Ada kehangatan di dalamnya….

Lebih baik disini, rumah kita sendiri
Segala nikmat dan anugerah yang kuasa
Semuanya ada disini
Rumah kita

Itulah sepenggal syair dari God Bless yang menggambarkan betapa indahnya bisa hidup di rumah sendiri, di tanah kelahiran sendiri. Bahkan ada pepatah yang mengatakan, “Lebih baik hujan batu di negeri sendiri, dari pada hujan emas di negeri orang”. Masih banyak lagi syair-syair yang menggambarkan tentang keindahan suatu desa, untaian-untaian kata yang memuitiskan alam pedesaan. Kesemuanya itu karena mereka bangga akan desanya sendiri.

Termasuk juga saya,,,,, Keindahan yang ada di sekitar rumah saya, tak sanggup saya jabarkan dengan kalimat2 indah, apalagi saya puitiskan.. (karena memang saya ga bisa bikin puisis…๐Ÿ™‚ ) Hanya saja yang akan terus melekat pada diri saya dimanapun nanti akan berlabuh, bahwa di rumah orangtua saya itulah, desa saya, Sirampog tidaklah seburuk yang dikira, juga tak seindah yang dibayangkan, tetapi ada kehangatan di dalamnya.

Berkumpul dengan keluarga di kala senja, duduk-duduk manis di beranda rumah sambil ditemani secangkir teh hangat dan singkong goreng, menambah keindahan panorama matahari akan terbenam. Sungguh suasana seperti itu, sudah jarang sekali saya rasakan.

 

Surya tenggelam

Duduk santai di kala senja

Surya tenggelam

Keceriaan anak-anak yang bermain di kala senja, atau semangat pagi anak-anak yang ingin meraih prestasi begitu terasa nyata.

 

Kecerian seorang anak

Ayooooo sekolaaaaahhhh....

Hijaunya desa masih menyejukan bila mata ini memandangnya. Hilang semua segala penat oleh keindahan alam ini. Meskipun sekarang sudah tak sehijau yang dulu, namun masih bisa menentramkan hati yang sedang galau…๐Ÿ™‚

Gemercik air pegunungan nan jernih, sepoi-sepoi angin yang berhembus, seolah membisikan kata, “kedamaian ada di sini”.

 

Mata Air Kaligiri

Dan Negeri di atas awan pun bukan hanya sekedar dongeng semata. Sebab saya bisa merasakan betapa menakjubkannya melihat awan-awan yang menutupi desa saya ini. Meskipun jarak pandang jadi terhalang, namun tak mengurangi keindahan suasana berkabut itu.

 

Berkabut

Negeri di atas awan..๐Ÿ™‚

Kridong sarung saat berkabut..๐Ÿ™‚

Bermain bersama teman-teman di desa, itu menjadi suatu kenangan yang indah saat berada jauh dari mereka. Bermain bola di tengah-tengah hutan yang dikelilingi bukit-bukit yang berjajar indah, ataupun bermain takraw di halaman suatu sekolah, kesemuanya memancarkan senyum keceriaan anak-anak desa dari dalam hati yang terdalam.

 

Stadionnn....

main bola

takraw

Sungguh nikmat yang sangat luar biasa dari Allah, yang pastinya akan saya syukuri. Namun, kadang saya pun bertanya dalam hati ini, kenapa saya harus meninggalkan rumah, kenapa harus menjauh dari desa yang penuh dengan kedamaian itu??? Entahlah, yang jelas tekad saya, suatu saat nanti, saya pasti akan kembali lagi, berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Betapa rindu hati ini berada dalam situasi seperti itu lagi…..

62 comments

  1. Dimana dan bagaimana kita sekarang adalah hasil kita memilih berbagai multiple choice di hidup ini…

    Wherever we live,, our family & our hometown always on our hearts….

    Mumpung mesih enom,,jalan2 ndisit meng ndi ora,,mengko tua urip sing damai nang kampung (mudah2n mesih damai) …

    1. siiiippp yuuu…… jelajahi dunia selagi msh ada kesempatan,,,,, dan setelah cukup bekal, kita pasti akan kembali ke pangkuan bunda….๐Ÿ™‚

  2. Anugrha13 · · Reply

    emang kalo di rantau pasti akan selalu rindu akan tanah kelahiran mas…
    njenengan masih mending, masih sama2 di jawa, kangen, ada acara atau ada apa-apa masih deket saya yang ada di luar jawa sering nggerentes mas ;(

    1. hehhee,,, cuma lembaran2 foto sebagai pelepas rindu mas..
      lah, mase nang ndi siki??

  3. sudah saya pasang linknya mas…
    salam.
    semoga terjalin silaturahim yang baik..

    1. yups, makasih mas….
      aamiin,,, smga bisa terjalin silaturahim yg baik mskpun hanya di dunia maya

  4. Fikriyansyah · · Reply

    kl merantau selau rindu keluarga… ngmong2 t4-nya masih asri, nyaman n udaranya segar sama sprti t4 saya…

    1. iya mas, alhamdulillah diberi tempat yang seperti itu untuk tinggal keluarga….
      Wah, dimana tuh mas???

      1. Fikriyansyah · ·

        di Lampung tp bukan di bandar Lampungnya, kl di bandar lampung sma ja kyk jakarta sumpek. saya di pesawarannya..

      2. ooowwh…. (manggut2 ajalah, cos blum pernah ke lampung,,,, hehe)
        y sama mas, di sini juga, keluar ke kota dikit ya udah pengap….

  5. Indahnya memang jika bersama keluarga dan di kampung halaman sendiri, nikmat luar biasa dalam hidup.
    Semoga terlepaskan kerinduan itu.

    1. he eh,,,, dan sudah hampir 7 taun aku hidup merantau, tpi alhamdulillah masih di jawa aja… yg penting komunikasi dg kluarga di rumah tetep jalan, bisa melepas kerinduan itu.

      1. Alhamdullilah
        Semoga keluarga sehat selalu dan dalam lindunganNYA ya ka..Amin

      2. aamiin,,,, insya Allah…
        semoga kita semua selalu dalam lindunganNya dimanapun berada….

  6. Wah indah banget ya..dimana tuh desa sirampog ya? keren bgt pemandangannya. Pasti kangen situasi kayak di desa gitu ya.

    1. iya mas, pengennya disitu aja ga mau jauh2 ninggalinnya….๐Ÿ™‚
      Sirampog tu daerah di Brebes, Jawa Tengah mas….
      boleh tuh mas main ke situ,,,,

  7. Terasa mendamaikan melihat foto2 diatas. Benar kata kamu, keindahan daerah sendiri akan semakin kita hargai takkala kita berada jauh dinegeri orang

    1. iya pak, betul sekali,,, kalo lagi di situ aja mah sepertinya biasa aja,, tpi baru terasa saat jauh di kampung orang,,,,
      makasih pak kunjungannya, smoga bisa trs bersilaturahim…

  8. Menarik….
    Saya sangat suka suasananya, asri…
    dan pastinya ramah

    1. Alhamdulillah, menyenangkan bisa hidup di lingkungan seperti itu mas….

  9. Sungguh suatu suasana yang indah, jauh dari segala huru hara, untuk foto matahari tenggelam sangat bagus shootnya

    1. makanya jd pengen cepet2 hidup di kampung lagi pak…
      hehe,, ga sengaja bisa moto kya gitu pak, pdahal tu cuma pake kamera HP,,,

      1. kegiatan ini memiliki keasyikan tersendiri, kedepannya mas mabruri bisa memposting secara teratur foto-foto yang memiliki cerita didalamnya, keep your spirit๐Ÿ˜€

      2. aamiin,,
        insya Allah mas,,,,
        dan maaf baru bisa aktif lagi, cz kemaren baru aja ada sesuatu yg harus terpaksa meninggalkan aktifitas di dunia mayaku

  10. seger banget liat suasananya…tapi kok ada kabut tuh, adem banget pastinya ya๐Ÿ™‚

    1. hehe,, iya mas,, tu klo lagi sore biasanya berkabut,, sudah pasti dingin, namanya juga pegunungan,,,,๐Ÿ™‚

  11. Subhanallah…, indah sekali daerah tempat tinggal Mas Mabruri. Rumah berjajar, ada jalan naik turun, gang-gang yang ada undakannya, tegur sapa kala bersua, udara yang segar, air mengalir tak berlimbah, pohon-pohon bergoyang karena selalu saja bercengkerama dengan angin yang sepoi, kabut yang beraroma cinta, aha… betapa kian sempurna dengan negeri di atas awan itu…. salam bahagia ya, Mas!

    1. makasih pak,,,,, kalimat2 bapak makin menambah indahnya suasana seperti itu…
      Mudah2n bumi Indonesia bisa menjadi hijau lagi ya pak….
      salam bahagia juga buwat bapak sekeluarga…

  12. Alhamdulillah di tempat saya jga masih banyak yg hijau2 tp entahlh beberapa tahun nanti krn sepertinya para ahli tata bangunan sudah mulai mnyerbu perkampungan utk dibangun prumahan yg wahhh dan mnggeser sawah2 yg hijau …

    1. sukur Alhamdulillah klo mash pada ijo2 pak,,, emang di daerah mana pak???
      ya mudah2an keijoannya tetep terjaga walaupun akan ada pembangunan….
      kasian anak cucu ntar ga liat yang ijo2..๐Ÿ™‚

  13. kayaknya nyaman banget kampungnya๐Ÿ˜€ tp klo kemana2 jd jauh..๐Ÿ˜€

    1. ho oh betul2,,, mau ke kantor kabupaten aja harus nempuh jarak berjam2….
      tp alhamdulillah sarana prasarananya sudah mendukung….๐Ÿ™‚

  14. jadi pengen pulkam๐Ÿ˜ฅ

    1. ๐Ÿ™‚ punya kampung juga toh bunda??? kampungnya mana bun??

      1. di Probolinggo Jawa Timur๐Ÿ˜ณ

      2. hmmmm,,,, jauuuuhhh di sana,,,
        Jawa Timur belum pernah aku ke sana sama sekali,,, pengeenn

  15. ketika bibir terkatup tanpa suara….biarkan hati yang bicara….
    seperti pelangi, indahnya rangkaian warna tak dapat di urai dengan kata-kata!!

    1. wah wah wah,,,, mas Giy ini pande bersyair juga rupanya,, menambah indahnya suasana seperti di atas,,,,
      Ya itulah sisi indah lain daerah Brebes di luar efek Ciregol ya mas….๐Ÿ™‚

      1. Ciregol hanya sepenggal kisah mas…

      2. hehehe,, betul2,,, tetep disukuri ya mas,, dengan mengalami kisah itu bisa buat pengalaman tersendiri dalam menjalani hidup di dunia yang fana ini….๐Ÿ™‚

  16. Damainya hidup ini
    Damainya lingungan ini
    Indah Pohon-pohon menari
    Angin dan kabutpun ikut berlari

    Musik alam berirama
    Dalam nyanyian syahdu terasa
    Menambah indahnya panorama desa

    1. Subhanallah,,,,,
      syairnya makin menambah indah saja bu…..
      seneng banget bisa dikunjungi sama penyair hebat….
      makasih bu…

  17. indah nian kampung halamannya bang,,,,, semoga saja tidak terjamah oleh pembangunan yang tidak ramah lingkungan,,,,,

    1. alhamdulillah bisa punya kampung kaya gitu,,,
      aamiin,,,, mudah2an aja, pembangunan sih boleh2 aja masuk ke kampung asal tidak merusak kealamian yang ada..

  18. Fikriyansyah · · Reply

    sore mas, saya ada sesuatu untuk mas di blog saya. mhon dicek y..

    1. waaah,,, apaan nie,,,,
      biar ga penasaran segera ke TKP aja lah…

  19. Subhanallah… pemandangan yang menyejukkan mata๐Ÿ˜‰
    Btw boleh tanya yaa… carane ngasih musik d blog piye ya ?

    1. iya alhamdulillah bisa ngilangin penat kalau mudik…๐Ÿ™‚
      untuk masang lagunya, saya ngikutin tutorial yg ada di sini mba, http://bootingskoblog.wordpress.com/2011/02/19/pasang-musik-mp3-sebagai-backsound-blog-di-wordpress-com/
      silakan dicoba, klo ada kesulitan bsa saya bantu…

      1. Ok thanks yaaa…๐Ÿ˜€

      2. sama-sama,,,,
        kyanya berhasil nie,,,,๐Ÿ™‚

  20. Dony A. · · Reply

    Sepertinya sangat tenang disana๐Ÿ˜€

    1. pastinya mas,,, mudah2an meskipun ada pembangunan2, kelestariannya tetep terjaga….

  21. Usia, dmana kita manjadi dewasa dan membutuhkan biaya. Mau tak mau kita merasa harus berkembang.

    1. ya begitulah,,,, namun seandainya urusan telah selesai, seharusnya kita kembali….

  22. Lestari alamku lestari desaku
    Dimana Tuhanku menitipkan aku
    Nyanyi bocah-bocah di kala purnama
    Nyanyikan pujaan untuk nusa๐Ÿ™‚

    1. nyanyian alam…๐Ÿ˜€

  23. emang nggak ada yg lebih menyenangkan dibanding rumah sendiri๐Ÿ˜€

    di sana suasananya menyenangkan banget yah, pasti betah deh. hehe

    1. Alhamdulillah msh bisa memiliki kampung halaman yg mash seperti itu, dan tentunya sangat menyenangkan sekali bila berada di dalamnya….
      sayangnya sekarang hanya dengan foto2 itulah sebagai pelepas rindu…๐Ÿ™‚
      Maaf ya baru bisa bales…

  24. Asslmlkum, Mas, alhmdulillah link sdh sy pasang,jdi sgt bs brsltrhmi skarang, tulisan di atas mngngtkan akan kampung hlaman saya, kmpung kecil di Indonesia tengah sana. Keindahan yang ada di sekitar rumah sangat mnyatu dgn kehangatan di dalamnya sehingga mmbuat tenang jiwa kita๐Ÿ™‚

    1. ‘Alaikumussalam Wr Wb…
      trimakasih mas, smg bisa memudahkan kita tuk saling berislaturahim…..
      hehe,,, betul mas, mudah2an meskipun kemajuan jaman yg sangat pesat tidak merusak indahnya kampung halaman,, harus tetep terjaga keasriannya…

  25. sayyidahali · · Reply

    hhmmm,,,jadi rindu kampoeng halaman..hiks..hiks..:-)

    1. maaf baru bales…
      he eh,,, jdinya pengen2 sering mudik….๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: