Catatan sebelum tidur

Berdoalah sebelum kita tidur
Jangan lupa cuci kaki tanganmu
Jangan lupa doakan mama papa kita

Ya itulah sepenggal lirik lagu yang dibawakan oleh Tasya & Sheila On 7, yang tentunya sangat mendidik sekali buat kita, bahwa dalam keadaan apapun, kita harus selalu ingat sama Allah, Tuhan kita. Mau bekerja, lagi santai, makan, jalan-jalan, bahkan mau tidur pun harus selalu ingat sama Allah.

Karena dengan mengingat Allah, itu merupakan perwujudan rasa syukur kita terhadap apa yang telah diberikan Allah buat kita semua. Hal yang mungkin dianggap sepele, seperti halnya tidur, ternyata itu merupakan suatu nikmat dari Allah yang sangat bermanfaat sekali buat kita. Kita bersyukur Allah memberi kita rasa kantuk, sehingga kita butuh tidur untuk melepaskan penat yang telah melanda ketika bekerja. Kita bersyukur, Allah menciptakan siang dan malam. Bisa kita bayangkan seandainya yang diciptakan itu siang terus, tanpa adanya malam. Mungkin kita akan terus2an bekerja, beraktifitas nonstop tanpa istirahat ataupun tidur. Orang yang cuma bekerja sehari 8 jam aja capenya luar biasa, nahan ngantuk yang begitu teramat, apalagi kalau harus bekerja seharian nonstop.

Satu kalimat yang wajib terucap, Alhamdulillahi robbil ‘alamiin. Terimakasih ya Allah, Engkau telah ciptakan siangMu untuk kami bekerja, dan Engkau pula telah menciptakan malamMu untuk kami beristirahat. Dan menjelang tidurpun, kita harus selalu ingat sama Allah, agar Allah selalu menjaga kita selama kita tidur supaya bisa menikmat udara pagi esok harinya. Kita ga bakalan tau apa yang akan terjadi saat kita terlelap nanti, makanya cukup Allah yang menjaga diri kita. Tentunya sebelum tidur jangan lupa berdoa kepadaNya. Ini yang mungkin dianggap sepele, berdoa sebelum tidur. Dengan berdo’a, itu juga merupakan ibadah kepada Allah. Alangkah nikmatnya jika apa-apa yang kita lakukan itu bisa mengandung nilai ibadah.

  • Do’a Sebelum Tidur: “Bismikallahhumma ahyaa wa bismika amuut.”     Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Do’a Sesudah Bangun Tidur: “Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilayhin nusyuur.”   Artinya : Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami setelah mematikan kami. Kepada-Nya-lah kami akan kembali (HR. Bukhari)

Tentunya kita semua sudah pada hafal doa mau tidur dan ketika bangun tidur. Kalau sudah hafal, kenapa ga kita pake tu buat kehidupan kita. Yuk, kita tidur, meskipun tidur, harus selalu ingat sama Allah……

Referensi: http://amrooms.blogspot.com/2010/02/doa-sebelum-tidur-dan-sesudah-tidur.html

2 comments

  1. takpikir arep mbahas cakwe..(^^,)

    1. hahaha,,,, itu nanti aja lah dibahasnya…. qkqkkq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: