BREBES (yang tak lagi) BERHIAS

Sahabat, dulu kata nenek moyang kita, Indonesia dikenal sebagai sebuah negeri yang subur. Bisa dikatakan Indonesia adalah Syurganya dunia. Tanaman apa saja bisa tumbuh di sana. Bahkan, tongkat dan kayu pun, bisa tumbuh jadi tanaman yang subur.

Namun sekarang, seiring dengan berkembangnya zaman, rasa-rasanya hal itu tidak melekat lagi di negeri ini. Tanah jadi gersang dan tandus. Tiada lagi tongkat dan kayu yang tumbuh jadi tanaman yang subur. Yang ada, bencana demi bencana terus menghantui negeri ini.

Saya sendiri merasa prihatin dengan keadaan di lingkungan saya sendiri. Sebagai warga Sirampog dan juga Brebes dengan slogan BERHIASnya, kini seakan tak lagi mencerminkan slogan yang dibanggakan oleh masyarakat Brebes. Yups, BERHIAS, Bersih, Hijau, Indah, Aman dan Sehat.

Dari kata Berhiasnya saja, seharusnya kita sudah bisa membayangkan, betapa nyamannya bisa hidup di wilayah tersebut.

Bersih, siapa sih yang tak ingin hidup di lingkungan yang bersih? Semua orang pasti menginginkan hidup yang bersih, baik itu kebersihan pribadi maupun juga lingkungannya.

Hijau, dilambangkan untuk menggambarkan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Siapa orangnya yang tak betah hidup di lingkungan yang rindang, penuh kesejukan karena banyak pepohonan yang tegar berdiri menyegarkan lingkungannya.

Indah, dengan tatanah kota dan desa yang indah, sudah pasti akan membuat merasa nyaman penghuninya.

Aman, sudah jelas, setiap orang pasti akan tenang dan nyaman jika tinggal di suatu wilayah yang aman, terbebas dari segala gangguan-gangguan, baik itu gangguan yang datangnya dari dalam masyarakatnya maupun juga gangguan dari alam.

Sehat, kalau dari lingkungannya sudah bersih, sudah pasti wilayah itu akan menjadi sehat, karena jauh dari jangkauan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

Sungguh suatu tatanan hidup yang sangat didambakan hususnya oleh warga Brebes sendiri. Namun kenyataannya yang ada sekarang, Berhias seolah hanya sebagai slogan semata. Orang seakan tidak lagi mau mengerti akan makna Berhias itu. Tatanan hidup yang bersih, hijau, indah, aman dan sehat sekarang sudah jauh dari harapan.

Hutanku yg malang

Bagaimana tidak? Sampah-sampah berserakan dimana-mana, air sungai tercemar, banyak sampah di selokan, udara yang tercemar oleh asap rokok ataupun asap kendaraan bermotor, hutan yang gundul, kriminal juga mulai meresahkan warga. Masyarakat sebenarnya sadar, namun mereka seolah menutup mata akan hal itu. Tidak peduli dengan keadaan yang seperti itu.

Banjir karena meluapnya air sungai

Sehingga tak heran, sekarang di Wilayah Brebes, tak hanya di daerah dataran tinggi saja, namun hampir semua wilayahnya merata merasakan dampak dari rusaknya lingkungan ini. Longsor yang kerap terjadi jika musim hujan tiba, banjir akibat meluapnya air sungai juga kerap mengancam kenyamanan masyarakat.

Sakalibel

Akankah semua itu dibiarkan begitu saja?? Apakah hanya pasrah pada keadaan yang demikian? Tidak! Semua itu bisa diatasi jika kita bersama-sama menjaga dan mengembalikan lagi keseimbangan lingkungan kita. Memang semuanya itu tak cukup hanya dengan kata-kata, namun harus dengan tindakan. Melalui momen hari lingkungan hidup ini, marilah kita mulai lagi membangun lingkungan yang seimbang, kita jaga lingkungan kita, hutan yang telah gundul kita adakan reboisasi, setelahnya kita jaga dan rawat sehingga nanti hutan itu juga yang akan menjaga kelangsungan hidup kita.

Malahayu

Jangan sampai anak cucu kita nanti, hanya kebagian cerita akan indahnya hutan saja, tapi mereka juga berhak untuk merasakan langsung suasana hutan ini. Menikmati kicauan burung-burung menyambut sinar mentari pagi, atau juga bermain-main dengan bidadari-bidadari di Curug Putri, bersampan ria di Waduk Penjalin dan Waduk Malahayu. Jadikan Bumiayu sesuai dengan namanya, bumi yang ayu. Sehingga orang-orang akan merasa nyaman jika berada di Bumiayu.

Bersamaan dengan momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, semoga BERHIAS tidak lagi hanya sebagai slogan semata, namun bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Brebes bisa bangga menyandang BERHIAS, sehingga akan membawa dampak yang baik untuk Brebes sendiri hususnya, untuk Indonesia dan juga untuk Bumi ini.

Mari kita bersama-sama, mulai dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan dimulai dari sekarang, jaga lingkungan kita masing-masing, jangan ganggu keseimbangan dan kelestariannya. Buang sampah pada tempatnya, usahakan jangan merokok & gunakan kendaraan bermotor seperlunya saja…

Hijau

Go Green… !!!

Rasa terimakasih saya sampaikan kepada bang alam, yang telah memberikan tantangan kepada para sahabat blogger untuk memosting tulisan bertemakan tentang lingkungan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup. Mudah2an tulisan ini bukan hanya sebatas untuk menyanggupi tantangan bang alam, tetapi juga sebagai wujud rasa peduli kepada lingkungan. Mudah2an juga dengan adanya tantangan tersebut, dapat membuka mata hati kita untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan di sekitar kita, karena dengan lingkungan yang terjaga dengan baik, pasti hidup juga akan menjadi indah.

Sumber gambar: Koleksi pribadi &Β  Sakalibel, Malahayu, Taman Dlingo, Banjir

112 comments

  1. wah sudah jadi ya mas tulisannyaπŸ™‚
    go greeen, mari hijaukan bumi kita ..

    1. go greeeeennn..
      bumi ini harus jadi lebih indah lagi..πŸ™‚

  2. Terima kasih telah menjawab “Tantangan untuk Para Blogger”.

    dengan partisipasi kita bersama (seluruh penduduk Indonesia) bukan hanya Brebes yang akan BERHIAS, namun semua kota dan daerah di Indonesia juga. Dan partisipasi seluruh penduduk itu hanya bisa dimulai dari satu orang; diri sendiri.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya (alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/)

    1. siaapp bang,,,
      semoga akan membawa perubahan lebih baik buat bumi kita ini..

  3. Saleum,
    sepertinya ikutan tantangan kang Alamendah ya bang? tulisannya sudah bagus dan gak bosan ngebacanya…
    saleum dmilano

    1. makasih bang,,,,
      smoga saja bisa bermanfaat buat kita semua untuk mewujudkan lingkungan hidup yang indah…

      salaam

  4. Oooooh, Brebes…. saya ingat bawang merah dan telur asin.πŸ™‚

    1. kok sama ya Sop, ingat Brebes , ingat bawang merah dan telor asinnyaπŸ™‚
      salam

    2. idem asop ma bunda.. halaah ikut2an

      1. hihihihihi,,
        ternyata sudah pada paham kalau Brebes identik dengan Telur Asin dan Bawang Merahnya…

        Besok2 saya posting deh tentang telur asin dan bawang merahnya..

  5. Selamat Hari Lingkungan Hidup,dan jadikan setiap hari adlah hari lingkungan hidup

    1. setuju sekaliii, setiap hari adalah hari lingkungan hidup..πŸ™‚

  6. semoga pemda setempat lebih berhias ya mas

    1. aamiin,, mudah2an seperti itu, bukan aparat pemdanya saja, namun seluruh masyarakatnya juga….πŸ™‚

  7. shanushy0809 · · Reply

    semoga kesadaran akan pentingnya lingkungan
    berada di semua insan
    hijaunya alam, sejuk dimata
    tentram dihati

    1. iya setuju sekali,,,
      betapa penting sekali akan lingkungan yang baik, semuanya itu juga nanti akan membuat kelangsungan hidup manusianya menjadi indah..

  8. Fikriyansyah · · Reply

    semoga kita bisa menjaga n merawat bumi kita y mas. ngomong2 itu bukit di fotonya kok ada kyk jmbulan/ pntolan gitu y.. pentolan apa tu di atas bukit. hehe

    1. mudah2an mas,,
      hehehe,, nah itu keunikan bukit itu mas,, orang2 sekitar menamainya bukit mangkok, karena bentuknya kaya mangkok tengkurep..πŸ˜€

  9. Bumi juga butuh cinta..

    Selamat HLHS 2011 Mas Mabruri

    1. cintaku juga harus terbagi untuk bumiku kang…πŸ˜€

      selamat HLHS juga, semoga bumi jadi lebih baik…

  10. hijaukan pesisir Brebes dengan mangrove, supaya angin lautpun terasa sejukπŸ™‚

    1. hihihihi,, betul sekali itu mas,,,, pantura harus ditanami mangrove juga..πŸ˜€

  11. […] Mabruri Sirampong (17.56); BREBES (yang tak lagi) BERHIAS […]

  12. wah kereenn mas tulisannya sudah mengkuti tantangan blog alamendah..hehe
    Saya juga mu buat ahπŸ˜€

    1. heheh,, bukan saja hanya sekedar tantangan, tpi mudah2an akan membawa kebaikan buat bumi kita ini.πŸ™‚

      ayoo ikut berpartisipasi..

      1. Iya mass,,ini mau bkin,…minimal posting H+2 kan mas?

  13. selamat hari lingkungan hidup ruri,
    semoga Brebes tetap BERHIAS
    (wah ada backsoundnya juga…dengar dulu ah)

    1. aamiin,,, mudah2an bun, Brebes kembali menjadi Berhias…

      hehehe,,,, backsoundnya lgi ndongeng..πŸ™‚

  14. Pembangunan terkadang memberikan kenyamanan dan merupakan kebutuhan
    ada sisi negatif yang menjadikan kita rindu pada masa lalu yang hijau

    1. yups,,, tpi alangkah baiknya jika pembangunan juga memperhatikan kondisi lingkungan…

  15. kasus yang sama dengan tempat saya……

    semoga kembali BERHIAS…. agar anak cucu nanti bisa menikmati

    1. bahkan hampir di seluruh wilayah Indonesia mas…

      mudah2an mas, Berhias kembali terwujud…

  16. selamat hari lingkungan hidup…
    mari segarkan kembali bumi ini ….

    1. mariii,,, buang sampah pada tempatnya yaah..πŸ˜€

  17. brebes berhias, kabupaten pekalongan beriman.. ^^
    panturanya tak terlihat…???

    1. heheheh,,,,,,
      pantura sih mana yah??πŸ˜€

      1. o iya, jauh dari kota ya?πŸ˜€

      2. hahaha,,,, nggunung aku mas… ;))

  18. Selamat Hari Lingkungan Hidup Se Dunia …
    Ever Green … Efery Day … πŸ™‚

    1. yups, setiap hari harus menjaga lingkungan

  19. Wah mas mabruri berpartisipasi jugaπŸ˜€
    Ayo mas, selamatkan bumiπŸ˜€

    1. ayoo,,, selagi masih ada kesempatan, berbuat lah untuk kebaikan bumi kita ini…πŸ™‚

  20. tapi yang berhenti merokok itu, sepertinya masih sulit dilakukan mas😦
    But semuanya pasti dapat terwujud bila kita saling bahu membahau menjaga bumi ini. Go greenπŸ˜€

    1. yups, susah untuk menghentikan rokok,,,,
      tp semoga saja dengan adanya even ini, bumi akan kembali menjadi lebih baik lagi

  21. klo dulu gunung terlihat pepohonan namun sekarang gunung2 terlihat tanah, seolah2 telanjang……….. mari kita jaga alam negeri ini…

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. bener mas,,, baju mereka pada dilucuti secara paksa…πŸ˜€

      salaam juga

  22. Agung Rangga · · Reply

    duh, ayo kita hijaukan seluruh wilayah indonesia…πŸ˜€

    1. mariiii,,,, Indonesia harus kembali subur ..

  23. Pernah ke Brebes, makan kepiting soka sama udang bakar madu,,, enaknya… jadi kangen ke Brebes lagiπŸ˜€

    1. hihihi,,,, ayolah ke Brebes, deket inih..πŸ˜€

  24. Go green ……
    Go BERHIAS BREBES…..

    1. siaaappp, insya Allah mas, semoga bisa terwujud Brebes yang Berhias

  25. Mari kita jaga lingkungan kita agar menjadi bersih dan nyaman

    1. yups, karena dengan bersih dan nyaman, akan membuat betah.πŸ˜€

  26. wuah wuah wuah,,
    Ternyata bukan cuma Bandung ya yg sekarang KOTA (tak seindah) KEMBANG..

    1. hehehe,,, entahlah,,, slogan2 itu hanya sebatas slogan saja sekarang…

  27. Sebagian masih berhias Kang. Banyumas pun begitu.

    1. ya ya ,, mudah2an bisa seluruhnya Berhias kang..πŸ™‚

  28. Bukan hanya di daerahmu saja lho kerusakan lingkungan itu telah terjadi. Hampir diseluruh tempat di indonesia mengalami hal yang sama. Begitupun dengan di Kotaku Samarinda. Apabila musim penghujan, bisa dipastikan banjir dimana-mana. Ini mungkin karena semakin pesatnya pembangunan ruko dan mall yang tidak memperhatikan amdal

    1. betul mas,, mengatasnamakan perkembangan zaman namun tidak memperhitungkan dampak terhadap lingkungan..

  29. Maaph nich kalo ga’ nyambung dengan artikelnya tapi ada award nich buat sobat mampir SINI yach..

    1. award?? ke TKPeeeeee

  30. Semoga bisa berhias lagi seperti sedia kala…

    amienndd..

    1. aamiin,, mudah2an seperti itu..πŸ™‚

  31. slogan yg indah..smga kembali sprti semesti’a.. N mari jaga lingkungan hidup kita agar tetap hijau..hehee

    1. akan lebih indah jika slogannya bisa diterapkan dalam kehidupan masyarakatnya mas…

      ayo jaga bumi ini..πŸ™‚

  32. Kadang pemda kota hanya bikin slogan mentereng, tapi perencanaan dan pelaksanaan jauh panggang dari api.
    Semangat…go green.
    Salam

    1. yups,,,
      saya rasa sih bukan hanya tanggung jawab pemda saja, tapi semua lapisan masyarakat…
      semangat go green..

  33. Hidup diperkotaan,apalagi tinggal digang2 sempit,Berhias sudah jadi kata2 asing..dulu sempat ditinggal didaerah pegunungan,subhanallah,sudah 4 thn lebih meninggalkannya,namun tak bisa melupakannya dn takkan terlupakan,keindahan alamnya dn keindahan budi pekerti penduduknya. Sangat jauh berbeda dgn hidup diperkotaan.

    1. iya bu… dan semoga saja, perkampungan tetep asri tidak terpengaruh oleh pembangunan2, perkampungan tetep harus ikut perkembangan zaman, namun harus tetep terjaga kelestarian lingkungannya…

  34. Sedih ya kalo lihat hutan gundul dan tandus gituπŸ˜₯
    Smoga brebes kembali cantik berhias

    1. lebih sedih lagi karena tidak bisa berbuat apa2 untuk mengembalikan hutan yang rindang seperti dulu…😦

      aamiin, semoga bisa segera terwujud bu…πŸ™‚

  35. lingkunganku surgaku, mari bersama-sama kita selamatkan lingkungan alam di bumi tercintaπŸ™‚ . wong brebes ya mas, pesen endog asin ya masπŸ™‚ hehehe

    1. mari kita jaga bumi kita ini..πŸ˜€

      hehehe,,,, pesen endog y mas? Wani Pirooo??πŸ˜€

  36. dulu, 14 tahun yang lalu, suka lewat brebes kalau mau ke pemalang, tapi cuma lewat saja. seperti biasanya kota-kota yang di jalur pantura, brebes memang ramai dilewati kendaraan. kuharap dengan adanya penghijauan, polusi bisa diminimalisir.

    1. iya pak, itukan jalur utama, jadi ya sudah pasti polusi udara sangat besar di situ….
      mudah2an lah bisa terealisasi untuk meminimalisasi polusi udara…

  37. wah belum pernah nich liat kota Brebes, pasti sejuk dikota itu yah !

    1. heehhehe,, tapi tak sesejuk dulu mas..πŸ˜€

  38. foto-foto Kang Ruri memang mantaps
    semoga menginspirasi kita semua
    untuk lebih mencintai lingkungan hidup kita
    selamat hari lingkungan hidup

    sedj

    1. sama2 pak,,
      semoga even ini menjadikan kita lebih peduli pada lingkungan kita masing-masing…

      salaam

  39. jarwadi · · Reply

    tongkat kayu dan batu jadi tanaman, barangkali kata kata pencuci otak yang diucakan oleh Belanda, agar kenapa? agar bangsa kita terlena apa apanya mereka kuras habis habisan, hehehe

    1. hehehe,,,,, bisa jadi seperti itu..πŸ˜€

  40. wah, saya kira-kira untuk partisipasi hari lingkungan mau nulai atau pasang gambar apa ya?πŸ˜€

    Brebes, aku selau berpikir brebes itu panas, tapi kayanya letak sirampog itu dideket gunung ya..πŸ˜€ Suka foto kereta api…

    1. ah,, kalau mas Prim bagusnya pasang poto aja mas,, tulisan sudah banyak sih..πŸ˜€

      Brebes emang panas mas,, karena letaknya di pantai utara,,, wilayah brebes itu ada yang dataran rendah dan juga dataran tinggi, nah Sirampog itu termasuk yg di dataran tinggi, di kaki bukit gunung Slamet tepatnya…πŸ™‚

  41. Kita hanya suka menikmati dan merusaknya ya kang??? sedih…tapi yakin, dari sekian banyak, masih ada yang peduli salah satunya akang…semoga kita semua semakin sadar akan jeritan lingkungan kita yach

    1. heheh,, semoga aja banyak orang yang peduli lagi setelah even ini bli…..
      sehingga lingkungan kita kembali asri, enak buat ditempatin..πŸ™‚

  42. selamat hari lingkungan hidup,,
    semoga brebes berhias kembali>>>

    1. sama-sama, mari ktia jaga lingkungan kita..

      aamiin, mudah2an Brebes kembali Berhias..

  43. mantep tuh. alam memang bisa jadi pemikat orang lain. sama kyak di kabupaten saya ini. indah permai, tapi udah banyak yang diinvestor warga asing

    1. heheh,, makanya perlu kesadaran lagi untuk menjaga kelestarian alam..πŸ™‚

  44. Buat semua semua ditunggu tindak lanjutnya mulai dari diri sendiri, bukan sekedar semangat sesaat berkaitan dengan hari lingkungan hidup. Semangat

    1. laksanakaan…..
      semangaaaatttt..πŸ™‚

  45. kalo kota Cirebon slogannya BERINTAN (bersih indah tertib aman) tapi ya sama-sama aja, cuma jadi slogan doang tanpa kenyataan.

    1. hohoho,,, slogan hanya sekedar jadi slogan yah sekarang,,
      tpi mudah2an makin banyak orang yang sadar, sehingga slogan itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

  46. Ayo Brebes BERHIAS lagi dong… Lestarikan alam kita…

    1. ayolaah,,,, smoga saja bisa terealisasi ya… πŸ™‚

  47. Brur, emang sampeyan ketemu sm nenek moyang ente?
    wealah. jangan2 ente ni kakek moyang ye?πŸ˜€

    Kalo kate pak kyai, penyebab tanah jd gersang dan lain2 itu krn tanahnya sdh tdk memberkahi

    krn rakyat atau pemimpinnya tidak mau tunduk pada Allah atau tidak beriman. Jarene gitu Om… Cock ra kiro2?πŸ˜€

    Dan kurasa tdk hanya BREBES kok yg gitu..
    dimana2 jg hampir sama

    Jadi Go Green saja kayaknya kurang cukup nhi Wan..
    kudu Go Green fisik dan Go Green hatiπŸ˜€

    1. heheheh,,,, tuwa banget dong saya mas….πŸ˜€

      setujuuuuu,,, jalan dari Allah sudah pada dihiraukan…
      dan setuju sekali dengan adanya pembersihan hati juga…πŸ˜€

      1. hahahahahahaha
        ora gur tuwo
        tp bangettttt

        Sory kang, sy lg sempet main ke sini..
        lg mumet ndasku nyiapke RUPS
        jadi belum sempet BW-BW
        sempetnya br nge-posting

  48. banyaknya comment di blog ni tanda empunya rajin silaturahmi…:)

    1. alhamdulillah,,, dengan rajin silaturahmi, tentunya juga akan mendapat balasannya…πŸ˜€

  49. Mechta · · Reply

    Go Green! Wah..pic malahayunya keren…πŸ™‚

    1. hihihihi,,,,,tp ga pengen njebur kan???πŸ˜€

  50. kepedulian kepada lingkungan sudah seharusnya dimasukan kedalam kurikulum sistim pendidikan nasional, tetapi hal itupun masih belum cukup ampuh untuk mencegah penjarahan dan perusakan hutan.

    pemerintah daerah dan pemerintah pusat dituntut untuk lebih pro aktif terhadap kelestarian lingkungan, diantaranya adalah penegakan hukum, tata lingkungan yang green oriented, serta banyak tindakan nyata lainnya.

    1. setujuu sma mas Giy,,
      semoga saja semua pihak bisa bekerja sama dengan baik untuk menata kembali lingkungan2 yang telah rusak…

  51. Semua punya slogan…

    Magelang Gemilang…

    1. iyaa,, tpi cuma skedar slogan ajaa..😦

  52. nurut saya slogan tioap kota itu ada unsur politisnya kok Kang.. yah dalam rangka dulu pas rame-ramenya masing-masing kota untuk menyabet Adipura.. tapi bagus juga kok, meski terdengar ada unsur pamrih, tapi setidaknya kita sudah mau berbuat sesuartu bagi kota kita…. semoga Brebes bisa menjadi kota yang benar-benar BERHIAS

    1. oowwh gitu toh kang,,,
      ya semoga saja sih sekarang masyarakatnya sadar sehingga mau menjalankan slogan itu dalam kehidupan sehari-hari

  53. kayanya di tempat saya juga gitu deh.. kalau ada kontes adipura aja pasti pada giat bersih-bersih biar menang piala wkwkw..
    cirebon aja panas banget niih..

    1. hahahah,,,,,,
      biasalah kalau seperti itu, baru bertindak kalau ada maunya…..
      apalagi deket laut ya kang..πŸ˜€

  54. keren mas bro……

    sepisan pisan nganggo bahasa “ngapak” ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: