Asal-usul Sirampog

Yg berwarna biru adalah wilayah Sirampog

Sahabat semua,,,, mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang nama di belakang saya ini, Mabruri Sirampog. Yups, SIRAMPOG.

Kalau menurut sahabat semua, apa kira2 pertama kali yang terlintas dalam pikiran sahabat ketika mendengar/melihat kata SIRAMPOG?

Berdasarkan yang saya amati dan berdasarkan hasil survey (halaah), ketika pertama kali mendengar kata Sirampog, kebanyakan para sahabat mengonotasikannya pada suatu pekerjaan berupa suatu tindak kriminal, yaitu kelasnya sudah lebih tinggi dari sekedar mencuri atau pencuri yaitu Si Rampok atau Perampok. Waduuh,, sadis bener yah..πŸ˜€

Tapi nda apalah, tak masalah. Namanya juga nda tau. Orang saya dulu waktu pertama kali kenal Sirampog juga seperti itu. Iih, ko kesannya serem banget yah saya harus hijrah ke Sirampog. Kedengarannya serem banget tuh tempat, apa karena banyak perampoknya yah??? Hehehe….

Dan sampai akhirnya saya menginjakkan kaki di Sirampog hingga menetap sampai sekarang, ternyata perkiraan2 dan konotasi-konotasi negatif tentang Sirampog ternyata tidak benar. Sirampog hanyalah nama sebuah wilayah yang berupa dataran tinggi yang masuk dalam Kabupaten Brebes. Begitu saudara-saudara.

Ternyata konotasi-konotasi tentang Sirampog masih saja terdengar sampai sekarang. Apalagi setelah saya menjamah ke dunia bloging dan tentunya mendapat keluarga baru, sehingga sahabat2 yang baru kenal ahirnya bertanya-tanya lagi, Sirampog itu apa, dimana dan bagaimana? Dari sinilah ahirnya muncul ide untuk mencari lagi sebenarnya tentang Sirampog. Kenapa wilayah itu dinamakan Sirampog? Atau bagaimana sih ko bisa terbentuk nama Sirampog?

Sayang seribu sayang, kenapa baru sekarang yah saya berfikiran seperti itu. Kenapa nda dari dulu saya bertanya-tanya pada sesepuh wilayah itu kenapa bisa dinamain Sirampog?? Tapi tak apalah, tiada kata terlambat.πŸ™‚

Pertama saya juga bingung harus bertanya sama siapa. Alhamdulillaah ada grup di Fb dengan nama Sirampog Kampunge Enyong. Dari situlah saya mencoba bertanya kepada rekan2 sesama Sirampog, barangkali ada yang tau asal usul nama Sirampog.

Curug Puteri

Berdasarkan hasil diskusi di grup tersebut, terdapat beberapa jawaban mengenai asal-muasal nama Sirampog, diantaranya sebagai berikut:

Katanya Sirampog itu berasal dari dua kata, yaitu Siram (Bhs. Jawa) yang artinya Mandi, dan Pog (Pog-pogan/Bhs. Jawa) yang artinya terakhir. Jadi dari dua kata itu, bisa diambil arti Sirampog artinya Mandi terakhir (mandinya orang mati), ceritanya mungkin waktu itu yang mandi terakhir itu adalah orang yang berpengaruh di wilayah tersebut. Sesepuh mungkin. Seperti itu katanya asal-muasal Sirampog.

Ada juga versi lain, katanya Sirampog itu dulunya Perempatan Rusmen (Nama tempat) yang dijadikan tempat bertemunya para perampok waktu jaman Penjajahan Belanda dari Kota Tegal. Mereka (para perampok) berkumpul dan mengatur strategi perang kemerdekaan dalam bergerilya para pejuang terdahulu, ribuan orang dari segala penjuru jateng kumpudi Rusmen/Prapatan Sirampog (dari dulu sampai sekarang tempat ini jadi Pasar). Begitu katanya sejarah nama Sirampog. Wah brarti kalau yang versi ini ada benarnya ya yang mengarah pada konotasi Sirampog itu sebagai Perampok, kumpulannya para Perampok. Hehehe

Masih ada versi yang lain lho.

Hutan Pinus di Sirampog

Sirampog itu asal kata dari Siram (Mandi) dan Pog (terakhir). Jadi jaman dulunya Raden Arjuna (Raden Arjuna yg mana lagi nih?? :D) itu mandi terakhir setelah beristri yang ke sembilan di sumur yang sekarang disebut Sumur Penganten di daerah Paingan. Terus Desa yang dipakai untuk bertapa dinamai Pengasinan (tempat untuk mengasing). Β Makanya di pengasinan itu ada sumber mata air yang namanya mata air gunung wayang yaitu sebelah utaranya mata air kaligiri.Β  (Perasaan gunung wayang masih di Kaligiri deeh.. hehe).

Desa istri yang ke sembilan R. Arjuna dinamai Cikembang (Air Kembang), Air yang dibawa dari sumur pengantin tadi. Suatu ketika Arjuana tidak ingin istri2 tuanya menginjakkan kaki di Sirampog. Dia lalu memberi batas dengan kali (sungai) yang dinamakan Kali pedes. Limbangan itu artinya pendeman (pemakaman), ceritanya dulu tempat untuk memakamkan orang2 pribumi, yang jadi korbannya Belanda.

Salah benarnya tidak ada yang tau pasti. Tapi semua sejarah babad tanah leluhur patut dijadikan kekayaan budaya…

Owwh begitu ceritanya mbah, asli saya ga mudeng. Dari cerita ini mananya yang berhubungan dengan asal muasal sirampognya Β yah?? Heheh,,

Paingan (Wilayah Sirampog)

Β Ya begitulah sahabat, asal-usul nama Sirampog. Maaf kalau ada yang tidak berkenan, malahan saya berharap semoga ada ahli2nya tentang Sirampog ataupun sesepuh2nya yang mau meluruskan mengenai asal-usul Sirampog. Saya akan merasa bangga sekali jika berkenan membaginya kepada kami semua.

Jadi mudah2an dengan ini sahabat jadi tahu, kalau Sirampog hanyalah sebuah wilayah yang berada di Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah. Jadi Sirampog bukanlah tempat berkumpulnya para perampok ataupun nama suatu marga di daerah Sumatra sono. Dikiranya Sirampog itu sepupuan sama Sitanggang kali ya.. hehehe

Gotong royong masih melekat di Sirampog

Apapun cerita2 yang ada dalam masyarakat Sirampog tentang asal usul nama Sirampog, kesemuanya itu tidak menjadi penghalang untuk tetap menjaga kelestarian alam Sirampog. Kewajiban masyarakatnya untuk bahu membahu membangun Sirampog ke arah yang lebih baik, lebih maju, bolehlah lebih modern asal tidak meninggalkan dan mengesampingkan budaya2 yang ada dan tentunya harus tetap menjaga kelestarian alamnya. Yang jelas Sirampog tidaklah seburuk yang anda kira, juga tak seindah yang anda bayangkan, tapi ada kehangatan di dalamnya.

Bagaimana dengan sahabat2 semua, apakah daerah/wilayahnya punya cerita sehingga terbentuk sebuah nama untuk daerah/wilayah itu??

Gambar Peta minjem dari Mbah Google…

139 comments

  1. rumah om dimana????
    gak diliatin? nanti kan aku bisa mampir,πŸ˜€

    1. ya di situ, di daerah yg biru…πŸ˜€

  2. wah… udaranya sejuk gan. ndak seperti di Jepara

    1. hehehe,,,, daerah pegunungan sih bang….

  3. Mechta · · Reply

    Oo..gt to asal usule nama itu.. Etapi,tinggal di daerah bernama serem gt ada untungnya jg mgkn..ga ada yg brani maling apalagi ngrampok! Hehe..

    1. Usup Supriyadi · · Reply

      Hahahaha…

    2. hehehe,,, iya jadinya aman2 aja di situ

  4. Di Brebes ya, Mas?
    Ternyata di sana banyak yang siraman, eh!

    1. he eh,, banyak yg mandi, banyak kali sih mas..πŸ˜€

  5. Owalaaaaaaaaaaah… gitu tho ceritanya!

    *manggut-manggutπŸ™„

    1. kirang langkungipun bun…πŸ˜€

  6. ha ha ha… benar sekali dulu yang terlintas dalam benak saya adalah kampung perampok….. ternyata banyak sekali ya asal-usulnya….

    1. hehehe,,, nda pa2 mas,, yg penting skarang jadi tau…πŸ˜€

  7. wooowww… mandi terakhir yah artinya… seksi juga itu ternyata sejarah namanya ^___^

    oh oh… curug puteri nya itu… keren banget… cuantik banget…. aih, brebes punya rupanya…. hohoho,,, selama ini cuma lewat dan mampir pun beli telur asin yang buanyak ^_^

    1. he eh, brebes…. sekalian beli bawangnya ga??? hehe

  8. banyak juga versi ceritanya…
    biar dibilang keren gimana kalo kita bikin cerita sendiri ttg sirampog ?πŸ˜€

    *kangen brebes.. jaman kuliah dl sering liburan ke gucci

    1. kira-kira versinya seperti apa yah?? heheh

      wah,, Guci, kemaren baru saja ke situ…

  9. Kirain dari luar jawa, tapi kok iso jowoπŸ™‚
    oh deket Tonjong juga toh, kalo rumah deket Situ (danau) Tonjong BogorπŸ™‚

    1. hehehe,,, Tonjong Brebes mas…πŸ˜€

  10. Usup Supriyadi · · Reply

    Saya ingin main-main, makan-makan dan menulis sajak di hujan pinus Sirampog… atau Curug Puterinya dongπŸ˜€

    1. monggo mas,, enak lho makan di skitar curug….πŸ˜€

  11. ternyata masih daerah brebes toh sirampog ini, tak pikir luar IndonesiaπŸ˜‰
    banyak air dan udaranya sejuk sepertinya, adem bener.

    1. wewww,,, di negara manakah yg dimaksud?? hehehe

      iya daerahnya emang pegunungan dan banyak air…πŸ˜€

      1. pegunungan to mas?
        dari pasar brebes perbatasan jateng-jabar dimananya?

  12. Saleum,
    Saya kemaren sudah liat di peta letak sirampog, namanya juga sesama kawan ya saya sudah lancang pergi ke sirampog via globe, hehehe…
    Panorama alamnya indah banget ya bang….
    saleum

    1. heheh,,,, Sirampog milik kita bersama bang..

      salaam

  13. huahahhahaha.. aku yo ngiranya Sirampog ki marga loh mas, makanya dulu dengan sok tahu nya aku manggil Abang!
    hahahahhahaha… kirain dulu asal Sumatra sono,
    eh jebule tetangga ne dewek nang Brebes. inyong dulu telung tahun nang Purwokerto MasπŸ˜€
    iso ngapak sithik-sithik mas jan jane, tapi uwis keracunan boso Yojo, hehehhehee.. tapi lebih memilih berbahasa Indonesia kalau komen, bukan karena nge sok, tapi karena sebenernya gak paham sama bahasa jawa dengan baik dan benar
    hahahhahaha…

    1. hahahaha,,,, mari ngapak maning mba..πŸ˜€

  14. kayaknya pemandangannya sejuk bgt tuch sob…………..

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    1. iyaaa,,, adem mas…

      salam dari Sirampog

  15. wowww..curug putri indah bnget..
    Mandi terakhir..serem jg yah..hee..
    Kallo kampung saya Rancagoong, kata’a ada hiburan gitu terus goong’a jatuh ke sawahranca..jadi deh..tapi beda” jg..klo kota sumedang..sumedang larang, kurang tau bngt yg ni..hee

    1. heheh,, banyak ya cerita2 ttg nama suatu daerah

  16. Β€ HILAL ALIFI · · Reply

    Selalu ada legenda di setiap setiap nama2,
    biar tambah dramatis, paling.πŸ˜€

    salut…

    1. hehehe,, ya ya ya,, menambah hasanah budaya bangsa…πŸ˜€

  17. Terjawab sudah akhirnya rasa penasaran tentang nama mabrur sirampog.

    1. hehehe,, ahirnya ya mas…πŸ˜€

  18. Salah sangak, saya kira Sirampong itu tak lain hanya sebuah nama Anda. Ternyata ada ceritanya, tapi sekilas kalau ngga diperhatikan pembacaannya bisa salah lho mas. ‘Sirampok’ (maaf)πŸ˜€

    1. hehehehe,,, nama daerah tempat tinggal saya mas…πŸ˜€

  19. emang setiap daerah punya kosakata yang tidak sepenuhnya dimengerti orang lain. saya juga agak aneh baca sirampog, pake huruf “g” lagi. hebat mas, penelusurannya. kita memang harus memperkaya diri dengan kekayaan lokal. lokalitas harus diangkat biar anak cucu mengerti tentang sejarah lokal mereka. salam

    1. benar pak,,,, biar menambah kekayaan budaya kita,,,,
      makasih pak.. salaam

  20. justru karena tulisan ini saya jadi tahu asal usul kata sirampog….jadinya kita tahu lebih banyak tentang Indonesia deh…..nice artikel bro

    1. iya pak, mudah2an bisa menambah wawasan budaya kita…

  21. Wah…rasa-rasanya masih belum ada yg valid tuh kang…itu tugas para pribumi seperti njenengan untuk menelusuri lagi…

    Kepriben kiye nyong yo ora mudheng lah,,,

    1. hahaha,, iya lah kui karepe keepriben…πŸ˜€

  22. wah ternyata bisa baca pikiran orang juga ya ? jujur..waktu pertama kali baca nama sampean..tak pikir: bangga bener nih orang dengan profesinya sbg perampok, smp dibikin nama blog..hehe.. just kidding but true !! πŸ˜€

    1. hahahahha,,,,, ya sampai ahirnya sekarang jadi tau ya bu…πŸ˜€

  23. Wah, kayaknya banyak tempat pikniknya ya, Mas? Dan nampaknya udaranya sejuk. Jadi pengen ke sanaπŸ˜€

    Oya, nek aku mrana aja lali disuguhi ndok asin ya, Mas…. hehehe…. nyong paling doyan kiye ndok asin BrebesπŸ˜€

    1. hahahaha,,,,, iya emang itu daerahnya berupa pegunungan, jadi sejuk…

      haah,, bisa basa ngapak rikane ya.. hehe,,, beress,,, ndok asin ana, sayuran juga siaap…

  24. Wah…siram juga artinya mandi dalam bhs sunda *so what? hihihi*.
    Curug putrinya keren, jd pengen ke situ mas Mab..

    1. heheh,,,, sama ternyata ya bun artinya….

      ayo bun, kesana, deket inih…πŸ˜€

  25. Wah, nguri-uri kabudayan.

    Saya jdi pngen posting tentang Kronjot. Desa yang saya pakai sebagai nama belakang.

    1. hehhehe,,, hayolah nguri2 budaya…
      iya tuh, krojot juga perlu diketahui asal usulnya…πŸ˜€

  26. pengen deh maen2 ke Sirampong kalo ada waktu dan kesempatan

    kalo Rusa sih pertama denger Sirampong jadi mikir rempong =))

    1. hheheheh,,,, rempong ya???? hehehe

      mudah2an ada kesempatan bang..

  27. Cerita yang menarik mas,….

    1. makasih pak…πŸ˜€
      makasih partisipasinya

  28. Ternyata Sirampog itu namanya sebuah kampoeng ya? Saya kira mas Mabruri ini tukang ngerampog (ternyata salah menelaah). Salam kenal dari saya mas Mabruri, kalau punya waktu jangan lupa mampir!

    1. iyaaa,,,, itu nama daerah tempat tinggal saya…

      hehe,,, nda pa2,,,, iya segera ke TKP

  29. kayaknya alam didaerah sirampog masih asri yah mas??? dan itu,
    curug puteri apa termasuk salah satu tempat rekreasi di sirampog

    1. Alhamdulillaah masih asri bang,,,
      curug putri skarang masih alami seperti itu, belum maksimal dimanfaatkan untuk objek wisata,,, mudah2an ke depannya bisa dikelola dengan baik

  30. Brebes, berarti banyak telur asin ya?πŸ™‚

    1. iya kang, banyak telur asin dan bawangnyaa

  31. hahaha iya mas aneh sih saya juga baru nemuin nama itu setelah saya berkunjung ke blog mas ruri xixi.. bagus deh mas kan jadi bs sambil mempromosikan daerah sendiri ^^ tar saya bikin postingan tentang majalengka ahπŸ™‚

    1. hehehe,,,,
      wah, seru kayanya nih asal usul majalengka…πŸ˜€

  32. Aha…akhirnya bunda jadi tau deh apa itu arti Sirampog , RuriπŸ™‚
    terimakasih ya Ruri sudah menuliskannya , jadi bertambah wawasan bundaπŸ™‚
    dan, air terjun Puteri itu kelihatan indah sekali
    salam

    1. hheheheh,, iya bunda,,
      alhamdulillaah juga dengan banyaknya pertanyaan dari para sahabat ahirnya saya jadi ada ide buat nulis di sini…πŸ˜€
      iya bu, itu indah banget curugnya,,,, adem dan sejuk…πŸ™‚
      salaam

  33. salam kenal sobat…

    1. salam kenal juga mas…πŸ™‚
      makasih dah ke sirampog..πŸ˜€

  34. Desanya menyejukkans ekali. Betah melihatnya. Bayangan saya seperti desa Bumijawa di Guci Tegal.

    1. iya, asli msh sejuk..
      wah, pernah ke bumijawa juga ya,, deketlah dari Sirampog tuh…

  35. hehehe lucu, aku pikir nama marga orang MedanπŸ˜€

    1. hhahaha,,, saya malah ga kpikiran sekali kalau ada yg bakalan mengira itu nama marga dari daerah sumatra sono….πŸ˜€

  36. Dari arti atau makna penamaannya sangat unik juga ya Mas…
    Semoga keasrian dan keaslian alamnya, tetap bisa dijaga oleh seluruh masyarakat disana.
    SALAM Hangat dari Kendari. 8)

    1. iya bli, semoga saja bgitu, akan tetap terjada kelestarian alamnya
      makasih bli,,,
      salaam

  37. kirain orang Medan mas ,, heheh ketipu aku .. πŸ˜€

    1. huwahahha,, jauh banget unii

  38. wahyu asyari m · · Reply

    oke, kapan2 saya kesanaπŸ˜†

    1. siippp,,, ditunggu kedatangannya..πŸ˜€

    1. salam kenal juga,,,
      makasih dh mampir

  39. ternyata masih daerah Jawa .. baru ngerti aku ..

    salam πŸ™‚

    1. heheh, iyaa, Jawa Tengah uni….

      salaam..πŸ™‚

  40. unik unik,,:-)

    1. begitulah mbaa..πŸ™‚

  41. Raden ArJUNa? kenapa nama saya dibawa-bawa *narsis on mode*:mrgreen:

    salam kenalπŸ™‚

    1. hehehhe,, nda tau itu R. Arjuna bisa nyasar ke situ..πŸ™‚

      salam kenal juga…

  42. Sirampog? Namanya unik.
    Salam dari Pekalongan!

    1. iya paak,,,
      wah pekalongan,, unik juga tuh pak, hehehe

      salaam dari Sirampog

  43. wah ndeso to kang?
    xixixixixixi

    ada jalur bus dr Solo g Wan??
    or travel gitu..

    klo ngeliat daerah2 gunung gitu aura adventurer saya naik tinggi
    *halah

    1. hahahah,, nggunung mas….πŸ˜€

      adalah, dari Solo turunya di Bumiayu, nah dari Bumiayu ngangkot deh ke Sirampog,,,,,
      emang daerahnya berupa pegunungan mas… ayoo ditunggu..

      1. Solo-Bumiayu ada travel ? masak sih? :-s hmmmm

      2. ada mas kayanya… kayaanyaa.. hehehe…
        bis2 juga ada ko, bumiayu-jogja juga banyak….

      3. kok tahu?
        sudah pernah jd kernet atau kondektur bus ya?

        LoL

        *cuman mau bilang itu saja kokπŸ˜€

      4. huwahahha,,,,,
        Alhamdulillah, nglamar kerja jadi kondektur or kernet ga pernah keterima mas…πŸ˜€

  44. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mabruri…

    Pengkisahan Sirampog yang mengesankan dari sejarah bermula mendapat nama. Ternyata banyak versi yang boleh memperlihatkan kreativiti orang terdahulu dalam mengambil nama bagi sesuatu tempat.

    Hehehe, baru saya perasan nama Sirampog itu seakan Sirampok. Lucu sekali kedengarannya. Benar, banyak nama bagi tempat mempunyai sejarah tersendiri untuk dikenang oleh generasi terkemudian. Tentu nanti ada blogger seperti Mabruri 20 10 tahun atau 20 tahun akan datang menceritakan kembali tentang Sirampog lalu blog ini jadi sumbernya.πŸ˜€

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    1. ‘Alaikumussalam wr wb..

      wah, iya bunda,,, semoga dengan ini juga bisa menambah kekayaan budaya bangsa, ,,
      hehe, bunda berlebihan, tpi mudah2an kelestarian budaya yang ada dapat terjaga dengan baik…πŸ™‚

      salaam dari Sirampog bunda

  45. Pertama saya langsung bilang, pasti mas ini dari sirampog ….terima kasih atas pengetahuan tentang sirampog ini

    1. heheh,,, iya Bli, tapi nda berfikiran saya ini perampok kan bli?? hehehe

  46. kirain sirampog marga dari tanah batak, rupanya malah di brebes to?
    mksh infonya jadi tahu sekarang…

    1. hahhaha, saya sendiri malah nda mengira bakalan ada yang mengira2 sampai ke situ…πŸ˜€

      sama2,,,πŸ™‚

  47. Saya kira itu hanya nama julukan yang asalnya dari batak, ternyata itu nama beneran ada ya mas…
    Saya malah baru tau kalau ada daerah bernama sirampog itu dari sini, thanks!

    1. hehehe,,,,,, dari Batak, sepupuan sama Sitanggang ya pak.. hehe

      Iya, itu daerah Brebes, Jateng..
      sama2 pak,, semoga nanti ada hal baru yang bisa dibagi lagi…

  48. Siram “mandi” pog “terakhir” berarti mandi terakhir donk..πŸ˜†

    1. ho oh, mandi terakhir,, mandinga orang meninggal ..πŸ˜€

  49. hehe… ternyata sirampog itu nama tempat ya ,,,
    kalo dalam bahasa Sunda emang mirip2 dengan uraian yang diawal tulisan itu tuh …

    1. heheh,, bukan basa sunda aja,, tpi sebagian besar memang mengarahnya ke situ..πŸ˜€

  50. nice share gan

    1. maturnuwun..πŸ˜€

  51. iya saya kira dulu “Perampok” mas…maaf ya…hehehe

    1. heheh,, nda pa2, skarang sudah tau kan?? hehehe

  52. ternyata Sirampog itu nama tempat, baru tahu soalnya masπŸ™‚

    1. heheh,, iya, suatu kecamatan di Kabupaten Brebes….πŸ™‚

  53. ben lewih sangar mending versi no.2 kang, dadi ana rampok pd ngumpul haha..

    pdhl sekiye malah dadi kawasan pesantren top ya kang.. aneh ya hahehe

    1. hehehe,,, iya kang,,,,,

      alhamdulillah sing ana malah wonge akeh sing alim-alim.. hehehe

  54. Nama daerah yg unik mas.πŸ˜€
    Mas,tukeran Link yuk???
    Link Blog mas sudah duduk dngn santai di blogku,
    Ditunggu ya konfirmasi balasannya
    salam kenal dari blogger UMYπŸ˜€
    Terimakasih

    1. iyaa, sirampog …

      boleh, silakan, nanti akan segera saya pasang juga…

      salam dari saya, trimakasih

  55. Fikriyansyah · · Reply

    hehehe mas tahu aja sih, ma’af y mas, tadinya saya mengira kl sirampog itu t4 berkumpulnya perampok (m’f mas kl salah) ada mnfaatnya juga saya baca artikel ini.. skali lagi m’f mas.

    1. hehhe, nda pa2 mas,, sekarang sudah tau kan??
      wah, lama ga kliatan,, apakabar mas??? masih sibuk di dunia nyatakah??πŸ˜€

      1. fikriyansyah · ·

        udh tahu masπŸ™‚ kbar baik mas. y mas karena udh smster 6 jadi lg bnyak2nya tugas kuliah.

  56. wah mantap pak..
    kebetulan bgt baru aja sy mikirin apa arti SIRAMPOG ketika lihat komen bapak.πŸ˜€

    1. hehehe,, jadi skarang sudah tau kan???πŸ˜€

  57. […] Mabruri Punya Cerita… Perkuat ukhuwah dengan silaturahim Skip to content HomeAkuBuku Tamu…Daftar IsiFoto-fotoGnatyxRak Award’sSirampogVIDEO ← Asal-usul Sirampog […]

  58. tadinya saya pikir sirampog itu marganya mas mabruri, ternyata nama tempat tho

    1. hehehe,, iya, itu wilayah di Kab. brebes

  59. temen saya juga ada yg asalnya brebes. sodara sepupu saya juga sekarang jd PNS disanaπŸ˜€..salam kenal

    1. wahh,,,
      di Brebesnya ya mas… ayu kapan2 masnya main2 ke brebes..πŸ˜€

      salaam kenal juga

  60. tu bukan perampok Kang, tapi Robinhood.. tapi napa enggak dinamai Robinhood aja ya hehehe

    jujur aku pingin dolan mrono Kang, eman aku ora duwe waktu luang

    1. hayuuu dolan rene… tek enteni…πŸ˜€

  61. oh…begitu.slama ini saya malah bacanya sirampong….salah yak, ternyata sirampog. Hehe…

    1. jiahahah,,, ko bisa mba???πŸ˜€

  62. Wah, aku dah 2 kali ke curug putri…
    Jadi kangen deh…
    Salam dari benda nihπŸ™‚

    1. lahh, ini ahirnya ada tetangga deket…πŸ˜€

      skarang mungkin sudah banyak berubah….

      salam juga dari saya, Kaligiri..πŸ˜€

  63. baru tahu saya, ternyata si rampog itu nama daerah

    1. hehhe, iya pak, daerah di Brebes

  64. Salam Takzim
    Nanti ini saya pinjam bang, buat menambah budaya di rumah saya, makasih sebelumnya
    Salam Takzim Batavusqu

    1. monggo kerso bangπŸ™‚

      salaam

  65. […] wisata alamnya. Kalau kemarin saya telah mengajak sahabat semua untuk sedikit berkenalan dengan Sirampog juga dengan Curug Putrinya, kali ini saya akan coba bawa sahabat untuk mengenal salah satu wilayah […]

  66. rezkyani frazeptiana · · Reply

    klo leh tau sirampognya mn ya krn a dr desa dk pereng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: