Suatu kali saat di Portugal

Sahabat semua….

Sahabat pasti sudah tau yang namanya Portugal. Ya negaranya si Rui Costa itu lho, atau kalau yg sekarang ya negaranya si CR7 Ronaldo. Tapi apakah diantara para sahabat sudah ada yang pernah ke Portugal??πŸ˜€ Kalau sudah ada yang pernah ya syukur alhamdulillaah, kalau belum ya mudah2an suatu saat nanti bisa ke sana. Aamiin..πŸ™‚

Kali ini, saya juga akan bercerita tentang suatu kali perjalanan saya ketima melakukan perjalanan di Portugal. Widiiihh, ga nyangka yah saya pernah ke Portugal. Beneran apa nggak nih? Mabruri mah biasanya bohong…πŸ˜€

Tenang saudara-saudara… Jangan emosi dulu. Memang benar saya pernah melakukan perjalanan ke Portugal. Tapiiii….. Portugal yang ini bukanlah Portugal negaranya si Ronaldo itu, hehehe,,, Portugal yang saya maksud di sini adalah Purwokerto-Tegal disingkat Portugal. Hehehe,,, ya ga beda jauh sama Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi yang dikenal dengan Jabodetabek gitulah.πŸ˜€ Nah kalau Purwokerto-Tegal pasti sahabat juga banyak yang sudah tau kan?

Jadi ceritanya begini, saat saya sedang melakukan perjalanan ke Tegal dengan naik bis jurusan Purwokerto-Tegal, di dalam bis ini saya mendapat suatu nasehat yang menurut saya sangat bermanfaat buat saya. Nasehat itu berasal dari syair sebuah lagu yang didendangkan oleh seorang pengamen.

Awalnya sih saya cuek saja sama pengamen2 yang silih berganti di bis itu. Tapi ketika mendengar syair-syair yang dia nyanyikan, saya langsung tertegun dan dalam hati berkata, wah, indah banget ni lagunya. Nasehat yang terkandung dalam lagunya luar biasa.

Akhirnya saya perhatikan dengan seksama lagu yang dia bawakan sampai selesai dan saya coba inget-inget lagi setiap baitnya, dan coba untuk saya hafalin juga. Baru kali ini rasanya saya baru mendengar syairan yang seperti ini. Syairan tentang kematian. Mengingatkan kepada setiap manusia bahwa suatu saat pasti akan menjumpai yang namanya mati. Itu yang membuat saya tertarik dengan lagu dari pengamen itu.

Hingga akhirnya ketika sudah berada di rumah, saya masih saja terngiang2 dengan lagu itu. Sedikit-sedikit sih masih ada bayangan tentang syairnya. Saya berkemaun keras ingin sekali menemukan lagu itu. Sampai akhirnya mbah google terlintas dalam pikiran saya. “Oh ya, coba masukin aja kalimat dalam syair itu di mbah google, siapa tau ada”. Begitu saya ketikan beberapa kalimat dari lagu itu di mbah google, dan alhamdulillaah ternyata memang ada. Betapa girangnya saya… *jejingkrakan…πŸ˜€

Langsung saja saya cari sumber aslinya, dan ternyata lagu itu adalah lagu syairan jawa yang berjudul Kelayung-layung yang dibawakan oleh Bugiakso.Β  Ooh, ternyata kelayung-layung toh, apakah sahabat sudah pada tau??Β  Kalau iya, brarti saya dong yang ketinggalan, hehehe.

Nah sejak saat itu, saya jadi sering sekali mendengarkan lagu itu. Karena selain enak di dengar oleh telinga Jawa,πŸ˜€, nasehat yang terkandung dalam lagu ini juga sangat bagus sekali. Apalagi kalau dijadikan musik pengantar tidur.. Beuuh, bisa langsung trenyuh hati ini dan bisa saja mengeluarkan air mata kalau bener2 meresapinya.

Daripada penasaran, mending langsung saja saya kasih liriknya buat para sahabat. Liriknya berupa bahasa Jawa, jadi bagi yang tidak tau bahasa Jawa, bisa belajarlah ya… hehehe…. dan backsound postingan ini adalah lagu yang saya maksud itu…πŸ˜€ Kelayung-layung.

Kelayung-layung
Β 
Ana tangis kelayung-layung
Tangise wong kang wedi mati
Gedhongana kuncenana
Yen wis mati mangsa wurunga
Β 
Ditumpakke kereta Jawa
Rodane roda manungsa
Ditutupi ambyang-ambyang
Disirami banyune kembang
Β Duh Gusti Allah
Kula nyuwun pangapura
Ning sayange wis ora ana guna

Saya jelasin sedikit mengenai lagu ini, bahwa inti dari lagu ini adalah menceritakan tentang kematian. Bahwa ketika kematian menjemput, semua yang ada di dunia ini tidak berarti lagi. Harta, dunia, kekuasaan tidak akan dibawa mati. Hanya amal ibadah saja yang kelak akan menjadi penolong kita.

Nah itulah sahabat, lagu yang bisa menjadikan diri kita ini bisa selalu ingat sama Allah, selalu ingat bahwa kematian pasti akan menemui kita. Selain itu juga, dari perjalanan yang saya lakukan itu bisa diambil kesimpulan bahwa nasehat itu bisa datang dari siapa saja. Tak peduli darimana dan dari siapapun, asalkan nasehatnya itu baik, maka kita bisa mengambilnya untuk kita manfaatkan.

133 comments

  1. lha? Nyuwun ngapuro kok ra ono guno? Kan gusti Allah mengampuni hambanya yg tobat, hohoho

    1. lahh, kui maksude nyuwun ngapurone sawise mati mas, dadi ya ra ono guno lah..πŸ˜€

      1. Usup Supriyadi · ·

        duh, ora ngerti aku kalian bicara opo.πŸ˜†

      2. hehehe,, belajar jawa makanya mas usupp..πŸ˜€

  2. Putogal Mas… kan Purwoketo-Tegal
    hehehe

    judulnya ngejebak nih…
    timpukiiiiiinnnn

    1. heheheh,, ya kan bagusan Portugal, yg penting nyrempetnya mengena rah..πŸ˜€

      kabuuurrr

  3. hhihi…portugal…^^
    hari ini hari penjelasan kematian yg begitu banyak u saya^^

    1. mudah2an bisa membuat kita jadi lebih baik lagi buat mempersiapkannya ya bu..

  4. repot juga kalo yang diberi nasihat gak ngerti maksudnya….. *gak bisa bahasa jawa*

    1. hiihihi,,
      maaf ga ngasi terjemahannya, tpi kan sedikit saya jelasin inti lagunya…πŸ˜€

  5. Belum pernah denger Kelayung-layung. Apa harus ke Portugal dulu ya?

    *ngacir*

    1. Hihihihi,,,,, ga usah bu,, repot kalau ke Portugal dulu,,πŸ˜€

  6. Full music, yess ^_^v

    siiip… ngrungoke kelayung-kelayung sampe lali komentπŸ™‚

    1. hihihih,, sing penting ja kosi lali adus mas…πŸ˜€

  7. Wah, belum pernah dengar lagu ini. Tapi baca syairnya bikin bulu kuduk saya merinding. Semoga kita semua tidak termasuk orang yang telat bertobat.

    1. aamiin,, semoga saja seperti itu pak..

  8. Dari syairnya, kelihatannya saya pernah dengar lagu ini, di mana ya…lupa
    ……………………
    bila ingin mengecek seberapa berat loading blog sobat dapat di cek di sini
    http://kangmartho.com/?p=212

    1. sudah saya cek pak,,,πŸ˜€
      makasiih

  9. […] Bang Mabruri Sirampog […]

  10. ini lagu yang bagus…. walopun ane kurang paham artinya πŸ™‚

    1. hehehe,,,,, bsa bilang bagus brarti tau dong mas..πŸ˜€

  11. kok bisa nggak kedengaran ya backsoundnya, jadi penasaran

    1. haduuuhhh, masa sih bun???
      ya lain kali smoga bisa kedengeran…πŸ™‚

      1. udah ding, sekarang bisa dengar,
        saya coba buat backsound belum bisa , kasih tutorialnya dong Ruri,
        lagu ini hanya bisa dengar pas buka artikel ini sajakah?

      2. gampang ko’ bun,,,
        tinggal masuk ke : soundcloud.com
        trs cari lagu, plih share, copy deh embednya ke widget atau postingan…

        nah untuk lagu yang hanya didengar di postingan aja ya copy embednya dipastekan ke postingan,, sedang untuk lagu yang didengar ketika buka blog, itu pastenya di widget bun…
        begitu kira2..πŸ™‚

      3. ok deh, mau langsung coba ya
        terima kasih banyak

  12. Salam Takzim
    Izin nyimak sambil nyamein Award bang semoga berkenan
    Salam Takzim Batavusqu

    1. salam bang…
      makasih bang… langsung saya susul awardnya…πŸ˜€

      salaam

  13. Syairnya bahasa portugal juga ya… sepertinya bukan bahasa inggris, karena saya ngerti dikit2 kalo tulisan bahasa inggris…

    *kabur*

    1. Usup Supriyadi · · Reply

      πŸ˜†

      ya, itu bahasa Inggris Kuno, Bang Yori

    2. huwahahahaa,,,, iyo mas, itu bahasa portugis….πŸ˜€

  14. Usup Supriyadi · · Reply

    Eh, Saya pernah tuh ke Tegal.πŸ˜€
    nama desa saya malah Tegalwaru.πŸ˜†

    1. saya ga pernah ke Tegalwaru mas..πŸ˜€

  15. Kalau Portugal yang ini bahasanya juga bahasa Portugis?

    1. hihihih,, bukan mas,,,, bahasanya ngapakers…πŸ˜€

  16. saya g ngerti mas mending tarling cirebonan aja kali yah wakakak

    1. hahahahhaa,,,,, jambu alas yo kang…πŸ˜€

  17. waduhh tak kirain beneran ke portugal’a..
    Jadi sms=sumedang-malang-surabaya
    hupp..

    1. hehehe,, tuh bisa juga…πŸ˜€

  18. Hahaha.. kirain Portugal beneran Mas. Asyik2, kreatip;

    1. hahahaha,,,, portugal benerannya msh dalam angan2 masbro…πŸ˜€

  19. kunjungan perdana..
    Hehehehe,,
    Mantap,, gue ampe ketipu nih,,
    Hahaha

    1. hihihi,,, kunjungan perdana udah kena tipu ya mas… .:D

  20. saya kok belum pernah tau lagu itu ya…

    cari ke youtube dulu ah…πŸ˜€

    1. silakan mba,, saya juga sudah liat di yutub…πŸ˜€

  21. hiks, tiap kali dengar ttg kematian, selalu membuatku tersadar, betapa sungguh sangat sedikiiiiiiiiit sekali bekalku utk di rumah akhirat nanti😦
    salam

    1. sama bunda,,, saya merasa seperti itu juga, betapa tiap hari diri ini dilumuri dosa..😦

  22. ada ada aja. PORTUGAL. tapi kreatif kok.

    1. hehehhe,, masih banyak yg lain kali bang,,, coba deh cari atau bikin…πŸ˜€

  23. Saleum
    andai kematian datang, apalah daya dan kuasa manusia untuk menolaknya, setidaknya sebelum ajal datang, perbanyaklah amal kebaikan, kerjakan kewajiban seorang muslim dan sebaik baik manusia adalah yang jika datang maut dia dijemput dalam keadaan sebagai orang yang beriman.
    saleum dmilano

    1. aamiin,, mudah2an begitu bang,,,
      saling mengingatkan aja ya bang,,,

      salaam

  24. perjalanan yang menyenangkan ya Mas..malahan sy sendiri betul-betul belum pernah pergi ke Portogal itu … πŸ˜€
    SALAM…

    1. hahahaha,,,,, saya malah bosan bli di portugal mulu…πŸ˜€

  25. saya juga pernah mas ke LA,sering bgt malah..
    *Lamongan Asli*

    1. huwahahha,,,, sip sip sip,,,,,

  26. Wah, kalau cuma numpang lewat pernah saya Pak. Kalau mau nyaman naik Patas, tapi kalau mau rame asyiknya naik ekonomi. hehehehe

    1. hihihi,, iya kang, bener banget,,,,
      kalau naik ekonomi ya siap2 aja kena kaya gitu..πŸ˜€

  27. iya nggak peduli nasihat itu datangnya dari Portugal, hlooooh?!:mrgreen:

    1. hahahaha,,,, nasehat yg sangat bijak lho kang..πŸ˜€

  28. Wah rung tau krungu lagune

    1. yo wis, golet sit lagune ben bisa ngringokna…πŸ™‚

  29. Waduh..

    udah pernah ke portugal yach..πŸ˜›

    1. seriiiingggg,,,,πŸ˜€

  30. lah saya rumahnya di Portugal itu kang..
    dari pertigaan Kranggan Pekuncen, terus masuk hehehe..

    1. wewww,,, oke deh, kapan2 ke situ…πŸ˜€

  31. what!! portugal purwokerto-tegal..πŸ˜†πŸ˜†
    nyesel banget diawal mau baca ini pake basmalah segala -____-‘
    sayang’e aku ora iso boso jowo, aku iso semene tok:mrgreen:

    1. lah kui bisa basa jawa….πŸ˜€

  32. ha ha ha ha…. portugal yak??? baru tahu saya:mrgreen:
    nasihat memang kadang datang dari siapa saja, yak mas.

    1. hihihi,,, baru tau kan ternyata ada negara dalam negara…πŸ˜€

      iya pak, nasehat bisa datang dari mana saja dan siapa saja…

  33. Waduh.. saya gak ngerti mas.
    tapi background musiknya asyik loh…πŸ˜€

    1. heheh,,,,, ya nda pa2, yg pentingkan intinya tau..πŸ˜€

  34. lagi-lagi artikel yang menginspirasi…
    belum pernah dengar lagu ini, mas, tapi udah kebayang nadanya pasti syahdu ya…
    lagu tentang kematian memang selalu menggugah perasaan, aku ingat dulu pernah menangis waktu dengar lagunya bang opick berjudul khusnul khatimah, kematian memang selalu datang tak terduga, tak dapat dielak.

    1. iya pak, yang penting kita terus berusaha mempersiapkan segalanya dengan baik…

  35. Beuh…kirain Portugal beneranπŸ˜›

    1. hihihihi,,,,, belum ada yg ngajakin bun kalau yg ke portugal satunya..πŸ˜€

  36. Pertama kali baca portugal –> waaaaahh T.T
    tiba-tiba baca Purwokerto-Tegal –> waaahhahahahahaπŸ˜€

    1. hahahahhahaa,,,,, melu ngguyu ae lah..πŸ˜€

  37. Sofyan · · Reply

    Ke PorTugal naik bis malah dapat wejangan dari lagu pengamen,,tapi lagunya asyik juga nih,,langusng jadi backsound di blog nih,,,hehehe mantep dah

    1. hihihih,, iya, dapat suatu pelajaran berharga dalam perjalanan ini.

  38. Mechta · · Reply

    Hm,sayang..aq kok ya blm tahu lagu ini? Waah,baca Pwkrto jd ingat mgu kmrn Pkl-Pwkto PP dg kondisi jln parah nian..walhasil terpaksa ambruk sesampai dirumah😦

    1. waduuhh,,,, skarang juga males kalau melakukan perjalanan Portugal, apalagi itu di Ciregol yang masih seperti itu mba,,,,

  39. hahahaha.. bisa aja nih mas brur.. ternyata purwokerto-tegal…

    1. heheheh,,, emang apaan mas????πŸ˜€

  40. haha, kirain portugal eropa πŸ™‚
    salam kenalπŸ™‚

    1. ternyata portugalnya Indonesia ya mas
      salam kenal juga…πŸ™‚

  41. Gak asih ah, saya ketipu, saya pikir negara portugal beneranπŸ™‚

    1. hihihii, mangappp….. ntar kapan2 Portugal yang beneran deh..πŸ™‚

  42. Bugiakso lagu-lagunya memang bagus sip

    1. yupsss,,,, saya menikmatinya..πŸ™‚

  43. waah.. saya kirain tadi beneran Portugal sana..
    hehe..

    iya, nih, sesuatu yang dari hati insya ALLAH ngena di hati juga..

    1. heheh,, kalau portugal yg itu msh dalam mimpi dulu…πŸ˜€

      iya, alhamdulillah masih ada yg ngingetin

  44. walah portugal made in ina………wkwkwkwkwkwkwkwkkw
    sob q langsung nyari nich lagunya dek om google nyoba download hahahahahahaha………. p e n a s a r a n

    1. mongggo mas,,, selamat menikmati…πŸ™‚

  45. walah portugal made in ina………wkwkwkwkwkwkwkwkkw
    sob q langsung nyari nich lagunya dek om google nyoba download hahahahahahaha………. p e n a s a r a n

    lhooo comment q koq ilang ya….

    1. hayooo, belum mandi yaah??? makanya kena razia satpam…πŸ˜€

  46. waduuhh comment q ilang trs…

    1. kena raziaa…πŸ˜€

  47. Jadi bisa bayangin bunyi syairnya nih… Hehe…πŸ™‚

    1. hehehe,, aya ya ya

  48. pasti perjalanan yang jauh mas

    1. hihihiihi,, jauh banget pak, paling 4 jam…πŸ˜€

  49. pengen denger kamu nyanyiin lagu ini mas ,, heheh

    1. hahah,, jangan lah, ntar takut ada produser…πŸ˜€

  50. qu gak pengen ke potugal mas, aku pengen ke Solo liat stasiun balapan terus ke Sragen terus ke Gemolong .. hehehe

    1. hihihihi,, silakan,,,,,, nek ke solo saya juga boleh ikutan dong…πŸ˜€

  51. belum pernah kesana😦
    ajak lah mas xixixi

    1. hayuuukkk, kapan??πŸ˜€

  52. salam buat C. ronaldo ya.hehehe

    1. wa’alaikumussalam katanya…πŸ˜€

  53. Saya pernah ke Jerman, Mas. Jejer KaumanπŸ˜€

    Pengamen di bus maupun kereta kadang-kadang malah memberi inspirasi, dulu waktu masih sering naik bus sering juga dengar pengamen nyanyi lagu iniπŸ™‚

    1. heheheh,,, iya yah, ada jerman juga..

      iya,, sering dijumpai hal2 sperti ini di angkutan umum..πŸ™‚

  54. iya mas.. kadang-kadang emang lagu pengamen suka mengingatkan dengan nada menyindir secara halus..
    Tetapi biasanya kalo pengamennya sama, nyanyinya itu-itu aja lama-lama bosan juga kan? hehe..

    1. hehehehhe,,, iyaa,,lagi2 dia, lagi2 lagu itu..πŸ˜€

  55. Mechta · · Reply

    Nah..setelah pake lappy bisa kedengaran juga ni lagu… Betul..kidungnya nggrantes ya…

    1. hehehehe,,, bikin merinding kan mba..πŸ˜€

  56. mendayu dayuuuπŸ™‚

    1. enak buat pengantar tidur ya mba..πŸ™‚

  57. Pertama-tama nyong sebel kiye, kirain laporan maring Portugal beneran😑 jebulane kok ya Purwokerto – TegalπŸ˜›

    Sing kedua, nyong durung tau denger lagu iki, tapi nek baca liriknya aduuuh… bener-bener menyentuh kalbu ya, Mas😦

    1. huwahahhah,,,, njenengane deneng ngerti basa ngapak bu??πŸ˜€

  58. ahahaha kreatif nihπŸ˜€ saya kira portugal beneran.
    sebel deh my hometown, Purwakarta selalu disamakan dengan Purwekerto *jadi curhat hhe*

    1. hihiihihi,, sodaraan kali aslinya tuh..πŸ˜€

  59. tertipu.. kupikir beneran prtugal hakhakahak
    ternyata Portogal poerwokerto tegal….

    1. hehehehe,, awas banyak jebakan di sini…πŸ˜€

  60. Fikriyansyah · · Reply

    alah saya kena jebak… kirain portugal daerahnya CR7.. wkwkwk

    1. hihihih,,, awas banyak jebakan mas di sini…πŸ˜€

  61. Citra W. Hapsari · · Reply

    wah,blm prnah dengerr lagunyaa..

  62. y monggo dengerin dulu…πŸ˜€

  63. Porto Rico
    Portugal
    Cichago
    Korea

    ngendi neh yo?

    1. sebelah timur, trs utara, geser dikit selatan, maju ke baratnya….πŸ˜€

  64. […] selatan via Purwokerto-Paguyangan-Kaligua. Jalur tersebut dilewati jalan utama Purwokerto-Tegal (Portugal), tepat masuk lewat pertigaan Kaligua, Kretek. Perjalanan mulai berkelok-kelok, dan […]

  65. kirain portugal beneran lho mas..
    wah,, syairnya dalem sekali maknanya…

    1. heheh,,, ternyata tetangganya yah..πŸ˜€
      iya, bikin trenyuh ati…πŸ™‚

  66. […] adalah bangsa yang kaya akan budaya. Salah satunya adalah kaya akan ragam bahasa. Sahabat pernah ke Portugal (Purwokerto-Tegal), atau ke wilayah Banyumas, Cilacap? Apa yang kira-kira sahabat rasakan saat […]

Leave a Reply

