Kembangkan Wisata Sirampog

Sudah lama ga ngupdate tentang Sirampog.  Kali ini aku akan bercerita lagi tentang Sirampog. Sirampog masih dengan kesejukan dan keindahan alamnya, sangat meyakinkan jika bisa dikembangkan menjadi wisata. Sebenarnya pencanangan agar dibuat sebagai objek wisata sudah dari dulu, cuman ga tau kenapa realisasinya sampai sekarang ga ada sama sekali.

Obyek Wisata (OW) di Kecamatan Sirampog ternyata tak kalah potensinya dengan daerah lain di Kabupaten Brebes.

OW itu mempunyai kekhasan tersendiri, sesuai tofografi Sirampog yang didominasi daerah perbukitan. Karenanya, pemkab diminta segera mengembangkan sedikitnya 4 OW. Antara lain OW Sumur Pengantin di Desa Dawuhan, Curug Putri di Desa Mendala, Air Panas di Desa Kaligiri, dan Curug Awu di Desa Wanareja.
Keempat OW itu sampai kini belum dikembangkan. Padahal, memiliki keindahan dan bisa menjadi sumber pendapatan bagi APBD. Selain itu, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya. Kepala Desa Benda, H Naghib Shodiq SPdi, yang juga ketua Paguyuban Kades Kecamatan Sirampog, mengatakan, keempatnya memang belum tersentuh pengembangan. Pemkab memang pernah mencoba melakukan penataan di wilayah OW Curug Putri. Hanya saja, belum maksimal. “Jika keempat potensi wisata itu dikembangkan, tentu akan membawa kemajuan sangat berarti bagi masyarakat,” kata Naghib.

Menurutnnya, pada Musrenbang 2008 lalu, masyarakat sudah mengusulkan, agar pemkab menganggarkan alokasi pengembangan di salah satu pos APBD 2009. “Hanya saja, kelanjutannya belum bisa diketahui.”

Lebih detail dia merinci, Kecamatan Sirampog yang wilayahnya berada di dataran tinggi Gunung Slamet, memiliki potensi keindahan alam. Beberapa tempat juga sudah cukup dikenal masyarakat seperti Sumur Penganten. “Masyarakat sudah banyak yang tahu. Bahkan, pada hari-hari tertentu banyak wisatawan dari luar daerah yang datang berkunjung,” tuturnya.

Melalui Musrenbang, tambahnya, keempat OW tadi diusulkan dikembangkan dengan anggaran sebesar Rp 2 miliar. Pengembangan meliputi pembuatan akses jalan dan pembangunan sarana lain, supaya OW layak dikunjungi.”Kalau itu bisa dikembangkan, pasti akan banyak lagi didatangi wisatawan,” pungkas Naghib. (pri)

Benerkan??,,, Selain itu, masih ada Mata Air Kaligiri tuh yang masih sangat asri, dan pastinya masih banyak lagi yang belum terekspose. Ayolah buat semua masyarakat Sirampog, bukan hanya pejabat2nya saja, tapi seluruh warga Sirampog, kita gali lagi semua potensi yang ada di wilayah kita.

Nb: Aku sendiri belum liat tuh yang namanya Curug Awu..🙂

Sumber :
http://www.radartegal.com/index.php/Kembangkan-Wisata-Sirampog.html
20 Agustus 2009

7 comments

  1. Bagus banget tuh OW nya, masih asri dan alami sekali. jadi pengen kesana deh 🙂

    1. ayo atuh,,,, gampang ko dijangkau…🙂

  2. […] This post was mentioned on Twitter by Luthfi Wicaksana, bujanglagaran. bujanglagaran said: Kembangkan Wisata Sirampog: http://wp.me/pCLgT-i2 […]

    1. ya kyeh sdulu, rika sing ws perek ge urung dolan meng sirampog…😀

      1. gambar curug putri mengingatkan kembali pada nostalgia kalo lebaran..(badahan)..jaman SD-smp dulu…’
        kabarnya jurug putri tidak seindah dulu..setelah kebanjiran..?
        moga mei tahun ini bisa holiday di indonesia lagi..
        negara yang membuatku rindu dendam
        rindu… karena tempat lahir dan kulinernya yang luar biasa..(bakso jenggot,sate benda dan sirampog)
        rindu karena ibu dan adikku masih disirampog
        dendam..kerena perubahan kearah perbaikan yang panjaaang dan lamaaa

        ins4il sekalipun jauh kucoba membantu indonesia dg caraku

        thank 4 ur update bro..

        keep good work
        wong sirampog dibenua lain

      2. siip mas,,,
        salam buat keluarga di sana dari warga sirampog…

  3. dulu tahun 2006an sya pernah kecurug awu, jalan setapak, dan penuh ilalang, jdi kya prtma kali buka jalan,..tapi syang ga diabadikan… hehehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: