memanfaatkannya apa tidak…πŸ˜€

  31. Setiap melihat motif batik yg kaya ragam dan corak warnanya, selalu terbayangkan bagaimana kekayaan budaya nasional yang sangat adiluhung itu.
    Semoga bisa dibudidyakan dan dijaga kelestariannya, ya Mas.
    Salam hangat dari Kendari. 8)

    1. iya bli, semoga budaya2 daerah kita bisa kita jaga dan bisa menjadikan bangsa ini jadi bangsa yang kaya akan nilai2 budaya…

      salaam

  32. Hebat ya negeri ini, memiliki beraneka ragam jenis batikπŸ™‚
    Saya sendiri baru punya 2 baju batik, itu juga jarang2 dipakeπŸ˜€
    Tapi saya suka lho baju batik, unik berciri khasπŸ™‚

    1. betul betul, dan tentunya kalau mau digali lebih dalam lagi, mungkin msh tersimpan berjuta2 kekayaan budaya yang masih tersimpan di dalamnya..

      hehe,, ayo pakai batik sesering mungkin,, batik sekarang juga sudah modis2 lho…πŸ˜€

  33. Kang bisa nitip salam sama mbak yang mbatik di foto paling atas ora?heheh

    sip… maju terus batik Salem dan juga batik Indonesia lainnya

    1. nitip salam kang? Wani piroooo??? hahahah

      siiaaappp,,, batik indonesia harus jaya di jagad raya ini…πŸ˜€

  34. mbalik maneh Kang.. krang semangat… Jaya Budaya Indonesiaaaaa….!!!!

    1. huwahahha,,, jaya di darat laut dan udara kang… !!!!

  35. Om, itu gimana bisa postingannya backsound musik tradisional? Gimana caranya?

    1. hihih, ntar ya tek kasi tau caranya..πŸ˜€

  36. Saya termasuk penggemar batik, maka saya senang sekali membaca postingan Mas Mabruri ini. Makasih banyak ya, Mas, semakin bertambah nih pengetahuan saya tentang batik berkat Mas Mabruri.

    Ohya, Mas, sebenarnya saya mau ngasih kabar tentang award untuk Mas Mabruri. Tapi, sudah keduluan Mas Mabruri mampir ke blog saya. Makasih banyak ya, Mas. Sungguh, saya telah belajar banyak dari Mas Mabruri. Semoga tali silaturahmi kita semakin terjalin dengan erat ya, Mas. Allahumma amin.

    1. sudah saatnya potensi2 daerah yang masih terpendam harus diangkat ke permukaan untuk dikenal khalayak pak..
      apalagi yang mengenai budaya bangsa kita…

      sama2 pak,, terimakasih atas apresiasi yang telah bapak berikan,, dan saya juga senang karena bisa dapat banyak ilmu juga dari bapak. aamiin , semoga silaturahim ini diberkahi Allah SWT… aamiin

  37. Saleum
    iya bang, saya baru kali ini dengar nama batik salem, semoga batik tetap menjadi lahan potensial sebagai ciri bangsa ini.
    saleum dmilano

    1. siippp bang,,,
      barangkali di Aceh juga punya corak batik tersendiri bang?πŸ˜€

      salaam

      1. ada bang, yang terkenal corak batik pinto aceh. laris manis dipasaran.
        saya sudah koleksi 3, abisnya saya suka
        saleum

      2. hehehe,,
        batik emang menarik hati untuk memilikinya..

        salaam

  38. waaaah,,,, mau punyaaπŸ˜€

    1. tuh tinggal ambil…πŸ˜€

  39. Bagus banget corak batiknya, tak kalah dengan batik Solo apalagi batik China..
    Btw ngomong-ngomong batik, klo dicuci luntur ga kainnya Mas, biasa kan batik kain klo dicuci pertama sering luntur…

    Oya klo main ke blogku tolong bantuin klick iklannya dong Mas ya.. hihi.. makasih sebelumnya…

    1. batik indonesia kaya akan corak .πŸ˜€

      luntur sih kayanya tergantung perawatannya ya… heheh,,, selama ini sih yg saya pake ga luntur…

      hehhe,,, oke deh,, sama2, makasih kembali.

  40. benar2 luar biasa, bisa mengkreasi dengan aneka macam motif batik.
    ini baru satu daerah di Salem saja ya Ruri
    negeri kita memang negeri yg kaya akan budaya juga kreativitas anak bangsa yang luar biasa.
    Gak heran batik akhirnya menjadi warisan budaya negeri kita yg diakui oleh UNESCO.
    salam

    1. iya bunda, itu masih di daerah Salem dan sangat disayangkan seandainya kurang dipromosikan ke khalayak, karena batik salem merupakan aset budaya bangsa juga…
      Bener2 harus bersyukur sebagai bangsa Indonesia, karena kaya akan budaya dan juga masyarakatnya yang penuh kreatif

      salaam

  41. satu lagi keanekaragaman batik indonesia…..
    waaaaah….. motif-motifnya mas, bagus2 dahπŸ™‚

    1. mau mau mau?? heheh,,,

      batik memang milik Indonesia..

  42. Wow…baru tahu saya jenis batik yg ini Mab, tengkyu ya, jadi nambah ilmuπŸ˜‰

    1. ya ya,, memang belum setenar balik pekalongan, solo dsb bun…
      tapi mudah2an bisa menembuh pasar nasional & internasional..πŸ™‚

  43. Wah … ini benar benar adi luhung. Slm kenal mas …

    1. adiluhung, kekayaan budaya bangsa…
      salam kenal juga.. makasih sdh singgah di sini..

  44. Mao nonton pidionya tapi koneksi lemotd banget nichh mass..πŸ˜₯

    1. heheheh,,,,,,,, sabar, tunggu saat koneksi lancar…πŸ˜€

  45. Soal batik, saya dukung penuh biar ‘ngga lagi2 kecolongan’
    Tapi, karena banyaknya jenis batik maka sayapun bingung beli batik yang pas buat sayaπŸ˜€

    1. hehehhee.. mslah colong2an mudah2an ga akan terjadi lagi selagi kita mau menjaganya dengan baik…

      heheh,, kalau bingung semuanya aja bang..πŸ™‚

  46. Ih coraknya bagus banget, kapan-kapan mau dong diajak ke Salem.
    Salam kenal yahπŸ™‚

    1. hayooo mampir ke salem…

      salam kenal juga

  47. Selamat pagi. Omong2 mengenai batik saya kadang berpikir di setiap daerah di Indonesia pasti punya batik khasnya, mungkin beberapa daerah belum tereksplore dengan baik, seperti batk salem ini…

    Nyatanya setelah kita lihat? Batiknya oke banget…perlu diajari Internet Marketing nampaknya…

    Salam hangat dari Malang

    1. Pagi juga mbah….
      Iya, kayanya setiap daerah memiliki corak batiknya masing2 dan jika bisa dikembangkan sudah pasti budaya batik indonesia akan menjadi semakin kaya.

      heheh,, iya, ntar suruh belajar sama mba tentang internet Marketingnya…πŸ™‚

      salaam

  48. motif dan corak nya gak kalah bagus nya dengan batik-batik ternama, v sukak yang kopi pecah nya, abstrak , namun memiliki seni, indah dipandangπŸ™‚

    boleh ne mas, kalau v mau bisa dipesan atau ada pasaran khusus yang menjualnya?

    1. hehehe,,,,,
      boleh2,,, ntar tek cari info pemasarannya dulu..πŸ˜€

  49. baru tau ada batik salem. hehehe
    motifnya juga ga kalah keren dibanding yg laenπŸ˜€

    1. yups, batik asli daerah yang mencoba untuk berkembang..
      semoga saja bisa..πŸ˜€

  50. Salam Takzim
    Kunjungan pagi sambil milih milih corak bang, siapa tau cocok kalau cocok kan bisa pesen hehehe
    Salam Takzim Batavusqu

    1. silakan bang dipilih dipilih, bungkuss..πŸ˜€

      salaam

  51. saya suka banget pake batik
    sebagian motifnya juga punya yang di atas

    1. sama mba,, saya juga suka ko pake batik…

  52. memang sesungguhnya indonesia itu kaya akan budaya yaa…
    semoga batik ini tidak diakui negara orang lagi………….

    1. hohoh,, hari gini masih maen ngaku2? ga kreatip banget…πŸ˜€

      mudah2an terjaga kelestariannya mas..πŸ™‚

  53. kirimin satu dong MabπŸ™‚
    # betapa kaya budaya Indonesia ya.

    1. hihihiih,,, nanti bu kalau saya sudah jadi juragan……πŸ˜€

  54. Wah saya baru tahu Batik Salem ini mas..

    1. brarti sekarang sudah jadi tau kan??πŸ˜€

  55. Salem juga ada batik toh Mas?
    Salem itu tetanggan dengan rumah Mbah saya. Mbah saya di Majenang.
    Tapi ampun bahasa sundanya lucu pisan.hehehe

    1. heheh, ada dong.. kaya akan budaya lah pokoknya…

      heehe,, begitukah? emang salem itu sundanya sunda pinggiran…πŸ˜€

  56. Setiap daerah memiliki ciri khas batik masing-masing. Bangga pada kekayaan seni budaya Indonesia.

    1. betul bu, mungkin masih banyak sekali motif2 batik yang belum tereksplor..

  57. wah, ternyata buanyak ya pengrajin batik di Indonesia, setau saya cuma batik2 yang udah populer, kayak solo, jogja, kalimantan, sumatera, hehehe.

    1. heheh,,, kayanya hampir tiap daerah punya motif batik sendiri2. cuman belum tampil di khalayak saja..πŸ˜€

  58. whuaa… matanya langsung ijo liat batik tulis cantik…

    1. hihihh,, mata saya tetep hitam putih bu…πŸ˜€

  59. Besok2 nek aku balik, insy tek borong

    1. heheheh,, monggo pak… persediaan msh banyak …πŸ˜€

  60. jadi semakin banyak pilihan batik nya….πŸ™‚

    1. maka semakin bingung mau milih yang mana

  61. kaya sekali ya budaya indonesia..setiap tempat ada batiknya..^^

    1. betul, setiap daerah punya batik dengan motifnya masing2..

  62. Mari kita lestarikan batik di indonesia…

    1. marii, jangan sampai ntar diakui sama yg lain..πŸ˜€

  63. aku suka batik juga mas, tapi kok di mall harganya mahal ya, sedangkan batik luar lebih murah ,, aneh kan ..πŸ™‚

    1. harga mall mah ya sudah pasti mahal, kalau mau murah langsung ke TKPnya aja..πŸ˜€

  64. batik salem cakep motif dan warnanya ..

    salamπŸ™‚

    1. hehehe,,, ciri khas tersendiri uni…πŸ˜€

  65. Ternyata hampir di setiap wilayah punya ciri khas batik sendiri, walau yang paling identik dengan batik adalah kota Solo.
    moga2 aja masih tetep lestari, apalagi sudah ada hari batikπŸ™‚

    1. iya,,
      mungkin karena kurangnya promosi dan modal tentunya, jadi kurang dikenal oleh masyarakat luas…
      yg penting harus tetep lestari dan harus berkembang..πŸ˜€

  66. Banyak banget ya ragam batik. Di tiap daerah ada ciri khas batik masing2. Kalau di daerahku sudah pasti corak kalimanan sangat mendominasi dari baju batik tsbπŸ™‚

    1. heheh,, pastinya,,
      apapaun corak dan motifnya, batik harus tetep terjaga kelestariannya karena itu kekayaan bangsa…

  67. Batiknya cakep-cakep sekali mbak….
    Mahal pasti ya, sesuai dengan kecakepannya.

    1. wewww,,, mimpi apa saya tadi, ko tiba2 dipanggil mbak…. hihihiih….πŸ˜€

      harga sesuai dengan tingkat kecantikan dan keruwetan pembuatannya bu..πŸ˜€

  68. wahuh cantik tenan ni batik.. mau doonk :0

    1. monggo ditumbas…πŸ˜€

  69. berapa harganya ya? udah ada yang nanya ya. saya suka motif batik teratai. merahnya saya banget. pengen bisa liat2 ke sana

    1. harganya diatas 100 rb-an….
      hayo datang & liat2 langsung di Salem..πŸ˜€

  70. klo batik salem sih sy sepertinya pernah denger…
    eh bukan ding. yg pernah denger Batik LASEMπŸ˜€
    tapi emang kedua2nya g terkenal sihπŸ˜€ :p
    hehehe
    klo dibandingin Solo-Yogya-Pekalongan
    tp wajar sih krn memang jauh dr keraton

    tp anehnya kota Batik malah pekalonganπŸ˜€

    1. hehehe,,,
      makanya itu mas, batik salem lagi berjuang agar bisa menjadi sama terkenalnya dengan batik Solo, Yogya or Pekalongan..

      iya yah, kenapa kota batik itu Pekalongan?? sejak kapan penentuannya?πŸ˜€

  71. tidak tahuπŸ˜€

  72. menambah pengetahuan tentang BREBES. thx. nice postπŸ˜€

    1. makasih makasih

  73. […] Bukit (2) ini merupakan kelanjutan dari cerita tentang Batik Salem yang sudah pernah saya tuliskan sebelumnya. Bila belum membacanya, silakan masuk ke sini. Sebagai warga Brebes tentunya sangat bangga terhadap […]

  74. misii,, omm,,, foto2nya ta download yaaa,, buat tugassss hhee,, ga sempett fotoo ke daerah bentarr
    makasihhhhhhhhhhh :DDDDDDDDDDDDD
    *makasih juga buat artikelnyaaaa,, membantu sekalii hheeπŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: