Mengenal Curug Putri

Sahabat semua,,

Gimana? Sudah ga penasaran lagikan sama Sirampog.πŸ˜€ Nah kali ini saya akan bercerita lagi tentang salah satu tempat yang masih berada di wilayah Sirampog yaitu Curug Putri.

Mungkin saya sering memasukkan gambar2 Curug Putri ke dalam postingan saya dan hal itu mungkin membuat sahabat merasa kagum dan penasaran akan keindahan Curug itu sehingga timbul keinginan untuk merasakan langsung keindahannya. Sebenarnya saya dulu pernah menulis tentang Curug Putri ini, namun hanya sebatas laporan perjalanan saja. Yups, hanya sebatas cerita pengalaman saya ketika jalan-jalan ke Curug Putri. Nah kali ini, kembali saya akan mencoba menceritakan tentang asal-usul terbentuknya nama Curug Putri. Kalau kemaren asal usul Sirampog sudah sedikit terkuak, sekarang giliran Curug Putri.

Berikut sepenggal kisah tentang Curug Putri.

Curug Putri adalah pesona alam yang terdapat di dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog.Β  Saya sendiri tidak tau persis kenapa dinamakan Curug Putri. Tapi berdasarkan cerita-cerita nenek moyang dan dari berbagai sumber yang saya baca, Curug (Bahasa Jawa Bahasa Sunda) berarti air terjun. Dan Putri yang dimaksud disini bukanlah putri raja, tetapi Bidadari dari kayangan. Kok bisa ? Menurut cerita orang – orang tua, curug putri adalah tempat mandinya para bidadari dari kayangan. Turunnya bidadari ditandai dengan adanya Kuwung (pelangi) yang berwarna warni. Konon kuwung adalah tangga yang berasal dari kayangan.

Hm.. Kira-kira, ada yang pernah mencuri selendangnya para bidadari yg lagi mandi itu apa gak yah?? Hehehe….

Pesona alam yang ada di curug putri sungguhlah sangat indah dan natural sekali. Tempat yang cocok untuk melepas kepenatan setelah sibuk dengan urusan sehari hari. Sayangnya potensi yang begitu menakjubkan belum dilirik oleh pemerintah daerah Kabupaten Brebes. Sehingga keadaannya ya masih seperti itu. Masih alami sekali. Perlahan tapi pasti, kini mulai dilirik oleh investor yang ada, dan keberadaannya pun sekarang sudah dipoles menjadi sedemikian rupa, sehingga suatu saat nanti kalau sudah siap, Curug Putri akan menjadi wahana objek wisata alam di wilayah Sirampog. Terbukti sekarang sudah mulai dibangun kolam renang di sekitar curug tersebut, mungkin saja nanti masih banyak yang lain lagi yang akan dibangun untuk menghiasi Curug Putri. Kita doakan saja, mudah2an Curug Putri bisa menjadi kawasan yang menarik wisatawan dari luar daerah, sehingga akan membawa manfaat bagi penduduk sekitar dan Sirampog itu sendiri. Aamiin.

Berikut pemandangan2 ketika menuju kawasan Curug Putri. Kita bakalan disuguhin dengan lukisan Allah yang begitu mempesona.

Β 

Padi nan menghijau…
Yuukk, ngintip bidadari mandi…πŸ˜€

Β 

Gelaapp

Setelah disuguhin dengan pemandangan2 yang menakjubkan, ahirnya kita langsung sampe ke TKP. Ini dia Curug Putri-nya…

Curug Putri
Mana bidadarinya???
Curugnya
Bidadarinya nda ada..
Terkena uap air Curug

Airnya...

Tempat Aduse poro widodari…

Sumpah, ini bukan tangan saya… hehehe

Β Ini dulu tentang Curug Putrinya. Mudah-mudahan di lain kesempatan bisa menjelajah ke tempat-tempat yang lain, seperti Sumur Penganten, Curug Awu, dan masih banyak lagi.

Salaam….

Poto: koleksi pribadi & poto yg terahir berasal dari sini.

139 comments

  1. verry nice and beautiful place to visit, Air terjunnya v sukaπŸ˜€

    1. ayuuu ke TKP langsung….πŸ˜€

  2. Cantik…eh lokasi tepatnya dimana tuuh..kapan2 klo lagi tilik kakak di brebes pengen mampir sana ah… Oya, airnya memang agak kecoklatan gitu ya?

    1. dari Brebes ikuti aja jalur utama yg ke arah purwokerto, trs sampai di bumiayu, naik deh ke Sirampog..πŸ™‚

      Nggak, itu coklat karena sumbernya lagi kena banjir… jadinya banyak lumpur yg kebawa..πŸ˜€

  3. Cuantiiiiiknyaaa curugnya…

    Saya jadi makin penasaran ke Sirampog. Btw, bahasa di Sirampog itu jawa apa sunda ya? soalnya teman saya yang Brebes apalagi Bumiayu malah banyak yang Sunda.

    Itu foto no.2 kok ngintip bidadarinya di sawah? hihihihi

    1. Sirampog Bumiayu bahasanya Jawa, kalau yang Sunda itu tetangganya. yaitu daerah Bantar Kawung, & salem…..

      hihihih,, lah kan letak curugnya ada tengah2 persawahan…πŸ˜€

  4. sepertinya curug putri akan menjadi salah satu tempat wisata yg ramai di kunjungi nantinya…

    1. sepertinya akan seperti itu mas,, mudah2an saja..

  5. keren bner curugnya….

    1. seperti itulah mas.. hehehe

  6. Sisi keindahan Sirampog..

    Kapan saya bisa mampir kesana nih, Mas?

    1. kapan rah mas???πŸ˜€

  7. Seandainya saya bisa mencuri selendang salah satu bidadari di Curug Putri, hehehe…

    1. saya juga pengen kang…πŸ˜€

      1. Hahaha… kalo gitu kita nyurinya bareng2 aja Mas, haha..

  8. wah kapan ya saya bisa menjejakkan kaki di tempat yang indah ini

    1. ayu kapan mas maunya??πŸ˜€

  9. gk mau mandi di sana,, ntar ada yg intip .. heheπŸ™‚

    1. hohohoho,,,, bisa aja uni…

  10. begitu indah kang…. Allohuakbar!

    1. subhaanallaah kang…. mudah2an bisa terjaga…

  11. pemandangan sawahnya, sangat menyejukkan mata,, tapi og pak taninya gak ada ya ?

    salamπŸ™‚

    1. hhe,, petaninya lagi ngintip bidadari yg lagi mandi sih.. hhihihihih

  12. perjalanan penuh keindahan ini nih…, cantik…
    selalu suka liat air terjun

    1. apalagi bisa mandi di bawah grujugannya bun…πŸ˜€

  13. Curug apa nggak bahasa sunda?
    klo jawa gerojogan
    umumnya panggilnan curug itu bukanya khas sunda ya? :-s

    btw, foto jari terakhir itu kirinya cewek, kananya cowok.
    hayoo siapa??πŸ˜€

    1. waah,, ga tau tuh mas,,
      malah lazimnya ya nyebutnya curug, kalau grojogan malah ga pernah kayanya..

      hhehe… kan ada keterangannya mas tu di bawah potonya..πŸ˜€

      1. klo di jawa tengah ke timur g dikenal istilah curug….
        mungkin krn bumiayu itu deket dg sunda jd msh bau-bau sunda..
        jd disebutnya curug….

        iya tubukan kamu, makanya nanya siapa??πŸ˜€

      2. iya mas, bumiayu tuh emang deket sama yang sunda2,,
        tuh yang bantara kawung, salem kan bahasanya sunda juga…πŸ˜€

        heheh,, iya mas, itu tangan temen saya ko’..πŸ˜€

  14. sumpah.. gambar sawah dan tanaman padinya keren abis
    bdw, gambar terakhir itu lho…
    membuat hati berbunga-bunga…

    sedj

    1. hihihih,,, nda tau itu pak,,,,,
      bisa aja tuh anak punya ide kaya gitu…πŸ˜€

      salaam

  15. Wow. Di mana-mana yang namanya curug itu pasti indah.πŸ˜€

    1. iya,, apalagi kalau ada bidadari mandinya.. hihihihi

  16. waw,,review perjalanan yg menarik..
    aku suka banget pemandangan sawah yg ijo2 gitu
    jd pengen kesana mas..
    makasih infonya

    1. ayo, monggo ke TKP….

      sama2, smoga berkenan..πŸ™‚

  17. Oh ini ya kampung halaman mas mabruri
    ………………….
    bagus2 dan masih alami, jadi adem melihat air terjunnya

    1. iya pak,,,, bener2 ngampung kan pak??πŸ˜€

  18. berapa lama perjalanan dr turun kendaraan sampe lokasi curug? *ngitung jauh deketnya*

    1. deket bu,, paling sekitar setengah jam-an jalan kaki…πŸ˜€

  19. panorama mantap..

    1. menakjubkan..πŸ˜€

  20. Wow, curug yg indah
    aku suka alam
    aku sukaπŸ™‚

    1. apalagi ada bidadarinya mas…πŸ˜€

  21. Β€ HILAL ALIFI · · Reply

    wow,
    tempat mandi para bidadari.
    Kapan2 mengendap2 di balik semak2, ah…

    good shareπŸ˜€

    1. hihihi,,, yuk bareng2 ngintipnya….πŸ˜€

  22. peta lokasi menuju TKP n moda-nya sekalian om.
    mohon petunjuk untuk target selanjutnyaπŸ™‚
    rusa 1 sedang mengawasi, GantiπŸ™‚

    1. waduhhh, belum sempet bikin petanya,,,
      tpi kalau udah sampe di Sirampog gampang ko’, tinggal tanya2 aja pasti pada tau…πŸ˜€

  23. Perjalanan melewati sawah ijo royo2 sungguh pemandangan yg bikin mata adem, curugnya jg cakep dgn uap airnya nan sejuk menyejukkan hati, tp ngomong2 jam brapa kira2 bidadarinya pada mandi ya, heheheei..πŸ˜€

    1. hahaha,,, kata sesepuh sih biasanya mandinya mangsa bedug (sekitar jam 12-an siang) qkkqkqkkq

  24. Kalo d surga ada curug putri juga yach..

    khan tempat mandinya bidadari dari kayangan..

    1. hehehe,,, di surga ya lebih bagus lagi..

  25. bidadarinya di sini
    *nyengir sambil kabur*

    hehehehhehe.. yakin yang gambar terakhir bukan tangannya mas?
    ihiiirrr..cieeeee…πŸ˜€

    1. huwahahaha,,,,, jangan kabur , slendangnya tuh ketinggalan…πŸ˜›

      hehehe,, beneran lho mba, tu bukan tangan saya,,, tangan saya ga mungkin seimut itu…

  26. Kalau mau lihat Bidadari sedang mandi pas irnya kesorot matahari mas…

    1. hehhe,, iya mas,,,, betul sekali…πŸ˜€

  27. veryy-very beautifull mas mabruri. ciptaan Tuhan yang maha kuasa

    1. iya,,, subhanallah, wal hamdulillah

  28. indah sekali…. dan masih alami.

    namanya kok sama dengan daerah saya ya… air terjun seperti itu dinamakan “curug”πŸ˜€

    1. hihihi,, makanya itu, curug tu bahasa Jawa po Sunda sebenarnya..πŸ˜€

  29. curugnya sungguh menggoda, bukan hanya sekedar di “intip” tapi juga berbasah-basahπŸ˜€

    1. heheh,, iya bu, paling enak duduk di bawah grujugannya….πŸ˜€

  30. haaaa. aku jadi pingin nyemplong Kang hehehe
    baca asal-usul Sirampog dulu ah setelah ini

    1. hahah,,, ati2 kang, bidadarinya ngamuk…πŸ˜€

  31. heheheh… tros tangan siapakah itu gan….. heheheh. kocak deh…

    1. hihihi,, temen saya lah bang….πŸ˜€

  32. bagus nian air terjun tu … rasanya pengen nyebur deh….

    1. hohoho,, jangan dulu nyebut mas, mending nunggu bidadarinya dulu,, ntar nyeburnya barengan…πŸ˜€

  33. beuuhh keren banget curugnya..

    btw aku suka deh ama foto yg terakhir..

    1. iyaaa, smoga saja tetep terjaga kelestariannya….

      hihihih,,, iya saya juga suka tu yg terahir mba,, sayangnya itu bukan saya..πŸ˜€

  34. wah ada air terjunnya juga yah ! seger tuh kalau mandi2 disitu..yuk Tukar Link Otomatis yah !

    1. hayuuu,,,
      sekalian njebur aja ya…πŸ˜€

  35. uhuy promosi daerah asal..

    Ahhh jd penyasaran, kapan2 ajakin saya ya mas..

    Salam.
    Budaya Ngeblog

    1. hihih,, iya dong mas, kalau bukan saya sendiri siapa lagi???? hehehe

      hayolah, saya tunggu di curugnya… hihihih

  36. Keren curugnya.πŸ™‚

    1. bidadarinya kang??????πŸ˜€

  37. Ralat, curug itu dari bahasa Sunda, bukan Jawa. Mau lah ke sana? Jadi, kapan mau nemenin? ^_^

    1. oooo SUnda toh bang,, tpi di tempat saya juga lazimnya pake curug sih ya..πŸ˜€.

      ya saya nungguin di sana bang, ntar baru ke sana bareng..πŸ˜€

  38. Saleum,
    kasian putri dari kahyangan itu gak mungkin lagi mandi di curug itu ya bang, soalnya dah rame disekitar curug…. mereka pasti malu untuk mandi., hehehe…
    mudah2an lah sirampog semakin dikenal dengan pariwisata alamnya.
    saleum dmilano

    1. hehehe,, iya bang,, apalagi skarang sudah modern, pasti di khayangannya juga sudah dibangun kamar mandi sendiri2..πŸ˜€

      aamiin, mudah2an bang..
      salaam

  39. waaah, lihat air terjun ini jadi teringat air terjun di medan namax sipiso2, tinggi bgt…makin kangen deh ama kampung..:-)

    1. wah, sipiso-piso,,,, baru denger saya…

      hehe,, ayu mudik bun..πŸ™‚

  40. knapa ya? bidadari kok demennya mandi di air terjun?? ga ada tuh’ ya yg di toilet umum..πŸ˜€

    1. hahaha,,, itukan jaman dulu bu, skarang mungkin malah ga ada yang di air terjun bidadarinya..πŸ˜€

  41. wow..pemandangannya indah sekali, kalau sempat berkunjung kesana pasti betah deh bisa mandi-mandi sama keluarga.. πŸ™‚

    1. bukan mandi2 sama keluarga bli, tpi sama bidadarinya.. hihihi

      salaam

    1. hohoh, sudah ke TKP bang..πŸ™‚

  42. SubhanaAllah indahnyaaaaaaaaaaaaaaaaa ..
    btw yang terakhir tangan siapa tuh ? hayo ngaku hayo ngakuπŸ˜€
    jangan” tangan justin biber ahhahahha

    1. hihihihih,,,, moso si biber bisa klayaban mpe situ..πŸ˜€

  43. sayyidahali · · Reply

    Subhanallah.Rabbanaa maa khalaqta haadzaa bathilla..subhaanaka.faqinaa ‘adzabannar
    Salah satu ciptaan Allah yg indah.mudahan kt bs menjadi hamba yang bersyukur.amien

    1. aamiin,,,
      insya Allah, karena dengan bersyukur, segala nikmat akan terus mengalir untuk kita….

      salaam

  44. ternyata saya perhatikan, lagu di blognya Mas ruri, ganti2 terus. tapi kenapa kok sedih2 ya? yang ini tentang perpisahan.

    :pengamat lagu:
    hehehe

    1. hihihi,, sekarang sudah beda lagi lagunya…πŸ˜€

  45. Sayang, lokasinya cukup jauh dari Kebumen. Harus cari-cari alasan nih biar bisa ke Curug Putri. Hehehe…
    Moga keindahan ini tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang sering mengatasnamakan keindahan padahal yang dilakukan sebuah kemaksiatan. Amin.

    1. wow Kebumen, mudah2an suatu saat nanti bisa jadi deket ya pak..πŸ˜€

      aamiin, mudah2an bisa terjaga seperti itu pak,,,,

  46. mudah_mudahan bisa mampir kesana.. amien

    1. aamiin,, jika ada niat & usaha pasti bisa mas..πŸ™‚

  47. di sy juga ada mas curug mah… tapi bagusan curug putri iniπŸ™‚

    1. hihihih,,, banyak kali kang curug2 mah,,πŸ˜€

  48. fikriyansyah · · Reply

    waw pemandangannya jadi ngiler pengen kesana.. sejuk bngt pastinya mas..

    1. hehehe, ,iya mas,,,, apalagi kalau uap airnya,, beuh,,, adem benerr…πŸ˜€

  49. wuiihhh… bagus banget, jadi pengen ke sanaπŸ™‚

    1. monggo mba,,, sok atuh ke sono…πŸ˜€

  50. kalau di tempat saya di cilacap, namanya curug mandala. berada di kecamatan jeruklegi kabupaten Cilacap.

    1. ooo cilacap toh mas,,,,,
      saya tau nama daerah itu, jeruk legi, tpi belum pernah ke sana…πŸ˜€

  51. keren ya… itu airnya kalau pas jernih pasti lebih keren tuh

    1. iya mas,,,,, kalau ujan apalagi deres bgt, lumpur2nya banyak yg ikut kebawa arus…

  52. Air terjunnya,…… Tapi ko’ ada yang berwarna kuning? Habis hujan ya mas? Jadi pengen kesana, siapa tau nemu selendangπŸ˜†

    1. iya, itu yg coklat2an waktu abis ujan deres bgt….
      hohoh, saya aja belum pernah nemuin selendangnya mas..πŸ˜€

  53. tessssssssss 123…………..

    1. monggo…πŸ˜€

  54. Pemandangan yang indah dan kalau cerita curug ini saya baru mengetahu cerita asal usulnya…terima kasih kang

    1. sama2 kang,, semoga menambah wawasan kita…πŸ™‚

  55. Wah, sekarang saya jadi paham, Mas, tentang Sirampog dan Curug Putri. Luar biasa penjelasan dan liputannya. Hmmm…. foto2nya juga bagus. Makasih banyak ya, Mas, info semacam ini membuat saya semakin kaya.

    [Ohya, Mas, setelah sekian lama belajar ngeblog, saya baru bisa caranya menaruh link sahabat di halaman blog saya, hehehe…. Sekarang saya minta izin memasang link blog Mas Mabruri di blog saya ya… Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya. Salam Blogger Persahabatan].

    1. sama-sama pak,,, semoga menjadi menambah wawasan kita, dan menambah kecintaan akan budaya sendiri…

      hehehe,,, silakan pak,,, nanti saya usahakan pasang balik,,, salam pak dari sayaa…πŸ™‚

  56. Weh, weh….kereeeennnn, jadi inget ama Coban Rondo yg di Batu….bosan ama pantaiπŸ˜€

    1. hehehhehe,, saya malah pengen ke pantai mba….πŸ˜€

  57. hahaha….iya iya, percaya, itu bukan tangannya kang mab.
    ini back songnya tepat, nanti aku ke sana ngintip bidadari bareng yak?
    sstt..jgn bilang2..πŸ˜†

    1. hohohoh,,

      tenang aja mas,,,, bidadarinya banyak inih,, bakalan kebagian slendangnya ko,,,,πŸ˜€

  58. Subhanallah menakjubkan banget gambar2nya
    jadi pengen ke area sawah2an
    huaa kapan yah bisa ikut ngeliat pemandangan kek gitu lagi.

    1. hehehe,,,,, kapan dong mba, jangan di kota terus…..πŸ˜€

  59. subhanalloh…
    hmm.. saya selalu suka dengan pemandangan air terjunπŸ˜€

    Betul Mas, di daerah saya juga masih banyak tempat2 indah yang kurang diperhatikan sama pemerintah, tapi positifnya seperti yang Mas bilang, jadinya masih terlihat asri dan asli, hehe… kalo saya sih suka yg asli2:mrgreen:

    anyway, terus itu tangan siapa hayo Mas? hehe…

    1. iya mba,,,, ya maunya sih perhatian dari pemerintah ada, namun kelestariannya tetep utuh terjaga..πŸ˜€

      hehe, itu tangan temen saya mba,, serius deh..πŸ˜€

  60. Subhanallah, melihat foto2 curug puteri disini, bunda jadi semakin mengagumi Sang Maha Pencipta keindahan.
    luar biasa indahnya ya RuriπŸ™‚
    salam

    1. iya bun,, yang tak boleh lupa harus banyak2 bersyukur kepadaNya….πŸ™‚

      salaam

  61. Wow.. bagus banget tempatnya Pak? sepertinya masih alami ya, jadi inget Air Terjun Kakek Bodo di Trawas Pandaan..

    1. alhamdulillah belum terjamah tangan jahil itu.. hehe

      wah dimana itu???

  62. indah n alami..
    pengen ke sana uey..

    1. hayuuuukkk laaah..πŸ˜€

  63. tapi airnya kok kayak keruh sih mas itu?

    1. itu pas lagi kena banjir mas sumbernya…πŸ˜€
      jadi banyak lumpur yg kebawa

  64. Aku malah belum kesana mas, tahunya paling cuma randu sanga, paling pol ke waduk malahayuπŸ˜€

    1. heheheh,,,, itu mah masih di utara, cobalah geser dikit ke selatan pak..πŸ˜€

  65. […] burung-burung menyambut sinar mentari pagi, atau juga bermain-main dengan bidadari-bidadari di Curug Putri, bersampan ria di Waduk Penjalin dan Waduk Malahayu. Jadikan Bumiayu sesuai dengan namanya, bumi […]

  66. Citra W. Hapsari · · Reply

    wuaahhhh..pengen nyebuuurrr:mrgreen:

    1. jangaannn,, itu curam…πŸ˜€

  67. […] kemarin saya telah mengajak sahabat semua untuk sedikit berkenalan dengan Sirampog juga dengan Curug Putrinya, kali ini saya akan coba bawa sahabat untuk mengenal salah satu wilayah yang berada di Brebes […]

  68. […] ini, namun lewat acara Si Bolang ini, sahabat bisa merasakan sensasi lain dari Sirampog. Pesona Curug Putri, Mata Air Kaligiri, yang sebelumnya sudah saya paparkan di blog ini, dapat sahabat lihat nanti […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: