Bersua dengan sang Guru

Sahabat semua,,,

Pernahkah sahabat2 semua berkunjung ataupun bersilaturahim kepada guru-guru kita waktu jamannya masih sekolah?? Kalau jawabannya sering ya baguslah, murid yang berbakti brarti. Kalau jawabannya ga pernah, waah,, sekali-kali deh coba dikunjungi. Nah kalau jawabannya jarang (brarti pernah), itu sama dengan saya,πŸ˜€. Saya juga orang yang jarang untuk bersilaturahim dengan guru-guru saya. Jangankan guru waktu SD, yang masih segar terasa yaitu guru-guru SMA saja, juga sangat jarang sekali.

Bapak Ibu Guru SMP N 2 Sirampog (bukan yang sekarang.. :D)

Padahal, kita menjadi seperti sekarang ini juga tak lepas dari jasa-jasa mulia mereka (guru). Sudah sepantasnya bahkan wajib bagi kita untuk selalu menghormati mereka, mengunjungi mereka dengan tetap bersilaturahim dan tentunya terus mendoakan mereka.Β  Jangan sampai begitu keluar dari sekolah, terus kita juga lupa sama guru-guru kita. Yang lalu biarlah berlalu, mereka cuman mantan guru saya dulu. Waah,, sadis benar kau bilang seperti itu nak😦. Ga boleh dong bicara seperti itu. Meskipun diantara guru2 kita dulu, ada yang menurut penilaian kita bisa dikatakan menyebalkan, dan entah karena alasan apa ko bisa dibilang menyebalkan ya..πŸ˜€. Mungkin karena sering ngasih tugas, ulangannya dadakan, harus bener2 disiplin, dsb. Tapi itu semua dilakukan tentunya untuk kebaikan kita.

Nah kemaren (5/5/’11), waktu saya lagi di rumah (Sirampog), saya bersyukur sekali kepada Allah SWT. Karena saya diberi kesempatan untuk bisa bersilaturahim lagi dengan guru-guru saya waktu SMP (SMP N 2 Sirampog). Ini memang benar-benar anugerah dari Allah, karena sebelumnya tidak ada dalam rencana saya untuk bersilaturahim ke SMP 2 Sirampog. Mungkin Allah mendengar keluh kesah saya sebelum-sebelumnya. 10 Tahun lepas dari SMP tapi belum pernah sekalipun bersilaturahim dengan keluarga besar SMP 2 Sirampog. Rencana reuni yang didengung-dengungkan setiap menjelang Idul Fitri, belum pernah terealisasikan. Ada aja halangannya.

Eh, ga disangka-sangka, Allah ngasi jalan lain buat bisa silaturahim dengan mereka. Berawal dari saya yang sedang asik-asiknya ngringkel (tau ngringkel kan?? :D) di atas kasur dan di bawah selimut, padahal hari sudah menjauh dari pagi, sekitar pukul 08.00 WIB. Berhubung cuaca di luar mendung, pas banget kalau suasana seperti itu dibawa tiduran lagi berselimut tebal. Tiba-tiba Hp berdering ada panggilan masuk. Saya liat nomornya, sudah ga asing lagi ni nomor. Lho, ko nelfon balik? Nomor ini kan baru sejam-an tadi saya telfon. Ada apa ya??? Setelah saya angkat, ternyata yang nelfon bukan si pemilik nomor itu, ternyata salah satu guru di SMP itu yang kebetulan ga punya nomor saya.

Setelah basa-basi sedikit, langsung deh pada poin terpentingnya. Ternyata, laptop salah seorang guru lagi bermasalah. Beliau minta saya untuk datang ke sekolah sekedar ngecek masalahnya apa. Waduh, padahal saya ga bisa apa2 tentang komputer. Tapi seperti ada yang membisikkan, ayo datang saja, sekalian silaturahim sama Bapak Ibu Guru juga lho.

Saya pun segera beranjak dari tempat tidur, pergi mandi dan langsung ke TKP (SMP N 2 Sirampog). Ga perlu waktu lama untuk sampai ke TKP. Begitu sampai di SMP, saya langsung ngecek masalah pada lappy itu. Dan ternyata hanya karena virus. Masalah selesai, dan saatnya buat kangen2an sama Guru-guru SMP saya dulu.

Rasanya campur aduk gitu lah, seneng, bangga, malu dan sebagainya. Alhamdulillah kebanyakan dari mereka masih inget sama saya, itu yang bikin saya bangga. “Ini Mabruri yah,, udah tinggi banget,,, udah nikah??” Seperti itulah sapaan mereka waktu pertama kali liat saya. Dan pertanyaan terahir ituΒ  yang bikin saya harus nyengir kuda….πŸ˜€

Di sana masih ada Bu Wasriah, Pak Yusro, Pak Faizin, Bu Ardiyati, Pak Jatmo, Bu Nur, Bu Ida, dan Pak Shodikun. Pak Irfan juga masih ada tapi waktu itu lagi ga berangkat. Mereka semua yang masih bertahan dari saya masih belajr di situ sampai sekarang. Yang lainnya banyak yang baru, dan saya juga belum pada kenal. Jadi ya cuman salam2an saja sama mereka. Bahkan, pak Shodikun yang dulunya masih ngajar Fisika waktu saya kelas 3, sekarang sudah 2 bulan menjadi Kepala Sekolah SMP saya itu.

Senang sekali rasanya bisa berkumpul lagi dengan beliau-beliau. Hanya satu yang saya sayangkan… Saya ga bawa kamera (kameranya lagi dipinjem tetangga) jadi ga bisa poto-poto.. hiks.. hiks.. menyedihkan. Hanya mengandalkan kamera HP, dan ternyata baru buat moto satu objek memorynya sudah penuh. Saya lupa belum memindahkan file2 ke HD. Ya sudahlah, mungkin belum jodohnya buat berfoto ria dengan guru-guru saya itu. Tapi lumayan dapet satu poto, poto salah seorang pengawai Tata Usaha…πŸ˜€

Sebenarnya masih pengen berlama-lama bersama guru-guru saya, tapi apalah daya, kan mereka lagi pada ngajar. Jadi ya begitu dirasa sudah cukup saya pun segera pulang. 2 jam lah lumayan bercengkerama lagi dengan guru-guru terbaik saya setelah sekian lama tak pernah bersua. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih buat Bapak Ibu guru, dan mohon maaf atas apa yang saya perbuat selama menjadi murid maupun setelah lepas menjadi murid SMP Negeri 2 Sirampog. Do’a saya, semoga Allah memberkahi Bapak Ibu guru. Aamiin…

Kalau foto2 sekolahnya saya punya yang terbaru, kira2 sebulanan yang lalu..

This slideshow requires JavaScript.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (SAW) bersabda:

β€œPelajarilah ilmu, pelajarilah ilmu dengan ketenangan dan sikap hormat serta tawadhu’lah kepada orang yang mengajarimu.”

98 comments

  1. waaahhhh seru yah pastinya bisa bernostalgia dan bersillaturahmi setelah 10 tahun lamanya meninggalkan sekolahan itu. memang semua berkat jasa-jasa mereka (guru).

    1. iya bang,,, 20 tahun ga ketemu sama guru2 SMP,, tpi untuk berkunjung ke sekolahannya sekedar liat2 sering bang,,,,

      salaam

  2. Udah nikah?…. hahahaha pertanyaan yang klasik yo Kang?

    napa enggak dijawab nyarikan donk.. kalau bisa dua, karena satunya buat teman saya di Jember hehehehe

    1. hahahhah,,,,, knapa si akangnya ga ngajarin waktu saya ditanya kaya gitu kang…πŸ˜€

  3. kadang kl kita berhasil semua akan idah jika di kenang. kenangan bersama guru,teman2 yang berjuang bersama2 kita duluπŸ™‚

    1. kalau gagal brarti enggan untuk mengingat mereka ya mas…πŸ˜€

      salaam

  4. saking teringatnya pada guru sd dulu suka sy jdkan hint pertanyaan di password ‘siapakah guru sd anda?’ jawabnya…ada dehπŸ˜›

    1. hahahah,,,,, jawabannya keren banget kang….πŸ˜€
      saya malah ga pernah make pertanyaan yang itu…πŸ™‚

  5. guru banyak berjasa buat kita, mereka yg telah mendidik kita sehingga kita bisa seperti ini.

    1. betul pak,, wajib buat kita untuk menghormati mereka dan senantiasa mendoakan mereka selalu..

      salaam

  6. Saleum,
    saya sekarang sedang mengadakan kerja sama dengan salah satu guru killer sewaktu SMP dulu bang, hehehe,… saya sudah ikhlaskan perbuatannya yang pernah menjemur saya krena telat masuk kelas dulu, yahc, semua sudah terjadi apalagi hikmahnya sy sudah dapatkan dri hukuman itu.
    saleum dmilano

    1. salaam…

      hehahaha,, enak bang rasanya menikmati panasnya matahari… hihiihh
      iya semua itu pasti ada hikmahnya bang,, ambil positifnya aja…

      salaam

  7. Hikhikhik..saya jadi malu nich…yang sering saya kunjungi guru waktu SMU saja, itupun semunya udah pada pensiun, kalau guru SD sudah pindah sekolah juga, paling ketemunya di jalan saja

    1. hehehe,,, kebanyakan ya sama bli,,,, guru SD saya kebanyakan tetangga saya sendiri, jadi mudah untuk ditemui…πŸ˜€

      salaam

  8. Wah Kang, saya koh lebih banyak malunya yah klo ktemu saya guru lama ?

    1. hehehe,, malunya kenapa kang?????
      sudah ga ditagih tugas kan sama mereka???πŸ˜€

  9. saya malah lupa nama gurunya…
    *murid durhaka…plaaak!

    1. kalau lupa nama mungkin banyak, tpi kalau wajah kayanya msh bisa dikenali lho mba..πŸ˜€

      salaam

  10. hiks … sekolahnya malah tambah bagus ya
    ketika saya mudik dan mampir ke SD saya dulu,
    wujudnya sudah tidak sekokoh dulu,
    padahal dulu paling favorit tuh sekolah

    ahhh jadi kangen … pengen mudik … Aaaaa…..

    1. kalau SD saya malah sekarang jadi bagus,,,, dulu mah memprihatinkan sekali, apalagi kalau ujan,, bocorrr…πŸ˜€

      ayo mudiiikkk….πŸ˜€

      salaam

  11. saya kerap mengunjungi guru-guru saya, dan itu sangat membahagiakan

    1. alhamdulillaah mas Gie,, perlu ditiru ini…πŸ˜€

  12. guru-guru pada gak kenal sama saya, saya bukan anak yang meninjol sih waktu dulunya hehe

    1. hehehe,,, yg biasanya trs dikenal sama guru cuman 2 mas,, pertama yang menonjol karena prestasi dan yg kedua karena kebandelannya…πŸ˜€

      salaam

  13. Saya pindah2 mulu sekolahnya. Jadi cuma 1 atau 2 guru yang kenal baik. Tapi pengen juga main ke sekolah2 saya dulu. Itu artinya saya harus ke cilacap, ke jambi, ke samarinda, dll.
    hiks… hiks..

    1. huwaaaahh,,,
      hebat2, nomaden yah sekolahnya… hehe,,
      bagus malah itu, jadi banyak relasi..πŸ˜€

      salaam

  14. Saya semenjak lulus sekolah, tidak pernah main ke sana lagi. Apalagi sekarang, sudah diluar kotaπŸ˜†

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    1. kalau urusannya sudah ke luar kota or luar pulau,, itu emang susah pak buat berkunjung ke guru2 kita dulu..πŸ™‚

      salaam

  15. Salam Takzim
    Hahaha jangan minta bayaran bang pamali.
    Kalau ke jakarta tolong betulin kaki saya bang rada goyang kalau denger musik dangdut hehehe
    Sukses selalu bang, pengen deh ketemu sama guru guru SMP atau STM kapan yak
    Terima kasih bang sudah berkunjung ke gubuk saya, semoga Allah akan membalasnya Amin
    Salam Takzim Batavusqu

    1. salaam bang….
      hehehe,,, saya ga bisa reparasai kaki bang…πŸ˜€
      aamiin doanya bang… ya kapan aja bang kalau ada kesempatan,,,,πŸ™‚

      sama-sama bang, mohon bimbingannya, semoga Allah memberkahi kita semua.. aamiin

      salaam

  16. bintang · · Reply

    guru TK saya ngajar TK kponakan saya πŸ˜€

    1. guru SD, SMP gimana??πŸ˜€

  17. karena dulu pernah ketahuan bolos.. jadi di inget2 sama guru:mrgreen:

    1. hehehe,, yg diinget sama guru biasanya yang pinter prestasinya sama yang bandel …πŸ˜€

  18. keren gedung smp nya… smp ku apa kabar ya sekarang?? Moga suatu hari aku bisa berkunjung ke sana…πŸ™‚

    1. aamiin ms prim,, semoga niatanya sgera tercapai…
      iya, smpnya sekarang tampilannya lebih bagus dari yang dulu..
      salaam πŸ™‚

  19. saya pulang setahun sekali nih akh..

    pulang juga sempat ngunjungi ayah ibu doang.. hehe..

    1. heheh,, susah sekarang emang kalau sudah ke luar kota…
      ya minimal setaun sekali lah kalau mudik disempetin buat nengokin mereka..πŸ™‚

      salaam

  20. Alhamdulillah, saya masih sering bertemu dengan guru SD saya kalo pulang ke Surabaya.πŸ™‚

    1. Alhamdulillaah mas kalau gitu,, semoga terus terjaga silaturahimnya…πŸ™‚
      memang susah kalau sudah terpisah kota….πŸ˜€

  21. Usup Supriyadi · · Reply

    Wah, senangnyaπŸ˜€

    1. alhamdulillaah mas…πŸ™‚

  22. hmmmm….diingat2…saya belum pernah tuh ketemu guru2 seperti ini…masih ingat gak ya mereka….

    1. hehehe,,, ayo mas tengokin mereka… kali aja mereka malah yg lagi kangetn…. hihihihi

  23. blom pernah, tapi kalo tegur salam sih masih. Jauh, bogor – surabayaπŸ™‚

    1. hehee.,,, betul mas,,, kalau sudah terbentang jarak dan waktu memang susah untuk bisa berkunjung langsung,, tpi baguslah kalau masih bertegur sapa…

      salaamπŸ™‚

  24. Waktu aku nikah, guru TK-ku dateng!! Seneeeng banget, ternyata beliau msh inget akuπŸ™‚

    1. waaahh,, senengnya bun….
      semoga yg pernah menjadi muridnya ga lupa sama guru2nya….πŸ™‚

      salaam

  25. Dengan mambaca tulisan Ustad Mabruri ini saya jadi kengen dan merindukan Guru saya..

    1. heeh,, ustad????
      saya bukan seorang ustad mas, dan belum pantas dipanggil ustad…πŸ˜€

      ayolah mas, tengokin guru2 kita..

      salaam

  26. wah kalau aku tipikal org yg suka main ke rumah guru.
    cuman memang selektif sih..
    maksudnya tidak ke rumah semua guru
    hanya guru2 yg kuanggap banyak memberiku motivasi dan nspirasi.
    dan itupun tidak sering karena memang rata2 mereka tinggal di Solo sementara aq di luar kota jauh…

    klo main ke rumah guru secara umum biasanya klo pas barengan sm temen2 lain

    1. sama mungkin mas, kalau berkunjung ke rumah gurunya ya tidak semua,,,dipilih aja gitu,, semisal yg pernah jadi walikelasnya…πŸ™‚

      salaam

  27. Wah saya ga pernah bersilaturrahmi sama guru.. boro-boro lewat depan sekolah aja sudah ndredeg bayangin wajah guru yang killer-killer haha..

    1. hehehe,, lah itu kan dulu,, skarang apa iya masih dredeg gitu bu??πŸ˜€

  28. Agung Rangga · · Reply

    hmm…
    Jadi kangen nih sama guru-guruku pas SD-SMP…πŸ˜₯
    Bikin reunian seru kali ya…

    1. hehehe,,, hayo kumpulin temen2nya…
      reunian pasti seru

  29. wahh…
    saya juga udah lama banget ga bersua dengan guru-guru saya..
    apakah beliau-beliau itu masih di situ ya? masih inget ga ya dengan saya?
    hehe..

    1. hhe,, ayolah sekali-kali ditengok guru2nya….
      siapa tau mereka juga sebenarnya kangen…πŸ˜€

  30. […] Punya Cerita… Bersua dengan sang Guru 1 hari yang […]

    1. makasih…πŸ™‚

  31. Terakhir kali saya sowan ke guru SMA waktu kuliah.
    Cuma itu saja sih, kalau guru smp or sd, saya malah tidak ingat. Mungkin karena saat SMA, kita sudah lebih dewasa jadi sudah bisa berinteraksi lebih dekat dengan para guru.

    1. kemungkinan seperti itu,,, apalagi kalau sekarang sudah terbentang beda kota ya mas…

      salaam

  32. postingan yang penuh hikmah…

    1. makasih pak,,,
      semoga bermanfaat buat kira semua..

      salaam

  33. kadang ingat wajah tapi lupa nama, seringkali begituπŸ˜†

    1. kebanyakan seperti itu bu….. wajah sih biasanya tetep bisa dikenal, tpi nama gampang lupa

  34. emang kapan mas nikahnya?

    1. gubraakkk,,, insya Allah mas nanti kalau sudah ketemu jodohnya…πŸ˜€


  35. Hormati gurumu, sayangi teman
    itulah tandanya kau murid budiman

    Kalau pas pulkam pernah silaturrahim ke guru… . tp jarang pulang

    1. mash hafal lagunya juga toh bun..πŸ˜€

      iya saya juga seperti itu,, ketemu ya kalau lagi di rumah,

  36. sekarang sering komunikasi dengan guru-guru SD walaupun tinggal sedikit saja, itupun karena anak saya bersekolah di SD tempat saya sekolahπŸ™‚
    sebenarnya ingin sekali bisa reuni dengan bapak ibu guru tapi belum kesampaian..

    1. alhamdulillaah kalau masih bisa sering komuniikasi,,,
      susah banget ngumpulin temen2 seperjuangan waktu SD or SMP bu…πŸ™‚

      salaam

  37. wah gara-gara baca ini jadi inget jaman smp dulu, jamannya mecahin kaca sekolah gara2 main bola sembarangan.. hehe. salam kawanπŸ™‚

    1. heheheh,,,,, saya juga pernah mecahin kaca, tpi bukan saya, cuman lagi main bola bareng, salah satu temen nendang kena kaca…
      dijewer semua deh.πŸ˜€

      salaam

  38. selalu mengharukan..
    apalagi kalo kita bawa sedikit bingkisan untuk mereka.. pasti menyenangkanπŸ™‚

    1. hihihi,, tentu itu,,, kalau ke rumah wali kelas dulu, saya & temen2 pernah sperti itu..πŸ™‚

  39. kalau saya masih bisa sering ketemu dan ngobrol2 bareng dengan sebagian guru2 SD saya dulu mas, soalnya rumahnya deket2…hehe…

    1. wah, syukur deh kalau gitu, belum terpisah kota brarti y mas…πŸ™‚

  40. Jadi inget masa sekolah SMA dulu mas, masa dimana lg bandel2nya sering ditegur guru karena masalah klasik, mbolos..
    Sekarang saat ketemu sama guru SMA dulu jadi malu sendiri,.. hehehee πŸ˜‰

    1. heheheh,,, terkenal juga brarti dulu y mas,, menonjol di sekolah..πŸ˜€

  41. mabruri yaa..koq belum nikah? belum laku yaa wakaka.. saya gak pernah paling kalau ketemu di jalan aja hihi..mungkin mereka juga lupa sm saya..ah nyesal dulu g jadi bintang di sekolahπŸ˜€

    1. hehehehe,,,,,
      bukannya belum laku kang,,, belum nyari ajaaa..πŸ˜€
      harusnya kalau ga jadi bitang di sekolah ya jadi yang paling bandel kang di sekolah, biar ttep dikenal sama gurunya… hihiih

  42. Sampai sekarang sudah sekitar dua puluh tahunan sy belum pernah bertemu langsung para guru sekolah menengah. Pernah tahu ada beberapa profilnya hanya via FB dan sudah menyampaikan salam lewat pertemanan.

    SALAM Hormat buat para guru disana ya Mas… 8)

    1. sama2 bli….. apalagi kalau harus sudah terpisah kota ataupun propinsi,
      beruntung komunikasi skarang sudah mudah, jadi ga ketemu scara langsung tak masalah yang penting msh bisa saling tegur sapa …

      Salaam juga bli,,,

  43. Mechta · · Reply

    Selain ibu -yg kbtlan jg guru SMP ku πŸ˜‰ -sdh sangat lama ga ktmu guru2 ku. Terakhir ktmu guru SMP 2 th lalu saat reuni. Oya,smga dirimu sgra bisa sowan bp-ibu guru dg membawa undangan ya..πŸ˜€

    1. heheheh… aamiiin yaa Rabb…
      *doa2 seperti inilah yg saya tunggu-tunggu..πŸ˜€

  44. Ketemu guru memang asyik apalagi guru pavorit kita dulu

    1. iya pak,,, apalagi kalau guru2nya ternyata mash kenal sama kita…πŸ™‚

  45. kalau guru, mungkin yang mbah paling ingin ketemu adalah Guru TK mas, wajahnya saya sudah lupa…tapi namanya saja yang ingat…

  46. Saya melakukan reuni dengan guru SD setiap setahun sekali,….saat bersalaman dengan beliau pasti beliau bilang ” Mbaknya kapan datang? ” dan ditambah “bagaimana karirnya? ” (maksudnya karir yang gonta-ganti, he he he)…

    Kalau ketremuan ama guru SMA kapan ya? lupa-lupa ingat pas bareng teman2, ada guru yang masih hafal sama aku dan langsung nyeletuk “Lho…emang aku punya tho murid manis begini bukannya yang ada dulu preman?” (Saya dulu termasuk siswi langganan BP karena bandel)

    Katanya berbakti pada guru sama dengan berbakti pada orang tua…

    1. hehehe,, seneng banget bisa setiap tahun reuni an bareng temen SD… kalau saya justru temen SD sudah ga tau pada kemana, susah ngumpulinnya mba…
      hehhehe

      Iya guru itu ortu kita di sekolah…..hehe,,, bandelnya tp bandel rajin ya mba..πŸ˜€

  47. biasanya ke tempat guru kalo lebaran, rame-rame bareng temen-temen seangkatan😳

  48. sama itu bun, terutama ke wali kelas…..πŸ™‚

  49. Rupanya masih ada yang selalu ingat kepada gurunya.
    Sebagai guru aku salut untuk tulisan Mas Mabruri, ku acungkan 2 jempol.
    Karena dak ada istilah bekas guru, seorang guru ya tetap guru kita.

    1. bapak bisa aja,, ya memang sudah jadi kewajiban pak,,
      kami bisa seperti ini karena tak lepas dari jasa2 Bapak Ibu guru kami, jadi sudah sepantasnya mereka2 harus tetep dihormati…..

      Mudah2an semua guru termasuk Bapak tentunya, mendapat barokah dari Allah SWT. aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: